Berita Nasional Terpercaya

Gaya Kepemimpinan Steve Jobs yang Wajib Anda Tahu, Inspiratif!

0

Nama Steve Jobs tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Mantan CEO Apple Inc. ini adalah salah satu pebisnis sukses yang memiliki aset terbanyak di dunia. Mengesankan, bukan? Pengusaha yang berasal dari Amerika ini pun sempat menduduki posisi eksekutif pada beberapa korporasi besar, sebut saja The Walt Disney Company dan Pixar Animation Studios.

Tahukah Anda, selain pebisnis yang bertalenta, Steve Jobs juga memiliki keberhasilan dalam menginspirasi orang banyak melalui gaya leadership yang luar biasa. Kira-kira seperti apa gaya kepemimpinan yang diterapkannya? Berikut penjelasannya.

 

Otoriter yang Inovatif

Steve Jobs Otoriter yang Inovatif

Dapat dikatakan, Steve Jobs menerapkan gaya kepemimpinan yang lumayan tegas dank eras, otoriter, dan cenderung abai terhadap suara atau saran dari anggota yang dipimpinnya.

Jobs, dalam lingkungan kerjanya, terkenal sebagai pemimpin yang memiliki sifat micromanager; cenderung egois dan banyak tuntutan. Ia juga kerap menerima kritikan keras terkait gaya memimpin yang menginginkan semua hal berjalan sesuai dengan kemauannya.

Namun, tak disangka, gaya kepemimpinan seperti itulah yang justru membuatnya berhasil dalam mengarahkan tim untuk melakukan sesuatu yang belum pernah mereka kerjakan.

Gaya tersebut memang terkesan kaku, akan tetapi hal itulah yang membuat Steve Jobs berhasil membawa perubahan penting pada setiap perusahaan yang dikendalikannya. Hal tersebut dapat tercapai karena ia memahami betul tujuan atas sebuah pencapaian. Ia memahami cara, strategi, dan juga risiko yang berpotensi terjadi.

Dalam konteks yang lain, lelaki kelahiran 24 Februari 1955 ini merupakan seseorang yang inovatif dan selalu memiliki ide-ide “gila” yang menjadi gebrakan baru bila dibandingkan dengan pemimpin lain yang bergaya monoton seperti Bill Gates. Ide-ide brilian yang muncul dari benak Steve Jobs berhasil menghadirkan perusahaan teknologi yang sukses dan dikenal dunia.

 

Visioner

Steve Jobs Visioner

Ayah dari 4 anak ini juga terkenal sebagai pemimpin yang visioner dan mampu melihat peluang dalam jangka waktu yang panjang. Barangkali Anda tidak menyangka jika mouse yang selama ini Anda gunakan merupakan hasil karya seorang Steve Jobs.

Ia menciptakan Macintosh pada tahun 1984, yaitu sebuah komputer pertama di dunia yang dapat dioperasikan dengan mouse dan dilengkapi Graphical User Interface (GUI).

Ide-ide briliannya tidak henti-hentinya memberikan inspirasi bagi pengusaha-pengusaha teknologi lain sampai hari ini. Sementara itu, Jobs sukses melahirkan karya fenomenal di dunia animasi, seperti Toy Story, A Bugs Life, Toy Story 2, The Incredibles, Finding Nemo, Ratatouille, dan Wall-E yang berhasil membuat pencinta film dari seluruh dunia berdecak kagum.

Baca juga: Ingin Bisnismu Maju? Pelajari Gaya Kepemimpinan Bill Gates ini!

 

Berani Mengambil Risiko

Steve Jobs Berani Mengambil Risiko

Salah satu sikap yang perlu diteladani dari seorang Steve Jobs ialah keberanian dalam mengambil risiko untuk meraih suatu hal yang lebih besar. Hal tersebut dibuktikan oleh Jobs saat ia mengambil keputusan untuk undur diri dari Apple dan merintis perusahaan teknologinya yang lain, NeXT.

Karena ide kreatif Jobs yang selalu brilian, Apple pun memilih untuk mengakuisisi NeXT di tahun 1996. Pada tahun yang sama, Steve Jobs menjabat kembali sebagai CEO Apple hingga dirinya meninggal dunia pada tahun 2011.

 

Fokus

Steve Jobs Fokus

Sampai saat ini, Apple Inc. masih menjalankan strategi yang sama dari tahun 2001 lalu, digital hub strategy. Strategi ini menjadi acuan utama bagi Apple yang memiliki tujuan agar setiap pengguna dapat menikmati hiburan tanpa mendapatkan kendala tempat dan waktu.

Titik fokus itulah yang selanjutnya membuat Apple berhasil menciptakan gadget dan aplikasi canggih semacam iTunes, iPod, iMovie, iPhoto, hingga iPhone yang membuat perusahaan teknologi lain menciptakan produk yang serupa.

Baca juga: 10 Teori Kepemimpinan, Calon Pemimpin Wajib Tahu!

Demikianlah gaya kepemimpinan Steve Jobs yang dapat kita teladani, ia memang seorang pengusaha yang unik dan pemimpin yang menginspirasi. Nama Steve Jobs akan selalu diingat sebagai pebisnis dan leader yang mempunyai komitmen tinggi pada apa pun yang menjadi tujuannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.