Berita Nasional Terpercaya

Jadi Salah Satu Kampus Bergengsi Dunia, Intip 6 Jurusan Favorit di Harvard

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Harvard University. Siapa sih orang yang tidak mengenal universitas tersebut? Nama Harvard bukan lagi hal yang asing bagi pelajar di seluruh dunia.

Sebagai kampus yang selalu mendapat peringkat perguruan tinggi terbaik dunia, sistem pendidikan di Harvard memang tak bisa diragukan lagi.

Karena itu, banyak orang bermimpi untuk melanjutkan studi di sana. Harvard University merupakan kampus swasta yang berdiri pada 1636. Awalnya, kampus bergengsi ini bernama New College. 

Untuk menghormati penyumbang terbesarnya, John Harvard, kampus tersebut berganti nama menjadi Harvard University pada 1639.

Sebelum dibuka untuk umum, kampus ini awalnya didirikan untuk mendidik anggota klerus atau rohaniawan.

Baca juga: Bagaimana Dunia Memandang Perguruan Tinggi di Indonesia?

Jurusan favorit di Harvard

Sudah bukan rahasia lagi bahwa sangat sulit untuk menjadi mahasiswa Harvard. Selain tingkat persaingan yang tinggi, tentu sistem seleksinya sangat ketat.

Karena itu pula Harvard juga dikenal sebagai salah satu sekolah yang paling sulit untuk dimasuki, dengan tingkat penerimaannya hanya 6%. Nah, kira-kira jurusan apa sih yang paling banyak diminati? Berikut jurusan favorit di Harvard:

Statistik

Jurusan statistika merupakan perpanjangan dari matematika, namun statistika lebih fokus ke pengolahan data.

Dengan kata lain, hal yang dipelajari ketika mengambil jurusan ini adalah bagaimana cara mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data agar lebih mudah dibaca atau dipahami oleh orang banyak.

Implementasinya sangat luas di dunia nyata karena itu prospek karir lulusan statistika juga sangat luas. Kalian bisa berkarier sebagai data scientist, data analyst, konsultan, dosen, aktuaris, dan masih banyak lagi.

Matematika

Meski terkenal sebagai mata pelajaran tersulit, nyatanya banyak orang yang tertarik mempelajarinya di perguruan tinggi. Jurusan ini fokus mempelajari teori matematika secara mendalam, mulai dari aljabar, geometri, dan sejenisnya.

Kalian juga bisa mengambil mata kuliah matematika terapan untuk mempelajari bagaimana pengaplikasian teori tersebut di dunia nyata.

Lulusan matematika bisa berkarir di berbagai bidang seperti data scientist, market researcher, programmer, atau penasihat keuangan.

Ilmu Komputer

Dalam program studi ini, kalian akan mempelajari cara bagaimana cara komputer bisa melakukan hal yang diinginkan penggunanya.

Topik yang dipelajari berkisar tentang penyusunan algoritma dan pemrograman untuk mengembangkan aplikasi atau perangkat lunak.

Melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat, prospek karir jurusan ini juga sangat beragam. Kalian bisa berkarier sebagai perancang web, insinyur aplikasi, konsultan IT, hingga game creator.

Ilmu Lingkungan dan Kebijakan Publik

Jurusan Ilmu Lingkungan dan Kebijakan Publik adalah salah satu bidang kajian yang mengeksplorasi berbagai aspek dalam pengelolaan lingkungan. 

Salah satu hal yang dipelajari dalam jurusan ini adalah bagaimana sikap global dan nasional dalam menjaga lingkungan.

Lulusan jurusan ini nantinya bisa berkarir di perusahaan energi, pertambangan, pemerintahan, lembaga penelitian, atau lembaga swadaya masyarakat.

Musik

Program studi  ini nantinya akan mempelajari berbagai teori musik dan keterampilan praktisnya seperti vokal, komposisi, instrumen, serta menyajikan musik secara kreatif.

Kalian juga bisa mempelajari musik dari berbagai genre, mulai dari jazz, pop, rock, hingga musik tradisional. Kuliah di jurusan musik prospek karirnya juga beragam. Kalian bisa berkarir sebagai arranger, komposer, dan music director.

Bahkan,kalian juga bisa terlibat dalam pembuatan soundtrack film atau konser penyanyi ternama.

Ekonomi

Jurusan ini merupakan bidang kajian yang mempelajari bagaimana perilaku manusia untuk mencapai kesejahteraan hidupnya. Perspektif ilmu ekonomi sangat luas, mulai dari perekonomian individu, perusahaan, negara hingga dunia.

Selain menjadi ekonom, lulus program studi ini juga bisa berkarir sebagai risk analyst, ahli perpajakan, credit analyst, atau penasihat keuangan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.