Berita Nasional Terpercaya

Berbagai Beasiswa yang Bisa Dicoba saat Masuk UI

0

BERNAS. ID – Kuliah di Universitas Indonesia merupakan impian sebagian besar pelajar di Indonesia. Selain seleksi masuk yang ketat, biaya pendidikan di UI juga tergolong mahal.

Tak sedikit pula pelajar yang mengubur impiannya untuk menempuh pendidikan di UI hanya karena terhalang dana. Padahal jika kita mencari informasi lebih rinci, ada banyak bantuan biaya pendidikan di UI.

Kita bisa memanfaatkan skema keringanan UKT mencoba mengikuti program beasiswa yang disediakan.

Beasiswa UI

Selain beasiswa biaya pendidikan mahasiswa miskin berprestasi (Bidikmisi), ada berbagai program beasiswa yang bisa kalian coba. Jadi, mahasiswa UI tidak perlu khawatir lagi dengan biaya kuliah yang mahal.

Sebab, UI menawarkan berbagai program beasiswa yang bisa kalian coba. Melansir laman resmi UI, ada dua kategori beasiswa di UI, yaitu beasiswa yang berasal dari UI dan beasiswa yang berasal dari sponsor.

Beasiswa yang berasal dari UI diberikan dalam bentuk keringanan dari penetapan BOP-B, dan beasiswa kerja paruh waktu.

Beasiswa kerja paruh waktu diberikan sebesar Rp300.000 per bulan. Namun, penerima beasiswa harus bekerja selama 40 jam setiap bulan di lingkungan kerja UI.

Sementara itu, beasiswa dari sponsor bisa berasal dari pemerintah, perusahaan, perseorangan, yayasan, dan lain-lain.

Jenis pembiayaan dan jangka waktu beasiswa dari sponsor juga berbeda-beda.  Ada yang memberikan bantuan biaya sampai semester tertentu, ada juga yang memberikan bantuan biaya hingga kuliah selesai.

Beasiswa tersebut juga ada yang memberikan tambahan bantuan uang saku perbulan atau pelatihan-pelatihan tertentu.

Baca juga: Ingin Kuliah di Universitas Indonesia? Berikut Informasi Mengenai SIMAK UI

Beasiswa yang berasal dari sponsor juga ada tiga jenis, yakni beasiswa prestasi, beasiswa kurang mampu, dan beasiswa campuran. Berikut jenis-jenis beasiswa tersebut:

PPA-BBM

Bantuan biaya pendidikan peningkatan prestasi akademik (PPA-BBM) ini diberikan oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan (Menristekdikti).

Tujuan beasiswa ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, meningkatkan prestasi mahasiswa baik dalam akademik/kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstrakurikuler, dan menjamin Penyelesaian studi mahasiswa tepat waktu.

Dalam beasiswa ini, mahasiswa akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp400.000/bulan, yang dibayarkan oleh Kemenristekdikti untuk 1 semester.

Beasiswa Unggulan Bank Indonesia

Seperti namanya, beasiswa ini diberikan oleh Bank Indonesia untuk 30 Mahasiswa UI program Sarjana (S1). 

Melalui program ini, mahasiswa bisa mendapatkan bantuan biaya penunjang pendidikan dengan nominal sebesar Rp1,5 juta/bulan selama dua tahun.

Mahasiswa juga akan mendapatkan pelatihan khusus dari Bank Indonesia, memiliki kesempatan untuk terlibat dalam project sosial, mengikuti GenBI Leadership Camp, serta mengembangkan jaringan.

Baca juga: 25 Daftar Universitas Terbaik Dunia di Tahun 2021, Adakah Universitas Impianmu?

Beasiswa Seribu Anak Bangsa

Dalam beasiswa ini, mahasiswa bisa mendapatkan bantuan biaya pendidikan termasuk angsuran dan/atau pengurangan biaya pendidikan bagi mahasiswa baru Program Sarjana Reguler.

Beasiswa ini diperuntukan untuk siapapun yang diterima di UI melalui jalur PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar) dan SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru).

Beasiswa Karya Salemba Empat

Ada dua jenis beasiswa yang diberikan dalam program ini, yaitu beasiswa reguler dan beasiswa unggulan. Beasiswa reguler diberikan untuk mahasiswa program sarjana (S1).

Sementara itu, beasiswa unggulan disediakan khusus mahasiswa program sarjana (S1) yang telah menerima beasiswa KSE minimal 1 tahun, serta memiliki prestasi dan aktif di berbagai kegiatan sosial. 

Melalui program beasiswa ini, mahasiswa bisa mendapatkan bantuan finansial bulanan dan pendampingan softskill.

Sumitomo

Beasiswa Sumitomo berasal dari Sumitomo Mitsui Bank Co yang diberikan khusus untuk mahasiswa di Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi UI.

Beasiswa ini memberikan tunjangan bulanan dan bebas biaya iuran pendidikan selama satu tahun.

Nah, itulah berbagai beasiswa yang bisa kalian coba jika terdaftar sebagai mahasiswa UI.Setiap program beasiswa biasanya memiliki syarat yang berbeda-beda.

Umumnya, program beasiswa yang ada mensyaratkan IPK minimal 3.01, salinan slip gaji orang tua, salinan Kartu Keluarga, salinan Kartu Identitas Mahasiswa (KTM), daftar riwayat hidup, dan mengisi formulir beasiswa.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.