Berita Nasional Terpercaya

7 Jenis TV Untuk Dekorasi Rumah, Cocok Bagi Rumah Minimalis

0

Bernas.id – Berdasarkan bentuknya, ada beberapa jenis TV untuk dekorasi rumah yang bisa jadi pilihan Anda. Sebagai dekorasi rumah, TV kadang menempati posisi spotlight tapi ada juga yang sekedarnya saja. Pada kebanyakan rumah, televisi jadi dekorasi utama dan mengambil spotlight. Tapi televisi yang bagaimana yang cocok sebagai dekorasi rumah Anda? Yuk kenali aneka jenis televisi untuk rumah.

Televisi atau biasa disebut dengan TV (baca: tivi) ini sudah jadi kebutuhan setiap keluarga. Televisi jadi sumber informasi dan hiburan, terutama bagi mereka yang belum bisa mendapat koneksi internet yang bagus. 

Televisi berasal dari bahasa Yunani 'tele' yang artinya jauh dan bahasa Latin 'visio' yang artinya melihat.

Saat ini perkembangan sudah sedemikian jauh. Oleh karena itu ada banyak aneka jenis televisi yang bisa dipilih konsumen dan jadi dekorasi rumah. Salah satu pertimbangan memilih televisi untuk dekorasi rumah adalah bentuk dan teknologi yang dimiliki. Berikut ini adalah beberapa jenis televisi yang bisa jadi pilihan untuk dekorasi rumah Anda:

1. TV tabung hitam putih

Cikal-bakal televisi ada di TV tabung hitam-putih. Televisi jenis ini pertama kali dijual secara komersial pada tahun 1925, berbentuk kubus, dengan antena dan tombol putar layaknya radio, berlayar cembung dan gambar yang ditampilkan masih hitam putih. Penyiarannya pun menggunakan gelombang radio frekuensi tinggi.

Jenis televisi untuk dekorasi rumah TV tabung hitam putih (pixabay)Jenis televisi untuk dekorasi rumah-TV tabung hitam putih (pixabay)

Baca juga: Inilah Bagaimana Cara Kerja Televisi Satelit

2. TV tabung berwarna

Teknologi berkembang, TV tabung pun jadi berwarna. Penonton dapat melihat gambar lebih hidup pada layar televisi. Walaupun begitu, layar masih cembung dan berbentuk kubus. TV tabung berwarna masih jadi salah satu dekorasi rumah pilihan masyarakat banyak. Bentuknya yang kubus membuat rumah jadi terkesan berisi.

Jenis televisi untuk dekorasi rumah TV tabung berwarna (pixabay)Jenis televisi untuk dekorasi rumah-TV tabung berwarna (pixabay)

 

3. TV VCR (Video Casette Recorder)

Pada tahun 1970 mulai diperkenalkan TV dengan fasilitas VCR (Video Casette Recorder) atau combo. Teknologi VCR ini dapat merekam siaran-siaran televisi melalui kaset khusus. Kemudian terjadi perkembangan lagi dimana TV dan VCR terpisah, menjadi awal perkembangan DVD player yaitu video Betamax.

Jenis televisi untuk dekorasi rumah TV VCR (unsplash)Jenis televisi untuk dekorasi rumah-TV VCR (unsplash)

4. TV Plasma (TV layar datar)

Baca juga: Inspirasi Dekorasi Rumah Minimalis tapi Elegan dan Mewah, Bikin Tambah Betah Meski Ukuran Terbatas

Perkembangan selanjutnya adalah menghasilkan TV berwarna dengan layar datar, bentuknya pun sudah beragam, dipasarkan sesuai kebutuhan besar dan kecilnya. TV plasma jadi salah satu pilihan dekorasi rumah orang Indonesia selain TV tabung berwarna. Harga yang terjangkau dengan teknologi terkini jadi alasan TV plasma cocok bagi kebanyakan dekorasi rumah di Indonesia. 

Jenis TV plasma untuk dekorasi rumah (unsplash)

Jenis TV plasma untuk dekorasi rumah (unsplash)

5. TV LCD

Ini awal mula perkembangan televisi lebih tipis, ringan, dan layar datar. TV LCD pertama kali dipasarkan dengan harga sangat tinggi. Konon kabarnya TV LCD lebih dahulu diciptakan daripada TV plasma. Namun karena memiliki kekurangan berupa penurunan kualitas gambar yang signifikan membuat popularitas TV LCD kalah dibanding TV plasma. Saat ini, perkembangan teknologi membuat TV LCD berkembang jauh lebih baik dari TV plasma.

Jenis TV LCD untuk dekorasi rumah (unsplash)Jenis TV LCD untuk dekorasi rumah (unsplash)

6. TV LED

TV LED adalah salah satu pilihan dekorasi rumah terbaik tahun 2021. Teknologi yang dimiliki membuat TV LED jadi pilihan banyak orang untuk menghiasi rumahnya masing-masing. Walaupun berteknologi tinggi, bukan berarti TV LED jadi satu-satunya pilihan televisi dekorasi rumah 2021. Masih ada jenis televisi lain yang jadi opsi. Seperti TV tabung berwarna atau TV plasma.

Jenis TV untuk dekorasi rumah_TV LED (unsplash)Jenis TV untuk dekorasi rumah-TV LED (unsplash)

7. TV OLED

Selain TV LED, TV OLED (Organic Light Emitting Diode) juga bisa jadi pilihan dekorasi rumah. Sayangnya, TV OLED masih dipasarkan dengan harga yang sangat tinggi. Layar cekung TV OLED membuat Anda merasakan sensasi menonton di bioskop.  TV OLED bisa jadi pilihan dekorasi rumah minimalis atau rumah dengan ukuran besar.

Berbagai jenis televisi di atas memiliki keunggulannya masing-masing. Anda bisa melakukan kombinasi antara desain rumah dengan jenis TV sehingga membuat TV jadi dekorasi rumah terbaik milik Anda.

Baca juga: Membangun Rumah Minimalis Biaya 70 Juta, Miliki Hunian Idaman

Jenis TV untuk dekorasi rumah-TV OLED (unsplash)Jenis TV untuk dekorasi rumah-TV OLED (unsplash)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.