Berita Nasional Terpercaya

Jurusan Manajemen: Pengertian Ilmu Manajemen dan Daftar Universitas

1

Bernas.id – Menjadi bagian dari mahasiswa jurusan manajemen ketika ingin kuliah program studi manajemen di universitas sudah dipertimbangkan sebagian besar orang untuk menggeluti bidang entrepreneurship. 

Aktivitas manajemen sendiri adalah sebuah kegiatan untuk memulai bisnis guna kepentingan diri sendiri dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya yang ada sehingga menghasilkan nilai tambah serta memenangkan persaingan. 

Tentunya dengan memperoleh keuntungan yang besar akan melewati risiko yang tinggi pula ketika menekuni profesi ini. Oleh karena itu program studi manajemen ini akan mempersiapkan kamu dalam mengelola bisnis, baik bisnis baru ataupun yang sudah berjalan.

Lantas, apa ilmu manajemen itu? Berikut ini adalah penjelasan mengenai ilmu manajemen, karakter yang dibutuhkan di jurusan manajemen, dan universitas yang menawarkan program pendidikan manajemen yang dapat kamu pelajari.

Baca juga: Mengenal Akuntansi Manajemen: Pengertian, Penerapan, Fungsi, dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Ilmu Manajemen

Pengertian Ilmu Manajemen

Manajemen adalah ilmu yang mempelajari cara mengelola, merencanakan, dan mengatur perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan. Seorang yang menekuni jurusan ini perlu sebuah komitmen bahwa efikasi diri dan pengetahuan sangatlah penting dalam mewujudkan profesi entrepreneurship. 

Efikasi diri dapat diartikan sebuah keyakinan akan kemampuan diri yang timbul dari pengalaman kemudian membentuk tindakan yang konsisten. Selanjutnya, keyakinan yang dimiliki akan berpengaruh besar dalam seseorang dalam berperilaku, khusus dalam manajemen diri.

Dalam manajemen, entrepreneurship dipandang sebagai sumber pendorong pertumbuhan ekonomi terkhusus di pasar tenaga kerja. Entrepreneurship juga bertindak sebagai agen perubahan yang membawa kreativitas dan inovasi ke dalam pasar.

Meskipun kamu tidak berkenan mengambil peluang menjadi entrepreneur, tidak perlu khawatir karena lulusan jurusan manajemen dibutuhkan hampir di seluruh perusahaan baik sektor swasta maupun pemerintah untuk mengelola organisasi.

Hal ini karena sarjana jurusan manajemen memiliki pemahaman lebih tentang hukum ketenagakerjaan dan mampu berkomunikasi secara efektif dengan berbagai pihak. Selain itu, jurusan manajemen juga erat kaitannya dengan pengelolaan bisnis.

Baca juga: 9 Prinsip Manajemen Waktu, Penting Bagi Anda yang Memiliki Rundown Kegiatan Tak Terbatas

Karakter Mahasiswa Manajemen

Karakter Mahasiswa Manajemen

Untuk mempelajari jurusan manajemen, terdapat karakter khusus sebagai pondasi untuk terampil dan menguasai ilmu manajemen. Beberapa karakter untuk mendukung pencapaian karir seseorang yaitu sebagai berikut:

1. Tekun dan Teliti

Karakter ini dibutuhkan bagi mahasiswa jurusan manajemen karena dalam mengelola bisnis berkaitan erat dengan ekonomi dan keuangan.

2. Rasional dan Kritis

Karakter ini bukan hanya membantu kamu ketika masih di bangku kuliah jurusan manajemen, melainkan ketika sudah memasuki dunia kerja. Karakter rasional dan kritis akan membantu perusahaan untuk menyaring informasi terlebih dahulu sebelum adanya pengambilan keputusan strategis di jajaran manajemen. 

3. Menyukai Riset dan Analisa

Dunia bisnis tidak mampu dipisahkan dengan dunia riset karena untuk keperluan sistematis dan kritis atas sebuah fenomena yang berhubungan dengan tujuan perusahaan. Bagi profesional di bidang manajemen, karakter ini akan sangat membantu perusahaan memperoleh data dan informasi yang benar sebelum menentukan kebijakan.

4. Memiliki Keterampilan Interpersonal

Karakter ini sebagai alat untuk berkomunikasi dan menjalin relasi dengan berbagai pihak guna memperluas jaringan di kalangan manajemen perusahaan. Melalui karakter, para profesional di bidang manajemen lebih mudah memunculkan rasa saling menghormati pendapat orang lain dan belajar bertukar pikiran sehingga pekerjaan akan selesai dengan baik dan efektif.

Baca juga: Aktivitas Keseharian Perlu Manajemen Waktu yang Cerdas, Agar Semua Prioritas Berjalan Lancar dan Hidup Semakin Produktif

Jenis Ilmu Manajemen

Jenis Ilmu Manajemen

Ilmu manajemen memiliki beberapa cabang ilmu yang secara khusus diterapkan sesuai jenis organisasi. Agar tidak bingung untuk mengenal jenis manajemen apa yang hendak kamu tekuni di bangku perkuliahan, penjelasan  beberapa jurusan manajemen berikut ini bisa jadi pertimbangan dalam menentukan pilihan kuliah di universitas:

1. Manajemen Bisnis

Kamu bukan hanya memperoleh teori, akan tetapi pada semester lanjutan akan merasakan praktik bidang produksi, manajemen mutu sampai manajemen proyek. Jurusan prodi manajemen ini cocok untuk mengasah urusan kelayakan dan komunikasi bisnis.

2. Manajemen Perbankan

Jurusan manajemen yang satu ini akan fokus dalam bidang ilmu perbankan seperti pekerjaan teller, pembukuan unit giro, analisa keuangan, akuntansi bank dan berbagai ilmu yang ada di perbankan.

3. Manajemen Pemasaran

Jurusan manajemen ini sangat familiar dan secara garis besar mempelajari perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi seputar aktivitas pemasaran barang dan jasa di suatu perusahaan atau instansi.

4. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Singkatnya kamu akan memperoleh ilmu manajemen tentang pengelolaan sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan, tentu ini sangat dibutuhkan terutama di perusahaan penyedia barang dan jasa.

Setiap perusahaan akan terdiri dari sekelompok manusia maka kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti  sistem imbalan dan teknik remunerasi, audit manajemen SDM, hingga human resources assessment dan empowerment.

5. Manajemen Keuangan

Salah satu jurusan manajemen ini berkaitan dengan perencanaan dan pengelolaan sumber daya keuangan perusahaan. Cakupan ilmunya cukup luas jadi jangan heran ketika akan bertemu mata kuliah seperti obligasi, akuntansi, ekonometrik, hingga seputar komputerisasi penganggaran.

6. Manajemen Operasional

Terakhir yaitu jurusan Manajemen Operasional yang berkaitan dengan ilmu produksi dan distribusi.
Alasan Pentingnya Ilmu Manajemen bagi Perusahaan.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Stock Opname Gratis untuk Manajemen Bisnismu

Alasan Pentingnya Ilmu Manajemen dan Jurusan Manajemen bagi Perusahaan

Usai mengetahui jenis jurusan Manajemen,  kamu akan dihadapkan pada prospek kerja yang menjanjikan. Berikut adalah beberapa peran ilmu manajemen dan lulusan Jurusan Manajemen Bisnis di dunia kerja:

  • Ilmu Manajemen dibutuhkan dalam perusahaan nasional atau multinasional dengan tugas mengelola risiko.
  • Keterampilan manajemen dibutuhkan untuk memegang manajemen trainee, yaitu time lit yang bertugas untuk memberikan pelatihan kepada calon manajer dalam suatu perusahaan.
  • Peran ilmu manajemen dibutuhkan menempati posisi Manajer Administrasi yang bertugas dalam pencatatan, informasi, surat menyurat serta operasi custodian.
  • Manajemen juga berperan dalam perencanaan bisnis karena seorang profesional di bidang manajemen memiliki keterampilan analisis dan jeli sehingga akan dibutuhkan dalam menganalisis risiko bisnis serta dampaknya terhadap perusahaan setiap waktu.
  • Manajemen akuntansi adalah bagian dari yang diajarkan di jurusan manajemen ini juga berhubungan dengan pengelolaan keuangan sehingga administrasi keuangan perusahaan akan melibatkanmu dalam urusan pencatatan laporan keuangan.

Baca juga: STIE Mitra Indonesia Mewisuda 11 Sarjana Magister Manajemen

Peran Universitas Jurusan Manajemen

Perguruan tinggi atau universitas jurusan manajemen sejatinya berperan dalam menciptakan generasi yang berani terjun menjadi seorang wirausahawan muda. Namun kebanyakan pendidikan manajemen di Indonesia justru menghasilkan lulusan sebagai job seeker (pencari kerja) daripada job creator (pencipta lapangan kerja).

Fenomena tersebut menjadi salah satu faktor penyebab angka pengangguran tinggi disebabkan daya serap lapangan tidak berbanding lurus dengan pencari kerja di bidang manajemen.

Di samping itu, fenomena tersebut membutuhkan peran universitas jurusan manajemen saat ini untuk mecari solusi bagaimana cara menumbuhkan jiwa kreativitas dan kemandirian generasi muda agar menciptakan sebuah produk barang dan jasa sehingga mampu menampung pengangguran yang ada di lingkungan sekitar?

Pendidikan jurusan manajemen di universitas sebaiknya mendorong mahasiswa untuk berwirausaha. Keahlian mengelola risiko yang diajarkan oleh universitas bagi mahasiswa jurusan manajemen harus mampu mempertimbangkan hal-hal terkait aktivitas bisnis seperti expected return dan tingkat risiko .

Selain itu, mahasiswa jurusan manajemen perlu juga memikirkan jenis usaha yang tepat dengan mengedepankan tingkat analisis yang mendalam agar usaha yang dibangun berjalan sesuai tujuan.

Baca juga: Krisis karena Covid-19? Ini 5 Tips Manajemen Keuangan Untuk Mengatasi

Universitas Jurusan Manajemen di Indonesia

Universitas Jurusan Manajemen di Indonesia

Ilmu manajemen tersebut akan dipelajari tuntas ketika kamu memilih jurusan Manajemen Bisnis. Tidak sedikit peminat jurusan ini karena dengan memperhatikan prospek kerja di lapangan. Banyak Perguruan Tinggi di Indonesia yang menyediakan program pendidikan  jurusan manajemen. Berikut adalah beberapa Universitas yang terakreditasi A dan patut dipertimbangkan oleh calon mahasiswa:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan Bisnis dan Manajemen di ITB berdiri sejak 2003 yang dikenal dengan School of Business Management ITB (SBM ITB). Sudah merancang kurikulum berbasis Integrated Business Experience (IBE) yang menekankan Anda memperoleh pengalaman bisnis.Tersedia juga jenjang magister bagi kamu yang hendak melajutkan pendidikan S2.

2. Universitas Indonesia (UI)

Jurusan Manajemen  di Universitas Indonesia memiliki akreditasi dari BAN-PT yaitu A, dan mendapat predikat jurusan bisnis terbaik di Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis di sini menyediakan tiga departemen yaitu Ilmu Ekonomi, Akuntansi, dan Manajemen. Ada pula program studi Bisnis Syariah untuk jenjang Sarjana.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Jurusan Manajemen berada di bawah Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Jurusan manajemen UGM menyediakan program sarjana reguler dan internasional. UGM juga menawarkan studi mulai jenjang S1, S2, dan S3. Jurusan ini juga menjadi juurusan favorit mahasiswa mancanegara, setidaknya setiap tahunnya menerima 150 mahasiswa barudari luar negeri.

4. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Jurusan Manajemen sudah berdiri sejak tahun 1980 dan telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Jurusan ilmu manajemen ini memiliki 3 kejuruan yaitu akuntansi, manajemen sumber daya manusia, dan pemasaran.

Jenjang S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNDIP menawarkan jurusan Manajemen, Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, Akuntansi, Ekonomi Islam. Sedangkan jenjang S2 ada Magister Manajemen, Akuntansi, serta Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, untuk melanjutkan S3 juga ada program studi Doktor Ilmu Ekonomi.

5. Universitas Airlangga (UNAIR)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR menyediakan empat jurusan salah satunya adalah Manajemen dengan akreditasi A.

Baca juga: Asyiknya Program Studi Manajemen

Universitas negeri merupakan penyedia program pendidikan manajemen di berbagai wilayah. Di antara universitas negeri yang menyediakan program pendidikan manajemen di antaranya adalah sebagai berikut :

6. Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung.
7. Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado.
8. UIN Syarif Hidayatullah.
9. Universitas Jember (UNEJ).
10. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)  Banda Aceh.
11. Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.
12. Universitas Lampung (UNILA), Bandar Lampung.
13. UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.
14. Universitas Bengkulu (UNIB).
15. UPN Veteran Yogyakarta.
16. Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta.
17. Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang.
18. Institut Pertanian Bogor (IPB).
19. Universitas Brawijaya (UB), Malang.
20. Universitas Udayana ( UNUD), Bali.
21. Universitas Haluoleo (UNHALU), Kendari.
22. Universitas Sumatera Utara (UNSU), Medan.
23. Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Purwokerto.
24. Universitas Negeri Padang (UNP).

Baca juga: 11 Jurusan Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

Universitas Swasta dengan Jurusan Manajemen Berakreditasi A

Selain universitas negeri, berikut rekomendasi universitas swasta yang bisa menjadi pilihan jurusan Manajemen. Meskipun swasta akan tetapi kualitas pendidikan tidak kalah dengan negeri karena sudah terakreditasi A, antara lain:

1. Prasetya Mulya Business School

Kampus ini terletak di BSD City, Tangerang. Program studi yang ditawarkan bukan hanya Manajemen melainkan Akuntansi, Bisnis, Pemasaran, program studi Event, Keuangan dan Perbankan, Bisnis Ekonomi, program studi Hukum Bisnis Internasional, dan Bisnis Perhotelan. Prasetya Mulya Business School juga ada jenjang master dengan program studi Magister Manajemen.

2. IPMI International Business School

Kampus ini terkenal dengan kampus bisnis dengan bahasa utamanya bahasa Inggris. Proses dalam memperoleh gelar di jurusan Manajemen bisa dengan memilih peminatan mulai dari Akuntansi dan Keuangan, Kewirausahaan dan Manajemen, sampai Bisnis Internasional.

3. Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida)

Universitas yang memiliki prodi jurusan manajemen ini berdiri sejak tahun 1967 di bawah naungan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Sinode Jakarta Barat.

4. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas yang dinaungi Muhammadiyah ini berdiri pada 1964 dan merupakan salah satu universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia, dengan jumlah program studi 56. Lima jurusan unggulan yang dimiliki UMM adalah jurusan manajemen. Universitas ini menempati posisi ke 39 Kemenristekdikti, peringkat 34 Webometrics, serta peringkat 39 UniRank.

5. Telkom University

Universitas penyedia jurusan manajemen ini tergolong baru karena baru berdiri 2013 silam. Terdiri dari 7 fakultas dan empat jurusan unggulan salah satunya yaitu manajemen bisnis. Kampus ini menempati di peringkat 61 Kemenristekdikti, peringkat 25 Webometrics, dan peringkat 24 UniRank.

Baca juga: 38 Profesi yang Bisa Diraih, Jika Berkuliah di Universitas Mahakarya Asia

Universitas Swasta Jurusan Manajemen Berkualitas dan Terjangkau

Selain mengidamkan masuk di universitas yang berkualitas, kuliah jurusan manajemen dengan biaya yang murah pun harus dipertimbangkan. Pasalnya, mata kuliah tentang ilmu manajemen relatif memiliki kesamaan. Oleh sebab itu, kuliah di universitas dengan biaya perkuliahan murah dan berkualitas tetap harus diprioritaskan.

Kamu bisa memilih jurusan manajemen di Universitas Mahakarya Asia yang mana kampusnya telah tersebar di Yogyakarta, Jakarta, dan Baturaja Sumatera Selatan. Fasilitas yang memadai dan didukung oleh para dosen berpengalaman akan semakin meningkatkan keterampilan mahasiswa di bidang ilmu manajemen.

Itulah penjelasan lengkap mengenai jurusan manajemen dan daftar universitas penyedia jurusan manajemen baik universitas negeri maupun universitas swasta. Selamat memilih universitas dengan jurusan ilmu manajemen favoritmu.

Baca juga: Jurusan Manajemen UNMAHA, 9 Mata Kuliah dan 10 Prospek Kerjanya

1 Comment
  1. Eva ervina says

    Saya Maba di UNIVERSITAS TERBUKA dengan prodi S1 manajemen,
    Fakultas ekonomi dan bisnis dangan prodi Manajemen yang sudah terakreditasi A
    Semangat untuk semua mahasiswa di seluruh Indonesia
    Sukses dan sehat selalu

Leave A Reply

Your email address will not be published.