Berita Nasional Terpercaya

Perbedaan WhatsApp Web dengan WhatsApp Desktop, Makin Canggih dengan Komputer

0

Selain bisa digunakan di ponsel, WhatsApp juga bisa dipakai di laptop atau personal computer (PC) milik Anda. Ada dua jenis WA yang bisa digunakan di laptop atau personal computer, yakni WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop.

Apabila dilihat sekilas, keduanya memang nampak sama, baik dari tampilan maupun fungsinya. Akan tetapi, kedua aplikasi yang dikembangkan langsung oleh WhatsApp itu rupanya memiliki perbedaan. Perbedaan keduanya itu jadi kelebihan dan kelemahan mereka masing-masing. Dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, Anda tinggal menyesuaikan mau memakai WA Web atau WA Desktop. Apalagi di tahun ini, Whatsapp semakin berusaha memanjakan penggunanya, seperti yang diberitakan di Penambahan Fitur Layanan pada Whatsapp di 2021 Semakin Memanjakan Penggunanya.

Lantas, apa perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop? Artikel ini akan memberikan ulasannya untuk Anda. Agar Anda bisa memilih mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda masing-masing.

 

Perbedaan Cara Penggunaan WhatsApp

Kedua aplikasi tersebut, baik WhatsApp Web maupun WhatsApp versi Desktop ini memiliki persamaan, yakni diakses dengan menggunakan komputer dan terkoneksi internet. Sebelumnya, dianjurkan terlebih dahulu memasang aplikasi WA yang ada di smartphone agar dapat tertaut dengan WhatsApp Desktop atau WhatsApp Web untuk login melalui scan barcode.

Namun, yang perlu dipahami bahwa WhatsApp Web dapat digunakan dengan masuk terlebih dahulu ke web browser atau dapat diakses oleh komputer melalui peramban web. Sementara WhatsApp Desktop dapat dipasang di Windows atau Mac yang dilakukan secara stand alone atau mandiri.

Baca juga: 5 Tips Menjadikan Grup WhatsApp Menarik

Adapun jenis web browser yang direkomendasikan untuk jenis WA Web dengan situs web.whatsapp.com, di antaranya browser Chrome, Firefox, Opera, Safari, dan Microsoft Edge.
Sedangkan untuk WA Desktop ini harus terinstal pada komputer dengan mengunduh file yang berekstensi .exe dari whatsapp.com/download dengan ukuran 125 MB.
Kemudian Personal Computer (PC) atau laptop yang dapat dipasangi WhatsApp Desktop adalah yang memiliki spesifikasi dengan sistem operasi Windows 8 dan yang lebih tinggi dengan arsitektur 64 bit.

Jika Anda menggunakan PC/laptop produk Apple, maka perhatikan spesifikasi sistem operasi Apple yang dimiliki. WA Desktop hanya bisa digunakan di sistem operasi MacOS 10.10 atau yang lebih tinggi. Mungkin karena hal tersebut, maka Mark Zuckerberg melabeli iPhone sebagai pesaing Whatsapp

Sehingga, jika Anda cermati maka WA Web lebih unggul dibandingkan dengan WhatsApp Desktop. Hal ini disebabkan karena WhatsApp Web bisa login dengan menggunakan komputer mana pun, sekalipun Anda meminjam laptop teman selama membawa smartphone yang terpasang WA.

Akan tetapi, jika WhatsApp Desktop harus terpasang terlebih dahulu dan tidak akan sama dengan aplikasi Line for Desktop yang notabene bisa berdiri sendiri tanpa scan barcode. Satu hal yang menjadi kelebihan dari WhatsApp Desktop adalah cocok digunakan untuk bisnis atau intensitas penggunaannya lebih besar dan banyak.

Ilustrasi Whatsapp Desktop dan WA web

Ilustrasi mengoperasikan WA Desktop di laptop (pexels/liza summer)

Perbedaan dari Segi Design Tampilan

Sesungguhnya, design tampilan kedua aplikasi pengembangan WhatsApp tersebut, baik versi web maupun desktop sama dan tidak banyak perbedaanya.

Namun, jika ditelisik lebih dalam, tampilan WA Desktop yang merupakan satu aplikasi tersendiri ini terlihat lebih full screen jika dilakukan maximize atau perbesar layar.

Berbeda halnya dengan WA Web, tampilannya pun tidak satu layar penuh dan masih ada tab, history browser, bookmark, dan lain-lain.

 

Perbedaan dari Segi Notifikasi

Notifikasi merupakan sebuah penanda atau peringatan yang menunjukkan bahwa pesan dari orang lain masuk pada aplikasi WhatsApp. Adapun notifikasi WhatsApp dengan versi web browser Chrome ini hanya ditandai dengan bunyi saja.

Baca juga: Kelebihan WhatsApp Business untuk UMKM

Namun, jika ingin mengetahui jumlah pesan masuk harus kembali lagi ke web browser yang sudah ada aplikasi WhatsApp yang sedang digunakan.

Lalu, jika Anda menggunakan web browser Mozilla Firefox maka notifikasi dapat berupa pop-up ketika pesan masuk seperti via web. Keunggulan yang dimunculkan pada WhatsApp Web di Mozilla akan terlihat jumlah pesan yang masuk di notifikasi pop-up tersebut.

Sedangkan dengan menggunakan WhatsApp versi Desktop, dapat terlihat notifikasi yang ditandai dengan bunyi dan juga jumlah pemberitahuan pesan yang masuk pada ikon aplikasi menu taskbar.

 

Perbedaan Penggunaan Memori saat Operasional WhatsApp

Memori yang digunakan pada kedua aplikasi tersebut terbilang kecil. Namun, jika diperhatikan ternyata terdapat margin yang tidak terlalu besar.

Adapun pembatasan kapasitas memori yang digunakan saat operasional WA Web adalah dengan menggunakan Microsoft Edge. Hal ini dikarenakan penggunaan WhatsApp web browser Microsoft Edge lebih ringan dibanding dengan menggunakan Mozilla Firefox maupun Chrome.

Jika Anda menggunakan WA hanya sebatas bertukar pesan saja, maka kapasitas memori yang digunakan WhatsApp Web sebesar 260 sampai 300 MB. Sedangkan, jika menggunakan WhatsApp Desktop maka akan menghabiskan memori sebanyak 210 sampai 260 MB

Sehingga, aplikasi yang menghabiskan memori lebih kecil adalah dengan menggunakan WhatsApp Desktop. Namun, kapasitas memori kedua aplikasi tersebut akan meningkat, jika penggunaannya juga meningkat, seperti bertukar foto, video, dan file lainnya.

Kedua versi WhatsApp laptop/PC memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keunggulan WhatsApp Desktop lebih kepada operasional yang digunakan untuk bisnis atau penggunaannya yang lebih intens dengan kapasitas memori yang lebih kecil. Sedangkan WA Web tidak perlu diinstalasi terlebih dahulu dan dapat digunakan di komputer mana pun.

Nah, sekarang tinggal bagaimana Anda menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sebagai inspirasi, berita soal wirausaha dan Whatsapp yang berjudul Tumbasin: Merintis Aplikasi Belanja di Pasar Tradisional Berawal dari Pesan WhatsApp (Bagian 1) bisa menjadi acuan Anda untuk memilih. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.