Berita Nasional Terpercaya

Jurusan IT: Pengertian, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Terbaru

0

Bernas.id – Di era digital 4.0 ini berkaitan erat dengan keterampilan jurusan IT (Teknik Informatika). Kebutuhan akan kuliah jurusan teknologi informasi sangat dibutuhkan oleh sebagian besar perusahaan untuk mengembangkan bisnis usahanya dengan SDM dari universitas jurusan IT. Selain itu, teknologi yang canggih juga semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-harinya.

Segala hal terkait informasi yang dibutuhkan juga akan sampai dalam hitungan menit bahkan detik hanya dengan menggunakan suatu teknologi informasi yang canggih. Maka dari itu, seorang ahli teknik informasi yang kuliah IT di era ini sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan untuk mendukung kinerjanya.

Jurusan kuliah teknik informatika menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk nantinya dapat bekerja di industi pengelohan informasi. Prospek kerja teknik informatika pun sangat menjanjikan dan dibutuhkan oleh perusahaan.

Lantas, bagaimanakah program studi teknik informasi dan prospek kerja lulusan teknik informatika? Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap terkait informasi kuliah jurusan IT di Indonesia.

Baca juga: 10 Alasan Memilih Jurusan Teknik Informatika, Ini akan Kamu Temui Jika Bergabung dengan UNMAHA

Pengertian Jurusan Teknik Informatika

Pengertian Jurusan Teknik Informatika

Kuliah jurusan IT adalah proses mempelajari ilmu informasi tentang penggunaan teknologi pada komputer secara optimal agar dapat mengatasi masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika. Selama menjalani perkuliahan, jurusan teknik informasi ini akan banyak mempelajari tentang pemrograman dan komputasi disertai dengan perancangan perangkat lunak dengan baik.

Baca juga: Biar Tak Salah Jurusan, Ini Perbedaan antara Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Keuntungan Memilih Jurusan Teknik Informatika

Keuntungan Memilih Jurusan Teknik Informatika

Mahasiswa yang memilih kuliah jurusan komputer ini memiliki peluang kerja teknik informatika yang menguntungkan karena keterampilan ini sangat dibutuhkan di bidang IT. Beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan mengambil program kuliah jurusan informatika ini yaitu:

  1. Prospek kerja jurusan teknik informatika ini sangat luas seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.
  2. Seorang lulusan yang belajar teknik informatika ini sangat dibutuhkan oleh instansi pemerintah, BUMN, hingga perusahaan-perusahaan swasta lainnya.
  3. Lulusan kuliah informatika ini juga bisa membangun usaha sendiri berupa pendirian startup pribadi.
  4. Para lulusan TI juga dapat bekerja sebagai independent self-employer dengan menjadi seorang konsultan dalam mengembangkan suatu sistem software database tertentu.
  5. Bekerja di dunia digital dapat meningkatkan kreativitas dalam membangun ide-ide lainnya.

Baca juga: 25 Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika yang Ada Jika Bergabung dengan UNMAHA

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Saat ini, jurusan TI ini sangat populer dikalangan mahasiswa dengan tingkat persaingan yang ketat setiap tahunnya. Hal itu sangat terlihat jelas bahwa kuliah teknik informatika yang menjanjikan. Lebih lanjut, prospek kerja jurusan teknik informatika dengan gaji tinggi kini sangat ada di perusahaan.

Lalu, apa sajakah peluang kerja jurusan teknik informatika? Beberapa peluang kerja lulusan teknik informatikadi antaranya yaitu:

1. Programmer

Berprofesi sebagai seorang programmer sangat banyak dilakukan oleh para lulusan jurusan teknik informatika. Prospek karir dari lulusan kuliah jurusan programmer tersebut pun terbilang bagus seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat. Sebagai programmer pemula, gaji awal yang bisa didapat oleh bidang pekerjaan ini yaitu antara Rp 5 juta – Rp 10 juta per bulan.

Baca juga: 5 Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika yang Sedang Populer

2. Software Developer

Bidang pekerjaan ini juga sangat tepat bagi para lulusan teknik informatika. Profesi ini memiliki tugas penting untuk menciptakan software baru yang nantinya akan dipakai dalam menjalankan suatu sistem. Kemudian, gaji seorang software developer ini bisa mencapai Rp 8 juta per bulannya. 

3. Web Designer

Profesi seorang web designer ini secara langsung akan bekerjasama dengan web programmer. Tugas utamanya yaitu membuat suatu rancangan pada website bersama web programmer dengan baik. Di samping itu, jumlah gaji yang didapatkan oleh profesi ini senilai Rp 4 juta perbulan atau lebih sesuai dengan proyek pekerjaannya.

Baca juga: Hilangkan Kebingungan Tentang Perbedaan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Teknik Komputer di UNMAHA

4. System Analyst

Sesuai dengan namanya, profesi ini memiliki tanggung jawab untuk melakukan analisis sistem yang digunakan oleh perusahaan. Bidang pekerjaan ini nantinya juga akan bekerjasama dengan seorang programmer yang handal. Jumlah gaji yang akan didapatkan bisa mencapai Rp 6,5 juta per bulan atau bahkan bisa puluhan juta. 

5. IT Consultant

Bidang profesi untuk jurusan TI ini memiliki tugas memberikan ide dan solusi terhadap penggunaan teknologi informasi dengan tepat kepada kliennya. Hal tersebut dilakukan agar bisnis yang sedang dijalankan dapat memenuhi targetnya. Jumlah gaji yang didapatkan per bulan pun cukup tinggi, yaitu Rp 6 juta – 11 juta.

Baca juga: Inilah 6 Universitas Jurusan Multimedia yang Ada di Indonesia

6. Software Engineer

Profesi software engineer ini memiliki tugas yang hampir sama dengan profesi seorang programmer dan system analyst, berupa menganalisis suatu sistem yang digunakan oleh perusahaan. Rentang gaji yang akan didapatkan oleh bidang profesi ini yaitu Rp 8 juta per bulan atau bahkan bisa lebih.

7. Database Engineer

Profesi ini sangat cocok bagi para lulusan teknik informatika. Bidang pekerjaan ini bertugas untuk merancang serta memonitor database yang kompleks di perusahaan. Jumlah gaji yang ditawarkan kepada para pemula pada profesi ini mencapai Rp 5 juta atau bahkan bisa lebih.

Baca juga: Pendaftaran Kuliah di UNMAHA Dibuka, Pilih Jurusan Kuliah Favorit Segera!

8. IT Executive

Prospek kerja di bidang ini juga memiliki peluang yang bagus bagi para lulusan TI. Bidang pekerjaan ini bertugas untuk memastikan kesiapan suatu sistem di perusahaan agar dapat dioperasikan secara efisien. Jumlah gaji yang bisa didapatkan oleh profesi ini yaitu Rp 5 juta – 9 juta per bulannya. 

9. Network Administrator

Bidang profesi ini memiliki tanggung jawab untuk menjaga kontinuitas jaringan pada suatu sistem. Kemudian, bidang pekerjaan ini akan memperoleh jumlah gaji Rp 9 juta per bulannya.

10. Network Support Engineer

Profesi ini juga sangat tepat bagi para lulusan TI yang memiliki tugas untuk melakukan analisis pada sistem jaringan. Kemudian, gaji yang didapat pada bidang pekerjaan ini yaitu antara Rp 5 juta – Rp 9 juta per bulan.

Baca juga: Jurusan Teknik Informatika UNMAHA: Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Kira-kira teknik informatika belajar apa? Program kuliah teknik informatika secara garis besar akan mempelajari tentang teknologi, sistem, dan jaringan yang akan digunakan pada komputer untuk memecahkan suatu permasalahan. Lalu, apa saja mata kuliah teknik informatika semester 1 sampai 8 yang akan dipelajari di universitas jurusan IT? Beberapa pelajaran teknik informatika di antaranya yaitu:

  1. Sistem Digital.
  2. Pemrograman Berorientasi Objek.
  3. Komputasi Numerik.
  4. Struktur Data.
  5. Sistem Basis Data.
  6. Organisasi Komputer.
  7. Manajemen Basis Data.
  8. Kecerdasan Buatan.
  9. Sistem Operasi, Analisis, dan Perancangan Sistem Informasi.
  10. Kecerdasan Komputasional.

Baca juga: 14 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Jurusan Kuliah IT yang Ada di Indonesia

Jurusan Kuliah IT yang Ada di Indonesia

Information Techology (IT) memang bersifat umum dan terdiri dari beberapa cabang ilmu tentang teknik informatika dan bidang ilmu komputer lainnya. Lebih lanjut, jurusan IT di fakultas teknik informatika universitas ini juga terbagi menjadi beberapa program pendidikan. Di antara kuliah informatika di universitas jurusan IT yang berhubungan dengan Industri IT adalah sebagai berikut:

  1. Jurusan Teknik Informatika.
  2. Jurusan Sistem Informasi.
  3. Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak.
  4. Jurusan Ilmu Komputer.
  5. Jurusan Information Technology.
  6. Jurusan Teknik Komputer Jaringan.
  7. Manajemen Informatika.
  8. Jurusan Desain Komunikasi Visual.
  9. Jurusan Fotografi.
  10. Jurusan Film atau Perfilman.
  11. Jurusan Animasi.

Baca juga: 11 Jurusan Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi tentang kuliah jurusan teknik informatika yang ada di Indonesia dan prospek kerja jurusan teknologi informasi. Jurusan kuliah teknik komputer khusus teknologi informasi ini memiliki cukup banyak peminat dengan prospek kerja yang bagus bagi para lulusannya nanti. Di samping itu, seorang ahli IT lulusan universitas jurusan teknik informatika tersebut juga sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat. Ditambah lagi, pekerjaan bidang IT ini juga memiliki rentang gaji yang cukup menjanjikan kedepannya.

Baca juga: MAU KULIAH YANG PASTI BISA KERJA? PELAJARI SKILL KARIR PALING DICARI 5 TAHUN MENDATANG

Leave A Reply

Your email address will not be published.