Berita Nasional Terpercaya

Panduan lengkap Whatsapp Web, dari Cara Pakai Sampai Fitur Masa Depan

0

WhatsApp web adalah layanan WhatsApp yang khusus digunakan untuk laptop atau PC. Dengan WhatsApp web, chat online Anda dapat diakses lewat perangkat Mac, Windows, iPad, atau tablet Android.

Pada dasarnya, layanan WhatsApp chat di web browser merupakan cerminan WhatsApp di Android atau iPhone. Jadi HP harus berada di sekitar PC atau laptop.

Akan tetapi bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan WhatsApp di laptop tanpa HP. Ada trik dan cara menggunakan WhatsApp di PC tanpa HP. Hanya saja untuk bisa seperti itu, Anda harus memiliki kemampuan dan perhatian yang lebih baik.

Sebabnya ada beberapa detail, tutorial, dan masalah yang perlu Anda hadapi. Oleh karenanya, mari membahas satu per satu bagian per bagian membuat WhatsApp di PC Online terus-menerus.

 

Apa Itu WhatsApp dan Fakta-fakta Tersembunyi di Belakangnya

Dikutip dari website resminya, WhatsApp adalah aplikasi gratis yang menyediakan layanan bertukar pesan dan panggilan yang sederhana, aman, dan reliabel serta tersedia pada berbagai telepon di seluruh dunia.  

WhatsApp diciptakan sebagai alternatif SMS. Nama WhatsApp sendiri diambil dari istilah bahasa Inggris “Whats'Up” yang berarti apa kabar. Pendiri WhatsApp bernama Jan Koum dan Brian Acton.

Sebelum membuat WhatsApp, mereka bekerja di Yahoo, sebuah perusahaan teknologi pemilik Yahoo search.

Jan Koum dan Brian Acton merilis WhatsApp ke dunia dan dapat digunakan siapa saja pada Februari 2009. Lalu pada 2014, WhatsApp dimiliki Facebook.

Saat ini, WhatsApp juga mampu mengirim dan menerima berbagai jenis media, seperti dokumen, foto, video, GIF, lokasi, panggilan suara, dan panggilan video.

Berikut ini adalah 7 fakta mengenai WhatsApp yang mungkin belum Anda ketahui. Biarkan angka-angka ini berbicara sendiri dan menunjukkan betapa besar kekuatan WhatsApp.

• WhatsApp adalah aplikasi messenger seluler paling populer di dunia. 2 miliar orang di seluruh dunia menggunakan WhatsApp setidaknya sekali per bulan. Data tersebut menempatkan WhatsApp di depan aplikasi messenger populer lainnya: Facebook Messenger dengan 1,3 miliar pengguna dan WeChat dengan 1,2 miliar pengguna.
• WhatsApp adalah jaringan media sosial ketiga yang paling banyak digunakan di dunia. WhatsApp berada di belakang Facebook dan YouTube untuk popularitas di seluruh dunia.
• 58% pengguna WhatsApp menggunakan aplikasi lebih dari sekali setiap hari. Bahkan, faktanya, di AS, rata-rata orang menggunakannya 143 kali sebulan .
• Pada 2019, WhatsApp memiliki lebih dari setengah miliar pengguna aktif harian. Jumlah itu meningkat 450 juta pada akhir 2018.
• Berdasarkan data Statista, 27% pengguna WhatsApp Amerika berusia 26 hingga 35 tahun.
• WhatsApp sebagian besar digunakan untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga. Itulah alasan 82% orang Amerika menggunakan aplikasi ini. Alasan populer lainnya termasuk memperkuat jaringan profesional (13%) dan mendapatkan hiburan (10%).
• Panggilan WhatsApp terbanyak yang pernah dilakukan adalah Malam Tahun Baru 2020. Rekor 1,4 miliar panggilan video dan suara dilakukan menggunakan WhatsApp pada 31 Desember 2020.

Dengan berbagai layanan dan risiko kebocoran data pribadi, WhatsApp punya layanan keamanan enkripsi end-to-end di dalam aplikasinya. Layanan ini membuat berbagai chat WhatsApp jadi aman dari risiko hack atau kebocoran data.

Pada awalnya WhatsApp diciptakan untuk perangkat Android dan iPhone. Sehingga, untuk bisa memakai WhatsApp maka Anda harus memiliki HP Android atau iPhone. Lalu Anda download WhatsApp di Play Store atau Appstore.

Seiring tuntutan waktu dan pengguna, WhatsApp sekarang bisa digunakan di perangkat selain HP Android atau iPhone.

Masih ada banyak orang yang bekerja memakai laptop dan PC sehingga merasa ribet mengakses WhatsApp yang hanya tersedia di HP. Oleh karenanya, WhatsApp web adalah solusi bagi orang yang ingin mengakses WhatsApp tidak lewat HP.

Dengan berbagai fitur chat WhatsApp yang hampir sama dengan yang di Android atau iPhone, WhatsApp web terasa praktis dan memudahkan penggunanya. Anda hanya perlu melakukan WhatsApp web login maka semua WhatsApp chat Anda sudah hadir di layar laptop.

 

Perbandingan WhatsApp dengan Aplikasi Line

WhatsApp dan Line adalah dua aplikasi perpesanan instan paling populer di Indonesia. Baik WhatsApp atau LINE memungkinkan Anda melakukan dan menerima panggilan gratis di smartphone. Tapi mana yang terbaik untuk menghemat uang untuk panggilan dan untuk koneksi yang jelas?

Kedua aplikasi menawarkan fitur yang tidak jauh berbeda. Dan, kedua aplikasi gratis untuk diunduh, menawarkan panggilan suara dan video gratis, dan memungkinkan berbagi file dan lokasi gratis.

Jumlah orang yang menggunakan aplikasi merupakan faktor penting dalam memutuskan untuk menggunakannya.

Panggilan gratis di antara pengguna jaringan yang sama. Jadi, semakin banyak teman dan koresponden yang Anda miliki di satu aplikasi, semakin banyak peluang yang Anda miliki untuk melakukan panggilan VoIP dan video gratis .

WhatsApp adalah pemenang yang jelas di sini karena memiliki basis pengguna terbesar di seluruh dunia. Akan tetapi, untuk Indonesia, jumlah pengguna kedua aplikasi ini hampir sama banyaknya.

Bagian menarik dari LINE adalah stiker. Pasar stiker dikembangkan di LINE dengan beberapa stiker gratis yang menarik. Beberapa stiker menggambarkan karakter kehidupan nyata, dan yang lainnya menyampaikan emosi dengan cara bermakna. Keunggulan lainnnya, stiker LINE dapat dikirim ke WhatsApp, walaupun memerlukan aplikasi lain.

Untuk urusan kontak, LINE lebih unggul dari WA. Beberapa pengguna LINE tidak memakai nomor telepon. Jadi, Anda dapat memiliki kontak di LINE di luar daftar kontak HP. Ada beberapa cara inovatif untuk menambah teman di LINE.

Anda dapat memindai kode QR LINE mereka, atau Anda berdua saling mendekatkan ponsel dan menggoyangkan ponsel untuk menambahkan satu sama lain ke daftar kontak LINE.

Kedua aplikasi perpesanan ini dapat dikategorikan sebagai aplikasi jejaring sosial . Namun, LINE lebih berkembang karena banyaknya fitur yang dimiliki. Salah satunya, LINE punya fitur sosial yang familier seperti timeline.

Mempertimbangkan aplikasi dan fitur-fiturnya, LINE unggul dari WhatsApp dalam banyak aspek. LINE memiliki lebih banyak fitur yang memanjakan penggunanya.

Namun, satu keuntungan besar dan signifikan yang dimiliki WhatsApp adalah WA punya basis pengguna yang lebih besar. Jadi, meskipun LINE punya fitur yang lebih baik, kebanyakan orang akhirnya memakai WhatsApp karena lebih populer.

 

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Seperti yang sudah disebutkan bahwa WhatsApp web adalah cerminan WhatsApp Android atau iPhone. Bedanya di perangkat penggunanya saja. WhatsApp web bisa diakses di laptop atau PC, sedangkan WhatsApp Android bisa diakses melalui HP.

Untuk bisa mengakses WhatsApp web, siapkan laptop atau PC, siapkan juga HP yang terinstal WhatsApp Anda, dan pastikan koneksi internet terhubung dengan perangkat.

1. Cara membuka WhatsApp Web

Langkah pertama menggunakan WhatsApp web adalah membuka aplikasi WhatsApp di laptop/PC. Berikut ini cara membuka WhatsApp web yang praktis dan tidak merepotkan:

a. Buka alamat WhatsApp Web. Kunjungi web WhatsApp yang alamatnya di https://web.WhatsApp.com/. Anda bisa membuka web WhatsApp memakai browser Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Opera, atau berbagai jenis browser lain. Setelah alamat web WhatsApp terbuka, Anda akan melihat QR Code di layar monitor. Kode QR Code adalah semacam barcode WhatsApp. Anda perlu scan QR code WhatsApp tersebut memakai HP.
b. Buka WhatsApp di HP. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel. Umumnya, aplikasi WhatsApp memakai logo WhatsApp berupa ikon telepon dalam kotak obrolan.
c. Akses pengaturan Web WhatsApp. Setelah WhatsApp terbuka di perangkat selular, klik ikon tiga titik yang ada di ujung kanan layar bagian atas. Sebagai pegangan, di layar bagian atas ini terdapat tulisan WhatsApp, ikon kaca pembesar, dan ikon tiga titik. Setelah ikon tiga titik dipencet, akan keluar kotak berisi beberapa opsi tindakan. Anda cukup memilih opsi bertuliskan WhatsApp Web. Setelah itu, layar ponsel Anda berubah menampilkan fungsi kamera. Ini berarti ponsel siap menjalankan fungsi scanner barcode WhatsApp.
d. Scan Barcode WhatsApp. Saat layar ponsel Anda berubah, berarti waktunya menggerakkan ponsel mendekati monitor laptop. Posisikan kotak QR Code di monitor laptop dalam kotak transparan di layar ponsel. Gerakkan ponsel Anda beberapa kali untuk bisa memasukkan QR Code ke kotak transparan. Tujuannya agar kotak transparan di layar ponsel bisa menjalankan fungsi scan barcode WA. Anda tidak perlu menekan apa pun saat menjalankan aktivitas scan ini. Saat kamera ponsel berhasil melakukan fungsinya, secara otomatis monitor laptop akan berubah. Layar ponsel Anda juga akan berubah. Keduanya akan menampilkan daftar chat WA.
e. Aktifkan WhatsApp Android atau iPhone Anda. Perhatikan, agar WhatsApp Web berfungsi, ponsel tempat akun WhatsApp Anda aktif harus dihidupkan bersama dengan koneksi internet yang aktif.

2. Cara membaca obrolan WA Web

Setelah melakukan WA Web login seperti tutorial di atas, maka Anda juga perlu mengetahui bagaimana membaca pesan. WA Web atau dikenal juga dengan WhatsApp for PC memang memiliki tampilan yang berbeda dengan WhatsApp Android atau WhatsApp iPhone.

Beberapa bagian dari WhatsApp PC ini memang perlu diperhatikan karena jadi faktor dasar Anda memahami pemakaiannya.

a. Tampilan panel. Tampilan WhatsApp website memang berbeda jauh dengan tampilan WA di ponsel. Tampilan WA Web tersebut terbagi dalam dua kotak besar. Kotak di sisi kiri berisi daftar pesan WA Anda. Sedangkan di sisi kanan berisi kotak chat WA yang sedang Anda lakukan.
b. Pilih Obrolan WA untuk dibaca. Saat ingin membaca pesan WA dari seseorang, Anda tinggal memilih salah satu pesan WA yang ada di kotak kiri. Anda cukup menaik-turunkan daftar itu untuk mencari pesan yang ingin dibaca. Saat pilihan sudah ditentukan, cukup klik kotak pesan yang ingin Anda baca.
c. Baca Obrolan WA Anda. Percakapan yang Anda pilih akan hadir di kotak kanan. Anda cukup menaik-turunkan kotak obrolan untuk membaca pesan lama atau pesan baru.

3. Cara Chatting WA Web

Untuk bisa memulai chatting WA web, langkah-langkah yang perlu dilakukan tidak terlalu sulit. Berikut ini langkah demi langkah chatting WA Web.

a. Pilih kontak WA. Perhatikan di kolom kiri. Anda akan melihat sebuah kotak kecil bertuliskan “Search or start new chat” dengan ikon kaca pembesar. Arahkan kursor ke kotak kecil tadi. Lalu ketikan nama orang atau nama grup yang ingin Anda ajak bertukar pesan. Cara yang kedua adalah menaik-turunkan daftar pesan untuk mencari orang atau grup. Anda bisa memilih memakai cara yang mana saja. Begitu pilihan sudah ditentukan, cukup klik kotak pesan tersebut.
b. Kotak obrolan WA. Perhatikan kotak obrolan yang ada di sebelah kanan. Kotak di sebelah kanan ini akan menampilkan berbagai jejak obrolan dengan relasi Anda. Kotak ini akan berubah secara otomatis saat Anda mengubah kontak. Lihat area bawah kotak obrolan WA web Anda. Ada kotak berwarna putih bertuliskan “Type a message” di samping ikon emoticon dan mikrofon. Di kotak inilah Anda bisa mengetikkan pesan.
c. Mengirim pesan obrolan. Anda hanya bisa mengetikkan pesan Anda di kotak putih “Type a message” saja. Setelah pesan diketik, ketik Enter untuk mengirimkan pesan tersebut ke relasi. Secara otomatis, pesan itu akan hadir sebagai bagian jejak obrolan Anda. Selain teks, Anda juga bisa mengirimkan berbagai jenis file di WA web. Caranya dengan mencari ikon klip di samping kotak “Type a message” lalu klik ikon tersebut. Secara otomatis akan muncul beberapa ikon yang bisa Anda klik.  Setiap ikon mewakili jenis file yang bisa Anda kirim. Sehingga Anda perlu memperhatikan file apa yang akan dikirim untuk disesuaikan dengan ikon yang ada.

4. Cara Melihat Status WA Web

Salah satu fitur di WA Web adalah melihat status. Dengan beberapa kali klik, Anda bisa melihat status WA seperti di WA HP.

a. Membuka daftar status. Anda perlu fokus pada kotak bagian kiri. Kemudian cari ikon 3 garis melengkung yang membentuk lingkaran. Lokasinya ada di bagian atas kotak kiri. Mudahnya, ikon lingkaran ini sejajar dengan foto profil WA Anda. Arahkan kursor pada ikon lingkaran tersebut. Bila tepat, umumnya, akan muncul kotak kecil berisi kata “status”. Klik ikon lingkaran tersebut. Secara otomatis, seluruh tampilan Web WhatsApp akan berubah. Pada kotak bagian kiri berisi daftar relasi yang update status WA. Sedangkan di kotak bagian kanan akan menampilkan status yang Anda pilih untuk dilihat.
b. Melihat status WA. Dari sekian banyak daftar relasi yang update status WA di kotak kiri, Anda pilih salah satu seperti saat Anda memilih membaca pesan WA. Setelah dipilih, layar monitor menampilkan status relasi Anda. Saat itu, Anda bisa memberikan komentar pada masing-masing status dengan mengetikan respons di kolom “Type a reply” lalu klik Enter.
c. Kembali melihat daftar status WA Web. Saat melihat update status tapi Anda ingin kembali ke tampilan daftar status, cukup klik ikon tanda panah yang ada di bagian atas pojok kiri layar. Atau saat melihat update status tapi Anda ingin kembali ke tampilan daftar obrolan WA, cukup klik ikon tanda silang yang ada di bagian atas pojok kiri layar.

5.  Cara Edit Profil WhatsApp dan Cara Membuat Status WA Web

Untuk mengedit informasi pribadi Anda yang ditampilkan seperti nama, penjelasan singkat, dan foto profil WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut ini:

a. Pastikan WhatsApp Web sudah terbuka.
b. Klik ikon profil Anda di kolom kiri bagian atas.
c. Untuk mengubah foto profil WA dari komputer, cukup klik foto profil tersebut. Setelah itu, pilih antara Unggah foto atau Ambil foto.
d. Pilihan Unggah foto berarti Anda upload file foto yang ada di komputer. Sedangkan pilihan ambil foto berarti Anda memotret diri Anda saat itu juga.
e. Di bawah foto profil WA, Anda bisa melihat ikon pensil. Klik ikon pensil tersebut bila Anda ingin mengubah nama.
f. Di bawahnya lagi, Anda juga bisa melihat ikon pensil kedua. Klik ikon pensil tersebut bila Anda ingin mengedit penjelasan singkat diri Anda.

Lalu bagaimanakah cara membuat status WA Web lewat komputer? Sayangnya WA web tidak memberikan layanan update status. Sehingga, satu-satunya cara  buat status di WA Web adalah dengan memakai akun WA smartphone Anda.

6. Cara Mengirim Pesan Terjadwal WhatsApp Web

Salah satu fitur unggulan WhatsApp yang tidak bisa dihiraukan adalah penjadwalan pesan. Fitur penjadwalan pesan membantu pengguna untuk menghindari kehilangan pengiriman teks penting dan pengingat ke kontak mereka.

Fitur penjadwalan pesan sangat berguna bagi mereka yang memakai WhatsApp untuk pemasaran. Mereka dapat dengan mudah menjadwalkan pesan ke pelanggan/relasi mereka untuk tanggal dan waktu tertentu dan memastikan pembaruan dan berita mereka sampai ke pelanggan tepat waktu.

Untuk menjadwalkan pesan WhatsApp Desktop, Anda sebaiknya memakai ekstensi Chrome gratis bernama Blueticks.

Ekstensi Chrome ini khusus untuk browser Google Chrome yang berfungsi mengirim pesan secara otomatis di WhatsApp.

Mari lihat proses langkah demi langkah untuk menjadwalkan pesan WhatsApp melalui ekstensi web ini.

Langkah pertama adalah instal ekstensi Blueticks ke browser Chrome Anda. Anda dapat menemukan ekstensi Blueticks ini di Toko Web Chrome yang beralamat di https://chrome.google.com/webstore/category/extensions.

Ketikkan Blueticks di kolom Telusuri Toko. Dari hasil pencarian yang dihasilkan, pilih Blueticks dengan logo berwarna biru. Lalu klik tombol Tambahkan ke Chrome. Secara otomatis, Blueticks akan terpasang di Chrome Anda.

Sekarang, klik ikonnya yang ada di pojok kanan atas browser Chrome Anda. Kemudian daftar atau masuk dengan alamat email dan kata sandi Anda.

Selanjutnya, buka website WhatsApp di Google Chrome dan masuk ke akun WhatsApp Anda. Jangan lupa untuk membuka WhatsApp di ponsel Anda dan pilih menu tiga titik.

Dari menu, klik opsi WhatsApp Web, dan pindai kode yang ditampilkan. Anda akan masuk ke WhatsApp Anda di browser.

Setelah masuk ke akun WhatsApp Anda di desktop, buka grup atau kontak yang ingin Anda jadwalkan untuk mengirim pesan Anda.

Ketuk ikon plus (+) yang Anda lihat di samping kotak pesan. Ini akan membuka jendela dialog Jadwalkan pesan. Di jendela Jadwalkan pesan, ketik pesan Anda dan pilih tanggal dan waktu tertentu di mana Anda ingin mengirim teks tersebut secara otomatis.

Selain itu, Blueticks juga menawarkan fitur praktis yang memungkinkan Anda menjadwalkan pesan WhatsApp secara berulang.

Anda dapat mengaktifkan opsi Perulangan Kustom dan kemudian memasukkan interval waktu (jumlah hari), setelah itu pesan akan dijadwalkan dikirim secara berulang-ulang.

Plus, jika Anda tidak ingin mengirim pesan terjadwal segera setelah Anda menerima teks dari kontak tertentu, Anda dapat mengaktifkan opsi Batalkan saat pesan diterima .

Setelah selesai menyesuaikan pesan, tanggal, waktu, dan preferensi lainnya, klik tombol Jadwalkan Kirim , dan pesan Anda akan dijadwalkan untuk waktu yang ditentukan.

7. Cara Download File Media WhatsApp Web

WhatsApp versi smartphone memungkinkan Anda mengunduh semua media sekaligus. Sayangnya itu semua tidak bisa dilakukan di WhatsApp Web.

Apabila Anda ingin mengunduh file foto atau vide WhatsApp Web, maka yang bisa dilakukan adalah klik tombol download satu per satu. Sebab, tidak ada opsi untuk mengunduh semua file WA Web sekaligus.

Untuk bisa mengunduh file media WA Web, Anda cukup membuka masing-masing file. Kemudian perhatikan area bagian atas kotak kanan. Anda akan melihat ikon tanda panah. Klik ikon tersebut dan file Anda akan terunduh.

Seperti yang disebutkan di atas, tidak ada opsi mengunduh semua media sekaligus di WhatsApp Web. Begitu juga tidak ada opsi mengunduh file WA Web secara otomatis. Artinya, tidak perlu khawatir komputer Anda dipenuhi berbagai file video atau foto WA Web.

8. Cara Mengatur Notifikasi WhatsApp

Saat Anda mulai menggunakan aplikasi WhatsApp Web, Anda mungkin akan mulai menerima banyak notifikasi. Berbagai notifikasi WhatsApp terasa baik-baik saja. Akan tetapi bila sudah terlalu banyak, maka baru terasa mengganggu.

Ada beberapa pengaturan yang bisa dijalankan untuk meningkatkan kenyamanan pengalaman Anda. Preferensi notifikasi dapat dengan mudah dikelola melalui pengaturan WhatsApp Web. Berikut ini cara menghilangkan notifikasi WhatsApp Web.

Pertama, buka WhatsApp Web atau WA desktop Anda. Selanjutnya, di halaman beranda, klik Menu (panah tarik-turun atau tiga titik). Kemudian, dari opsi yang diberikan, ketuk Pengaturan. Saat terbuka layar baru, pilih Notifikasi.

Di sini akan ada tiga opsi, Anda dapat melakukan perubahan pada Suara, Peringatan Desktop, dan Tampilkan Pratinjau. Anda dapat mematikan semua peringatan dan suara obrolan untuk jangka waktu tertentu seperti 8 jam, 1 minggu, atau 1 tahun.

Anda juga dapat mengaktifkan kembali notifikasi kapan saja. Untuk mengaktifkan kembali notifikasi, klik Alerts and sound off. Klik untuk memulihkan (ikon lonceng).

Lebih jauh lagi, Anda bahkan dapat membisukan obrolan individu atau grup. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membisukan obrolan individu atau grup.

Pertama, buka obrolan individu atau grup. Selanjutnya, klik Menu (panah drop-down atau tiga titik). Dari opsi yang diberikan, ketuk Mute Notifications. Kemudian tentukan durasinya, apakah 8 jam, 1 minggu, atau 1 tahun. Lalu klik Mute Notifications.

Kapan pun Anda dapat membunyikan notifikasi. Untuk mengaktifkan kembali notifikasi, temukan obrolan yang dibisukan dan klik Menu (panah tarik-turun). Sekarang, dari opsi yang diberikan, klik Suarakan notifikasi.

Ingat, jika Anda membisukan obrolan individu atau grup di ponsel Anda, obrolan itu juga akan dibisukan di WhatsApp Web dan Desktop.

 

Tips dan Trik WhatsApp Web yang Wajib Anda Tahu

Meskipun WhatsApp Web digunakan banyak orang tapi tidak banyak yang tahu cara memakai dengan efektif. Karena itu, Anda bisa menjalankan beberapa trik WhatsApp Web berikut. Agar pengalaman Anda makin menarik dan membuat Anda terlihat pro.

1. Gunakan Beberapa Akun WhatsApp di PC yang Sama

Beberapa orang memiliki dua ponsel dengan akun WhatsApp berbeda. Mungkin juga Anda menggunakan ponsel dual-SIM dengan beberapa aplikasi WhatsApp. Jika Anda ingin menjalankan dua akun WhatsApp Web di laptop Anda, ada trik khususnya.

Ingat baik-baik, Anda tidak bisa hanya membuka dua tab di Chrome dan masuk ke dua akun WhatsApp begitu saja. Bukan begitu caranya.

Trik Whatswpp Web terbaik untuk menggunakan banyak akun adalah dengan membuka jendela penyamaran atau browser lain. Jadi, jika Anda memiliki satu akun yang masuk ke brwoser Chrome.

Maka, akun WhatsApp yang lain harus masuk melalui jendela baru dalam Mode Penyamaran/Incognito.

Akan tetapi, dalam Mode Penyamaran/Incognito, Anda dapat menggunakan WhatsApp Web selama satu jam saja. Karena setelah satu jam, WhatsApp Web log out secara otomatis.

Opsi lainnya, Anda dapat menjalankan browser kedua dan masuk ke WhatsApp Web. Satu akun WhatsApp masuk di browser Google Chrome, akun yang lain masuk di Microsoft Edge. Dua akun WhatsApp di 1 laptop Anda.

2. Baca Pesan Tanpa Notifikasi Centang Biru

Selama Anda mengaktifkan tanda centang biru di WhatsApp, orang-orang dapat melihat waktu kapan Anda membaca teks WhatsApp mereka.

Tentu saja Anda dapat mematikan tanda terima dan tanda telah dibaca di ponsel Anda. Akan tetapi ada trik WhatsApp Web keren untuk menyiasatinya.

Jika Anda bertukar pesan dengan seseorang di WhatsApp, ingin membaca pesan mereka, tapi tanpa memberikan centang biru tanda dibaca, begini triknya:

a. Buka obrolan Web WhatsApp Anda.
b. Buka jendela program lain dan ubah ukurannya sehingga Anda dapat melihat obrolan Web WhatsApp lengkap sebagai latar belakang. Atau Anda menempatkannya berdampingan.
c. Setelah itu, klik apa pun di jendela program baru Anda. Pastikan juga Anda meletakkan kursor Anda di sana. Ini adalah langkah penting, karena komputer mengira Anda bekerja di jendela program baru, bukan di jendela WhatsApp Web.
d. Bila ada pesan masuk di WhatsApp, pesan itu akan dapat Anda lihat dan baca, tapi tidak ditandai dengan centang biru. Pesan itu ditandai dengan centang abu-abu. Artinya sistem berpikir Anda telah menerima pesan, tetapi tidak membacanya.
e. Saat Anda sudah ingin menandainya sebagai telah dibaca, klik jendela obrolan Web WhatsApp dan centang tersebut akan langsung berubah menjadi biru.

Keterbatasan trik ini adalah hanya dapat diaplikasikan pada satu obrolan dalam satu waktu.

3. Pratinjau pesan WhatsApp Web

Sebuah ekstensi Google Chrome memberi Anda fitur pratijau pesan WA web. Ekstensi itu bernama WAToolkit. Dengan adanya fitu pratinjau pesan, Anda bisa membaca pesan tanpa mendapat centang biru.

Saat Anda mendapatkan pesan baru di WhatsApp, Anda tidak perlu lagi beralih ke tab WhatsApp Web untuk membacanya. Ekstensi WAToolkit menunjukkan berapa banyak pesan yang belum dibaca yang Anda miliki.

Arahkan kursor ke ikon dan Anda akan dapat melihat pratinjau pesan. Tindakan ini juga membuat pesan yang sudah Anda baca tadi tidak mendapat centang biru.

Anda cukup per ke Toko Web Chrome yang beralamat di chrome.google.com/webstore/category/extensions. Ketikkan WAToolkit di kolom Telusuri Toko.

Dari hasil pencarian yang dihasilkan, pilih WAToolkit dengan logo berwarna hijau. Lalu klik tombol Tambahkan ke Chrome. Secara otomatis, WAToolkit akan terpasang di Chrome Anda.

4. Mengaktifkan Mode Gelap WA Web

Mode gelap WA Web adalah sesuatu yang ditunggu banyak orang. Sayangnya, mode gelap WhatsApp Web adalah fitur rahasia yang tidak diluncurkan untuk umum.

Anda harus mengutak-atik kode browser untuk mengaktifkannya. Akan tetapi, sekarang mode gelap WA Web sudah hadir secara resmi. Anda hanya perlu mengaktifkan mode gelap di kolom Pengaturan. Cara untuk mengaktifkannya:

a. Klik tiga titik vertikal untuk membuka menu.
b. Klik Pengaturan.
c. Klik Tema.
d. Pilih Gelap.
e. Klik Oke.

5. Format Pesan WhatsApp Anda

Terkadang, Anda ingin menerapkan pemformatan ke pesan Anda untuk memberikan pernyataan ekstra seperti memberi semangat atau memberi penekanan. Ada cara format pesan obrolan Anda di web WhatsApp dengan menggunakan pintasan ini:

a. Teks dibuat tebal: Beri tanda asterisk (*) di kedua sisi teks.
b. Teks dibuat miring: Tempatkan garis bawah (_) di kedua sisi teks.
c. Teks dicoret : Tempatkan tilde (~) di kedua sisi teks.
d. Teks dengan monospace : Tempatkan tiga backticks (“`) di kedua sisi teks.

6. Cara Agar WhatsApp Web Tidak Logout

Saat Anda mengakses WhatsApp Web, ada durasi waktu yang harus waspadai. Bila durasi waktu ini diabaikan, secara otomatis, WhatsApp Web log out atau keluar. Banyak orang tidak menyadari soal durasi waktu ini.

Fenomena umumnya seperti ini; Anda membuka WhatsApp Web. Setelah membalas pesan di WhatsApp, Anda membuka tab baru atau program baru.

Kemudian Anda sibuk di tab atau program baru tersebut. Setelah beberapa menit, Anda kembali ke tab WhatsApp Web tapi ternyata WA Web log out.

Setidaknya, Anda pasti pernah mengalami kejadian di atas sekali seumur hidup. Nah, untuk mengatasi masalah itu, Anda harus tahu durasi WhatsApp Web tetap aktif. Apabila WA Web tidak aktif selama 30 menit, maka secara otomatis WA Web log out.

Jadi, Anda harus ada di WA Web secara terus-menerus sepanjang waktu. Ribet banget, kan?! Tentu saja hal ini ribet dan mengurangi produktivitas. Oleh karenanya, ada solusi praktis dari masalah ini.

Ada cara supaya WhatsApp Web tidak logout dan login permanen. Caranya ada pada saat pertama kali masuk ke WhatsApp Web. Saat membuka halaman web WhatsApp dan sebelum scan barcode WA, perhatikan tulisan kecil di bawah barcode.

Tulisan kecil itu adalah Keep me signed in. Ada kotak kecil di samping tulisan kecil itu. Anda cukup klik kotak kecil itu sebagai tanda bahwa Anda ingin login permanen.

Setelah dicentang, baru Anda scan WhatsApp barcode seperti biasa. Maka, WA web Anda akan login permanen dan tidak logout begitu saja.

 

Apakah WhatsApp Web Bekerja Bila HP mati?

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah tidak. WhatsApp Web berfungsi dengan baik hanya jika HP aktif. Agar WhatsApp Web berfungsi, ponsel tempat akun WhatsApp Anda harus hidup dan punya koneksi internet.

Akan tetapi ada cara membuat sebuah laptop/PC yang sudah terhubung dengan WhatsApp Web tetap memiliki  akun WA Web. Sehingga saat ponsel terpisah jauh, akses Anda ke web.WhatsApp.com masih terus terbuka.

Kelebihan ini juga berarti membuat Anda tidak memerlukan ponsel agar WA Web berfungsi. Trik atau cara menggunakan WhatsApp di PC tanpa HP ini sebenarnya gampang-gampang susah. Anda hanya perlu teliti saat melakukan WA Web login.

Saat Anda melakukan WhatsApp Web login, Anda akan melihat WhatsApp Web barcode. Perhatikan area sekitar WA barcode tersebut.

Tepat di bawah barcode WA itu, Anda akan melihat tulisan “Keep me signed in” dengan kotak kecil di sampingnya. Anda cukup mencentang kotak kecil tersebut sebelum melakukan scan QR Code.

Cara sederhana itu membuat akun Web WhatsApp Anda akan terus berada di laptop walaupun browser sudah dimatikan.

Artinya saat Anda membuka aplikasi browser dan mengakses web.WhatsApp.com/ maka secara otomatis chat online WA akan terbuka tanpa perlu scan WA barcode lagi.

 

Masalah dan Solusi WhatsApp Web Tidak Bekerja

Sekarang, Anda sudah memahami dasar-dasar WhatsApp web. Mulai dari cara akses WA Web dan cara memakai WhatsApp.

Sayangnya, dalam beberapa kesempatan, Anda akan bertemu kondisi Whtasapp Web error. Dalam kondisi seperti ini, Anda perlu mengidentifikasi masalahnya. Kemudian mencari solusinya. 

Sebagai rujukan awal, berikut ini adalah beberapa masalah dan bagaimana cara mengatasi WA Web error:

1. WhatsApp Web tidak berfungsi di komputer.

Kemungkinan besar masalahnya adalah koneksi internet di laptop bermasalah. Atau koneksi internet di smartphone terganggu. Untuk mengatasinya, Anda perlu cek koneksi internet di dua perangkat tersebut. Pastikan koneksi internet tersedia dan berjalan lancar.

2. WhatsApp Web menampilkan pesan “komputer tidak terhubung” atau “Computer not connected” di kolom kiri bagian atas.

Kemungkinan besar masalahnya adalah koneksi internet seperti poin 1 di atas. Solusinya pun memastikan koneksi internet berjalan lancar di kedua perangkat WhatsApp.

3. WhatsApp Web tidak bisa beroperasi karena Wi-Fi mencegah berjalannya sistem WA Web.

Solusinya adalah dengan membuka alamat WA Web yang lain. URL WA Web yang bisa Anda buka adalah web.WhatsApp.com, .web.WhatsApp.com, atau .WhatsApp.net.

4. Salah memasukkan URL atau alamat WA Web.

Masalah ini umum terjadi. Ada banyak alamat WA Web yang diketik tapi tidak menampilkan halaman muka WA Web. Sebagai contoh, beberapa alamat yang sering salah ketik adalah whttps://web.WhatsApp.com, web.WhatsApp. con, atau WhatsApp.we.

 

Alternatif WhatsApp Web: Download WhatsApp Desktop

Selain memiliki versi untuk browser, WhatsApp juga memiliki aplikasi khusus untuk kebutuhan PC/laptop. Namanya WhatsApp Desktop.

WhatsApp Desktop adalah sebuah program khusus untuk pengguna yang terbiasa memakai WhatsApp di desktop. Seperti aplikasi Windows/Mac pada umumnya, WhatsApp Desktop harus terinstal di PC/laptop Anda.

Aplikasi ini memang sangat cocok bagi Anda yang memiliki intensitas tinggi berkomunikasi WhatsApp di PC/laptop. Cukup buka aplikasinya dan semua chat WhatsApp online Anda sudah langsung dapat diakses.

Untuk bisa menggunakan WhatsApp Desktop, Anda perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Tapi sebelum mengunduhnya, Anda harus mengetahui sistem operasi PC/laptop. Berikut ini adalah cara download WhatsApp Desktop Windows:

1. Buka browser di PC/laptop. Anda bisa memakai Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Opera.
2. Ketikkan alamat https://www.WhatsApp.com/download/ di browser tersebut. Lalu tekan enter.
3. Anda akan melihat tampilan halaman download WhatsApp Desktop dan WhatsApp Android.
4. Klik tombol hijau yang bertuliskan “UNDUH UNTUK WINDOWS (64 BIT)” yang ada di layar bagian kanan.
5. Setelah Anda klik, secara otomatis akan ada file yang terunduh. File tersebut bernama “WhatsAppSetup.exe” dengan ukuran 125 MB.
6. Umumnya, hasil unduhan file akan ada di browser bagian bawah. Bisa juga Anda cari di folder Downloads.
7. Setelah file WhatsApp Desktop terunduh, Anda cukup klik file tersebut agar aplikasinya otomatis terinstal.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki operasi sistem Mac, berikut ini cara unduh WhatsApp Desktop for Mac:

1. Buka browser di perangkat Macintosh. Anda bisa memakai Google Chrome, Safari, Mozilla Firefox, atau Opera.
2. Ketikkan alamat https://www.WhatsApp.com/download/ di browser tersebut. Lalu tekan enter.
3. Anda akan melihat tampilan halaman download WhatsApp Desktop dan WhatsApp Android.
4. Klik tombol hijau yang bertuliskan “Unduh untuk Mac OS” yang ada di layar bagian kanan.
5. Setelah Anda klik, secara otomatis akan ada file yang terunduh. File tersebut bernama “files-WhatsApp.dmg” dengan ukuran 96,8 MB.
6. Umumnya, hasil unduhan file akan ada di browser bagian bawah. Bisa juga Anda cari di folder Downloads.
7. Setelah file WhatsApp Desktop terunduh, Anda cukup pindahkan file tersebut ke folder Applications.
8. Setelah itu buka folder Applications dan cari file WhatsApp Desktop tadi.
9. Klik 2 kali file tersebut dan secara otomatis, proses instalasi dimulai.
10. Klik Open untuk mengizinkan aplikasi terinstal di perangkat Macintosh Anda.

Apabila Anda sudah terbiasa dengan WhatsApp Web, maka pemakaian WhatsApp Desktop juga tidak akan asing. Tampilan keduanya hampir sama. Hanya saja ada beberapa keunggulan WhatsApp Desktop yang tidak dimiliki WhatsApp Web.

 

Perbedaan WhatsApp Dekstop dan WhatsApp Web

Baik WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop dirancang serupa sehingga keduanya (hampir) memiliki desain, fitur, dan pengalaman pengiriman pesan yang hampir sama.

Tampilan antarmuka, tombol, alat, dan ikon diatur dengan cara/sistem yang sama. Dari segi desain, WhatsApp Web menawarkan estetika yang sama dengan WhatsApp Desktop.

Sayangnya, hanya pengguna WA Desktop yang bisa menggunakan pintasan keyboard untuk mengubah status baca pesan, membisukan obrolan, berpindah antar obrolan, dan banyak lagi.

WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop dapat digunakan oleh siapa saja yang memiliki akun WhatsApp.

Untuk menggunakan WhatsApp Web, Anda hanya perlu mengunjungi portal internet WhatsApp di browser. Lalu tinggal pindai kode QR menggunakan aplikasi WhatsApp di smartphone Anda.

Untuk WA Desktop, Anda harus mengunduh dan menginstal file pengaturan aplikasi di PC/laptop. Setelah instalasi, langkah selanjutnya adalah menautkan akun WA ke aplikasi desktop dengan memindai kode QR menggunakan aplikasi WhatsApp di smartphone Anda.

Pemakaian memori komputer untuk kedua aplikasi ini terbilang kecil. Browser yang dipakai untuk melakukan uji coba perbandingan ini adalah Microsoft Edge di sistem operasi Windows 10. Edge jadi pilihan sebab lebih ringan dibanding Google Chrome.

Dengan akun WhatsApp yang aktif di satu tab browser Microsoft Edge, rata-rata memori yang digunakan adalah 260 – 300MB. Sedangkan untuk WA Desktop, penggunaan memori rata-rata antara 210 – 260MB.

Meski marginnya tidak terlalu jauh, konsumsi memori aplikasi WA Desktop relatif lebih rendah dibandingkan WA Web.

Namun, penting untuk diketahui bahwa aktivitas yang sedang berlangsung dalam uji coba ini hanya sekedar bertukar pesan teks. Aktivitas WhatsApp yang lain seperti melihat status, bertukar pesan non-teks, dan lain sebagainya dapat meningkatkan konsumsi memori PC/laptop.

WA Web dan WA Desktop mengharuskan Anda menginstal WhatsApp di perangkat seluler (ponsel pintar, tablet, dll.) sebelum Anda dapat menggunakannya. Selain itu, ponsel Anda harus memiliki koneksi internet aktif.

Hanya browser web dan koneksi internet aktif yang Anda perlukan untuk menggunakan WhatsApp Web di komputer Anda. WhatsApp merekomendasikan browser Chrome, Firefox, Opera, Safari, atau Microsoft Edge.

Sayangnya, WA Desktop hanya bisa digunakan untuk perangkat PC/laptop yang menjalankan sistem operasi Windows 8 dan yang lebih tinggi. Bagi pemakai produk Apple, WA Desktop hanya bisa digunakan untuk perangkat macOS 10.10 dan yang lebih tinggi.

 

Pilih mana? WA Web atau WA Desktop?

Haruskah Anda menginstal aplikasi WA Desktop di komputer Anda, atau cukup menggunakan WA Web di browser?

Jawaban atas itu semua tergantung pada seberapa sering Anda menggunakan laptop, seberapa sering Anda menggunakan WA di laptop, dan kebutuhan macam apa yang Anda miliki.

Jika Anda adalah pengguna WhatsApp berat, menginstal aplikasi WhatsApp Desktop adalah jawaban cerdas dan masuk akal. Ada 3 alasan utama.

Pertama, Anda mendapatkan akses ke pintasan keyboard yang dapat membantu meningkatkan produktivitas Anda.

Kedua, laptop akan memiliki RAM cadangan untuk menjalankan proses lain karena WhatsApp Desktop mengonsumsi lebih sedikit memori. Terakhir, WhatsApp Desktop menghemat waktu dan nyaman.

Sebaliknya, WA Web sangat cocok untuk penggunaan satu kali atau sesekali. Katakanlah Anda perlu mengirim file di laptop ke rekan kerja melalui WhatsApp.

WhatsApp Desktop memang cocok untuk individu atau bisnis yang banyak menggunakan WhatsApp di komputer mereka untuk komunikasi.

 

Cara Membuat Panggilan Suara dan Video WhatsApp Desktop

WA Desktop sejak Maret 2021 sudah memiliki fitur menjalankan panggilan suara dan panggilan video. Akan tetapi, sebelum Anda memulai panggilan WhatsApp di desktop, pastikan untuk menginstal WhatsApp versi terbaru di Windows atau Mac.

Setelah itu, buka aplikasi WA Desktop dan Anda akan melihat kode QR di layar. Sekarang, buka WhatsApp di smartphone Anda.

Jika HP Anda iPhone, buka halaman obrolan WhatsApp dan ketuk tombol “Pengaturan” di kanan bawah layar. Jika ponsel Anda Android, buka halaman obrolan dan ketuk ikon tiga titik di bagian kanan atas layar.

Setelah melakukannya, WhatsApp akan membuka kamera ponsel Anda. Arahkan ke kode QR di komputer Anda untuk mulai menggunakan WhatsApp di desktop.

Untuk bisa memulai panggilan suara atau panggilan video, buka obrolan apa pun di WhatsApp Desktop Anda. Perhatikan layar bagian pojok kanan atas. Anda akan mendapati ikon WA telepon dan kamera.

Cukup klik ikon telepon untuk melakukan panggilan suara. Ikon telepon berada di bilah atas jendela obrolan di sebelah ikon kamera. Begitu juga jika Anda ingin melakukan panggilan video, cukup klik ikon kamera yang terletak di pojok kanan atas.

Setelah Anda menekan ikon panggilan di WhatsApp Desktop tadi, Anda akan melihat empat ikon di layar, kamera, mikrofon, ikon tiga titik, dan tombol akhiri panggilan berwarna merah.

Dengan panggilan suara, ikon ini akan muncul bersama dengan nama kontak Anda di kanan atas layar. Jika Anda sedang melakukan panggilan video, Anda akan melihat ikon-ikon ini di dalam jendela video.

Ikon kamera memungkinkan Anda mengaktifkan atau menonaktifkan kamera selama panggilan video. Jika Anda menekannya saat sedang melakukan panggilan suara, secara otomatis Anda akan beralih ke panggilan video.

Ikon mikrofon memungkinkan Anda membisukan atau membunyikan mikrofon Anda.

Ikon WhatsApp tiga titik akan membuka pengaturan kamera dan video. Ikon ini memberi Anda fungsi pengaturan kamera, mikrofon, dan perangkat output audio. Anda dapat menggunakan fungsi tersebut saat ingin memakai mikrofon eksternal.

Untuk mengakhiri panggilan suara atau video di aplikasi desktop WhatsApp, tekan tombol akhiri panggilan berwarna merah.

 

Daftar Shortcut WhatsApp Dekstop

WhatsApp Desktop adalah aplikasi yang sangat nyaman untuk produktivitas. Anda tidak perlu berkali-kali mengangkat telepon untuk membalas pesan.

Untuk lebih meningkatkan kenyamanan Anda memakai WhatsApp Desktop, ada beberapa pintasan keyboad (shortcut) yang wajib Anda tahu. Tujuannya, agar Anda semakin baik merasakan pengalaman memakai WA Desktop.

Berikut ini daftar shortcut WA Desktop:

Daftar Shortcut WA Desktop

Solusi Mengatasi WhatsApp Desktop Error

Dengan berbagai fitur khusus yang dimiliki, WhatsApp Desktop memang pantas itu dimiliki. WA Desktop membuat hidup jauh lebih mudah dan produktivitas kerja meningkat.

Sayangnya, beberapa pengguna aplikasi WA desktop mengalami masalah tertentu saat menjalankannya. Gejala umum yang sering dialami WA Desktop menyatakan bahwa smartphone tidak terhubung. Padahal perangkat seluler Anda terhubung dengan internet dan baik-baik saja.

Pada dasarnya, hampir semua masalah WA Desktop error bisa diatasi. Hanya saja, Anda harus bisa mengidentifikasi masalahnya. Akan tetapi, untuk mudahnya, ikuti langkah-langkah perbaikan berikut ini.

Opsi solusi pertama adalah menjalankan WA Desktop di mode kompatibilitas. Caranya klik kanan pada logo WhatsApp di laptop Anda. Lalu pilih Properties.

Setelah itu akan muncul jendela baru. Cari dan klik tab compatibility di jendela baru. Lalu di bawah bagian Run this program in compatibility mode , pilih sistem operasi Anda, dan tekan tombol OK.

Restart komputer Anda, lalu coba jalankan WhatApp lagi untuk melihat apakah sudah berfungsi sebagaimana mestinya.

Opsi kedua adalah update aplikasi WA Desktop. Ada dua pilihan untuk update. Cara pertama adalah bila Anda menggunakan WhatsApp UWPapp dari Microsoft Store. Maka untuk memperbaruinya, kami sarankan untuk meluncurkan Store, lalu kunjungi bagian Unduh dan Pembaruan dan klik Periksa Pembaruan.

Jika Anda menggunakan Windows versi x86, maka saat ini tidak ada cara untuk memulai pembaruan secara manual.

Anda harus mengunduh dan menginstal Windows versi terbaru yang memakai versi x64. Memang cukup mengecewakan, jadi sebaiknya gunakan saja versi dari Microsoft Store bila Anda kesulitan untuk melakukan pembaruan manual.

Opsi ketiga adalah melakukan pengecekan server WhatsApp. Anda mungkin belum mengetahui hal ini, tetapi WhatsApp bukan peer-2-peer, oleh karena itu, pengguna harus bergantung pada server perusahaan setiap saat.

Jadi, jika Anda mengalami masalah dengan aplikasi WhatsApp, maka tidak ada salahnya untuk memeriksa apakah server berfungsi dengan baik.

Anda dapat melakukannya dengan mengunjungi downforeveryoneorjustme.com dan periksa web.WhatsApp.com. Jika versi web berfungsi, maka aplikasi juga berfungsi dengan baik.

Opsi keempat adalah menghapus WhatsApp Desktop dan memasangnya lagi. Atau coba kembalikan pengaturan WhatsApp ke factory reset.

Caranya, luncurkan aplikasi Pengaturan dengan menekan tombol Windows + I, lalu navigasikan ke Aplikasi > Aplikasi & Fitur. Dari sana, cari WhatsApp, pilih, dan klik Opsi lanjutan. Gulir ke bawah dan klik tombol Atur Ulang atau Perbaiki , lalu ikuti semua instruksi.

Bila langkah tersebut tidak berhasil, maka opsi terakhir adalah instal ulang aplikasi WA Desktop.

Untuk bisa  mencopot pemasangan, masuk ke Pengaturan, lalu ke Aplikasi & Fitur, cari WhatsApp lagi, pilih, dan tekan tombol Copot pemasangan untuk menghapusnya.

Setelah WhatsApp hilang, restart laptop Anda. Kemudian buka Store Microsoft. Cari aplikasi WhatsApp Desktop di sana. Kemudian unduh ulang. Maka Anda sudah bisa memakai WhatsApp seperti sedia kala.

 

Cara Akses WhatsApp Web Tanpa Scan Barcode

Tren memakai WA Web semakin tinggi. Baik untuk kebutuhan pribadi atau bisnis. Sayangnya, banyak orang terkendala dengan situasi harus mengakses WA web tanpa scan barcode.

Ada beberapa alasan mengapa orang perlu mengakses WA Web tanpa scan barcode, seperti ponsel yang sedang rusak, banyak data di laptop, atau sekedar ingin menjauhkan diri dari gangguan ponsel.

Banyak orang mengatakan bahwa tidak mungkin login WA Web tanpa scan barcode. Pernyataan tersebut sebenarnya tidak tepat 100%.

Anda dapat mengakses WA Web tanpa scan barcode WA dengan bantuan BlueStacks. Yang harus Anda lakukan adalah menginstal WhatsApp Anda di BlueStacks. BlueStacks memungkinkan Anda login WhatsApp tanpa barcode.

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu tentang BlueStacks karena nama ini tidak terlalu umum. BlueStacks adalah emulator android. Platform ini memungkinkan Anda untuk mengakses aplikasi android (misalnya WhatsApp) di PC/laptop.

Artinya, Anda dapat menggunakan aplikasi Android di laptop dengan cara yang sama seperti yang Anda gunakan pada perangkat Android.

BlueStacks memungkinkan Anda login web WhatsApp tanpa scan barcode dan tanpa ponsel.

Untuk bisa mendapatkan Bluestacks, Anda hanya perlu membuka www.bluestacks.com/id/index.html di browser PC/laptop. Lalu cari tombol download, klik, dan tunggu hingga unduhan selesai.

Setelah itu, instal Bluestacks di laptop Anda. Setelah Bluestacks diinstal pada PC Anda, kita dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Sekarang Bluestacks ada di laptop Anda. Berarti sudah waktunya untuk mengunduh dan melakukan konfigurasi WhatsApp. Proses ini sedikit berbeda dibandingkan dengan di smartphone karena proses ini berjalan di PC/laptop.

Anda tidak perlu mengunduh WhatsApp di AppStore atau Play Store karena BlueStacks memiliki toko aplikasi sendiri yang memiliki ribuan aplikasi.

Buka toko aplikasi BlueStacks dan cari WhatsApp. Klik download dan biarkan proses pengunduhan berjalan. Setelah itu, klik install.

Buka WhatsApp dan verifikasi nomor Anda. Tentu saja proses ini membutuhkan ponsel yang memuat kartus SIM nomor WhatsApp Anda. Saat proses login WhatsApp selesai, Anda berarti sudah memiliki WhatsApp di laptop.

Ada beberapa catatan penting yang perlu diketahui dalam proses pemakaian Bluestacks. Catatan pertama, Anda tidak memakai 1 nomor yang sama untuk WA Bluestacks dan WA di ponsel Anda. Catatan kedua, Anda dapat mengakses buku alamat Google Anda di Bluestacks.

Catatan yang ketiga, Bluestacks adalah salah satu emulator online untuk login WhatsApp di laptop tanpa scan barcode WA.

Dengan menjalankan proses ini, Anda tidak perlu khawatir dan kesal scan barcode WA berulang kali. Artinya, Anda dapat mengakses WhatsApp Anda dengan lebih cepat dan lancar.

 

Emulator: Cara Akses WhatsApp Web Tanpa HP Online

Emulator adalah program/software yang mengimitasi sistem/fungsi sebuah sistem operasi lain. Pada umumnya, yang dikenal masyarakat umum adalah emulator Android.

Emulator Android adalah program/software yang dijalankan di sistem operasi komputer Windows/Mac untuk mengimitasi sistem/fungsi sistem operasi Android.

Hal ini berarti saat sebuah PC/laptop memiliki emulator Android, maka PC/laptop tersebut dapat menjalankan berbagai sistem/fungsi Android.

Dengan memakai emulator Android, maka Anda bisa menjalankan aplikasi Android di PC/laptop Anda dan menggunakannya secara asli. Pada awalnya, emulator Android digunakan untuk kebutuhan developer.

Lama-kelaman keberadaan emulator ini juga dimanfaatkan orang umum yang ingin akses Android tanpa HP.

Bluestacks adalah salah satu emulator Android yang cukup terkenal dan digunakan banyak kalangan. Selain Bluestack, masih ada beberapa emulator lain yang bisa jadi pilihan Anda untuk akses WhatsApp Web Tanpa HP Online. Berikut ini pilihannya:

1. NOX Player

Nox Player secara khusus menyasar para gamer Android. Meskipun begitu, emulator online ini bekerja dengan sangat baik untuk aplikasi Android lainnya. Anda bisa menikmati seluruh pengalaman memakai Android dengan baik dan smooth dengan emulator NOX Player.

2. MEmu

MEmu adalah emulator Android yang relatif baru dibandingkan dengan yang lain. Diluncurkan pada tahun 2015, MeMu Play, berfokus pada game. Soal kecepatan, emulator Android ini memberikan hasil yang sama seperti Nox Player dan BlueStacks.

3. Ko Player (CentOS)

Sama seperti emulator game Android lainnya, Ko Player berfokus untuk menghadirkan pengalaman bermain game yang bebas lag dengan perangkat lunak yang ringan.

Kelemahan dari emulator Android ini adalah terkadang membeku secara tiba-tiba. Selain itu, pemutarnya sedikit buggy dan menyulitkan pengguna untuk mencopot pemasangan emulator Android.

4. LDPlayer

LDPlayer menawarkan sistem operasi Android yang ideal. Emulator ini menyediakan banyak fitur komprehensif untuk memenuhi setiap yang dilakukan oleh perangkat Android apa pun.

Dari emulator WhatsApp untuk PC yang ringan hingga memainkan game Android yang memakan banyak memori.

5. GameLoop

GameLoop adalah emulator Android yang biasa digunakan sebagai platform game. Gameloop memang ideal bagi Anda yang ingin bermain game di komputer.

Emulator GameLoop bisa menjalankan banyak game populer seperti Call of Duty: Mobile dan PUBG Mobile. GameLoop juga bisa dijadikan emulator WhatsApp kesayangan Anda.

Logo Whatsapp Business

Logo WhatsApp Bisnis (sumber: mockupbro)

 

WhatsApp Bisnis: Cara Mudah Jualan Online di WA

WhatsApp Bisnis adalah aplikasi WhatsApp yang berfungsi menghadirkan fungsi promosi dan penjualan bagi aktivitas bisnis Anda. Sehingga, Anda sebagai pemilik bisnis mendapatkan kenyamanan dan kemudahan berkomunikasi ke pelanggan.

Karena digunakan untuk kebutuhan bisnis, maka berbagai fitur yang dihadirkan di WA Bisnis berfokus pada pemasaran dan penjualan produk. Beberapa fitur unggulan yang bisa didapat di WA Bisnis adalah:

1. Template Pesan

Template pesan WhatsApp memungkinkan Anda mengirim pesan yang sudah ditulis sebelumnya seperti pengingat janji temu, pembaruan pengiriman, dan konfirmasi.

2. Hemat Waktu Dengan Balasan Cepat

Balasan cepat memungkinkan Anda membuat tanggapan cepat yang dapat digunakan untuk membalas chat pelanggan Anda.

3. Otomatiskan Pesan

Pesan otomatis memungkinkan Anda untuk menanggapi pelanggan 24 jam seminggu. Sehingga pelanggan tidak pernah merasa.

Contohnya memberi salam selamat datang untuk pelanggan baru. Hal tersebut membantu merek Anda mempromosikan niat baik sambil memberikan informasi awal tentang perusahaan Anda.

4. Keamanan yang Terjamin dan Membuat Nyaman

WhatsApp menawarkan keamanan secara default. Tidak seperti aplikasi perpesanan lainnya, aplikasi ini mengenkripsi pesan dan panggilan end-to-end.

Setiap pesan memiliki gembok dan kunci yang unik, sehingga hanya pengirim dan penerima yang dapat membaca isinya. Bahkan pihak WhatsApp sendiri tidak bisa mengakses pesan Anda.

5. Dapatkan Kenyamanan Desktop dan Web

Tanggapi pelanggan melalui smartphone atau browser tercepat di laptop Anda. Dengan aksesibilitas berbagai jenis perangkat membuat WA Bisnis jadi cara ampuh memastikan Anda selalu siap berkomunikasi dengan pelanggan.

6. Buat Profil Bisnis

Memberikan informasi seperti alamat bisnis Anda, informasi kontak, dan URL situs bisnis. Dengan begitu memudahkan pelanggan melihat berbagai performa bisnis Anda di ranah digital.

7. Atur Obrolan Anda

Pesan WhatsApp selalu datang bertubi-tubi. Untuk itu, penting menandai setiap pesan pelanggan yang masuk. Dengan WA Bisnis, Anda bisa memastikan pesan pelanggan tidak terlewat satu pun. Caranya cukup dengan dengan memberi label pada percakapan Anda. Tambahkan warna atau label untuk mengurutkan berdasarkan jenis percakapan atau pesanan yang masuk.

8. Memiliki Katalog Produk

Anda bisa menampilkan 500 produk atau layanan dengan katalog WA Bisnis. Tautan katalog dapat dibagikan di media sosial untuk membantu pelanggan menemukan bisnis Anda dan menghubungi Anda secara langsung.

Lalu bagaimana cara memakai WA Bisnis? WhatsApp Business tersedia di Google Play dan AppStore. Anda juga akan memerlukan nomor baru untuk mulai menggunakan aplikasi. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh aplikasi WA Bisnis.

Perhatikan logo WhatsApp Bisnis yang berbeda dengan logo WA biasa. Ada huruf B di tengah-tengah logonya. Unduh aplikasinya seperti biasa. Setelah itu buka aplikasinya. Terima semua syarat dan ketentuan yang berlaku dengan cara memberi centang.

Langkah terakhir adalah verifikasi dan login WhatsApp memakai nomor baru. Setelah verifikasi nomor selesai, berikan izin aplikasi WA Bisinis mengakses kontak dan foto di smartphone.

Langkah terakhir adalah mengisi profil bisnis Anda. Isilah nama bisnis, gambar profil, kategori bisnis, alamat situs bisnis, lokasi, dan lain sebagainya.

Setelah itu, sebaiknya pindah ke WA Web atau WA Desktop untuk memulai mengisi katalog produk bisnis Anda.

 

Cara Mengubah Katalog WA Bisnis di Web dan Desktop

Bagi Anda pengguna aplikasi WhatsApp Business, membuat katalog di WA ponsel memang agak merepotkan. Sekarang, perusahaan milik Facebook ini memperluas fitur katalog ke versi web dan desktopnya.

Banyak pelaku bisnis mengelola inventaris mereka dari komputer, karena itu fitur baru ini akan mempercepat dan mempermudah penambahan item atau layanan baru. Harapannya, pelanggan mereka tahu apa yang tersedia secara cepat dan up to date.

Pembaruan katalog via WA Web dan WA Desktop akan sangat membantu bisnis dengan persediaan besar seperti restoran atau toko pakaian. Alasannya karena mereka dapat mengelola katalog mereka dari layar yang lebih besar.

Untuk menambahkan produk baru ke katalog, berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti.

a. Langkah 1: Buka aplikasi WhatsApp Business.
b. Langkah 2: Klik tombol Lainnya di bagian atas daftar obrolan Anda.
c. Langkah 3: Sekarang, Klik pada opsi Katalog.
d. Langkah 4: Klik opsi Tambahkan item baru.
e. Langkah 5: Sekarang, Klik opsi Tambahkan Gambar untuk mengunggah foto Anda. Di sini, Anda dapat mengunggah hingga 10 gambar.
f. Langkah 6: Berikan nama produk atau layanan dan detail lainnya termasuk harga, deskripsi, tautan, dan kode item untuk produk yang diunggah.
g. Langkah 7: Klik TAMBAHKAN KE KATALOG untuk menambahkan produk ke katalog Anda.

Sedangkan, untuk menghapus konten di katalog, berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti:

a. Langkah 1: Buka aplikasi WhatsApp Business.
b. Langkah 2: Klik opsi Lainnya di bagian atas daftar obrolan Anda dan kemudian klik opsi Katalog.
c. Langkah 3: Pilih produk atau layanan yang ingin Anda hapus.
d. Langkah 4: Gulir ke bagian bawah detail produk.
e. Langkah 5: Klik pada opsi Hapus Item dan kemudian klik opsi Ok.

 

Data WhatsApp yang Mencengangkan

Dengan berbagai layanan dan kemudahan yang dimiliki, jumlah pengguna WhatsApp di seluruh dunia bisa sampai ratusan juta.

Menurut data eMarketer, India punya lebih banyak pengguna WhatsApp daripada negara lain. Jumlahnya hingga 390,1 juta pengguna aktif bulanan.

Setelah itu ada Brazil yang memiliki 108, 4 juta pengguna. Diikuti Amerika Serikat di peringkat ke-3 dengan jumlah 75, 1 juta penggunna. Indonesia ada di urutan ke-3 dengan jumlah 68,8 juta pengguna.  

Dengan jumlah sebanyak itu, pertumbuhan pengguna Whatsaap juga makin cepat. Dengan pertumbuhan 17%, pengguna aktif bulanan WhatsApp di Rusia menjadikan Rusia sebagai negara dengan pertumbuhan paling cepat selama setahun terakhir.

Pasar lain yang berkembang untuk WhatsApp pada tahun 2020 meliputi: India (+16,6%), Prancis (+16,6%), dan Indonesia (+15,1%).

Basis pengguna aktif bulanan seluler WhatsApp telah tumbuh sebesar 10% atau lebih di 6 negara pada tahun 2020.

Menurut data App Figures, WhatsApp diunduh 42 juta kali pada Januari 2021 saja. Sebagian besar unduhan berasal dari Google Play (dengan 30,3 juta pemasangan), sementara 11,5 juta unduhan lainnya berasal dari AppStore.

Di seluruh dunia, WhatsApp adalah aplikasi messenger yang paling banyak diunduh di AppStore pada Januari 2021 dan merupakan messenger terpopuler kedua berdasarkan pemasangan di gabungan Android dan iOS (di belakang Telegram).

Sedangkan untuk produk WA Bisnis, berdasarkan perkiraan Sensor Tower, WhatsApp Business diunduh sebanyak 18 juta kali di Google Play & App Store pada Januari 2021. Sebagian besar, 17 juta unduhan, berasal dari pengguna Android. Sisa 1 juta pemasangan berasal dari pengguna iOS.

Dengan bebera daftar statistik WhatsApp tersebut, Anda masih ragu memakai WhatsApp di tahun 2021? Yuk, mulai pakai WhatsApp sejak sekarang.

 

Fitur-fitur Masa Depan WhatsApp 2021 

Jika masih ragu memakai WhatsApp, ada baiknya mengetahui sejumlah fitur baru WhatsApp di 2021 ini. Iya, WhatsApp terus mengembangkan berbagai fitur-fiturnya. Baik untuk WA Android, WA Web, WA iOS, dan WA Desktop.

Untuk lebih memantapkan diri, berikut ini beberapa daftar fitur WhatsApp yang akan siap rilis di Indonesia dan dunia.

1. Multi-device support

Fitur ini sangat dinanti dari WhatsApp. Dukungan multi-perangkat akan memungkinkan pengguna untuk masuk ke akun WhatsApp ke beberapa perangkat secara bersamaan. Saat ini, WhatsApp hanya mendukung dua perangkat sekaligus, yakni WA ponsel dan WA Desktop.

Bila multi-device support diluncurkan, Anda akan dapat masuk dari iPad dan iPhone secara bersamaan, bersama dengan desktop.Fitur ini sedang dalam pengembangan. Walaupun telah terlalu sering terlihat dalam versi beta, dukungan multi-perangkat belum dirilis resmi.

2. Fitur Reel Instagram di WhatsApp

WhatsApp dipastikan bisa mengakses Reel Instagram di masa depan. Adanya fitur ini membuat pengguna bisa menonton Instagram Reels langsung dari aplikasi perpesanan.

Adanya fitur ini merupakan bagian dari rencana integrasi WhatsApp dengan aplikasi milik Facebook lainnya. Bagi mereka yang tidak tahu, Instagram Reels adalah fitur video pendek, yang dimiliki Instagram sebagai upaya bersaing dengan TikTok.

3. Read later

Fitur WhatsApp Baca Nanti dianggap sebagai versi perbaikan dari fitur obrolan yang diarsipkan yang ada di WhatsApp.

Baca nanti juga akan dilengkapi dengan tombol edit bagi pengguna untuk menyesuaikan pengaturan. Pengguna WhatsApp juga dapat memilih beberapa obrolan sekaligus untuk membuka arsipnya dengan cepat.

4. Asuransi WhatsApp

Fitur WhatsApp ini sudah diluncurkan di India sebagai percobaan. Aplikasi layanan perpesanan milik Facebook ini akan meluncurkan produk asuransi kesehatan dan produk pensiun mikro pada platform perpesanannya di India melalui kerjasama dengan pemain layanan keuangan berlisensi.

5. Bergabung dengan panggilan grup yang tidak terjawab

Pembaruan WhatsApp di masa depan akan memungkinkan pengguna WhatsApp untuk bergabung dengan panggilan grup yang dilakukan.

Fitur ini adalah peningkatan kecil, tetapi peningkatan kualitas hidup yang signifikan. Karena seluruh panggilan grup tidak perlu dimulai ulang untuk menyertakan peserta tambahan yang mungkin telah melewatkannya.

Menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi pesan memang menyenangkan. Walaupun saat ini fitur-fiturnya tidak sebanyak LINE, akan tetapi fitur WhatsApp dirasakan sudah sangat cukup sebagai aplikasi pesan.

Keunggulan lainnya adalah pengguna WhatsApp berjumlah sangat banyak. Sehingga akan sangat mudah berkomunikasi dengan seseorang bila memiliki WhatsApp. Kan percuma juga punya aplikasi pesan yang kaya fitur tapi ternyata penggunanya sedikit. Untuk apa kaya fitur tapi tidak bisa digunakan?!

Leave A Reply

Your email address will not be published.