Berita Nasional Terpercaya

6 Beasiswa untuk Kuliah di Amerika Serikat

0

BERNAS. ID – Ingin lanjut studi ke Amerika Serikat tapi kesulitan biaya? Jangan khawatir. Ada berbagai program beasiswa yang bisa kita manfaatkan untuk mewujudkan impian kuliah di Negeri Paman Sam itu. 

Amerika Serikat adalah salah satu tujuan utama bagi pelajar dunia yang ingin melanjutkan studi. Kualitas pendidikan di negara ini memang tiada tandingannya. Karena itu, banyak orang bermimpi untuk kuliah di sana meskipun biayanya sangat mahal.

Selain uang kuliah yang tergolong tinggi, biaya hidup di AS juga lumayan menguras kantong. Nah, bagi kalian yang ingin lanjut studi ke AS berikut berbagai program beasiswa yang bisa kalian coba:

Beasiswa Fulbright

Program Fulbright adalah beasiswa penuh untuk kuliah di AS. Program beasiswa ini dikhususkan  untuk siswa internasional yang ingin mengejar gelar Master atau PhD.

Beasiswa juga diberikan untuk pelajar yang mengambil program pascasarjana non-gelar. Bantuan dana yang diberikan mencakup biaya kuliah, tunjangan buku pelajaran, tiket pesawat, tunjangan hidup, dan asuransi kesehatan.

Program Beasiswa Humphrey

Program Beasiswa Hubert H. Humphrey menyediakan bantuan biaya pendidikan satu tahun untuk mengikuti program pascasarjana non-gelar di universitas yang ada di AS. Program beasiswa ini diberikan untuk para profesional berpengalaman dari negara-negara yang ditunjuk di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Penerima beasiswa dipilih berdasarkan potensi kepemimpinan mereka dan komitmen mereka terhadap pelayanan publik, baik di sektor publik maupun swasta. Program beasiswa ini memberikan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup secara keseluruhan.

American University Scholarships

American University (AU) memberikan sejumlah beasiswa prestasi parsial kepada mahasiswa program sarjana tahun pertama  yang memenuhi syarat secara akademis.

Beasiswa prestasi ini memberikan biaya pendidikan sekitar 6.000 hingga 25,000 dollar AS atau Rp87 juta hingga Rp362 per tahun akademik.

Baca juga: 3 Program Beasiswa di Inggris yang Cocok Untuk Pelajar Indonesia

Boston University Scholarships

Boston University Scholarships merupakan beasiswa paling bergengsi yang terbuka untuk siswa internasional yang ingin menempuh studi jenjang sarjana, magister, dan doktor di Boston University.

Boston University menduduki peringkat 110 sebagai universitas terbaik di dunia. Salah satu perguruan tinggi swasta di AS ini juga memiliki  lembaga penelitian global yang unggul.

Ada total 20 Beasiswa yang akan diberikan pada tahun 2021. Beasiswa ini mencakup bantuan biaya kuliah dan biaya hidup penuh selama masa studi.

Beasiswa Internasional AAUW

AAUW (sebelumnya dikenal dengan nama American Association of University Women) memberikan bantuan biaya pendidikan untuk pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi atau penelitian penuh waktu di Amerika Serikat.

Beasiswa ini diberikan khusus untuk wanita yang bukan warga negara AS atau penduduk tetap. Bantuan biaya pendidikan yang diberikan melalui program beasiswa ini mencapai 18.000 dollar AS atau Rp261 juta untuk magister, 20.000 dollar AS atau Rp290 juta untuk PhD, dan 30.000 dollar AS atau Rp435 juta untuk mahasiswa Postdoctoral.

Program Beasiswa Internasional Yayasan Aga Khan

Beasiswa ini didanai oleh yayasan Aga Khan, yang didirikan oleh Pangeran Shah Karim Al Hussaini. Setiap tahunnya, yayasan tersebut memberikan beasiswa siswa berprestasi dari negara berkembang agar bisa melanjutkan studi jenjang magister di berbagai belahan dunia, termasuk AS.

Beasiswa diberikan dengan hibah 50% dan 50% pinjaman melalui proses seleksi yang kompetitif setiap tahunnya.

Nah, itulah berbagai beasiswa untuk kuliah di AS yang bisa kita coba. Adanya beasiswa ini bisa meringankan pengeluaran kita selama melanjutkan studi AS, apalagi ada beberapa program beasiswa yang memberikan bantuan biaya penuh.

Dengan begitu, uang tak lagi menjadi kendala untuk melanjutkan studi di AS.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.