Berita Nasional Terpercaya

Informasi Kuliah di AS: Biaya, Universitas Terbaik, Beasiswa, dan Tips Lolos Seleksi

0

BERNAS.ID – Cara kuliah di Amerika merupakan hal yang banyak dicari pelajar Indonesia. Kualitas pendidikan di negara adikuasa ini memang tak bisa diragukan lagi. Banyak kampus terbaik dunia berasal dari AS.

Jika kalian berkunjung ke Amerika atau menyaksikan berita seputar pendidikan di AS, maka kalian akan sering menemukan mahasiswa Indonesia di Amerika.

Bahkan, tokoh ternama dunia dan pendiri perusahaan teknologi raksasa dunia juga alumni dari universitas di AS. Kalian berniat untuk kuliah di Negeri Paman Sam? Jangan lupa untuk mencari informasi sedetail mungkin mengenai universitas, biaya kuliah, biaya hidup, dan program beasiswa.

Kuliah di AS bukan hal yang mudah. Selain harus menyiapkan fisik dan mental untuk seleksi masuk universitas, Anda juga perlu menyiapkan diri untuk proses adaptasi yang tak mudah selama menempuh studi.

Selain perbedaan budaya dan bahasa, biaya hidup di AS juga tergolong mahal. Maka dari itu, kalian persiapan matang agar proses studi di AS berjalan lancar.

Universitas Terbaik di AS

Langkah pertama yang perlu kalian siapkan untuk kuliah di AS adalah mencari informasi universitas mana yang akan dituju karena banyak perguruan tinggi di negara tersebut yang masuk dalam daftar kampus terbaik dunia.

Selain itu, setiap perguruan tinggi juga menerapkan pembiayaan berbeda dan memiliki keunggulan masing-masing di bidangnya. Sebagai referensi kalian yang ingin melanjutkan studi di AS, berikut daftar universitas terbaik di AS versi QS World University 2021:

  • Universitas Harvard: tokoh dunia yang merupakan lulusan Harvard antara lain Theodore Roosevelt, George W. Bush, dan Barack Obama. Kampus ini merupakan universitas terbaik di Amerika dengan seleksi penerimaan yang ketat. Karena itu, formulir pendaftaran Universitas Harvard selalu menjadi buruan banyak pelajar.
  • Universitas Stanford: tokoh ternama lulusan Stanford antara lain Marissa Mayer CEO Yahoo dan Peter Thiel pendiri Paypal. Aktris Maudy Ayunda juga lulusan S2 Stanford.
  • Massachusetts Institute of  Technology (MIT): mantan Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan merupakan alumni MIT yang berhasil menorehkan prestasi dunia.
  • Universitas California, Berkeley (UCB): tokoh ternama yang merupakan alumni kampus ini adalah J. Robert Oppenheimer, seorang direktur ilmiah dalam pengembangan bom atom di  Proyek Manhattan saat Perang Dunia II.
  • University of California, Los Angeles (UCLA): musisi ternama Jim Morrison merupakan alumni ternama dari kampus ini.
  • Yale University: George W. Bush merupakan salah satu tokoh dunia alumni Yale University.
  • Universitas Columbia: salah satu alumni ternama dari Columbia University adalah Tasya Kamila seorang selebriti ternama Indonesia.

Itulah daftar 7 universitas terbaik di Amerika. Setiap universitas di Amerika memiliki keunggulan masing-masing. Untuk informasi lengkap mengenai keunggulan 7 universitas terbaik di AS, kalian bisa cek di sini.

Biaya kuliah di AS

Meski menjadi tujuan banyak pelajar di dunia, biaya sekolah di Amerika tergolong mahal. Berdasarkan data Times of Higher Education, rata-rata biaya kuliah di AS mencapai 5.000 hingga 50.000 dollar AS per tahun untuk studi jenjang sarjana.

Jika kita hitung dalam kurs rupiah, maka biaya yang mesti kita keluarkan untuk kuliah program sarjana di AS mencapai Rp72 juta hingga Rp725 juta per tahun.

Jika ditotal sampai lulus kuliah, maka biaya yang harus dikeluarkan mencapai 132.860 dollar AS atau sekitar Rp1,9 miliar.

Selain biaya kuliah, kalian juga perlu menyiapkan biaya aplikasi visa sekitar 510 dollar AS atau sekitar Rp740.000. Sedangkan biaya untuk membeli buku dan berbagai kebutuhan studi biasanya mencapai 1.560 dollar AS atau sekitar Rp22 juta per semester.

Baca juga: Informasi Kuliah di Inggris: Beasiswa, Universitas Terbaik, hingga Tips Lolos Seleksi

Biaya hidup di AS

Untuk melanjutkan studi di AS, kalian juga perlu menyiapkan dana untuk sewa apartemen, biaya transportasi, biaya makan, biaya buku, dan sejenisnya.

Sewa apartemen di kawasan pinggiran kota AS bisa mencapai 500 dollar AS atau sekitar Rp7,2 juta untuk kawasan pinggiran kota.

Sedangkan sewa apartemen di pusat kota, biaya yang dibutuhkan sekitar 3.500 dollar AS atau Rp50 juta. Untuk biaya listrik  per bulan bisa mencapai 50 hingga 81 dollar AS atau sekitar Rp726 ribu hingga Rp1,1 juta.

Untuk pemakaian air dan biaya kebersihan biasanya dibayar oleh pemilik apartemen. Jika dibebankan ke penyewa, kira-kira kita harus membayar 50 hingga 75 dollar AS atau Rp726 ribu hingga Rp1 juta setiap tiga bulan.

Sementara itu, kebutuhan makan di AS sekitar 20 dan 70 dollar AS per orang atau sekitar Rp290 ribu hingga Rp1 juta per minggu.

Biaya transportasi umum mencapai 50 hingga 60 dolar AS atau sekitar Rp726.000 hingga Rp871.000 per bulan. Kabar baiknya, beberapa daerah biasanya memberi diskon khusus untuk pelajar.

Informasi lengkap mengenai biaya kuliah dan hidup di AS juga bisa kalian saksikan di sini.

Beasiswa di AS

Mengingat biaya hidup dan biaya sekolah di Amerika Mahal, banyak orang memilih mundur untuk menggapai impian studi di negara tersebut. Padahal, ada banyak cara kuliah di luar negeri dengan beasiswa. Berbagai program beasiswa kuliah di luar negeri, termasuk sekolah di Amerika, banyak digelar oleh lembaga pemerintah hingga swasta.

Selain itu, universitas di Amerika yang menyediakan beasiswa juga banyak. Karena itu, kalian tak perlu khawatir. Peluang kuliah luar negeri gratis, termasuk sekolah di Amerika, masih terbuka lebar. Berikut berbagai beasiswa kuliah di Amerika:

  • Beasiswa Fulbright
  • Program Beasiswa Humphrey
  • American University Scholarships
  • Boston University Scholarships
  • Beasiswa Internasional AAUW.
  • Program Beasiswa Internasional Yayasan Aga Khan

Beberapa program beasiswa tersebut ada yang memberikan bantuan dana pendidikan penuh, namun ada juga yang memberikan bantuan dana pendidikan secara parsial.

Program beasiswa yang memberikan bantuan penuh antara lain Beasiswa Fulbright, Program Beasiswa Humphrey, dan Boston University Scholarships.

Sementara itu, Beasiswa Internasional AAUW memberikan bantuan biaya pendidikan sekitar  18.000 dollar AS atau Rp261 juta untuk jenjang magister, 20.000 dollar AS atau Rp290 juta untuk program PhD, dan 30.000 dollar AS atau Rp 435 juta untuk jenjang Postdoctoral.

Sedangkan program beasiswa yang memberikan bantuan biaya parsial antara lain American University Scholarships dan Program Beasiswa Internasional Yayasan Aga Khan.

Informasi lengkap mengenai 6 Beasiswa untuk kuliah di AS juga bisa Anda simak di sini.

Baca juga: Berbagai Informasi Kuliah di Kanada: Universitas Terbaik, Biaya Kuliah, Biaya Hidup dan Beasiswa

Tips lolos seleksi universitas terbaik di AS

Banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah, khususnya kuliah di Amerika. Namun sebelum mencari tahu cara mendapatkan beasiswa, Anda perlu terdaftar sebagai mahasiswa pada universitas di Amerika. Sebab, sebagian besar beasiswa kuliah di Amerika, mensyaratkan adanya letter of acceptance unconditional. 

Tentu tak mudah untuk lolos seleksi masuk kampus terbaik dunia ini, apalagi saingan kita dari berbagai penjuru dunia. Cara terbaik agar lolos seleksi adalah membuat diri kita menonjol dari pelamar lainnya.

Oleh karena itu, kalian perlu menyiapkan tips khusus agar bisa lolos seleksi masuk universitas di Amerika. Berikut tips lolos seleksi masuk universitas terbaik di AS:

  1. Jangan hanya bermimpi, segera beraksi dengan melakukan pendaftaran
  2. Raih skor yang bagus dalam setiap proses seleksi
  3. Tunjukan minat kalian dengan sungguh-sungguh ketika menulis surat lamaran atau mengisi formulir pendaftaran, dan juga saat proses seleksi interview
  4. Cari informasi lengkap mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar kuliah di universitas terbaik AS. Cari informasi dengan detail mengenai apa saja yang diperlukan sebagai syarat pendaftaran

Nah, itulah tips untuk lolos seleksi masuk universitas terbaik di AS. Dengan mencari informasi sedetail mungkin, kita bisa melakukan persiapan matang untuk melanjutkan studi di AS. Sebab, kuliah di AS bukan hanya sulit saat proses seleksinya saja.

Menjalani hari-hari selama masa studi juga perlu kekuatan fisik dan mental yang tangguh. Karena itu, kalian perlu persiapan matang agar semuanya berjalan lancar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.