Berita Nasional Terpercaya

Tanpa Beasiswa Luar Negeri, Berikut Rincian Biaya kuliah di Australia

0

Bernas.id – Beasiswa luar negeri. Siapa sih yang tak ingin mendapatkannya? Karena itu, cara mendapatkan beasiswa kuliah kini menjadi incaran banyak orang.

Salah satu beasiswa kuliah yang menjadi incaran banyak orang adalah beasiswa untuk melanjutkan studi di Universitas Australia.

Biaya kuliah di Australia dalam rupiah tentu sangat mahal. Padahal, tak sedikit orang Indonesia yang ingin sekolah di Australia. Apalagi, banyak university di Australia yang masuk dalam daftar kampus terbaik dunia.

Kabar baiknya, ada banyak beasiswa kuliah di Australia gratis hingga bantuan pembiayaan pendidikan parsial khusus untuk pelajar Indonesia. Maka tak heran jika kalian menemukan universitas di Australia yang banyak orang indonesia.

Nah, kira-kira jika tanpa beasiswa, berapakah biaya kuliah di Australia dalam rupiah? Berikut informasinya:

Biaya kuliah di Australia

Universitas Australia menjadi idaman banyak pelajar internasional, termasuk Indonesia. Namun, kehidupan di Australia dan biaya pendidikan di negara tersebut tergolong mahal.

Biaya sekolah di Australia juga bervariasi, tergantung dari universitas Australia mana yang kita pilih. Biaya kuliah di Melbourne tentu berbeda dengan biaya di Universitas Nasional Australia atau di Universitas Sydney.

Namun, rata-rata biaya kuliah Australia untuk mahasiswa sarjana internasional adalah 30.840 dollar Australia. Jika dihitung, biaya kuliah di Australia dalam rupiah mencapai Rp379 juta per tahun.

Untuk kuliah S2 di Australia, biaya yang dibutuhkan sekitar 20.000 hingga 37.000 dollar Australia. Jika dihitung berdasarkan mata uang Indonesia, maka biaya kuliah S2 di Australia mencapai Rp208 juta hingga Rp385 juta.

Jika ingin kuliah S3 di Australia, biaya yang dibutuhkan sekitar 14.000 hingga 37.000 dollar Australia atau sekitar Rp145 juta hingga Rp385 juta.

Kampus di Australia juga menerapkan biaya yang berbeda-beda. Universitas Nasional Australia, misalnya, mematok biaya pendidikan sekitar 36.400 hingga 43.680 dollar Australia atau Rp378 juta atau Rp454 juta per tahun untuk jenjang sarjana.

Untuk jenjang S2, biaya kuliah di Universitas Nasional Australia sekitar 36.480 hingga 45.600 dollar Australia atau Rp379 juta hingga Rp 474 juta.

Jika ingin kuliah jenjang S3 di Universitas Nasional Australia, biaya yang dibutuhkan sekitar 41.280 hingga 80.136 dollar Australia atau Rp429 juta hingga Rp837 juta.

Baca juga: 4 Beasiswa Australia yang Cocok untuk Pelajar Indonesia

Biaya hidup di Australia

Selain memikirkan biaya kuliah, kita juga perlu memperhitungkan biaya hidup di Australia untuk mahasiswa.

Berdasarkan catatan Departemen Dalam Negeri pemerintah Australia, hidup di Australia membutuhkan biaya sekitar 20.290 dollar Australia per tahun. Biaya hidup di Australia dalam rupiah mencapai Rp211 juta per tahun.

Harga makanan di Australia sekitar 80 hingga 280 dollar Australia atau Rp362 ribu hingga Rp1,4 juta per minggu. Biaya transportasi umum di Australia sekitar 15 hingga 55 dollar Australia atau Rp217 ribu hingga Rp796 ribu per minggu.

Kalian juga perlu menyiapkan biaya pembuatan visa sekitar 575 dollar Australia atau Rp8,3 juta sebagai salah satu cara kuliah di Australia.

Untuk meringankan pengeluaran selama melanjutkan studi di Australia, kita bisa mencari peluang beasiswa kuliah di Australia gratis atau mencari kerja paruh waktu.

Bagi kalian yang ingin bekerja paruh waktu, ada banyak peluang kerja yang bisa kalian coba. Gaji di Australia juga lumayan tinggi dan sangat membantu meringankan beban kita selama melanjutkan studi. UMR Australia mencapai 19,49 dollar Australia atau sekitar  21 juta per jam, belum termasuk pajak.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.