Berita Nasional Terpercaya

6 Universitas Terbaik di Australia, Cocok untuk Daftar Kuliah di Luar Negeri

0

Bernas.id – Universitas terbaik di Australia juga ada berbagai pilihan. Tak kalah dengan universitas di Amerika atau universitas di Inggris, kampus di Australia juga punya track record yang gemilang, loh, salah satu contohnya Universitas Nasional Australia atau universitas di Sydney.

Karena itu, cara kuliah di Australia gratis pun menjadi topik incaran banyak orang. Nama universitas di Australia juga banyak yang populer. Jurusan kuliah di Australia juga beragam. Kalian bisa melanjutkan kuliah jurusan kedokteran, politik, hukum, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang berniat melanjutkan studi di benua kangguru tersebut, berikut daftar universitas terbaik di Australia:

Universitas Nasional Australia

Universitas Nasional Australia atau Australian National University masuk dalam peringkat pertama sebagai universitas terbaik di Australia 2021. Berdasarkan QS World University Rankings 2021, Universitas Nasional Australia menduduki peringkat ke 27 sebagai universitas terbaik di dunia.

Jurusan di australian national university antara lain Kedokteran, Biologi & Lingkungan, Teknik & Ilmu Komputer, Kajian Asia & Pasifik, Seni dan Ilmu Sosial, Hukum, dan masih banyak lagi. Universitas Nasional Australia terletak di pusat kota Canberra, yang merupakan kota terbesar ke delapan di Australia.

Universitas Nasional Australia berdiri pada tahun 1946. Kuliah di kampus ini bekerjasama dengan lebih dari 170 universitas terbaik di dunia.

Dengan begitu, mahasiswa yang berkuliah disini memiliki kesempatan untuk melakukan pertukaran akademik, kerjasama penelitian ilmiah dan kesempatan bagi siswa untuk mencicipi kesempatan menimba ilmu pada universitas terbaik di dunia, seperti universitas di Amerika, universitas di Inggris, dan universitas di New Zealand.

Kampus ini juga punya kemitraan yang kuat dengan Universitas Yale, Universitas Oxford, ETH Zurich, dan Universitas Nasional Singapura.

Universitas Nasional Australia awalnya dibangun sebagai universitas riset pascasarjana oleh Parlemen Australia. Kampus ini banyak melahirkan pemenang nobel.

Bahkan, Brian Schmidt yang memenangkan Hadiah Nobel Fisika 2011 merupakan wakil rektor Universitas Nasional Australia.

Baca  juga: Informasi Kuliah di AS: Biaya, Universitas Terbaik, Beasiswa, dan Tips Lolos Seleksi

University of Sydney

University of Sydney atau Sydney University menduduki peringkat kedua sebagai universitas terbaik di Australia 2021.

University of Sydney adalah universitas tertua di Australia yang didirikan pada tahun 1851 di Sydney. Sydney juga dianggap sebagai salah satu kota universitas terbaik untuk mahasiswa. Jadi, banyak hal yang bisa Anda dapatkan saat berkuliah di University of Sydney.

Perguruan tinggi ini  memiliki 350.000 alumni di lebih dari 170 negara. Perguruan tinggi ini juga selalu konsisten masuk dalam daftar 50 universitas terbaik di dunia. Universitas di Sydney ini memiliki berbagai disiplin ilmu terluas di Australia dan penelitian yang berfokus pada menemukan solusi untuk permasalahan masyarakat.

Sydney University  juga memiliki lebih dari 50.000 mahasiswa, 3400 staf akademik, dan 320.000 alumni dari berbagai negara. Jurusan unggulan Universitas Sydney antara lain seni dan ilmu sosial, bisnis, rekayasa dan teknologi informasi,ilmu kesehatan, kedokteran dan kesehatan, serta sains.

Tokoh dunia yang merupakan alumni Sydney University  adalah Edmund Barton yang memenangkan pemilihan federal pertama di Australia pada tahun 1901.

Baca juga: Tanpa Beasiswa Luar Negeri, Berikut Rincian Biaya kuliah di Australia

University of Melbourne

University of Melbourne didirikan pada tahun 1853 di Melbourne. Lokasi kampus ini juga memiliki catatan sejarah yang baik. Melbourne adalah pemenang tujuh kali penghargaan kota paling layak huni dari Economist.

Melbourne juga menjadi bagian dari  Kota Sastra UNESCO serta pusat utama seni jalanan, musik, dan teater. University of Melbourne universitas tertua di Australia.

Kampus utama Melbourne University terletak di pinggiran Melbourne Parkville dan beberapa kampus lain yang terletak di seberang Victoria.

Melbourne University memiliki 10 fakultas antara lain arsitektur, bangunan dan perencanaan, seni, bisnis dan ekonomi, pendidikan, teknik, seni rupa dan musik, hukum, kedokteran, kedokteran gigi dan ilmu kesehatan, sains, ilmu kedokteran hewan dan pertanian.

Alumni terkenal dari Melbourne University antara lain mantan perdana menteri Australia Julia Gillard, penulis dan akademisi Germaine Greer, komedian Ronny Chieng dan koki, pemilik restoran dan penulis kuliner Stephanie Alexander.

Lebih dari 12.000 mahasiswa internasional terdaftar di  Melbourne University. Kampus ini juga menjadi gudang beberapa cendekiawan yang cukup terkenal.

Pemenang hadiah Nobel Peter Doherty (fisiologi dan kedokteran) dan rekan-rekan dari Royal Society David Solomon dan David Boger juga mengajar serta melakukan penelitian di Melbourne University.

Baca juga: 4 Beasiswa Australia yang Cocok untuk Pelajar Indonesia

University of New South Wales (UNSW)

Selain University of Sydney, UNSW merupakan salah satu universitas di Sydney yang memiliki catatan baik. Salah satu universitas terbaik di Australia terkenal unggul dalam inovasi, penelitian, dan pengajaran sejak tahun 1949.

University of South Wales Australia Juga memberikan sumbangsih besar dalam penelitian fotovoltaik (energi surya), penelitian HIV/AIDS dan komputasi kuantum, dan kami memiliki reputasi internasional di berbagai bidang.

Alumni dari UNSW  banyak yang bekerja di perusahaan teknologi raksasa seperti Google, Penguin, Ernst & Young, PayPal, Rio Tinto, HSBC, NASA, dan Oxfam.

Dalam daftar universitas terbaik di dunia, University of New South Wales menempati rangking ke 44.

University of Queensland

Queensland University adalah kampus di Australia yang didirikan pada tahun 1909. Kampus utama perguruan tinggi ini terletak di Brisbane, Queensland.

Queensland University merupakan salah satu universitas tertua di Australia. Jurusan kuliah di Queensland University antara lain:

  • Pertanian dan Lingkungan
  • Arsitektur dan Perencanaan
  • Seni, Humaniora dan Ilmu Sosial
  • Bisnis dan Ekonomi
  • Pendidikan
  • Teknik dan Komputasi
  • Ilmu Kesehatan dan Perilaku
  • Hukum
  • Farmasi
  • Sains dan Matematika.

Queensland University memiliki sekitar 40.000 siswa, termasuk 12.000 siswa internasional dari 141 negara.

Kampus di Australia ini juga memiliki sekitar 13.800 mahasiswa pascasarjana, termasuk jumlah terbesar di Australia. Queensland University juga masuk dalam rangking  ke 46 sebagai universitas terbaik di dunia.

Monash University

Monash University didirikan pada tahun 1958 dan merupakan universitas terbesar di Australia. Kampus di Australia ini memiliki lebih dari 6.000 program studi dalam 10 fakultas, yaitu; seni, desain, dan arsitektur, bisnis dan ekonomi, pendidikan, teknik, teknologi Informasi, hukum, ilmu kedokteran, keperawatan dan kesehatan, farmasi dan ilmu kefarmasian, dan sains.

Monash University  juga memiliki di Malaysia, Italia, India, dan Cina. Kampus ini juga menduduki rangking ke 55 sebagai universitas terbaik di dunia.

Perguruan tinggi ini merupakan universitas di Australia yang banyak orang Indonesia. Alumni terkenal  dari Monash University termasuk musisi Nick Cave, novelis pemenang Booker Peter Carey, dan penulis naskah David Williamson.

Itulah daftar daftar universitas terbaik di Australia. Untuk kuliah di luar negeri, Anda tak hanya perlu mencari tahu informasi beasiswa kuliah. Informasi mengenai kampus di Australia juga penting Anda ketahui karena beberapa beasiswa kuliah luar negeri juga mensyaratkan adanya letter of acceptance.

Anda juga perlu melakukan persiapan matang jika ingin kuliah di Australia. Karena itu, informasi pendaftaran universitas di Australia juga menjadi cara mendapatkan beasiswa kuliah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.