Berita Nasional Terpercaya

Daftar Program Afiliasi Gratis, Penghasilan Menjanjikan

0

Bernas.id – Menghasilkan uang tanpa melakukan banyak hal adalah keinginan kebanyakan orang. Anda sangat beruntung karena Anda hidup di era digital. Ada banyak cara menghasilkan uang dari internet.Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan program afiliasi.

Dengan program afiliasi, Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif dengan modal yang sangat sedikit. Pada artikel ini, kita akan membahas secara menyeluruh apa itu afiliasi, apa manfaatnya, dan tentu saja bagaimana cara menghasilkan uang dari program afiliasi. Apakah Anda ingin menghasilkan melalui internet? Oleh karena itu, mari baca artikel ini sampai habis!

Baca juga: Cara Mudah Menulis Artikel dengan Baik dan Benar

Daftar Isi :

  1. Apa itu Program Afiliasi?
  2. Pihak-pihak Program Afiliasi
  3. Cara Kerja Program Afiliasi
  4. Manfaat Program Afiliasi
  5. Kesimpulan

Apa itu Program Afiliasi?

program afiliasi populer

Program afiliasi adalah program yang menawarkan komisi dengan catatan konsumen membeli produk yang Anda tawarkan melalui kode referral yang Anda dapatkan usai registrasi. Jumlah komisi yang ditawarkan perusahaan berbeda tergantung kebijakan yang tertulis. Berikut adalah perusahaan terbaik yang menawarkan program afiliasi:

  1. Niagahoster menawarkan komisi 70% per penjualan.
  2. Amazon menawarkan komisi hingga 10%.
  3. G Suite menawarkan $15 USD sampai $30 USD.
  4. Bukalapak menawarkan komisi sesuai cost per sale (CPS).
  5. Tiket.com menawarkan komisi Rp 10.000 per tiket, dan 40-60% untuk tiket hotel.
  6. Zalora menawarkan komisi 6% untuk afiliasi baru, dan 4% untuk yang lama.

Baca juga: Halo Pengusaha, Mulailah Digitalisasi Bisnis agar Tidak Ditinggal Pelanggan

Pihak-pihak Program Afiliasi

Cara Kerja Program Afiliasi

Sebelum beralih ke cara kerja, penulis uraikan secara singkat terlebih dahulu pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Tiga pihak tersebut adalah:

1. Pemilik Produk

Pemilik produk bisa berupa perusahaan, vendor, penjual, dan lain-lain. Merekalah yang mengeluarkan program afiliasi ini.

2. Afiliasi

Orang yang bergabung dengan program afiliasi. Mereka bertugas memasarkan produk dari pemilik program afiliasi ke calon pelanggan.

3. Konsumen

Konsumen dapat membeli produk dari pemilik produk melalui afiliasi.

Baca juga: 6 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Cara Kerja Program Afiliasi

Cara Kerja Program Afiliasi

Selanjutnya, adalah cara kerja afiliasi yang harus kamu tahu agar memiliki sedikit gambaran. Cara kerja afiliasi yaitu seperti berikut ini:

1. Daftar Program Afiliasi

Pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar afiliasi dengan mengunjungi website perusahaan penyedia program afiliasi. Jadi, setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan kode referral. Kode referral tersebut bentuk konfirmasi bahwa melalui promosi Anda, konsumen berhasil terpikat oleh sebuah produk.

Baca juga: Misi Ekonomi Digital Capai Rp4.531 Triliun pada 2030, Apa Strategi Pemerintah?

Menariknya, terkadang Anda yang ditawari untuk bergabung dengan program afiliasi, lho. Penawaran program afiliasi ini biasanya terjadi pada influencer media sosial atau blogger lalu lintas besar dengan tema diskusi yang sesuai dengan produk afiliasi.

2. Promosi Produk Afiliasi

Ketika sudah menjadi bagian dari afiliasi yang kamu daftar, maka kamu harus melakukan promosi kode referensi yang kamu punya. Hal tersebut merupakan kunci kamu memperoleh komisi. Anda juga dapat melakukan aktivitas promosi ini melalui beberapa cara:

a. Buat Ulasan Produk di Blog

Anda dapat menulis artikel yang mengulas produk afiliasi. Tapi ingat, Anda harus mempertimbangkan kompatibilitas tema blog dengan produk afiliasi. Harus memiliki target agar pendapatan Anda tidak fluktuasi, jadi cobalah lakukan promosi seefektif mungkin.

Tulis ulasan yang tidak memihak dan diskusikan pengalaman Anda dengan produk secara mendalam. Uraikan kelebihan dan kekurangan produk dengan bahasa yang menjual kemudian sisipkan kode referral Anda Call To Action (CTA). Agar review produk referral maksimal maka harus memiliki blog sendiri.

Oleh karena itu, jika Anda belum memiliki blog, kami sarankan untuk membuatnya terlebih dahulu. Blog ini adalah salah satu sarana penting untuk mempromosikan kode referral Anda.

Baca juga: Alasan Pentingnya Membuat Website untuk Bisnis di Tahun 2021

b. Pasang Banner di Blog

Selain menulis ulasan, memasang spanduk di blog juga bisa menjadi metode promosi yang efektif. Oleh karena itu, manusia memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada teks. Sehingga sangat efektif jika spanduk kamu jadikan sebagai alat promosi agar pengunjung tertarik daripada sekedar promosi teks yang belum tentu dibaca.

Pastikan desain banner menarik dan membuat mata viewers Anda tidak bosan, dan memunculkan rasa penasaran. Pemasangannya juga harus tepat, yaitu di tempat strategis seperti di header maupun di samping blog/website atau juga bisa diletakkan di dalam artikel Anda.

c. Media Sosial

Manfaatkan media sosial untuk membahas produk afiliasi agar konsumen tertarik kemudian arahkan untuk mengklik kode referensi Anda. Kamu bisa repost gambar maupun video dari akun resmi pemilik produk, dan mulai membuat caption berupa review singkat produk. Gunakan bahasa yang menekankan strategi pemasaran.

Oleh karena itu, kami menyarankan Anda mempelajari pemasaran media sosial. Jangan lupa untuk menyertakan CTA dalam di caption yang Anda tulis dan arahkan link referral.

Jika Anda memiliki channel YouTube, lebih baik lagi karena Anda bisa membuat video edukasi tentang topik produk afiliasi. Kemudian, Anda dapat memasukkan tautan rujukan di video atau di deskripsi video.

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

d. Forum Daring

Forum online tempat paling efektif untuk menjangkau berbagai orang dengan latar belakang yang berbeda, sehingga kemungkinan besar banyak yang tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.Apalagi jika Anda memiliki reputasi yang baik di forum online tersebut, mempromosikan bisnis afiliasi bisa dilakukan dengan mudah. ​

Kamu harus mengingat aturan main setiap forum online berbeda, ada yang berkenan setiap anggota untuk mempromosikan produk ada yang tidak. Jadi sebaiknya baca dulu peraturan di forum diskusi ya.

3. Orang Menggunakan Referensi Anda

Tujuan utama promosi adalah menggaet konsumen agar tertarik mengklik kode referensi Anda. Kamu harus meyakinkan dan membuktikan bahwa melalui kode tersebut konsumen mendapat harga yang lebih rendah daripada tanpa melalui atau minimal sama. Tawaran yang saling menguntungkan bukan?

4. Dapatkan Komisi

Komisi akan didapat jika seseorang menggunakan kode referral Anda. Jadi disini, Anda akan membagi keuntungan dengan pemilik produk. Tawaran jenis komisi juga beragam tidak hanya terbatas pada konsumen membeli kamu baru dapat komisi loh.

Coba simak, tiga jenis komisi dari program afiliasi berikut ini dan pastikan kamu memilih perusahaan yang sesuai dengan jenis komisi yang Anda mau.

a. Komisi per Penjualan

Ini adalah jenis pembagian komisi yang biasa digunakan dalam program afiliasi. Anda akan memperoleh komisi setelah konsumen membeli produk dari link referral Anda.

b. Komisi per Lead

Komisi ini ketika konsumen sudah menyelesaikan tahapan sesuai alur perusahaan, misal mengisi formulir, membuat akun, mendownload file, sampai tahap berlangganan.

c. Komisi per Klik

Seperti namanya, komisi ini dibayarkan ketika seseorang mengklik link referral. Jenis ini paling diburu karena tidak mengharuskan konsumen untuk membeli baru Anda mendapat komisi. Di sini, pengunjung atau viewers Anda cukup berkunjung ke website pemilik produk melalui kode atau link referral Anda.

Baca juga: Inilah 3 Cara Otomatis Agar Website Banjir Pengunjung

Manfaat Program Afiliasi

Manfaat Program Afiliasi

Apakah Anda masih ragu untuk bergabung dengan program afiliasi? Berikut kami uraikan enam manfaat yang bisa Anda dapatkan sebagai afiliasi.

1. Penghasilan Pasif

Sebuah pekerjaan umumnya mengharuskan Anda berada di tempat kerja untuk mendapatkan uang. Tapi dengan menjadi bagian dari program afiliasi, maka Anda bisa loh bekerja sambil rebahan. Atau ketika Anda butuh pekerjaan sampingan, program ini sangat cocok. Promosi akan tetap mengalir dengan catatan postingan Anda tidak dihapus.

2. Modal Kecil

Ada dua jenis penyedia program afiliasi. Pertama adalah tidak ada kewajiban membeli produk terlebih dahulu agar bisa mendaftar program afiliasi. Tipe pertama gratis, tanpa mengeluarkan modal sepeserpun.

Sedangkan tipe kedua, perusahaan mengharuskan Anda membeli produknya agar bisa mengikuti program afiliasinya. Untuk tipe yang kedua, sebaiknya pilih produk yang benar-benar Anda butuhkan. Hal tersebut supa kebutuhan Anda terpenuhi sekaligus menghasilkan pendapatan.

Baca juga: Kuliah Pasti Kerja, Tapi Masih Ragu Ambil Prodi Akuntansi?

3. Bekerja dari Rumah

Program ini dapat dikerjakan dimana saja loh baik sofa, kamar, maupun di tengah kesibukan Anda yang lain. Dalam menjalankannya hanya butuh koneksi internet dan laptop/smartphone. Jadi, afiliasi adalah jenis pekerjaan yang cocok untuk Anda yang tidak menyukai pekerjaan kantoran.

4. Jam Kerja Fleksibel

Tidak ada kontrak yang mengharuskan Anda untuk mempromosikan program afiliasi, waktu dan tempat kerja fleksibel tidak ada aturan. Jadi, Anda bisa memutuskan kapan harus berpromosi dan kapan harus bersantai.

5. Berkesempatan Bergabung dengan Berbagai Program Afiliasi

Anda mungkin merasa bahwa mendaftar untuk satu program afiliasi saja tidak cukup. Jangan khawatir, kamu bisa loh mengambil banyak program dari berbagai perusahaan selama tidak bertentangan dengan syarat dan ketentuan perusahaan lain.

Jadi, pastikan Anda membaca ketentuannya terlebih dahulu agar Anda tidak mengalami konsekuensi di kemudian hari.

Baca juga: TERBUKTI! Kuliah di UNMAHA Mencetak Pengusaha

Kesimpulan

Afiliasi adalah program yang bertujuan untuk mendapatkan komisi dari hasil mempromosikan suatu produk dan dapat mempengaruhi konsumen untuk menggunakan produk tersebut. Tiga pihak yang terlibat atas program tersebut adalah afiliasi (Anda), produsen atau pemilik produk, dan konsumen. Keuntungan yang Anda dapat dapatkan dari pekerjaan ini adalah mendapatkan passive income, memiliki jam kerja yang fleksibel, dan menggunakan modal yang kecil.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.