Berita Nasional Terpercaya

Menkes Dorong Daerah Habiskan Stok Vaksin

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mendorong pemerintah daerah untuk segera menggunakan stok vaksin Covid-19. Budi menyampaikan bahwa ada beberapa pemerintah daerah cenderung menahan stok vaksin untuk digunakan pada vaksinasi kedua. 

“Atas arahan bapak presiden kita ingin menegaskan sekali lagi daerah tidak perlu memegang stok, karena nanti akan diatur suntik keduanya dari pusat, dari kita,” kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal Youtube Kementerian Kesehatan pada hari Selasa (24/8).

Budi menambahkan bahwa beberapa daerah yang menerima alokasi 1.000 dosis vaksin hanya akan menyuntikkan 500 dosis, sementara 500 dosis sisanya ditahan untuk vaksinasi tahap kedua. 

“Kalau kita bilang suntik (tahap) kedua, kadang-kadang masih ada sebagian suntik (tahap) satu, ada yang sebagian suntik satu ada yang sebagian malah ditahan untuk suntik kedua,” kata Mantan wakil menteri BUMN tersebut. 

Budi mengingatkan agar pemda untuk mengikuti instruksi pemerintah pusat terkait vaksinasi Covid-19 yaitu untuk menghabiskan stok vaksin.

Baca juga: Tutorial Masuk Mal Pakai Peduli Lindungi

“Jadi pakai saja semuanya disuntik sesuai dengan aturan. Manajemen stoknya dilakukan di pusat,” katanya.

Lebih lanjut, Budi menyampaikan bahwa ketidakpatuhan pemda membuat total stok vaksin Covid-19 di sejumlah daerah mencapai 25 juta dosis. Di sisi lain, kata Budi, ada beberapa daerah kabupaten/kota yang mulai kehabisan stok vaksin.

Oleh karena itu, Budi meminta kepada para gubernur untuk mempercepat distribusi vaksin Covid-19 ke pemerintah kabupaten/kota setempat.

“Nah itu bapak presiden minta tolong didorong supaya itu juga bisa cepat sampai ke kabupaten/kota karena banyak juga bupati dan wali kota yang mengeluh,” ujarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.