Berita Nasional Terpercaya

Universitas Telkom: Fasilitas, Jurusan, dan Jalur Pendaftaran

0

Bernas.id – Telkom University mulai beroperasi pada tahun 1990 seiring dengan berdirinya MBA Bandung dan STT Telkom. Menjadi Universitas Telkom pada tahun 2013 dengan penggabungan Institut Teknologi Telkom, STISI Telkom, Sekolah Tinggi Manajemen Bandung, dan Politeknik Telkom Bandung. Universitas ini terletak di Bandung, ibu kota Jawa Barat, Indonesia.

Pada abad ke-18, Belanda mulai mendirikan perkebunan teh di daerah tersebut, yang mengarah pada pembentukan kotamadya yang dijuluki ‘Parisnya Jawa’, karena hotel-hotel mewah, butik dan kafe Eropa. Bandung kini dikenal akan pentingnya budaya, ditunjukkan melalui pasar terapung, Museum Geologi, dan Observatorium Bosscha, observatorium tertua di Indonesia.

Telkom University memiliki tujuh fakultas: teknik elektro, teknik industri, komputasi, ekonomi dan bisnis, komunikasi dan bisnis, industri kreatif, dan ilmu terapan. Di sekolah-sekolah ini, universitas memiliki visi untuk menjadi sekolah berstandar internasional, berperan aktif dalam pendidikan, penelitian dan kewirausahaan.

Baca juga: Keunggulan Kuliah Pasti Kerja UNMAHA Jurusan Akuntansi

Pada tahun 2014 berganti menjadi Universitas Telkom. Universitas ini mendapat akreditasi ‘A’ pada tahun 2016 oleh BAN-PT. Tidak hanya itu sobat, kampus ini juga menerima penghargaan lain seperti: 5 bintang dari QS Star pada tahun 2017 dalam kategori pengajaran, kelayakan kerja, inovasi, dan inklusivitas. IABEE dan ABEST 21 (Jepang) dan dewan akreditasi internasional lainnya juga telah mengakui beberapa departemen kampus ini.

Daftar Isi :

  1. Fasilitas Universitas Telkom
  2. Program Studi Universitas Telkom
  3. Jalur Masuk Universitas Telkom

Fasilitas Universitas Telkom

Berbagai fasilitas ditawarkan kepada mahasiswa untuk dinikmati selama berada di Telkom University, seperti ruang diskusi, auditorium, transportasi kampus, ruang terbuka alami, fasilitas keagamaan, dan toko buku. Ada juga berbagai fasilitas olahraga: kolam renang, lapangan basket, lapangan tenis, pusat kebugaran, Galeri Idealoka, Creative Center, asrama mahasiswa, dan lain-lain. 

Universitas Telkom

Bukan hanya menyediakan beragam fasilitas yang menunjang pembelajaran umum tapi juga ada fasilitas untuk penyandang disabilitas. Fasilitas ini guna memberi dukungan agar mahasiswa disabilitas untuk tetap mengikuti pembelajaran secara nyaman dan efektif. Berikut bebrapa fasilitas yang diberikan untuk penyandang disabilitas:

1. Buddy

Ini adalah sebuah komunitas yang tugasnya menjadi note-taker selama kelas berlangsung.

2. Layanan Konseling

Untuk mendapatkan pelayanan konseling maka dapat mendaftar melalui i-Gracias. Ini berguna untuk memastikan kondisi mental maupun fisik mahasiswa sehat terutama bagi mahasiswa disabilitas.

3. Friendly User Interface

Layanan ini berupa aplikasi yang dapat diakses oleh mahasiswa buta warna sehingga informasi yang disampaikan dapat dicerna dengan baik. Gambar yang ada juga dirancang khusus untuk buta warna ini akan tetap dapat dilihat.

4. Sistem Pembelajaran

Selain fasilitas fisik, Universitas ini juga memberikan pembelajaran melalui video yang dirancang lengkapn dengan teks terjemahan sehingga akan memudahkan dalam memahami isi video.

5. Peta Akses Disabilitas

Setiap area dilengkapi dengan fasilitas bagi disabilitas seperti jalan untuk kursi roda, toilet, sampai lokasi parker khusus. Melalui peta akses ini akan lebih memudahkan mahasiswa disabilitas untuk mengetahui setiap fasilitas yang dibutuhkan.

Baca juga: Jurusan Teknik Arsitektur Paling Terjangkau di Jogja, Ini Keunggulannya

 

Program Studi Universitas Telkom

Universitas Telkom termasuk universitas swasta modern yang ada di Indonesia. Kampus yang berorientasi pada Information and Communication Technology (ICT) ini membawahi tiga bidang yaitu teknik, bisnis, dan industri kreatif. Kamu wajib tahu program studi yang ditawarkan kampus ini. Jangan kemana-mana. 

Universitas Telkom

Jenjang PendidikanFakultasProgram Studi dan Akreditasi
Program Sarjana (S1)Fakultas Industri Kreatif

Seni Rupa (A)

Desain Interior (A)

Desain Komunikasi Visual (A)

Desain Produk (A)

Kriya Tekstil dan Mode (B)

Fakultas Komunikasi dan Bisnis

Hubungan Masyarakat (C)

Administrasi Bisnis (A)

Ilmu Komunikasi (A)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Manajemen (A)

Akuntansi (A)

Fakultas Ilmu Komputasi

Teknologi Informasi (C)

Ilmu Komputasi (B)

Teknik Informatika (A)

Fakultas Teknik Elektro

Teknik Fisika (B)

Sistem Komputer (B)

Teknik Telekomunikasi (A)

Teknik Elektro (A)

Fakultas Teknik Industri

Sistem Informasi (A)

Teknik Industri (A)

Program Diploma 3 (D3)Fakultas Ilmu Terapan

Manajemen Informatika (A)

Perhotelan (A)

Manajemen Pemasaran (B)

Teknik Informatika (A)

Komputerisasi Akuntansi (A)

Teknik Komputer (A)

Teknik Telekomunikasi (A)

Program Diploma 4 (D4)Sistem Multimedia (C)

Baca juga: Inilah Prodi Sistem Informasi Geografi yang Langka dan Peluang Kerja Tinggi di UNMAHA

 

Jalur Masuk Universitas Telkom

Ada beragam jalur masuk ke Universitas Telkom. Beberapa di antaranya yaitu:

Universitas Telkom 

  1. Jalur Vokasi 2021 dilaksankan pada 12 Juli – 20 Agustus 2021, jalur ini khusus untuk siswa yang mengincar jurusan vokasi.
  2. Jalur CBT 2021 dibuka mulai 16 Agustus 2021 untuk siswa yang memilih jurusan tertentu.
  3. Jalur Kelas Internasional 2021, jalur ini dilakukan dengan seleksi ketat nilai rapor. Waktu pendaftaran mulai 5 Desember 2020 sampai 20 Agustus 2021.
  4. Jalur Program Lanjutan 2021, bagi mahasiswa yang ingin transfer dari D3 ke S1 dapat masuk melalui jalur ini. Pembukaan pendaftaran mulai 5 Mei sampai 26 Agustus 2021
  5. Jalur Prestasi Akademik (JPA) 2021, jalur ini ada beberapa gelombang sesuai kebutuhan kuota mahasiswa terpenuhi.
  6. Jalur Ujian Tulis Gelombang  (UTG) 2021, jalur ini juga ada bebrapa gelombang dengan syarat usia di bawah 25 tahun.
  7. Jalur Undangan Seleksi Mitra (USM) 2021, jalur ini bentuk kerjasama antara universitas dengan sekolah, dimana siswa yang berprestasi akan mendapat undangan untuk mengikuti seleksi rapor.
  8. Jalur UTBK 2021, bagi siswa yang sudah pernah mengikuti UTBK di tahun 2021 maka nilai tersebut dapat digunakan untuk ikut seleksi di Universitas Telkom.
  9. Jalur Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) 2020, kelas online ini hadir untuk siswa yang memutuskan untuk bekerja sambil kuliah.

Demikian informasi yang dapat kamu terima dalam artikel tentang info kuliah di Universitas Telkom. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Inilah Kata Para Pengusaha Sukses untuk Jurusan Kewirausahaan UNMAHA

Leave A Reply

Your email address will not be published.