Berita Nasional Terpercaya

Inilah 7 Cara Main Saham Bagi Investor Pemula dengan Mudah

0

Bernas.id – Investasi di pasar modal merupakan salah satu cara investor pemula mengasah pengalamannya sekaligus mendapatkan keuntungan. Salah satu instrumen investasi yang dapat dimainkan di pasar modal oleh investor pemula adalah saham. Saham dihitung dalam bentuk lembar saham yang menunjukkan seberapa besar porsi kepemilikan seseorang atas suatu perusahaan. Dalam investasi saham pun ada berbagai cara bermain saham di pasar modal.

Investor harus merealisasikan cara yang paling efektif dalam bermain saham untuk membangun portofolio investasi. Selain itu, mengetahui teknik atau cara bermain saham akan membantu investor dalam membaca peluang dan berpikir jangka panjang.

Daftar Isi :

  1. Cara Jitu Bermain Saham untuk Investor Pemula
  2. Tips Bermain Saham bagi Investor Pemula

 

Baca juga: Mengenal Trading Saham dan Cara Jitu Jadi Trader Handal

Cara Bermain Saham untuk Investor Pemula

Saham

1. Memahami saham dengan benar

Investor pemula harus memahami istilah saham dengan benar. Saham adalah bukti penyertaan modal seseorang pada suatu perusahaan dan berhak atas kompensasi keuntungan sejumlah modal yang diinvestasikan. Pemahaman yang benar terhadap saham akan memberikan gambaran tentang mekanisme saham. Di samping itu investor pemula harus memahami kemungkinan keuntungan dan kerugian dalam berinvestasi saham. Perlu digaris bawahi bahwa keuntungan yang besar berbanding lurus dengan resiko yang mungkin terjadi

2. Menyiapkan dana investasi

Investor pemula perlu menyiapkan sejumlah dana untuk memulai investasi saham. Dana yang disiapkan harus berupa dana segar yang terpisah dari dana untuk kebutuhan harian. Dana yang diinvestasikan harus benar-benar dana tidak terpakai atau dana yang memang diniatkan untuk investasi

3. Menentukan perusahaan sekuritas

Investor pemula harus menentukan perusahaan sekuritas yang akan membantunya berinvestasi saham di pasar modal. Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang berizin  Otoritas Jasa Keuangan untuk menggerakkan usaha sebagai Perantara Perdagangan Efek (PPE), Penjamin Emisi Efek (PEE), atau jenis kegiatan lain disesuaikan dengan ketentuan dari Pengawas Pasar Modal.

Investor pemula dapat memilih perusahaan sekuritas dengan setoran awal yang rendah. Selain itu, penting juga mempertimbangkan biaya transaksi dari perusahaan sekuritas yang berupa biaya jual saham dan biaya beli saham. Tarif biaya transaksi perusahaan sekuritas atau lebih dikenal dengan istilah Fee Broker ini berbeda-beda bergantung pada kebijakan perusahaan sekuritas.

4. Membuka rekening saham 

Pembukaan rekening memerlukan validasi data diri sehingga calon investor akan diminta menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk Warga Negara Indonesia (WNI) atau Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) dan Paspor untuk Warga Negara Asing (WNA), serta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Apabila belum memiliki NPWP pribadi, maka boleh melampirkan NPWP milik orangtua bagi pelajar dan NPWP milik suami bagi ibu rumah tangga. Selanjutnya, siapkan juga salinan bagian depan buku tabungan yang dimiliki dan materai.

Setelah seluruh dokumen selesai diurus, investor pemula memilih bank sekuritas yang dirasa aman dan cocok untuk pembukaan rekening saham. Pastikan bank sekuritas yang dipilih memiliki legalitas dan terdaftar di BEI serta diawasi OJK. Kemudian, investor pemula diarahkan untuk mengisi formulir berupa identitas diri dan informasi lain yang dibutuhkan. Setelah ituz investor pemula diminta untuk menyetorkan deposito atau setoran awal pada Rekening Dana Nasabah (RDN).

Ketika permohonan pembukaan rekening sudah selesai diproses, calon investor akan diberi akses untuk masuk ke akun dashboard, berupa PIN transaksi, password dan user id. untuk menjalankan transaksi jual beli saham milik perusahaan sekuritas.

Baca juga: Inilah 7 Aplikasi Trading Saham yang Terdaftar OJK

5. Mengoptimalkan aplikasi trading saham

Era digital saat ini semakin memudahkan seseorang dalam berinvestasi, tak terkecuali bagi investor pemula yang baru memasuki dunia pasar modal. Banyak aplikasi trading saham yang dapat diunduh melalui Play Store atau Apps Store. Aplikasintrading saham disediakan oleh perusahaan sekuritas. Melalui aplikasi trading saham ini, para investor pemula dapat melakukan online trading kapan saja dan di mana saja.

Kemudahan lain yang diberikan aplikasi trading saham kepada investor pemula adalah aplikasi ini menyediakan tutorial cara berinvestasi sekaligus memberikan informasi terkini yang berkaitan dengan fluktuasi harga saham, teknik analisis, dan kondisi pasar. Namun, investor pemula tetap diminta cermat dalam memilih aplikasi trading saham. Legalitas aplikasi trading saham perlu diperiksa. Seluruh aplikasi trading saham yang legal pasti terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasam Keuangan.

6. Memilih perusahaan tercatat  dan jenis saham yang tepat

Sebelum menanamkan modal ke suatu perusahaan atau berinvestasi melalui saham, investor pemula diharapkan memeriksa kondisi fundamental perusahaan tercatat. Perusahaan tercatat adalah perusahaan yang sahamnya dapat dibeli di Bursa Efek Indonesia. Bagi investor pemula, bisa mencoba berinvestasi ke perusahaan BUMN yang menawarkan saham dengan modal kecil.

Perusahaan BUMN dinilai memiliki reputasi yang baik dan resiko mengalami penurunannya terbilang kecil. Kemudian investor pemula tidak disarankan memilih saham perusahaan yang nilai sahamnya naik turun karena kondisi ini rentan dimanipulasi oleh investor dengan modal besar.

Pemilihan jenis saham dapat dipertimbangkan dengan melihat kondisi perusahaan, grafik harga saham, serta berkonsultasi dengan perusahaan sekuritas untuk mendapatkan saham terbaik. Di samping itu, investor pemula juga dapat berinvestasi pada dua perusahaan publik sekaligus, namun tidak disarankan untuk mengucurkan modal yang terlampau besar. Perluasan investasi dapat dilakukan seiring bertambahnya pengalaman berinvestasi.

7. Pembelian saham

Pembelian saham dapat dilakukan secara mandiri melalui aplikasi trading saham atau meminta bantuan broker saham. Tentu saja, setiap opsi cara pembelian saham disesuaikan dengan pertimbangan mengenai kapasitas kemahiran diri dan waktu anda apabila ingin mengelola secara mandiri di aplikasi jual beli saham. Hanya saja, ketika anda memiliki dana dengan tingkat kesibukan tinggi, memilih broker saham terbaik sangat direkomendasikan untuk mengelola akun trading saham anda.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Saham dan Investasi dengan Benar

Tips Bermain Saham bagi Investor Pemula

saham

  • Investor pemula disarankan memilih perusahaan sekuritas dengan biaya transaksi yang kecil, baik biaya jual saham maupun biaya beli saham
  • Keuntungan yang banyak belum tentu dihasilkan dari jumlah investasi yang banyak pula. Investor pemula harus menyesuaikan kemampuan dana dan saham yang dibeli
  • Investor pemula disarankan memilih saham yang terdaftar di Indeks LQ45 atau IDX30 karena likuiditas saham tersebut dinilai tinggi dan memiliki fundamental perushaaan yang baik
  • Sektor perbankan atau sektor consumer good dinilai sebagai sektor yang cenderung mencetak laba signifikan setiap tahunnya karena dekat dengan kehidupan masyarakat sehingga menanamkan modal di sektor ini dinilai paling aman dan menguntungkan.

Kini siapa saja bisa bermain saham asal ada kemauan dan keinginan. Anda dapat berinvestasi atau trading saham dimanapun dan kapanpun.

Baca juga: Inilah Jam Buka Bursa Saham di Indonesia 2021

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.