Berita Nasional Terpercaya

Dapatkan Saldo Gopay dengan Bermain Game Catur hanya di MPL

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

Bernas.id – Kamu suka main game catur online? Sudah saatnya kini hobimu dapat kamu jadikan sebagai sumber kesenangan yang dapat menghasilkan pundi-pundi kekayaan.

Memangnya bisa? Tentu saja bisa!

Saat ini, ada banyak game catur online yang memberi hadiah, khususnya dalam bentuk Berlian Kemenangan. Nantinya, kamu bisa menukar Berlian Kemenangan tersebut dengan saldo Gopay. Main catur akan semakin seru dengan adanya hadiah berupa berlian.

Pertanyaannya, di mana kamu bisa main game catur online yang mendapatkan hadiah? Kamu bisa memainkannya di game MPL.

Sudah tahu game MPL itu apa? 

Jika belum, artikel ini akan membahas seputar game MPL, khususnya permainan caturnya. Di sini kamu juga akan memperoleh informasi bagaimana cara menukarkan Berlian Kemenangan yang kamu peroleh dengan saldo Gopay.

Daftar Isi :

  1. Tentang MPL
  2. Adu Kepintaran Main Catur Online di Speed Chess MPL
  3. Strategi Memenangkan Pertandingan Speed Chess
  4. Mainkan Game Speed Chess Tiap Hari dan Raih Berlian Kemenangan Sebanyak-banyaknya
  5. Penutup

Baca juga: Cara Meraup Rupiah dari Bermain Game

Tentang MPL

Bagi para gamers, MPL akan memberimu banyak keseruan. Tak hanya menarik, MPL juga akan menjadi cara yang seru untuk memperoleh saldo e-wallet dari Berlian Kemenangan yang terkumpul.

MPL menghadirkan sebuah aplikasi permainan terbesar di Asia Tenggara. Siapa pun bisa memainkan game di aplikasi ini, laki-laki atau perempuan. Sampai tahun 2021, pengguna aplikasi MPL di Indonesia bahkan sudah mencapai lebih dari 5 juta.

Salah satu hal yang membuat menarik selain hadiah Berlian Kemenangan nya, kamu juga bisa memainkan berbagai games seru di MPL. Pilihan games tersebut di antaranya:

  • MPL Fantasy
  • Pool
  • Fruit dart
  • Bloxmash
  • Speed chess
  • Archery
  • Fruit slice
  • Bubble shooter

Banyaknya game seru yang tersedia di aplikasi MPL tentu akan sangat menguntungkan. Bagaimana tidak, kamu bahkan bisa memilih bermain game yang “kamu banget”. Jika hobi main catur, kamu bisa mencoba game Speed Chess, lalu menangkan setiap pertandingannya.

Baca juga: Anak Kecanduan Game Online? Minimalisir dengan Cara ini

Adu Kepintaran Main Catur Online di Speed Chess MPL

Photo by MPL – Catur online

Sejak 1.500 tahun lalu, permainan catur sudah mulai berkembang di Irlandia Utara yang kemudian menyebar ke Eropa, Timur Tengah, hingga Asia. 

Seiring dengan perkembangan zaman, tentu saja permainan catur banyak mengalami perubahan. Saat ini, di era teknologi yang semakin masif, permainan catur bahkan dapat dilakukan secara online.

Permainan catur online dapat kamu mainkan melalui game Speed Chess dari MPL. Di game ini, kamu akan ditantang adu kepintaran dalam memainkan bidak di atas papan catur virtual. Jika keluar sebagai juara, kamu akan memperoleh Berlian Kemenangan yang bisa kamu tukar dengan saldo e-wallet. 

Pada dasarnya, permainan chess online tak ada bedanya dengan permainan catur biasa yang dimainkan di papan biasa. Keduanya menyediakan 32 bidak catur yang mana masing-masing pemain akan menerima 16 bidak. Setiap bidak papan catur, memiliki cara jalan dan peran yang berbeda-beda. 

  • King (Raja): bergerak satu langkah ke mana saja kiri, kanan, depan, belakang, atau diagonal
  • Queen (Ratu): bergerak ke mana saja dalam beberapa langkah selama tidak ada yang menghalangi
  • Bishop (Menteri): bergerak bebas beberapa langkah secara diagonal
  • Book (Benteng): bergerak bebas beberapa langkah secara vertikal atau horizontal aaal tidak ada yang menghalangi
  • Knight (Kuda): bergerak tiga langkah dan membentuk huruf L 
  • Pawn (Pion): hanya bisa bergerak satu atau dua langkah ke depan

Pemain akan memainkan bidak-bidak tersebut dengan penuh strategi dan dalam waktu yang terbatas. Jika berhasil skakmat bidak raja hingga tidak ada jalan untuk melarikan diri, maka kamu akan memenangkan permainan.

Baca juga: Tiga Permainan Tradisional yang Asyik Dimainkan Bersama, Anak Zaman Now Wajib Tahu!

Strategi Memenangkan Pertandingan Speed Chess

Dalam memenangkan pertandingan Speed Chess, tentu saja ini tidak mudah. Kamu harus memiliki strategi jitu untuk memenangkannya. Berikut beberapa strategi yang dapat kamu terapkan untuk bisa memenangkan game Speed Chess.

1. Pahami Struktur Pion yang Kuat

Dalam memainkan pion, ada yang namanya struktur pion kuat yang terbagi menjadi dua kondisi: pawn outside atau pion luar dan protected passed pawn atau pion melintas. 

Outside pawn akan memancing raja milik lawan bergerak ke sisi lain. Ini bisa kamu manfaatkan untuk menghabiskan pion milik lawan atau menjalankan pion ke daerah lawan.

Pada kondisi protected passed pawn, posisi pion akan terlindungi oleh pion lain. Kondisi seperti ini akan membuat lawan terpaksa harus terus bertahan.

 

2. Perhatikan Struktur Pion yang Lemah

Sebaliknya, kamu sebisa mungkin hindari struktur pion lemah. Struktur pion seperti ini terdiri dari beberapa kondisi sebagaimana berikut:

  • Dua pion yang sejajar atau double pawn yang mana akan rentan terhadap serangan karena sama-sama tidak bisa saling melindungi.
  • Pion yang tertinggal yang mana bisa menjadi target serangan benteng lawan.
  • Satu pion yang tersisa saat menjelang akhir permainan di mana lawan hanya tinggal satu raja akan membuat permainan selesai dengan kedudukan seri.
  • Pion yang terisolasi yang mana membutuhkan pelindung dari bidak catur yang lain.
  • Akhir permainan yang hanya menyisakan pion dan benteng. Ini akan sangat rumit.

 

3. Berlatih Taktik Sebanyak-Banyaknya

Untuk dapat memenangkan setiap pertandingan, sebaiknya teruslah belajar dan berlatih taktik sebanyak-banyaknya. Kemudian, cari kelemahan dari masing-masing taktik.

Dengan mengetahui kelemahan masing-masing taktik, kamu juga dapat mengetahui kelemahan lawan. Jika sudah begitu, peluang kamu untuk menang akan semakin besar.

 

4. Kalahkan Lawan Terberatmu

Mungkin kamu memiliki pemain yang kamu anggap tangguh. Nah, jadikan pemain tersebut sebagai lawan terberatmu. Kemudian, buat diri kamu lebih berambisi untuk mengalahkannya.

Agar kamu bisa melawannya, ikuti pertandingan yang sama dengannya. Jika saat itu kamu masih belum bisa mengalahkannya, jangan terlalu sedih atau justru putus asa. Berlatihlah lebih keras hingga kamu bisa menang saat melawannya.

 

5. Pilih Grandmaster Favoritmu dan Pelajari Pola Permainannya

Jika kamu memiliki grandmaster favorit, pelajari pola permainan mereka untuk mengetahui bagaimana cara mereka mengalahkan lawan. Kemudian, pelajari juga kelemahannya agar kamu bisa menyempurnakan pola permainannya. 

Kamu juga bisa menghafalkan 12 langkah pertama yang dimainkan grandmaster baik itu untuk bidak putih atau hitam. Dengan begitu, kamu juga bisa mengetahui bagaimana cara grandmaster memulai permainan.

 

6. Baca Buku Seputar Catur dan Ajak Bicara Para Pecatur Handal

Untuk terus menambah wawasan dan mematangkan pola permainan, ajaklah pecatur-pecatur handal untuk berbicara sebanyak-banyaknya mengenai catur. Selain itu, kamu juga bisa membaca beberapa buku tentang catur, seperti misalnya: 100 Selected Games, Chess Fundamentals, 1001 Checkmates, atau My System. 

 

7. Pelajari Aturan Dasar Untuk Permainan Akhir

Saat di akhir permainan dan kamu hanya memiliki beberapa buah catur, sebaiknya tukarkan pion agar di akhir permainan masih bisa memaksa untuk seri. Sementara jika masih memiliki beberapa buah catur, sebaiknya tukarkan buah catur dan sebaiknya jangan tukarkan pion.

Saat di akhir permainan dan kamu tidak memiliki pion yang tersisa, setidaknya kamu memiliki benteng agar masih tetap bisa melakukan skak. Namun, jika bidak yang tersisa hanya raja dan dua buah kuda, maka kamu tidak mungkin bisa melakukan skak.

Sementara itu, jika bidak yang tersisa di akhir permainan hanya benteng dan kuda atau benteng dan menteri, permainan biasanya akan berakhir dengan seri. Ini berbeda dengan akhir permainan yang menggunakan ratu. Biasanya, pemain tetap dapat mendominasi asalkan ia berhasil membuat bidak ratu berada di tengah papan.

Baca juga: Pilihan Cara Menghapus Akun Google Play Store dan Play Game, Mudah dan Cepat

Mainkan Game Speed Chess Tiap Hari dan Raih Berlian Kemenangan Sebanyak-banyaknya

Main chess online di MPL tak hanya melatih kepintaran dengan adu strategi, tetapi juga menyediakan hadiah berupa Berlian Kemenangan bagi para pemenang.

Setiap harinya ingin jadi juara MPL? Kenapa tidak! 

Kamu dapat mengikuti turnamen yang setiap hari diadakan oleh MPL. Tentu saja turnamen-turnamen ini untuk semua jenis games, tak terkecuali Speed Chess. Setiap harinya, kamu hanya perlu mengikuti turnamen dan raih kemenangan sebanyak-banyaknya untuk mengumpulkan berlian.

Setelah berlian terkumpul banyak dan kamu ingin menarik berlian-berlian tersebut, berikut langkah-langkahnya.

  1. Tekan ikon ewallet, lalu pilih Tarik.
  2. Masukkan banyaknya berlian yang hendak kamu tukar atau pilih voucher penarikan berlian yang tersedia.
  3. Lakukan konfirmasi dengan klik Tarik.
  4. Sebagai informasi, untuk satu Berlian Kemenangan akan setara dengan Rp 200,-. Saat melakukan penarikan, nantinya kamu juga akan dikenai pajak penarikan sebesar 2%.

Selain dengan mengikuti turnamen dan memenangkan setiap pertandingan, kamu juga dapat mengajak teman untuk ikut memainkan MPL agar pundi-pundi Berlian Kemenangan bertambah. Jangan lupa untuk menyertakan kode referral milikmu dan Berlian Kemenangan akan kamu dapatkan setelah proses pendaftaran mereka berhasil.

Baca juga: Ajak Pengguna Berinvestasi Emas Secara Rutin, IndoGold Hadirkan Auto Debet dengan GoPay

Penutup

Bagi kamu yang hobi main catur, wajib banget main catur online Speed Chess. Menangkan pertandingannya dan dapatkan hadiah berupa Berlian Kemenangan yang bisa kamu tukarkan dengan saldo Gopay atau Linkaja.

Menarik Bukan? Oleh sebab itu, yuk download aplikasi MPL dan mainkan games catur online Speed Chess sekarang juga! Menangkan setiap pertandingan dan raih Berlian kemenangan sebanyak-banyaknya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.