Berita Nasional Terpercaya

Inilah 7 Cryptocurrency Buatan Indonesia untuk Investasi

0

Bernas.id – Tren investasi cryptocurrency di Indonesia semakin populer. Data yang dihimpun oleh Menteri Perdagangan menunjukkan nilai transaksi cryptocurrency di Indonesia pada pertengahan 2021 mencapai Rp370 triliun. Jumlah ini naik lima kali lipat dibanding akhir tahun lalu yang hanya berjumlah Rp65 triliun.

Pada periode yang sama, jumlah investor ataupun trader kripto di Indonesia meningkat 62,5%. Semula hanya 4 juta orang yang berinvestasi cryptocurrency hingga akhir tahun. Namun, sampai pada pertengahan 2021 sebanyak 6,5 juta orang telah berinvestasi cryptocurrency.

Selama ini jenis cryptocurrency yang terkenal seperti Bitcoin, Ethereum, Doge Coin, dan Binance Coin merupakan buatan luar negeri. Padahal ada juga cryptocurrency buatan Indonesia yang menembus pasar perdagangan cryptocurrency Indonesia dan Global. 

Baca juga: Mengenal Sarana Cryptocurrency Mining dan Jenisnya

Daftar Isi :

  1. Tokenomy (TEN)
  2. ANA Coin (ANA)
  3. BBX Coin
  4. Agri Coin (AGCMN)
  5. Toko Token (TKO)
  6. Zipmex Token (ZMT)
  7. Token XAU

 

Tokenomy (TEN)

Tokenomy (TEN)

Berasal dari gabungan kata Token dan Ekonomi, Tokenomy merepresentasikan desain token dan rangkaian aturan ekosistem ekonomi dengan klaim mudah dan aman. Tokenomy merupakan cryptocurrency yang diciptakan oleh Oscar Darmawan, penggagas perusahaan perantara perdagangan kripto bernama Indodax.

Tokenomy dikembangkan dari blockchain Ethereum berbasis ERC20. Platform Tokenomy memiliki pasar untuk mendukung perdagangan cryptocurrency bernama Tokenomy Launchpad yang memberikan transformasi lebih sederhana dari setiap penawaran menjadi token blockchain.

Sejak diluncurkan pada 15 Januari 2018 melalui Initial Coin Offering (ICO), aset kripto berkode TEN ini mencapai kapitalisasi pasar total $9.941.532 pada tahun 2021. Token yang beredar sebanyak 200.000.000 unit dengan harga per unitnya Rp712.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Cryptocurrency Trading, Strategi, Risiko, dan Cara Memulainya

ANA Coin (ANA)

ANA Coin (ANA)

ANA Coin (ANA) adalah cryptocurrency berbasis ERC-20 yang dikembangkan melalui jaringan blockchain milik Ethereum. ANA hadir berkat Rekeningku.com sebagai salah satu perantara perdagangan aset kripto di Indonesia melakukan Initial Coin Offering (ICO).

Diluncurkan pada 6 Juni 2018 dengan pasokan sebanyak 200.000.000 unit, sebanyak 40% unit koin atau setara 80 juta koin dijual ke publik. Cryptocurrency berkode ANA ini dapat memudahkan seluruh transaksi di Rekeningku.com, seperti penarikan dan pencatatan dana.

Baca juga: Ini 5 Cryptocurrency Terbaik Tahun 2021

BBX Coin

BBX Coin

BBX Coin dibangun menggunakan smart contract dengan memanfaatkan platform Ethereum. Diluncurkan dengan skema Initial Coin Offering (ICO) di platform Rekeningku.com pada 2 Juli 2018, BBX Coin dihargai Rp14.000.

Suplai BBC Coin di pasaran saat pertama kali dirilis berjumlah 19,99 juta unit. Sebanyak 20% dari jumlah tersebut atau setara 4 juta unit BBX Coin dijual ke publik sedangkan sisanya diperuntukkan bagi peserta Loyalts Points.

Baca juga: Apa Itu Non-Fungible Token (NFT)? Saatnya Kenali Crypto Unik Ini!

Agri Coin (AGCMN)

Agri Coin (AGCMN)

Sesuai namanya, Agri Coin bertujuan untuk memudahkan petani dalam mendapatkan dana pinjaman dari pemodal. Agri Coin (AGCMN) adalah aset kripto asal Indonesia dengan jaringan peer to peer dan difungsikan secara khusus untuk bisnis pertanian, mulai dari persiapan penanaman, distribusi, hingga penjualan hasil pertanian.

Cryptocurrency jenis ini diprakarsai oleh CEO dan Developer AGC Fund, Riski Yudistira yang melaksanakan Initial Coin Officer (ICO) pada November 2017. Saat ICO, sebanyak 12 juta Agri Coin diterbitkan.

Baca juga: 9 Aplikasi Cryptocurrency Resmi di Indonesia

Toko Token (TKO)

Toko Token (TKO)

Toko Token diluncurkan pada Maret 2021 oleh Tokocrypto dan menjadi cryptocurrency pertama asal Indonesia yang memiliki model token hybrid yang unik berupa utilitas CeFi dan DeFi. Utilitas CeFi memungkinkan TKO dimanfaatkan dalam program tabungan, seperti TKO Deposit. Sementara itu, utilitas DeFi memungkinkan TKO untuk dipakai pada lending dan farming pools.

Berada dalam jaringan BEP-20 yang merupakan standar penerbitan token pada Binance Smart Chain, TKO memiliki kapasitas transaksi berkecepatan tinggi dengan biaya rendah. TKO berkomitmen mengembangkan utilitas terbaru sehingga muncullah layanan staking dan saving. Layanan ini memberikan bunga yang dihitung berdasarkan durasi penyimpanan token kepada investor yang menyimpan tokennya.

Laman CoinMarketCap.com menunjukkan bahwa TKO berada di posisi 243 dengan kapitalisasi pasar sejumlah 233 juta dolar Amerika. Harga TKO sempat mencapai ATH (all time high) pada 3 Mei 2021 di angka 4,8 dolar Amerika per token TKO. Peredaran TKO sebanyak 500.000.000 selain dapat diinvestasikan juga dapat diperdagangkan dengan cryptocurrency lainnya, meliputi USDT, BGC, BUSD, dan BIDR.

Baca juga: Menilik Cryptocurrency Rank, Bitcoin Rajai Peringkat

Zipmex Token (ZMT)

Zipmex Token (ZMT)

Semula Zipmex Token diciptakan untuk meningkatkan, mempromosikan platform Zipmex, serta memberikan imbalan kepada pengguna Zipmex. Namun Zipmex Token semakin berkembang sehingga memfasilitasi para pemiliknya untuk melakukan staking dengan imbalan berupa Zip Up. Imbalan tersebut dapat meningkatkan jumlah cashback saat menggunakan Zip Pay.

Zipmex Token (ZMT) adalah token berbasis ERC-20 yang menawarkan beragam keuntungan dan kegunaan. Salah satunya prosentase bunga yang lebih besar. Sementara itu, Zipmex merupakan perantara perdagangan aset kripto yang secara legal beroperasi di Thailand, Singapura, dan Indonesia.

Beroperasi dengan jaringan ERC-20 milik Ethereum Blockchain, Zimex Token dapat menunjang realisasi berbagai produk dan layanan inovatif lainnya. Kapitalisasi pasar Zipmex Token kini mencapai lebih dari 166 juta dolar Amerika dan diperkirakan akan terus bertambah.

Baca juga: Nilai Crypto Anjlok, Inikah Faktor-faktor Penyebabnya?

Token XAU

Token XAU

Token XAU merupakan aset kripto asal Indonesia yang dikeluarkan oleh Xaurius. Menjadikan emas Antam sebagai aset dasarnya, masuk akal jika Token XAU mengusung konsep stable coin. Artinya, nilai Token XAU terkait erat dengan nilai emas Antam sebagai aset nyatanya. 1 XAU setara dengan 1 gram emas Antam.

Selaku direktur Xaurius, Nicco D Lawrence menuturkan bahwa penciptaan Token XAU dilatarbelakangi oleh keinginannya mengubah industri emas dengan menciptakan infrastruktur baru berbasis blockchain. Penerbitan token ini diharapkan menjamin transaksi emas berlangsung cepat, aman, dan transparan. Semua emas XAU sudah tersertifikasi oleh Antam dan emas dalam bentuk fisiknya disimpan oleh Xaurius dalam brankas perusahaan dan diaudit oleh pihak independen rutin per tiga bulan sekali.

Baca juga: Inilah 8 Faktor yang Mempengaruhi Harga Crypto

Leave A Reply

Your email address will not be published.