Berita Nasional Terpercaya

Mengenal Cryptokitties, Game Penghasil Uang

0

Bernas.id – Kemajuan teknologi menghadirkan cara baru menghasilkan uang. Pada masa silam, manusia hanya mengenal barter. Kemudian, muncul jual beli menggunakan uang sebagai ganti barter. Selanjutnya, sekitar satu dekade yang lalu lahir mata uang digital atau cryptocurrency. Perkembangan cryptocurrency terbilang pesat. Ribuan jenis cryptocurrency sudah beredar di dunia, jutaan orang terlibat di dalamnya, dan triliunan kapitalisasi pasar berhasil diraih. Dari jaringan cryptocurrency ini lalu muncul cryptokitties, sebuah game digital penghasil kripto.

Baca juga: Cryptocurrency Halal atau Haram? Begini Penjelasan Lengkapnya

 

Daftar Isi :

  1. Pengertian dan Konten Cryptokitties
  2. Linimasa Pertumbuhan Cryptokitties
  3. Aplikasi Cryptokitties dan Cara Registrasinya
  4. Fitur Menarik Aplikasi Cryptokitties

 

 

Apa Itu Konten Cryptokitties?

Pengertian dan Konten Cryptokitties

Cryptokitties adalah game yang dimainkan secara online dan menjadi salah satu produk DApp sehingga pemain dalam game ini dapat mengembangbiakkan kucing virtual. Game ini dikembangkan menggunakan blockchain Ethereum dengan mata uang kriptonya bernama Ether. Dirilis pada tahun 2017 silam, cryptokitties ternyata dirancang oleh developer kenamaan Axio Zem Zen. Seluruh pemain dalam game ini harus menghimpun kucing yang statusnya Non Fungible Token (NFT). Oleh karena itu, setiap kucing di cryptokitties hanya ada satu, tidak bisa digunakan, dan tidak bisa dicuri kepemilikannya.

Daya tarik cryptokitties terletak pada teknik permainan pengembangbiakkan kucing. Tentunya pemain harus memiliki Sire, kucing jantan dan Dame, kucing betina. Saat terjadi perkawinan antara dua kucing, maka anak kucing yang dilahirkan memiliki karakter yang unik dari penampilan, karakteristik, dan biografinya. Karakter unik yang melekat pada anak kucing hasil perkawinan Sire dan Dame dipengaruhi oleh genom 25-bit milik induknya.Setiap perkawinan kucing diperkirakan mampu menghasilkan lebih dari 4 miliar variasi genetik.

Baca juga: Inilah 7 Cryptocurrency Buatan Indonesia untuk Investasi

Linimasa Pertumbuhan Cryptokitties

Linimasa Pertumbuhan Cryptokitties

Karakteristik setiap kucing tidak bisa diduplikasi atau ditiru sehingga nilai setiap kucing tergantung pada karakteristiknya dan nilainya dapat berubah. Kucing tua dan kucing dengan genetik langka dihargai sangat mahal. Pemain game ini dapat meraup pundi-pundi keuntungan dengan cara mengawinkan kucing yang dimiliki. Berhubung cryptokitties menggunakan sistem NFT, maka cryptokitties dapat diekspor ke seluruh game atau aplikasi lain pengguna NFT. Kegiatan ekspor memungkinkan pemain menemukan kegunaan baru dari cryptokitties.

Pada Desember 2017, seekor kucing virtual dihargai dengan harga kisaran €3,50 – €100.000. Capaian penjualannya pun menyentuh angka 3 juta dolar Amerika pada 4 Desember 2017 lalu pada 8 Desember 2017 penjualannya melonjak hingga 7 juta euro. Transaksi cryptokitties pada Minggu pertama perilisannya menyumbang sekitar 11% dari seluruh transaksi di jaringan blockchain Ethereum. Kemudian, akhir Desember 2017 pengguna cryptokitties mencapai 180.000 pemain dan setiap pemain membayar sekitar 20 juta dolar Amerika untuk bermain.

Tahun 2018, cryptokitties berhasil menggaet 1,5 juta pengguna. Pertumbuhan ini menarik minat investor untuk mengucurkan dana. Sebanyak 12 juta dolar Amerika didapatkan oleh cryptokitties pada 21 Maret 2018 dalam pendanaan modal ventura. Selain itu, sebuah cryptokitties pernah dilelang seharga 140.000 dolar Amerika pada 12 Mei 2018. Menjelang akhir tahun 2018, tepatnya pada 1 November 2018, cryptokitties mendapat kucuran dana investasi dari Samsung, Alphabet's GV, dan Venrock sebesar 15 juta dolar Amerika.

Pertumbuhan cryptokitties semakin terlihat pada tahun 2019. Lebih dari 2 juta transaksi on chain tercatat di cryptokitties. Jumlah ini lebih banyak dari pengguna DApp lainnya sehingga menobatkan cryptokitties sebagai salah satu smart contract di Ethereum yang paling banyak digunakan. Pertengahan tahun 2020 volume perdagangan cryptokitties mencapai 37 juta dolar Amerika.

Baca juga: Inilah 8 Faktor yang Mempengaruhi Harga Crypto

Aplikasi Cryptokitties dan Cara Registrasinya

Aplikasi Cryptokitties dan Cara Registrasinya

Setiap kucing di cryptokitties mewakili token di blockchain sehingga pengembangbiakan kucing memperbesar peluang perolehan koin Ether. Permainan yang ada di cryptokitties dapat diakses pada website resmi cryptokitties dan aplikasi cryptokitties. Aplikasi cryptokitties dikembangkan oleh Axiom Zen dengan versi terbarunya 9.9 berukuran 3 MB. Pengguna Android 4.4 atau versi lebih tinggi dapat langsung mengunduhnya dan mendaftar sebagai pemain cryptokitties.

Cara registrasi cryptokitties:

  1. Buka aplikasi cryptokitties atau akses website resminya melalui http://www.cryptokitties.co/
  2. Setelah berhasil masuk, klik “start” yang tertera di pojok kanan atas
  3. Saat laman “create account” muncul, masukkan email aktif dan nick name untuk game.
  4. Klik “continue” lalu klik “masuk” pada jendela pop up “meta mask”. Meta mask adala dompet elektronik yang digunakan dalam transaksi cryptokitties
  5. Ketika halaman sudah beralih ke akun cryptokitties maka registrasi akun sudah berhasil

Baca juga: Nilai Crypto Anjlok, Apakah Ini Faktor Penyebabnya?

Fitur Menarik Aplikasi Cryptokitties

Fitur Menarik Aplikasi Cryptokitties

Fitur jual beli kucing virtual

Sekilas fitur jual beli tampak biasa saja. Namun, pandangan ini akan berubah seketika saat mengetahui harga dari jual beli yang sedang berlangsung. Kucing virtual jenis MegaFlowtorn kode Kitty 303 0 dijual dengan harga 250 ETH. Padahal 1 ETH senilai Rp64 juta. Fitur jual beli kucing virtual tentu bukan fitur yang biasa saja.

Fitur perkembangbiakan kucing virtual

Pengembangbiakan kucing dapat dilakukan jika memiliki Dame (kucing betina). Namun, bagi pemilik Sire (kucing jantan) tidak perlu khawatir karena dapat menggunakan jasa Siring untuk proses pengembangbiakannya.

Fitur Mini Games

Tak hanya beternak kucing virtual. Cryptokitties memiliki berbagai mini games seru pada menu “kittyverse”. Mini game ini dapat dimainkan sendiri atau tim. Hampir sama dengan game online multiplayer, mini games pada cryptokitties dapat dimainkan dengan melawan pemain lain. Selain itu, mini games ini menghadirkan banyak reward menarik untuk pemainnya.

Cryptokitties dikembangkan melalui jaringan yang berbasis Ethereum sehingga menjanjikan dan aman digunakan. Selain itu, transaksi dapat dilakukan dengan mudah, apalagi cryptokitties menyediakan ribuan pilihan aset NFT. Namun, pemain cryptokitties tetap harus berhati-hati karena harga aset NFT di cryptokitties dapat turun hanya dalam 24 jam.

Baca juga: Cryptocurrency Rank, Bitcoin Sampai Kini Rajai Peringkat

Leave A Reply

Your email address will not be published.