Berita Nasional Terpercaya

Inilah Tips dan Contoh CV Yang Menarik Untuk Pemula

0

Apakah Anda fresh graduate sedang mencari contoh CV menarik yang bisa dipakai untuk melamar pekerjaan? Tentu ada banyak pilihan Curriculum Vitae yang bisa Anda contek dari buku, majalah ataupun media internet. Dengan mencontoh dari CV yang benar-benar menonjol dan menarik perhatian, bisa membuat perusahaan mengingat dan ingin memanggil Anda untuk melakukan wawancara. 

Buat CV Anda Atraktif Dengan Contoh CV Yang Tepat 
Buat kesan pertama yang mengesankan dengan memperhatikan CV dan persyaratan lainnya. Perusahaan akan menerima banyak CV tiap harinya, karena yang berminat dengan loker bukan hanya Anda saja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat CV untuk lamaran, khususnya bagi Anda yang belum berpengalaman mencari kerja. Oleh karena itu perhatikan tips dan contoh CV menarik yang bisa membuat lamaran Anda menonjol dari lamaran lainnya. 

1. Detail Personal dan Informasi Kontak
Walau Anda belum memiliki pengalaman kerja, bukan berarti tidak bisa membuat CV yang menarik. Tuliskan dengan jelas detail pribadi serta nomor kontak yang bisa dihubungi. Cantumkan beberapa data pribadi seperti nama, alamat, tanggal lahir, serta email yang masih aktif. S

Merupakan suatu hal plus bila menyertakan akun sosmed untuk diperiksa perusahaan dan mengenal Anda lebih baik. Fokuskan untuk data yang menunjang pribadi Anda secara profesional seperti LinkedIn dan lain sebagainya. 

2. Ringkasan
Anda bisa membuat CV dengan mencari contoh CV dan menyesuaikan dengan diri Anda sendiri. kendala fresh graduate yang belum pernah bekerja sebelumnya adalah pengalaman. Anda bingung harus menulis pengalaman dan akhirnya bingung dengan apa mengisingan. 

Buat saja ringkasan perjalanan hidupmu pada awal CV dan kaitkan dengan kemampuan Anda berkaitan dengan posisi yang diincar. Bagian ini dibuat singkat dan padat sehingga tidak perlu lama dibaca. 

3. Prestasi 
Pencapaian sebagai fresh graduate tanpa pengalaman bisa disebutkan dalam CV Anda. Ingatlah kalau melamar kerja memerlukan rasa percaya diri dan juga menonjolkan kelebihan Anda. Sebutkan beasiswa, pertukaran pelajar, penghargaan dan berbagai prestasi lainnya yang membanggakan.  

Perusahaan yang Anda lamar perlu melihat potensi Anda sebagai bagian dari group. Karena, walau pengalaman tidak ada, terdapat banyak kemampuan yang bisa menguntungkan bagi perusahaan. 

4. Kualifikasi dan Pendidikan
Karena bagian pengalaman kerja akan kosong, Anda bisa memikirkan cara agar tampilan CV tetap memukau. Tekankan pada data lain yang bisa membuat surat lamaran Anda sulit untuk dilupakan. Pendidikan, kemampuan berbahasa, atau kemampuan penunjang lainnya bisa dicantumkan kalau sekiranya akan memberikan kesan yang “menjual” dari CV Anda. 

5. Pengalaman Kerja 
Tulislah secara spesifik apa saja pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar. Pengalaman magang, berorganisasi, pelatihan dan lain sebagainya bisa dicantumkan untuk menggantikan pengalaman kerja Anda yang masih kosong. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengisi waktu luang dengan aktivitas bermanfaat yang bisa dicantumkan pada CV Anda nantinya. 

6. Isi Singkat dan Padat 
CV menarik tidak perlu ditulis berlembar-lembar sehingga tidak menggugah untuk membacanya. Jaga kalimat yang Anda gunakan yang singkat tapi langsung pada intinya. Dengan demikian orang yang membaca bisa memahami isi CV Anda tanpa harus membacanya berulang-ulang. 

Belajarlah untuk membuat kalimat yang lengkap dan efektif. CV yang bertele-tele akan mengurangi minat orang untuk membacanya. Jadi, jangan penuhi CV dengan pemborosan kalimat yang justru membuat CV Anda terkesan kekanak-kanakan dan tidak profesional. 

7. Tampilan Yang Menarik 
Kini ada banyak aplikasi atau situs yang menyediakan contoh cv yang bisa Anda contek. Pastikan font yang dipilih mudah untuk dibaca dan juga tidak terlalu rumit. Perhatikan juga warna dan komposisi CV Anda. Perhatikan detail yang berkaitan dengan data pelamar kerja yang tidak hanya berupa tulisan dan pointer saja. 

Lamaran dan resume kini jadi semakin canggih, jadi Anda pun harus mengikuti tren penulisan CV yang sedang populer. Dengan mengetahui poin apa saja yang harus dicantumkan, tentu Anda tidak akan merepotkan. Mintalah pendapat orang lain untuk mendapatkan umpan balik kalau CV Anda sudah layak untuk dikirim atau tidak. 

Contoh CV Menarik bagi Fresh Graduate Tanpa Pengalaman
CV pemula yang tanpa pengalaman, bukan berarti tidak bisa menonjolkan kemampuan diri, selain dari pengalaman kerja. Anda tetap bisa membuat CV lebih menarik dengan penjabaran yang tepat. Perhatikan tiap poinnya dan pastikan bagian tersebut terdapat dalam CV yang Anda buat. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh CV yang bisa Anda gunakan.  

Anda dapat membuat CV menarik dengan memperhatikan apa saja yang harus dicantumkan dan yang tidak. Dengan demikian Anda bisa menunjukkan kesan terbaik. Cek di situs ini untuk berbagai contoh CL lainnya yang dapat menginspirasi Anda dalam membuat CV, khususnya bagi mereka yang baru lulus kuliah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.