Berita Nasional Terpercaya

10 Musik Kpop Terbaik di Tahun 2021

0

Bernas.id – Berbicara tentang Kpop, banyak sekali musik asal Korea Selatan yang disukai seluruh penjuru dunia. Yah, merebaknya Hallyu tak hanya membuat drama Korea menjadi populer. Bahkan, musik-musik Kpop pun juga digemari banyak orang.

Di tahun 2021 ini, musik Kpop semakin beragam dan mulai mencampurkan berbagai genre musik. Selain itu, sebagian besar musik Kpop selalu menampilkan unsur budaya Korea. Karena keunikan tersebut, musik kpop selalu berhasil merebut hati banyak orang.

Sebagian besar musik Kpop memang memiliki irama yang easy listening dan mudah menempel di otak manusia ketika mendengarnya. Maka tak heran jika banyak orang yang menyukainya.

Dari segi artis, banyak penyanyi asal Korea Selatan yang meraih popularitas dengan bergabung sebagai grup Kpop. Namun, tak sedikit pula idol kpop yang memberanikan diri debut sebagai solo karir dengan merilis single. Selain berhasil meraih banyak penonton dan pendengar hanya dalam waktu singkat usai dirilis, banyak musik Kpop yang berhasil meraih penghargaan kelas dunia.

Musik Kpop Populer di tahun 2021

Seniman Korea Selatan terus bereksperimen melalui musik dengan mengkombinasikan berbagai genre dengan memasukkan elemen global mulai dari Latin dan R&B hingga rock dan electropop. Nah, berikut musik Kpop paling populer di tahun 2021:

1. Lalisa by Lisa Black Pink

Lisa Blackpink keluar dari zona nyaman dengan memulai debut sebagai artis solo melalui single berjudul Lalisa. nama single tersebut diambil dari nama depannya.

Sejak pertama kali dirilis, Lalisa telah meraih 383 juta penonton di Youtube. Dengan genre musik Hip Hop, Lisa Blackpink berhasil menggaet hati banyak orang lewat single tersebut.

Lagu Lalisa diproduseri oleh Teddy Park. Penulis lagu asal Amerika Serikat, Bekuh Boom, juga terlibat dalam pembuatan musik tersebut dengan menulis lirik rap. Selain liriknya yang memukau, video musik Lisa Blackpink juga memperlihatkan kemampuan menarinya yang tak perlu diragukan lagi lewat single tersebut.

Lisa Blackpink juga terlibat secara aktif dalam seluruh proses pembuatan album, mulai dari koreografi dalam chorus 'Lalisa' hingga warna album. Video musik Lalisa juga menampilkan 13 pakaian dari berbagai desainer. Video musik tersebut juga menampilkan 10 set di lokasi berbeda. Dalam video musik tersebut, Lisa juga ia mengenakan pakaian tradisional Thailand dan menggabungkan gerakan tarian tradisional Thailand. Hal ini bertujuan sebagai [persembahan terbaik dirinya untuk negara asalnya. Pakaian tersebut dibuat khusus oleh Asava Group dengan elemen pakaian tradisional Thailand seperti penutup dada (sa-bai), bungkus sarung (zin) dan lipit depan.

Lisa Blackpink juga masuk dalam kategori member girl grup Kpop paling populer di tahun 2021. Informasi lengkap mengenai member girl grup Kpop populer di tahun 2021 bisa Anda saksikan dalam artikel berjudul 10 Member Girl Grup Kpop Paling Terkenal di Tahun 2021, Ada Lisa Blackpink.

2. Butter by BTS

Butter adalah lagu berbahasa Inggris kedua dari BTS. Lagu dari boyband K-pop BTS ini berhasil mendominasi stasiun radio secara global, termasuk UEA, dan platform media sosial. Sejak pertama kali diunggah, Butter yang dibawakan oleh BTS ini berhasil meraih 649 juta penonton di YouTube.

Lagu milik BTS ini juga berhasil menyabet berbagai prestasi seperti menduduki puncak tangga lagu kpop chart 100 dan menduduki posisi No 11 di Billboard Hot 100. Single Butter milik BTS juga  memenangkan sejumlah penghargaan seperti “Song of the Year” di Asia Artist Awards, Melon Music Awards dan Mnet Asian Music Awards.

Lirik “Butter” sebenarnya merujuk pada dua ikon pop terbesar, yaitu Michael Jackson dan Usher. Secara harfiah lagu tersebut dibuka dengan suara Jungkook yang menyanyikan lirik, “Smooth like butter / Like a criminal undercover,” yang merepresentasikan lagu hits milik Michael Jackson di tahun 1988.  Pada saat bait kedua, V menyanyikan lirik “Pull you in like no other / Don't need no Usher / To reminder me you got it bad,” yang terinspirasi oleh hit Usher tahun 2001 berjudul “U Got It Bad.”

Lagu tersebut memperlihatkan Usher jatuh cinta tak berdaya dengan gadis yang dia sukai.  Namun dalam lagu milik BTS ini, lirik tersebut menunjukan bagaimana status superstar yang mereka dapatkan membuat mereka lebih mudah untuk mendapatkan orang yang disukai. Dalam lagu “Butter,” para member grup Kpop BTS seolah menyampaikan pesan bahwa mereka sangat  menawan, sangat karismatik, dan penyayang sehingga membuat banyak orang jatuh cinta kepada mereka dan ingin menari bersama. 

3. House Party by Super Junior

Lagu House Party telah dinyanyikan oleh Super Junior hingga ke Uni Emirat Arab (Dubai) di bulan Oktober dalam acara The Palm Fountain. Sejak diunggah, musik video Hpuse Party telah berhasil menggaet lebih dari 27 juta penonton di Youtube. Dalam lagu HOuse Party, Super JUnior mencoba menggambarkan kondisi dunia di tengah pandemi.

Lagu dan musik video dari House Party sebenarnya adalah bagian dari iklan layanan masyarakat yang mendorong orang-orang di seluruh dunia untuk melakukan karantina,menerapkan physical distancing, dan memakai masker.

Lagu House Party dimainkan dengan nada yang ceria. Single ini hadir dalam album ke 10 mereka yang  berjudul The Renaissance,tepat  saat para member grup Kpop Super Junior merayakan ulang tahun ke-15. Musik video House Party juga dibuat dengan sederhana, yaitu hanya dengan sedikit set dan perubahan kostum. Dalam video musik tersebut, Super Junior mencoba fokus pada energi dan kepribadian mereka sendiri untuk menghidupkan single tersebut.

Selain musik Kpop, di tahun 2021 ini banyak idol Kpop yang melakukan comeback. Informasi grup kpop yang comeback di tahun 2021 bisa Anda saksikan dalam artikel berikut 5 Idol Kpop yang Comeback dan Debut di Bulan November 2021.

4. Don’t Call Me by SHinee

Lagu Don’t Call Me milih SHinee dirilis pada 22 Februari 2021. Seperti beberapa karya SHINee sebelumnya, video musik “Don’t Call Me” memiliki konsep retro namun dengan sentuhan futuristik. Lagu tersebut berhasil menggaet 58 juta penonton di YouTube dan mencapai No 1 di Tangga Album Gaon Korea Selatan.

Don’t Call Me adalah album yang menandai Comeback grup Kpop tersebut setelah tiga tahun hiatus. Seperti yang kita tahu, SHinee terpaksa hiatus karena beberapa grup membernya harus melakukan wajib militer. Dengan dirilisnya Don’t Call Me ini, SHinee seolah menunjukan bahwa grup Kpop tersebut masih eksis dan masih diterima dengan baik dalam industri hiburan dunia.

Lagu bergenre Hip Hop tersebut akan membuat setiap orang ingin berdansa saat mendengarnya. Lagu Don’t Call Me dicipakan oleh komposesn handa dari SM Entertainment, yaitu Kenzie. Hampir semua lagu yang dinyanyikan oleh artis SM Entertainment adalah ciptakan Kenzie. Konsep visual dalam lagu Don’t Call Me memiliki nuansa gelap karena ingin menunjukan sisi lain dari grup Kpop SHinee.

Shinee (SUmber: Youtube)

5. Coldblooded by Jessi

“Cold Blooded” adalah single kedua belas ,milik Jessi. Lagu tersebut dirilis pada 12 Oktober 2021. Musik video Cold Blooded adalah hasil kolaborasi dengan para pemenang kompetisi dance reality Mnet Street Woman Fighter. Musik video lagu tersebut menampilkan para dancer yang sedang berkompetisi dalam ajang Street Woman Fighter. Dalam viceo musik tersebut, para dancer menampilkan koreografi yang mereka buat sebagai tantangan pada episode 5 Oktober dari serial tersebut.

Jessi adalah artis pertama yang menandatangani kontrak dengan P Nation, dan merilis lagu pertamanya di bawah label yang disebut 'Who Dat B' pada September 2019. Jessi adalah rapper dan penyanyi Korea-Amerika yang saat ini berada di bawah naungan label P Nation.

Dia adalah mantan anggota grup hip-hop Uptown dan Lucky J, dan grup girl dalam proyek Unnies and Refund Sisters. Dia mulai debut sebagai artis solo pada tanggal 1 Desember 2005 dengan album single “Get Up”, dengan nama Jessica H.O.

Di tahun 2021, ada beberapa member girl grup Kpop yang berhasil meraih popularitas tinggi. Informasi lengkap member girl grup Kpop yang populer di tahun 2021 bisa Anda saksikan dalam artikel berjudul 10 Member Girl Grup Kpop Paling Terkenal di Tahun 2021, Ada Lisa Blackpink.

6. Rollin by Brave Girl

“Rollin',” yang pertama kali dirilis pada Maret 2017, menjadi viral setelah seorang YouTuber membagikan video yang diedit dari penampilan Brave Girls saat membawakan lagu tersebut. Berkat hal tersebut, Rollin menduduki posisi pertama di chart real time Bugs pada ! Maret 2021. Lagu tersebut juga menduduki posisi nomor 3 dalam chart real time Genie, No. 29 di chart realtime FLO, dan No. 90 di 24 Hits Melon.

“Rollin'” adalah lagu up-tempo yang menggunakan genre EDM. Lagu terhebat menampilkan vokal yang menyegarkan dari para anggota serta perpaduan suara yang membuat telinga kita ketagihan saat mendengarnya.

Brave Girls adalah grup Kpop wanita yang terdiri dari empat anggota. Meningkatnya popularitas lagu Rollin ini benar-benar mencengangkan. Ketika pertama dirilis, lagu tersebut justru sepi peminat. Lagu Rolling  yang awalnya dirilis pada tahun 2017, tiba-tiba mendapatkan popularitas berkat YouTube. Sebuah video kompilasi dari grup yang membawakan lagu tersebut untuk militer Korea Selatan menjadi viral. Hal ini menyebabkan lagu tersebut menjadi populer dan menduduki posisi utama dalam berbagai tangga lagu.

7. Alcohol- free by Twice

Alcohol – free adalah lagu yang menggambarkan tentang arti jatuh cinta. Lagu tersebut memiliki unsur bossa nova dan hip-hop, memuncak di No 41 di Billboard Global 200 di selama delapan minggu berturut-turut. Lagu ini juga mencapai posisi  No 6 di Gaon Digital Chart dan di No 7 di K-pop Hot 100. Video musik Alcohol- free berhasil menggaet lebih dari 200 juta penonton di YouTube. 

Twice adalah girlband beranggotakan sembilan orang yang beragam memulai debutnya di bawah JYP entertainment pada tahun 2015. Girl grup Kpop tersebut dibentuk dari sebuah reality show berjudul SIXTEEN, dimana enam belas trainee JYP akan bersaing untuk debut di girl grup TWICE yang beranggotakan tujuh orang. Twice debut dengan mini album The Story Begins dengan “Like Ooh-Ahh” sebagai lagu utama.

8. I am not cool by Hyuna

I'm Not Cool adalah album mini ketujuh Hyuna. Lagu yang penuh warna ini memiliki tempo yang cepat dan upbeat. I'm Not Cool telah dinominasikan untuk Album Terbaik di Asian Pop Music Awards 2021.

Penyanyi ini merilis beberapa lagu dan penampilan tahun ini. ia merilis lagu secara solo dan duet bersama kekasihnya Dawn, yang berada di bawah label yang sama, P Nation. Dia memulai debutnya sebagai anggota Wonder Girls pada tahun 2007.

Lirik lagu I am not cool menceritakan kegelisahan hati Hyuna yang harus berusaha tampil sempurna agar tidak mengecewakan banyak orang yang telah mendukung karirnya. Namun, disisi lain ia merasa tak mampu untuk selalu tampil sempurna. Hal itulah yang membuat merasa dirinya tidak keren, seperti judul lagu tersebut.

9. Bicycle by Chungha

Bicycle adalah lagu yang menceritakan semangat seseorang untuk terus bergerak maju. Lagu ini merupakan perpaduan dari musik R&B, trap, dan dance-pop, yang sangat cocok untuk mereka yang perlu  semangat dalam menjalani aktivitas. Video musik Bicycle berhasil meraih lebih dari 38 juta penonton di YouTube dan memulai debutnya di chart Penjualan Lagu Digital Dunia Billboard di No 11.

Chungha adalah adalah penyanyi solo asal Korea Selatan, yang menjadi terkenal setelah menduduki  peringkat 4 di acara survival Produce 101 dan menjadi bagian dari girl grup I.O.I. Dia secara resmi memulai debutnya sebagai artis solo pada 7 Juni 2017, dibawah MNH Entertainment.

10. Next Level by Aespa

Aespa adalah salah satu grup Kpop yang baru debut namun berhasil mendapatkan popularitas tinggi dengan cepat dalam industri Kpop dunia. Salah satu popularitas mereka berasal dari lagu berjudul Next Level yang menampilkan gerakan tarian dan lirik lagu yang memikat. Aespa juga berhasil memenangkan Best Dance Performance di Mnet Asian Music Awards tahun ini, dan masuk dalam nominasi TikTok Song of The Year. Spotify juga menobatkan lagu Next Level sebagai lagu K-pop terbaik tahun 2021.

Lirik lagu Next Level menceritakan perjalanan ke luar angkasa untuk mencari Black Mamba/ Black Mamba diceritakan sebagai makhluk yang ingin membuat kekacauan di dunia. Single ini merupakan lanjutan dari lagu Black Mamba yang telah rilis sebelumnya.

Itulah 10 musik Kpop paling populer di tahun 2021. Sebagian besar musik Kpop yang populer di tahun 2021 berasal dari agensi Kpop terbesar di Korea Selatan. Seperti yang kita tahu, ada 10 agensi Kpop terbesar di Korea Selatan, seperti YG Entertainment, SM Entertainment, HYBE Entertainment, Stone Music Entertainment, dan JYP Entertainment. Informasi lengkap mengenai agensi Kpop terbesar di Korea Selatan juga bisa Anda akses dalam artikel berjudul 5 Agensi Kpop Terbesar di Korea Selatan.

Menjadi idol Kpop memang impian banyak orang, apalagi saat ini agensi Kpop di Korea Selatan mulai membuka peluang untuk merekrut idol dari luar Korea. Bahkan, ada beberapa idol grup Kpop yang berasal dari Indonesia. Informasi mengenai idol grup Kpop asal Indonesia bisa Anda saksikan dalam artikel berjudul 4 Idol Kpop Asal Indonesia, Bukan Cuma Dita Karang.

Namun, menjadi idol Kpop tentu tidak mudah. Anda perlu mahir dalam bernyanyi dan menari. Selain itu, banyak idol Kpop yang harus menjalani masa trainee hingga bertahun-tahun hanya untuk mendapat kesempatan debut. Anda juga perlu menjaga penampilan dan karakter pribadi. Jika Anda ingin menjadi idol Kpop, Anda bisa saksikan tipsnya dalam artikel berjudul10 Tips Menjadi Idol Kpop, Bikin Kalian Banyak Penggemar.

Berbicara tentang popularitas Kpop memang sangat menarik. Sebab, kpop tidak memperoleh popularitasnya dalam sekejap. Ada sejarah panjang yang mewarnai perjalanan Kpop hingga menjadi favorit di segala penjuru dunia. Jika Anda ingin mengetahui perjalanan Kpop, Anda bisa membaca artikel berjudul Sejarah K-Pop Hingga Mendunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.