Berita Nasional Terpercaya

Inilah 9 Aplikasi Cryptocurrency Indonesia Resmi

0

Bernas.id – Pamor cryptocurrency semakin menanjak seiring kemajuan teknologi. Terlebih lagi investasi dan trading kripto dapat dilakukan dengan mudah berkat keberadaan platform atau aplikasi sebagai fasilitator.

Aplikasi cryptocurrency adalah salah satu platform yang dikembangkan untuk memberikan kemudahan bagi para investor dan trader dalam transaksi kripto. Keberadaan aplikasi cryptocurrency mempersingkat proses transaksi karena tidak perlu menggunakan jasa broker.

Investor atau trader harus mewaspadai volatilitas aset kripto yang tinggi meski keuntungannya pada masa depan pun tinggi. Keuntungan tersebut dapat diperoleh melalui aplikasi cryptocurrency yang legal.

Legalitas aplikasi cryptocurrency di Indonesia berada dalam pengawasan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Seluruh aplikasi cryptocurrency dapat diunduh melalui Playstore atau AppStore. Daftar aplikasi cryptocurrency resmi diantaranya:

Daftar Isi :

  1. Indodax
  2. Rekeningku
  3. Zipmex
  4. TokoCrypto
  5. Luno
  6. Pintu
  7. Pluang
  8. Upbit
  9. Bitocto

Baca juga: Apa Itu Non-Fungible Token (NFT)? Kenali Crypto Unik Ini!

Indodax

Indodax

Indodax didirikan pada 15 Februari 2014 dengan nama Bitcoin Indonesia. Lalu pada tahun 2018, barulah resmi berganti nama menjadi Indodax (Indonesia Digital Asset Exchange). Namun, pada tahun 2020 kepanjangan Indodax berubah menjadi Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange. Pada tahun 2020 pula Indodax masuk ke dalam daftar resmi pedagang fisik aset kripto yang dirilis Bappebti.

Popularitas Indodax di Indonesia tampak dari jumlah penggunanya yang mencapai lebih dari 1,6 juta pengguna. Platform ini didukung oleh customer service yang tersedia 24 jam dalam 7 hari sehingga pengguna merasa aman dan nyaman menggunakannya.

Selain aman, Indodax juga menyediakan fitur user interface yang memberikan kemudahan bertransaksi. Ada pula fitur stop loss dan analisa chat yang bermanfaat bagi para pengguna.

Rekeningku

Rekeningku

Rekeningku merupakan aplikasi yang memfasilitasi jual beli aset kripto di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2018, Rekeningku sudah mengantongi izin dari Bappebti dan Kominfo sebagai pedagang fisik aset kripto di Indonesia.

Lebih dari 40 aset kripto diperdagangkan melalui Rekeningku sehingga volume transaksi per bulan melampaui Rp1 triliun. Di samping itu, sistem one stop service yang diterapkan oleh Rekeningku semakin menarik minat investor dan trader untuk menggunakan aplikasi ini.

Rekeningku merupakan aplikasi yang memfasilitasi jual beli aset kripto di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2018, Rekeningku sudah mengantongi izin dari Bappebti dan Kominfo sebagai pedagang fisik aset kripto di Indonesia.

Lebih dari 40 aset kripto diperdagangkan melalui Rekeningku sehingga volume transaksi per bulan melampaui Rp1 triliun. Di samping itu, sistem one stop service yang diterapkan oleh Rekeningku semakin menarik minat investor dan trader untuk menggunakan aplikasi ini.

Baca juga: 13 Jenis Mata Uang Crypto dan Cara Aman Investasi Cryptocurrency

Zipmex

Zipmex

Zipmex didirikan di Singapura pada tahun 2018 untuk menyediakan layanan perdagangan aset kripto melalui aplikasi. Kini Zipmex beroperasi di Singapura, Thailand, Indonesia, dan Australia berdasarkan regulasi yang ada di setiap negara.

Izin operasi Zipmex di Indonesia sudah terdaftar di Bappebti dan Kominfo dengan nama PT Zipmex Exchange Indonesia. Oleh karena itu, aplikasi ini dijamin aman. Aset pengguna pun diproteksi secara aman di dalam penyimpanan BitGo yang menyediakan asuransi mencapai 100 juta dolar Amerika.

Algoritma otomatis yang dimiliki Zipmex mampu memberikan informasi terkait nilai terbaik sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan harga jual maupun harga beli aset kripto. Selain itu, Zipmex memiliki web browser untuk meningkatkan keamanan akses pengguna aplikasi dalam memeriksa informasi terkait aset kripto.

TokoCrypto

TokoCrypto

TokoCrypto dirilis perdana pada 2017 oleh penggiat kripto di Indonesia. Namun, publikasi resminya baru dilakukan pada 15 September 2018. Resmi terdaftar di Bappebti pada 2019 menobatkan TokoCrypto sebagai platform perdagangan aset kripto pertama yang legal di Indonesia.

Aplikasi TokoCrypto menyediakan fitur lengkap untuk mendukung transaksi aset kripto, seperti fitur one cancels the other. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk meletakkan dua order secara bersamaan. Selanjutnya, order yang lebih dulu terpenuhi otomatis membatalkan order lainnya.

Baca juga: Apa Itu Non-Fungible Token (NFT)? Kenali Crypto Unik Ini!

Luno

Luno

Luno merupakan perusahaan Bitcoin yang didirikan pada 2013 dan berpusat di Singapura. Di Indonesia, Luno mulai beroperasi pada 2015 awal dengan menyediakan fitur penyimpanan Bitcoin serta perdagangan Bitcoin menggunakan rupiah.

Eksistensi Luno terkenal di kalangan investor dan trader kripto pemula. Hal ini didukung oleh tampilan aplikasi yang menarik, fitur aplikasi, serta penentuan batas minimal deposit yang ringan sejumlah Rp50.000.

Pintu

Pintu

Aplikasi Pintu disebut sebagai platform terbaik bagi pemula untuk memulai perdagangan aset kripto. Pintu diterbitkan oleh PT Pintu Kemana Saja pada 2020 dan aksesnya dapat dilakukan melalui smartphone maupin desktop.

Minimal deposit yang ditetapkan oleh Pintu sebesar Rp50 ribu. Sementara itu, transaksi kripto melalui aplikasi ini dapat dimulai dari harga Rp22 ribu. Jumlah ini memungkinkan investor dengan modal kecil dapat mengikuti perdagangan cryptocurrency.

Modal kecil tak lantas menjadikan Pintu abai terhadap keamanan aplikasi. Aplikasi Pintu dilindungi oleh keamanan berlapis, seperti Fingerprint, Pin, 2FA Verification, MPC dan Pin. Selain itu, tersedia juga fitur untuk memudahkan pengguna untuk mentransfer sejumlah uang ke dompet kripto.

Baca juga: Inilah 5 Cryptocurrency Terbaik Tahun 2021

Pluang

Pluang

Mengemban misi menjangkau seluruh lapisan masyarakat, Pluang berkomitmen untuk memberikan kemudahan akses investasi untuk setiap individu. Selain kripto, Pluang juga menyediakan fitur aplikasi penyimpanan emas dan investasi Reksadana dengan modal minimal Rp10 ribu.

Eksistensi Pluang di Indonesia patut diperhitungkan. Pluang sudah diunduh lebih dari 1 juta kalk. Terdaftar dan Berada di pengawasan Bappebti, keamanan Pluang tak perlu diragukan. 

Upbit

Upbit

Dijuluki The Most Trusted Digital Assets Exchange, pengguna tak perlu cemas menggunakan aplikasi ini. Upbit didukung dengan penggunaan teknologi Blockchain internasional dalam layanan keuangannya.

Upbit secara resmi terdaftar di Bappebti  pada 2019 sebagai pedagang potensial aset fisik kripto. Selain itu, Upbit juga berada di bawah pengawasan Kemkominfo dan Komite Akreditasi Nasional.

Baca juga: Mengenal Cryptocurrency Trading, Strategi, Risiko, dan Cara Memulainya

Bitocto

Bitocto

Bitocto adalah salah satu aplikasi yang memfasilitasi pertemuan antara penjual dan pembeli aset kripto menggunakan mata uang rupiah. Transaksi perdagangan kripto melalui aplikasi Bitocto dijamin keamanannya oleh Bappebti dan sistem keamanan yang tinggi. Sistem ini menjalankan pemantauan terhadap aktivitas yang berpotensi menimbulkan kerugian.

Memilih aplikasi cryptocurrency yang tepat merupakan langkah paling penting dalam menekuni investasi dan trading cryptocurrency. Status aplikasi cryptocurrency yang resmi terdaftar di lembaga negara tentunya meningkatkan keamanan kegiatan investasi dan trading. Jaminan keamanan melipatgandakan peluang memperoleh keuntungan.

Baca juga: Mengenal Sarana Cryptocurrency Mining dan Jenisnya

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.