Berita Nasional Terpercaya

Jack Grealish, Pesepak Bola Mahal Manchester City Musim Ini

The Citizens berhasil mendapatkan tanda tangan Jack Grealish dari Aston Villa dengan mahar 100 juta poundsterling atau sekitar Rp 2 triliun dengan kontrak berdurasi panjang hingga 2026.

0

BERNAS. ID-  Pemain gelandang Timnas Inggris, Jack Grealish resmi berseragam Manchester City musim ini dengan memecahkan rekor transfer pemain termahal di Liga Inggris sebesar 100 juta poundsterling.

Jack Peter Grealish, pesepakbola asal Inggris dengan akar keturunan keluarga Irlandia ini lahir pada 10 September 1995. Sebagai anak sulung dari tiga bersaudara pasangan orang tua kelas menengah, Kevin Grealish dan Karen Grealish.

Jack kecil dikenal sebagai anak yang bahagia menikmati setiap keuntungan sebagai anak sulung. Jack dibesarkan bersama satu adik laki- lakinya, Kevan Grealish dan dua saudara perempuan bernama Kiera dan Holly.

Baca juga: Riyad Mahrez, Perjalanan Winger Manchester City Asal Aljazair

Daftar Isi :

  1. Tentang Jack Grealish
  2. Mengawali Karir di Akademi Aston Villa
  3. Jadi Sosok Central Permainan Aston Villa
  4. Rekor Pemain Termahal Liga Inggris Musim ini
  5. Karir International

Tentang Jack Grealish

Nama Lengkap : Jack Peter Grealish

Tempat Lahir : Birmingham, Inggris

Tanggal Lahir : 10 September 1995

Nama Pasangan : Sasha Attwood

Kebangsaan : Inggris

Agama : Katolik

Nama Orang Tua : Kevin Grealish (Ayah) dan Karen Grealish (Ibu)

Klub Saat Ini: Manchester City

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 10  Gelandang Serang

Tinggi Badan : 181 cm

Instagram: @jackgrealish

Baca juga: Gabriel Jesus, Prestasi dan Perjalanan Karir Lengkapnya

Mengawali Karir di Akademi Aston Villa

Grealish menapaki karir sepak bola pertamanya dengan bergabung bersama akademi Aston Villa sejak berusia 6 tahun pada 2001. Dua belas tahun menempa diri di akademi, Lambat laun ia kemudian dipromosikan ke skuad utama Aston Villa pada musim kompetisi 2013/ 14.

Meski begitu, seperti lazimnya pemain yang baru diorbitkan  dari akademi, musim pertama Grealish tak banyak mendapatkan kesempatan bermain.

Hal itu ia dapatkan lantaran klub berjuluk The Villa tersebut masih memiliki gelandang kompeten macam Daniel Johnson, Marc Albrighton, hingga Leandro Bacuna.

Sampai akhirnya ia harus menerima  pilihan klub, guna menambah menit dan pengalaman main Jack Grealish muda, ia dipinjamkan ke ke klub divisi tiga kompetisi liga Inggris, Notts County.

Pada musim 2013/14  di Notts County inilah, nyaris membuat karier pesepak bola kelahiran Birmingham itu tidak jelas. Kendati demikian, meski sempat dibuang ke tim antah berantah, Jack Grealish ternyata tak menyerah dan mampu bermain apik di sana.

Semusim setelah habis masa peminjaman bersama Notts County, karir sepak bola Grealish  di skuad Aston Villa, mulai mendapat kepercayaan bermain reguler.

Baca juga: Fakta Raheem Sterling, Winger Lincah Andalan Manchester City

Jadi Sosok Central Permainan Aston Villa

Sejak saat itu bisa dikatakan, Jack merupakan pemain kesayangan dari penggemar klub yang bermarkas di  Villa Park itu. Hingga ia dipercaya mengemban ban kapten di musim 2018/ 19.

Total sejauh ini, Grealish sudah membukukan 213 penampilan di seluruh ajang bersama Aston Villa. Dari seluruh penampilan itu, ia membukukan 32 gol dan 43 assist.

Berkat catatan gemilang tersebut  Jack Grealish  pun menarik minat manajer Manchester City, Pep Guardiola untuk merekrutnya.Sebetulnya, pemain berpostur 181 cm ini sempat meneken kontrak baru bersama Aston Villa hingga 30 Juni 2025.

Namun, akhirnya manajemen Aston Villa bersedia melepas Grealish karena harga yang ditawarkan Manchester City sangat menggiurkan.

Baca juga: Bernardo Silva: Profil Dan Karir Cemerlangnya di Sepak Bola

Rekor Pemain Termahal Liga Inggris Musim ini

Akhirnya setelah bernegosiasi dengan manajemen Aston Villa bersedia merelakan sang kapten bergabung  bersama klub kaya raya milik Sultan Qatar Syekh Al Mansour, Manchester City Musim 2021/ 22.

The Citizens berhasil mendapatkan tanda tangan Jack Grealish dari Aston Villa dengan mahar 100 juta poundsterling atau sekitar Rp 2 triliun dengan kontrak berdurasi panjang hingga 2026. Debutnya bersama Manchester City terjadi saat pertandingan melawan Leicester City di ajang Community Shield 202.

Kini ia bersama Phil Foden dan kawan kawan, Grealish diharapkan mampu berkontribusi untuk merengkuh gelar premier league kedelapan Manchester City musim ini.

Paruh musim kompetisi 2021/ 22, penampilan Grealish di bawah besutan Pep Guardiola sudah membuat 23 penampilan dengan sumbangan 3 gol dan 3 assist untuk  semua kompetisi untuk The Citizen.

Baca juga: Profil Kevin De Bruyne, Sosok Playmaker Berbakat The Citizen

Karir International

Grealish sejatinya sempat membela Irlandia di skuat  muda, karena memiliki darah dari sang ayah. Ia kemudian memilih mengabdikan dirinya ke skuat Inggris di level U21 sebelum setelah mendapat izin dari FIFA.

Debutnya di Timnas Inggris ia mulai dengan penampilannya yang impresif era Roy Hodgson sebagai pelatih Inggris. Selama musim 2016/ 17, Grealish mulai memainkan sebanyak tujuh kali untuk Timnas Inggris U-21 dan bisa mencetak dua gol.

Namun setelahnya, ia sempat  lama vakum dari  pemanggilan  timnas Inggris. Penantian panjang tersebut akhirnya berbuah manis di tahun 2020, usai Grealish dipanggil Gareth Southgate ke tim senior untuk kompetisi UEFA Nations League.

Momen debutnya bersama Jordan Henderson terjadi pada tanggal 8 September 2020. Grealish masuk dari bangku cadangan sebagai  pengganti, Kalvin Phillips di pertandingan kontra Denmark di Copenhagen. Sayangnya dalam pertandingan itu Timnas Inggris hanya mampu bermain imbang dengan skor kacamata.

Yang terbaru, Jack Grealish  bersama Marcus Rashford dan pemain timnas Inggris lainnya, mampu membawa The Three Lions mentas di final namun hanya mampu jadi runner up setelah kalah adu penalti melawan Italia di laga Europa league 2020 silam.

Baca juga: Profil Fabinho, Si Pemain Serba Bisa Lini Belakang Liverpool

Rentetan Karir Seorang Jack Grealish

Karier klub Junior

2001/ 13 – Aston Villa

Karier klub Senior

2013/ 14 – Notts County (pinjaman)

2014/ 21 – Aston Villa

2021- Sekarang – Manchester City

Karier timnas:

2011/ 12 – Irlandia U-17

2012 – Irlandia U-18

2013/ 14 – Irlandia U-21

2016/ 17 – Inggris U-21

2020-sekarang – Inggris

Baca juga: Karir Gemilang Sadio Mane, Seorang Anak Imam Masjid

Leave A Reply

Your email address will not be published.