Berita Nasional Terpercaya

Roberto Firmino, Striker Tajam dengan Skill No Look Goals

Firmino, Mane, dan Salah. Kombinasi FirManSah menapaki puncak kejayaan kala Liverpool berhasil meraih gelar juara Liga Champions 2018-2019

0

BERNAS. ID-  Bobby, begitu sapaan akrab pemain berposisi striker milik Liverpool asal Brasil, Roberto Firmino.  Memiliki nama lengkap Roberto Firmino Barbosa de Oliveira, ia lahir dan besar di Maceio, Alagoas, Brasil pada 2 Oktober 1991 dari pasangan José Roberto Cordeiro dan Mariana Cícera Barbosa de Oliveira.

Sebelum kesuksesannya kala didatangkan dari klub asal Jerman, Hoffeinheim. Firmino telah banyak mengalami pahit manisnya bermain sepak bola.

Firmino kecil, lahir dari orang tua yang cukup kekurangan. Hal inilah yang mendorong upaya Firmino tekun untuk berkarir sebagai pesepak bola profesional adalah salah satu jalan untuk mengangkat keluarganya dari jurang kemiskinan.

Baca juga: Sempat Ribut Atas Kehadiran Ronaldo, Begini Kiprah Pemain Muda Man United Mason Greenwood

Daftar Isi :

  1. Tentang Roberto Firmino
  2. Membangun Cerita Sepak Bola di Akademi Brasil
  3. Karirnya di Hoffenhemi
  4. Cerita Manis Bersama Liverpool
  5. No-Look Goals Tradermark Firmino
  6. Catatan Karir Sepak Bola Roberfo Firmino

Tentang Roberto Firmino

Nama Lengkap : Roberto Firmino Barbosa de Oliveira

Tempat Lahir : Maceio, Alagoas, Brasil

Tanggal Lahir : 2 Oktober 1991

Nama Pasangan : Larissa Pereira

Kebangsaan : Brasil

Agama : Kristen

Nama Orang Tua : José Roberto Cordeiro (Ayah) dan Mariana Cícera Barbosa de Oliveira (Ibu)

Klub Saat Ini: Liverpool

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 9 Striker

Tinggi Badan : 179 cm

Nama Instagram: @roberto_firmino

Membangun Cerita Sepak Bola di Akademi Brasil

Jauh sebelum bergabung dengan Hoffenheim, ia bermain di kampung halamannya, Brasil, sebagai awal perjalanan seorang Roberto Firmino. Melambungnya nama Roberto Firmino juga tak lepas dari peran penting pelatih Liverpool saat ini, Juergen Klopp.

Seperti lazimnya pemain sepak bola yang memulai karir, Firmino mulai menapaki keseriusan sebagai pesepak bola di mulai bersama klub amatir di kampung halaman bernama CRB. Pada tahun 2008, sang pemain kemudian memilih menajajaki musim baru  ke Tim Akademi Figueirense.

Baca Juga: Scott McTominay, Gelandang Penerus Nemanja Matic Didikan Akademi Fletcher Moss Rangers

Di sana ia  hanya  bertahan satu musim,  lantaran Firmino mendapatkan kesempatannya untuk lakoni debut di level professional dan bermain bagi skuad utama Figueirense FC. Hanya bertahan semusim di sana, talentanya ternyata telah diamati oleh seorang pemandu bakat yang membawanya untuk melanjutkan karir di Jerman. Firmino memulai karir di eropa pada musim 2010 setelah menandatangani  kontrak berdurasi lima musim dengan klub Hoffenheim.

Karir Firmino di Hoffenheim

Di Hoffenheim, Firmino bermain sangat baik melalui tiga musim yang dihabiskan di klub, khususnya musim terakhir, dimana ia memenangkan gelar pemain potensial di Bundes Liga. Moncernya penampilan bersama Hoffenheim, membuat namanya menjadi perhatian dari klub raksasa Rusia, Lokomotiv Moscow yang tertarik ingin memakai jasanya.

Namun, tawaran berganti klub musim tersebut ia tanggapi dengan memilih menandatangani perpanjangan kontrak pada Maret 2014. Total selama berseragam Hoffenheim karirnya semakin menajak , dimana pemain bertinggi 179 cm tersebut berhasil mengemas 49 gol dari 153 penampilan di semua ajang bersama klub yang bermarkas di Rhein-Neckar-Arena itu.

Baca Juga: Selain Berhasil Memulangkan Antoine Griezmann, Ini Daftar Pembelian Pemain Terbaru Atletico Madrid

Hingga akhirnya pada Juni 2015, penentuan masa depan Firmino sepakat untuk musim depan, ia akan bermain untuk klub asal Merseyside, Liverpool. Kesepakatan terkait nilai transfer dicapai antara Hoffenheim dengan Liverpool di angka sekitar £ 29 juta yang membuat Firmino diikat kontrak  ke Liverpool setelah Copa Amerika.

Cerita Manis Bersama Liverpool

Kedatangan Bobby ke Anfield Stadium kala itu dengan status  gelandang serang pada musim pertamanya. Namun, berkat tangan dingin Juergen Klopp, Firmino mampu dirotasi menjadi penyerang tengah lewat skema 4-3-3 untuk memaksimalkan bakat sang striker Brasil tersebut.

Posisi Firmino sebagai penyerang tengah bukan tanpa alasan. Sebab, ia akan banyak disuplay umpan-umpan matang dari kedua sisi yang diisi Mohamed Salah di kanan dan Sadio Mane di kiri menjadi komposisi penyerangan yang tajam.

Baca Juga: Hampir Memilih Gantung Sepatu Akibat Dibekap Cidera Parah, Ini Cerita Bek Sayap Luke Shaw 

Trio lini depan Liverpool tersebut kerap dijuluki komposisi FirManSah, yakni kependekan dari Firmino, Mane, dan Salah. Kombinasi FirManSah menapaki puncak kejayaan kala Liverpool berhasil meraih gelar juara Liga Champions 2018-2019 dan juara Liga Inggris 2019-2020.

Terbukti, di musim pertamanya bersama Liverpool, Firmino muncul sebagai salah satu striker utama klub yang cukup diperhitungkan. Bobby berhasil memenangkan Player of the Month untuk Januari 2016 dan berakhir sebagai pencetak gol tertinggi klub kala itu.

No-Look Goals Tradermark Firmino

Di musim kedua bersama The Reds, ia bermain cukup bagus dan membantu klub merangsak mencapai papan atas klasemen. Insting menyerang yang tajam serta kemempauan mengkonversi peluang menjadi gol, telah membuatnya tumbuh sebagai salah satu pemain paling berbahaya di Liga Premier League.

Bahkan salah satu ciri khas  seorang Roberto Firmino dalam mencetak gol adalah no-look goals. Istilah no-look goals milik Roberto Firmino ini adalah caranya mencetak  gol tanpa melihat arah bola ketika menendang ke gawang.

Bagi sosok Bobby, skill uniknya dalam mencetak gol tanpa melihat bola itu ternyata sudah menjadi “trademark” sejak bermain di Jerman saat berhasil menjebol gawang Werder Bremen pada tahun 2014. Kala membela timnas Brasil, skill no-look goals itu juga pernah dipertunjukkan, tepatnya kalah uji coba dengan Chile dan menang 5-0 atas Peru di pentas Copa America.

Baca Juga: Jadi Bek Termahal, Karir Harry Maguire Makin Gemilang saat Dibeli United

Sementara di Liga Inggris bersama Liverpool, no-look goals juga acapkali dia persembahkan saat melawan klub klub di ajang liga Inggris. Total selama bermain bersama The Reds, Firmino telah mengoleksi sebanyak 307 penampilan, mencetak 93  gol, dan sukses berikan 72 assist. Sementara di level international bersama tim nasional Brasil sejak debutnya pada November 2014, Firmino telah mencatatkan 47 caps untuk Tim Samba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.