Berita Nasional Terpercaya

Daftar Universitas Jurusan Manajemen Informatika di Indonesia

0

Bernas.id – Jurusan manajemen informatika memberikan bekal berupa teori dan praktik tentang perancangan bisnis, teori informasi, analisis, dan teknologi informasi kepada mahasiswa dalam perkuliahan guna memudahkan pengelolaan bisnis. Jadi perkuliahan di jurusan manajemen informatika secara garis besar mempelajari penggunaan teknologi informasi untuk manajemen bisnis. Di samping itu, tiga mata kuliah secara umum yang dipelajari di universitas jurusan manajemen informatika meliputi teori informasi, ilmu komputer, dan pemrograman.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Kewirausahaan Terbaik Indonesia

Prospek kerja bagi lulusan manajemen informatika berpeluang besar berkarir sebagai programmer, teknisi komputer, analisis data dan perancang sistem informasi, manajemen data, serta bidang lain yang relevan. Sebagai bahan pertimbangan, kampus negeri dan swasta yang memiliki jurusan manajemen informatika, antara lain:

Daftar Isi :

  1. Universitas Gunadarma
  2. Politeknik Negeri Jember
  3. Universitas Amikom Yogyakarta
  4. Telkom University
  5. Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha)
  6. Sekolah Vokasi IPB

Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Akreditasi program studi D3 Manajemen Informatika Universitas Gunadarma adalah A merujuk pada 1009/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/IX/2015. Mengusung visi sebagai penghasil tenaga ahli madya yang profesional di bidang manajemen informatika, program D3 Manajemen Informatika Universitas Gunadarma memiliki capaian program yang merujuk pada KKNI keluaran APTIKOM untuk bidang Manajemen Informatika.

Pendidikan D3 Manajemen Informatika Universitas Gunadarma diselenggarakan melalui pendidikan dan pelatihan yang mempertimbangkan kebutuhan profesional, industri, dan masyarakat serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, prodi D3 Manajemen Informatika Universitas Gunadarma melahirkan lulusan yang profesional dan menjunjung nilai integritas, keharmonisan, kesetaraan, tanggung jawab sosial, serta mendukung iklim wirausaha.

Baca juga: Rekomendasi Universitas Jurusan Teknik Industri Terbaik Indonesia

Politeknik Negeri Jember

Politeknik Negeri Jember

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi melalui SK No. 7536/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XI/2020 menyatakan bahwa program studi D3 Manajemen Informatika memperoleh akreditasi A. Perkuliahan dilaksanakan selama 3 tahun atau 6 semester untuk mempelajari bidang teknologi informasi. Tidak hanya mempelajari teori di kelas, mahasiswa prodi D3 Manajemen Informatika Politeknik Negeri Jember juga berkesempatan belajar di laboratorium dan dunia industri.

Lulusan Manajemen Informatika dari program D3 Politeknik Negeri Jember dinilai terampil menguasai pemahaman teknik dan manajerial tingkat menengah dalam pengelolaan informasi dan data. Di samping itu, program studi ini juga bekerja sama dengan Changzhou Vocational Institute of Mechatronic Technology (CZMIT). Sistem perkuliahannya yaitu belajar 1 tahun di Politeknik Negeri Jember dan 3 tahun di CZMIT. Selama setahun di CZMIT mahasiswa mengerjakan kredit khusus, proyek akhir, dan program internship di perusahaan China atau CZMIT.

Baca juga: Daftar Universitas Jurusan Teknik Arsitektur Terbaik

Universitas Amikom Yogyakarta

Universitas Amikom Yogyakarta

Berdasarkan Surat Keputusan dengan Nomor 481/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/XII/2014 program studi D3 Manajemen Informatika Universitas Amikom Yogyakarta meraih akreditasi A. Oleh karena itu, program studi Manajemen Informatika Universitas Amikom Yogyakarta tetap optimis mampu menghasilkan sumber daya yang bersama dan profesional sekaligus memiliki keunggulan di bidang sistem informasi yang berbasis multimedia. Usai lulus dari prodi D3 Manajemen Informatika Universitas Amikom Yogyakarta, prospek karir sebagai Ahli Madya Informatika memiliki prospek berkarir dalam berbagai profesi, seperti:

  1. Programmer
  2. Database Administrator
  3. IT Consultant
  4. Web Developer
  5. Web Administrator
  6. Radio Broadcaster
  7. Creative Advertisement
  8. Technopreneurship
  9. Graphic Artist

Baca juga: Daftar Universitas Jurusan Manajemen dan Bisnis Terbaik

Telkom University

Telkom University

Berbeda dengan perguruan tinggi lainnya, Telkom University menghadirkan perkuliahan manajemen informatika dalam program studi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI). Program studi ini menjadi program yang paling diminati di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Di samping telah terakreditasi A dari BAN-PT, prodi S1 MBTI Telkom University juga membuka kelas internasional bernama ICT Business.

Keberadaan program studi MBTI ditujukan untuk mengembangkan sumber daya manusia dan menerapkan teori bisnis di bidang teknologi. Tak heran jika lulusan MBTI Telkom University memiliki kompetensi yang mumpuni di bidang sistem informasi dan manajemen bisnis. Secara umum, materi penting yang diajarkan kepada mahasiswa MBTI Telkom University, yaitu:

  • E-commerce dan bisnis informasi
  • Manajemen bisnis dan akuntansi
  • Pengolahan data
  • Pengembangan ekosistem bisnis dan ekonomi digital
  • Analisis dan perancangan sistem
  • Manajemen sistem informasi dan sumber daya manusia

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha)

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha)

Status akreditasi untuk program studi Diploma 3 Manajemen Informatika Undiksha telah berpredikat B merujuk pada SK No. 0391/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/I/2007. Melalui program studi D3 Manajemen Informatika, Undiksha merancang kompetensi yang terkait dengan bidang pekerjaan programmer, administrator basis data, teknisi jaringan, serta desainer grafis dan multimedia.

Pendidikan di Undiksha, termasuk program studi D3 Manajemen Informatika diselenggarakan dalam bentuk layanan untuk mencetak lulusan yang mampu mendukung kemajuan masyarakat. Selain itu, ada pula penelitian, pengabdian, dan kerja sama dalam rangka pengembangan keilmuan dan keterampilan bidang teknologi informasi untuk kemajuan masyarakat.

Baca juga: 14 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Sekolah Vokasi IPB

Sekolah Vokasi IPB

Program studi Diploma 3 (D3) Manajemen Informatika merupakan program studi yang memfasilitasi pembelajaran di bidang teknologi informasi dan berada di bawah naungan Sekolah Vokasi IPB. Menurut SK BAN-PT yang dikeluarkan pada 2020 dengan Nomor 5075/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/2020 diketahui bahwa akreditasi program studi D3 Manajemen Informatika Sekolah Vokasi IPB adalah B.

Lulusan program studi D3 Sekolah Vokasi IPB dibekali dengan kompetensi multimedia, manajemen data, dan pemrograman. Kompetensi tersebut disalurkan melalui materi pembelajaran, seperti pemrograman komputer, matematika, sistem operasi, statistika, software engineering, serta jaringan, grafis dan visualisasi.

Peluang kerja atau karir untuk lulusan Manajemen Informatika sangat melimpah, terlebih lagi pada era perkembangan teknologi seperti saat ini. Lulusan program studi Manajemen Informatika dapat merintis karir sebagai Software Engineer, dosen, konsultan IT, Software Tester, Web Programmer, Programmer, Analisis Jaringan Komputer, bahkan profesi Game Developer pun dapat digeluti.

Baca juga: 11 Jurusan Terbaik Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.