Berita Nasional Terpercaya

Panduan Lengkap UMKM Mengembangkan Digital Marketing Hemat Biaya

Bernas.id – Dari mana UMKM memulai mengembangkan strategi digital marketing? Pertanyaan ini masih merupakan pertanyaan umum yang ada di kepala banyak pelaku UMKM. Alasannya sederhana, para pemilik bisnis mengetahui betapa pentingnya saluran digital dan seluler saat ini untuk memperoleh atau mempertahankan pelanggan.

Namun sayangnya, mereka tidak memiliki rencana terintegrasi untuk melakukan transformasi digital, pertumbuhan bisnis, serta melibatkan audiens secara online secara efektif. Mudahnya, banyak pemilik bisnis UMKM tidak tahu bagaimana menjalankan strategi pemasaran digital. 

Pada artikel ini akan dibahas secara mendalam bagaimana strategi digital marketing dapat dijalankan bisnis UMKM. Oleh karenanya, akan ada beberapa pembahasan terperinci yang dibagi jadi:

Daftar Isi :

  1. Apa itu Pemasaran Digital Bagi UMKM?
  2. 6 Pokok Vital Digital Marketing
  3. Strategi Digital Marketing Terbaik untuk UMKM
  4. Berbagai Jenis Pemasaran Digital
  5. Manfaat Pemasaran Digital untuk UMKM
  6. Berapa Biaya Pemasaran Digital?
  7. Apakah Strategi Digital Marketing UMKM B2B Berbeda Dengan B2C?

Baca juga: 5 Langkah Bisnis UMKM Menjalankan Omnichannel Marketing Lebih Efektif

 

Apa itu Pemasaran Digital?

Hal paling vital dari digital marketing adalah penerapan teknologi. Digital marketing adalah aktivitas pemasaran yang menerapkan teknologi dan media digital dalam praktiknya.

Sebagian besar metode pemasaran digital lebih interaktif daripada bentuk periklanan tradisional. Beberapa contoh bentuk digital marketing adalah:
a. Konten media sosial
b. Afiliasi
c. Iklan email
d. Pemasaran konten

Perlu diingat bahwa pemasaran digital dan internet marketing bukanlah hal yang sama. Dua hal tersebut sebenarnya berbeda walaupun begitu praktik digital marketing banyak dilakukan di platform internet marketing.

Pemasaran internet sepenuhnya mengandalkan platform dan koneksi internet. Sedangkan digital marketing lebih dari itu. Digital marketing dapat mengadopsi lebih banyak platform, seperti:
a. Iklan video game
b. Pemasaran SMS
c. Iklan di moda transportasi

Pemasaran digital juga tidak sama dengan pemasaran inbound, meskipun keduanya menggunakan banyak alat yang sama (misalnya, iklan email, konten online, dll.) dan memiliki tujuan yang sangat mirip.

Secara umum, bisnis mendapat manfaat besar dari penggunaan strategi pemasaran digital dan inbound karena keduanya cenderung saling melengkapi dengan sangat baik. Strategi pemasaran inbound yang komprehensif pasti akan memberikan tujuan dan mekanisme di mana kampanye pemasaran digital  akan berjalan.

6 Pokok Vital Digital Marketing

Ada 6 hal pokok dalam digital marketing yang perlu dijalankan secara terkoordinasi. Oleh karena itu, idealnya, ke-6 hal pokok ini memiliki penanggung jawabnya sendiri-sendiri untuk memaksimalkan performa pemasaran.

Baca juga: 4 Tren Digital Marketing 2022 yang Perlu Diketahui Pelaku UMKM

Akan tetapi, dalam bisnis berskala kecil seperti UMKM, kemungkinan hanya ada 1 hingga 2 orang yang menjadi manajer digital marketing dan bertugas menangani ke-6 hal pokok tersebut. Berikut ini 6 hal pokok digital marketing:
a. Strategi dan manajemen: integrasi sasaran, analisis, segmentasi, penargetan, penentuan posisi merek, penyelarasan, pemasaran, penjualan, sumber daya, struktur, teknologi pemasaran, dan data.
b. Sasaran dan pengukuran : prakiraan, pelaporan digital, atribusi, dan wawasan pelanggan
c. Media: media berbayar, media milik perusahaan, dan iklan.
d. Pengalaman pengguna/konsumen: situs web, aplikasi desktop, aplikasi seluler dan pelayanan pelanggan.
e. Pesan : email, obrolan, media sosial, layanan pelanggan, praktik interaksi, dan personalisasi pengguna
f. Konten: konten produk, konten blog, konten media, unduhan PDF., dan alat-alat interaktif

Strategi Digital Marketing Terbaik untuk UMKM

Strategi pemasaran digital terbaik untuk sebuah bisnis UMKM akan bergantung pada:
a. Citra merek seperti kemewahan, rekreasi, bisnis, dll.
b. Demografi yang ditargetkan
c. Sasaran pemasaran, seperti peningkatan konversi, penjualan, keterlibatan, dll.

Namun, ada beberapa strategi yang umumnya harus disertakan selain dari 3 faktor tersebut. Sejumlah strategi pendukung ini tidak kalah menentukannya untuk pertumbuhan digital marketing bisnis Anda:

1. Teliti Pesaing Anda

Meneliti pesaing Anda sangat penting karena memungkinkan Anda melihat:
a. Apa yang disukai konsumen?
b. Apa yang ingin dilihat konsumen berbeda?
c. Bagaimana Anda dapat membedakan diri kompetitor?
d. Bagaimana Anda dapat memecahkan masalah konsumen yang ada?

Baca juga: 3 Perbedaan Digital Marketing dengan Marketing Konvensional yang Perlu Anda Tahu

Jika Anda tidak tahu bagaimana membedakan produk bisnis Anda dari pesaingnya, cobalah untuk mempertimbangkan sejauh mana faktor-faktor berikut ini mempengaruhi bisnis Anda dan kompetitor di mata konsumen:
a. Harga: Meskipun kompetitor dapat menyaingi harga produk UMKM Anda, persoalan penentuan harga ini akan sangat tergantung pada industri Anda, akses ke pemasok, dan anggaran. Sehingga akan tetap ada selisih antara satu bisnis dengan bisnis yang lain.
b. Layanan pelanggan: Cara paling mudah untuk menonjol di mata konsumen adalah melalui layanan pelanggan yang baik. Layanan pelanggan adalah kunci meninggalkan pengalaman tak terlupakan bagi konsumen dan mendorong loyalitas pelanggan pada produk. 
c. Produk dan/atau layanan: Apa yang Anda berikan kepada konsumen Anda? Apakah produk Anda lebih menonjol dari produk kompetitor?

Cobalah evaluasi bagaimana faktor kualitas, keamanan, panjang garansi, ulasan pelanggan, dan kebaruan layanan di produk Anda. 

2. Optimalkan Google Bisnisku untuk UMKM Anda

Mencantumkan bisnis UMKM di Google Bisnisku dan berbagai layanan lain yang dimiliki Google dapat membantu menarik target audiens bisnis ke situs website milik perusahaan Anda.

Setelah berhasil mendaftarkan bisnis di Google Bisnisku, ada sejumlah langkah untuk mengoptimalkan efektivitas informasi UMKM. Langkah pertama yaitu meningkatkan jumlah kata kunci yang secara langsung akan membawa pelanggan ke Anda. Langkah kedua adalah memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada calon pelanggan.

3. Menghasilkan Konten Visual

Konten visual sangat penting untuk iklan media sosial dan jenis iklan yang lain. Konten visual dapat sangat membantu untuk mengilustrasikan kualitas, menjelaskan konsep baru, dan meningkatkan penjualan serta pendapatan.

Bagi Anda yang jad pemilik UMKM dengan anggaran yang relatif kecil, selalu pertimbangkan untuk bermitra dengan freelancer atau agen pemasaran kecil. Beberapa platform seperti freelancer, Upwork, atau Fiverr menyediakan berbagai jenis jasa penyedia konten visual yang profesional dengan harga terjangkau.

4. Gunakan Chatbots

Keunggulan kecerdasan buatan (AI) yang berkembang dalam beberapa tahun terakhir sudah diakui dan digunakan secara luas. Jadi, tidak mengherankan jika dunia pemasaran digital semakin memasukkan AI ke dalam praktik pemasaran UMKM sehari-hari.

Salah satu contoh implementasi AI di digital marketing adalah penggunaan chatbots. Anda dapat menggunakan chatbots dalam strategi pemasaran online Anda untuk:
a. Meningkatkan penjualan: Karena chatbots dapat “mengarahkan” calon konsumen ke situs web Anda dengan mengatur janji, mengumpulkan email, memulai komunikasi dengan konsumen.
b. Meningkatkan layanan pelanggan: Chatbots dapat memberikan tanggapan cepat terhadap “pertanyaan yang sering diajukan” yang mungkin dimiliki calon konsumen.
c. Meningkatkan pengalaman berbelanja: Facebook dan Marketplace milinya adalah contoh bagus tentang bagaimana chatbots dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan. Facebook memiliki algoritma dan AI yang memungkinkan pengguna dapat menggunakannya untuk menelusuri dan membeli produk secara lebih cepat.

Baca juga: Belajar dari McD X BTS: Era Marketing 4.0 Tidak Lagi Fokus pada Produk, Tapi “Engagement” (Seri 2)

Berbagai Jenis Pemasaran Digital

1. Pemasaran dengan  SEO

Pemasaran dengan Search Engine Optimization (SEO) dapat dianggap lebih sebagai alat pemasaran daripada bentuk pemasaran itu sendiri. SEO berkaitan dengan bagaimana bisnis dapat memperoleh peringkat yang baik di mesin pencari (misalnya, Google) dan mengarahkan lalu lintas ke situs web UMKM Anda secara organik. 

Untuk sebagian besar mesin pencari (termasuk Google), ada beberapa metrik terukur yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan peringkat yang baik. Parameter ukuran tersebut adalah kualitas konten, keterlibatan pengguna, kemudahan penggunaan, otoritas situ

Leave A Reply

Your email address will not be published.