Berita Nasional Terpercaya

Ederson Moraes, Kiper Andalan The Citizen di Bawah Mistar Gawang

Caranya menangkap bola dan refleksnya yang bagus menjadi potensi Ederson Moraes jadi salah satu anak yang tumbuh dengan bakat dan keterampilan

0

BERNAS. ID- Pemilik nama asli Ederson Santana de Moraes, atau orang lebih mengenalnya sebagai Ederson, merupakan kiper sepak bola terampil yang saat ini bermain untuk Manchester City dan Timnas Brasil.

Ederson Moraes lahir dari keluarga cukup kekurangan pada 17 Agustus 1993 di Osasco, Sao Paulo, Brasil.  Ayah Ederson bernama Antonis Moraes, dan ibunya adalah Joelma.

Baca juga: Ruben Dias Footballer of the Year 2021, Back Tangguh Manchester City

Meskipun hidup dengan serba keterbatasan, keluarga Ederson membesarkannya dengan pelbagai upaya agar sang anak dapat mewujudkan mimpinya  sebagai pesepak bola handal.

Daftar Isi :

  1. Tentang Ederson Moraes
  2. Awal Perjalanan Karir Ederson Moraes
  3. Promosi Tim Utama Benfica
  4. Membela Skuad Manchester City
  5. Karir Sepak Bola International

Tentang Ederson Moraes

Nama Lengkap : Ederson Santana de Moraes

Tempat Lahir : Osasco, São Paulo, Brasil

Tanggal Lahir : 17 Agustus 1993

Nama Pasangan : Lais Moraes

Kebangsaan : Brasil

Agama : Kristen

Nama Orang Tua : Antonis Moraes (Ayah) dan Joelma  Moraes (Ibu)

Klub Saat Ini: Manchester City

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 31 kiper

Tinggi Badan : 182 cm

Nama Instagram: @ederson93

Baca juga: Karir Ilkay Gundogan, Gelandang Muslim Sukses Berlaga bersama Manchester City

Awal Perjalanan Karir Ederson Moraes

Ketertarikan Ederson Moraes pada sepak bola dimulai saat ia mendaftarkan diri di akademi di negaranya saat usianya 15 tahun. Seperti lazimnya pemain yang memulai mengejar mimpinya, Ederson bergabung dengan akademi Sao Paulo pada 2008 setelah itu ia mencoba peruntungan untuk pindah ke Rio Ave pada 2012.

Di Rio Ave, ia tumbuh menjadi pemain kunci di Liga Primeira Junior. Setelah itu ia kemudian berpindah ke Benfica pada 2015.

Ederson muda cukup berkembang di akademi yang berbasis Ibu kota Lisboa, Portugal tersebut. Ia pun menjelma menjadi pemain yang menonjol di antara para pemain lain di akademi.

Ederson muda mampu bermain dengan skill mumpuni di bawah mistar gawang. Caranya menangkap bola dan refleksnya yang bagus menjadi potensi Ederson Moraes jadi salah satu anak yang tumbuh dengan bakat dan keterampilan.

Baca juga: Jack Grealish, Pesepakbola Mahal The Citizen Musim Ini

Promosi Tim Utama Benfica

Ia kemudian dimasukkan ke dalam skuad Benfica B untuk rencana klub jangka panjang yang akan mempermanenkannya sebagai bagian dari skuad Benfica kelak di masa depan.

Benar saja melalui level Benfica B  ini ia kemudian dipromosikan masuk di skuad utama Benfica pada musim kompetisi 2016/ 17. Karena secara permainan tersebut, Ederson unggul segalanya saat tampil bersama dengan Benfica yang menjadi kampiun Liga Portugal musim itu.

Penampilannya di Benfica hanya bertahan semusim, lantaran bakatnya yang gemilang, kemudian membuat namanya masuk daftar belanja Manchester City yang sedang membutuhkan kiper muda.

Perekrutan  penjaga gawang asal Brasil tersebut diharapkan mampu menjadi solusi ampuh bagi masalah sektor  penjaga mistar gawang pasukan Pep Guardiola. Dengan adanya inkonsistensi permainan Claudio Bravo selepas kepergian kiper utama mereka, Joe Hart.

Total selama bermain di Benfica, Ederson Moraes bersama pelatih Benfica Rui Vitoria menjadikan namanya sebagai pilihan utama yang menurunkannya sebagai starter di banyak pertandingan. Tercatat ia telah memainkan 27 kali, dan lebih dari dua kali lipat penampilan semusimnya di Benfica.

Baca juga: Phil Foden, Wonderkid Berdarah Inggris Jebolan Akademi Manchester City

Membela Skuad Manchester City

Ederson bergabung dengan Manchester City seharga £35 juta  poundsterling pada musim 2017/ 18. Pada saat transfer peralihannya, ia menjadi penjaga gawang termahal sepanjang masa  untuk klub yang bermarkas di Etihad Stadium, Manchester City.

Namun, label transfer kiper termahal sepanjang masa tetap dimiliki beberapa pemain ini antara lain, Gianluigi Buffon (€52 juta pada 2001), Alisson Becker (€75 juta pada 2018) dan sekarang Kepa Arrizabalaga (€80 juta pada 2018).

Keputusan Manchester City  mengamankan tanda tangannya tidak salah. Terbukti  Musim pertama berseragam The Citizen,  Ederson langsung  tampil apik dan hanya kebobolan 26 gol dari 36 laga di Liga Inggris di musim pertamanya 2017/ 18.

Bahkan kiper asal Osasco, Brasil itu juga turut mengantarkan Manchester City mendulang dua gelar  secara bersamaan, yakni Liga Premier dan Piala EFL.

Tren positif  juga berhasil ia torehkan Moraes di Liga Inggris pada musim selanjutnya. Tercatat dari 38 laga yang dijalani, Ederson mencatatkan 20 clean sheets dan hanya kebobolan 23 gol.

Hingga akhirnya ia menyandang sebagai pemenang dua kali Sarung Tangan Emas Liga Primer di musim 2020/ 21 dan 2019/ 20. Hal tersebut lantaran dari 212 pertandingan yang dijalani di semua kompetisi untuk The Citizen sampai saat ini, gawang Ederson hanya kebobolan sebanyak 161 gol.

Dalam 18.942 menit yang telah ia lakoni sejauh ini, jika dilakukan penghitungan Ederson Moraes setara dengan kebobolan satu gol setiap 117,7 menit.

Baca juga: Profil Lengkap De Bruyne, Sosok Playmaker Andalan Manchester City

Karir Sepak Bola International

Di kancah Internasional, Ederson Moraes mulai dipanggil untuk membela timnas Brasil u-16. Di sana  ia memainkan debutnya saat melawan Irlandia Utara. Ederson kemudian berlanjut memperkuat Brasil u-17.

Sebenarnya nama Ederson pernah masuk ke skuat bayangan Brasil untuk Copa America Centenario pada tahun 2016. Namun, ia belum beruntung setelah namanya belum lolos ketika skuat final diumumkan.

Performa apik Ederson Moraes bersama klub, kemudian membuatnya dipanggil tim senior Brasil di tahun berikutnya.  Ederson melakukan debut seniornya untuk Brasil pada 2017 setelah sebelumnya bermain untuk tim U-23.

Setahun berlalu akhirnya ia dipanggil untuk skuad senior dan mulai membuka debutnya di Timnas Samba terjadi saat Brasil meraih kemenangan 3-0 atas Chili di kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 pada Oktober 2017.

Total hingga saat ini Ederson Moraes telah mencatatkan 17 caps untuk Timnas Brasil. Puncak prestasi Ederson Moraes  bersama skuad samba terjadi di Copa America 2019.

Ia bersama Fabinho, Roberto Firmino dan pemain timnas Brasil lainnya, mampu berkontribusi membantu tim samba  merengkuh trofi Copa America 2019.

Baca juga: Profil Bernardo Silva Dan Karir Cemerlangnya di Professional Football

Leave A Reply

Your email address will not be published.