Berita Nasional Terpercaya

Informasi Beasiswa dan Kampus Terbaik di New Zealand, Cocok untuk Lanjut Kuliah

0

Bernas.id – Beasiswa New Zealand menjadi salah satu hal yang banyak ditunggu-tunggu pemburu beasiswa. Yah, New Zealand atau Selandia Baru tak hanya memiliki pemandangan alam yang indah. Negara kepulauan di barat daya Samudera Pasifik tersebut juga memiliki sistem pendidikan yang bagus.

New Zealand juga memiliki perguruan tinggi yang telah masuk dalam jajaran kampus terbaik dunia versi i QS World Rankings dan Times Higher Education Rankings.

Sistem pendidikan di New Zealand juga banyak dipengaruhi oleh sistem pendidikan di Inggris yang berfokus pada pengajaran berbasis penelitian. Dengan begitu, Anda bisa menjalani masa pendidikan dalam kondisi yang sistematis dan terorganisir.

Di New Zealand, Anda bisa bekerja sekaligus kuliah hingga 20 jam setiap minggu. Bahkan, jika Anda sedang mengejar gelar magister penelitian atau doktoral, Anda akan diizinkan untuk bekerja penuh waktu.

Daftar Beasiswa New Zealand

Bagi Anda yang ingin kuliah gratis di New Zealand, berikut daftar beasiswa yang bisa Anda coba:

1. New Zealand Scholarships (NZAS)

New Zealand Asean Scholarships adalah beasiswa penuh fully funded untuk studi akademik sarjana dan pascasarjana di Selandia Baru yang tersedia bagi siswa internasional, khususnya yang berasal dari wilayah Asia Tenggara (ASEAN).

Beasiswa ini diprioritaskan untuk pelamar yang memilih salah satu mata kuliah yang direkomendasikan yang ditentukan oleh Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan.

Proses pendaftaran biasanya dibuka pada bulan Februari. Untuk mendaftar beasiswa ini, Anda harus berusia minimal 18 tahun saat masa pendaftaran, bukan anggota militer,berstatus sebagai warga negara ASEAN, memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun.

JIka Anda lolos seleksi, Anda bisa mendapatkan bantuan biaya kuliah penuh dan tunjangan hidup sekitar 491 NZD per minggu, biaya untuk pembelian buku dan kepentingan studi sebesar 3000 NZD, biaya pembuatan visa, asuransi kesehatan, biaya penelitian, tiket pesawat di awal dan akhir masa perkuliahan, dan biaya pelatihan Bahasa Inggris.

Dokumen yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa NZAS adalah fotocopy kartu identitas, surat rekomendasi dari atasan atau pimpinan, fotocopy ijazah dan transkrip nilai.

2. New Zealand International Doctoral Research Scholarships (NZIDRS)

Beasiswa ke New Zealand ini cocok bagi Anda yang ingin mengejar gelar PhD di Selandia Baru. Beasiswa ini didanai oleh pemerintah Selandia Baru, yang mencakup bantuan biaya kuliah universitas, biaya hidup, pungutan siswa terkait hingga NZ$25,000 dan jaminan kesehatan luar negeri hingga NZ$600 setiap tahun selama tiga tahun. Untuk mendapatkan beasiswa ini, Anda harus memenuhi kriteria berikut:

  • memiliki nilai minimum yang setara dengan IPK 3,7 pada skala 4.0atau rata-rata A hingga A+ dalam kualifikasi tersier pascasarjana
  • telah resmi diterima tanpa syarat untuk program PhD (mulai langsung) di universitas yang ada di Selandia Baru.
  • proses kuliah tidak dilakukan secara jarak jauh
  • bukan warga negara Selandia Baru atau Australia.

3. New Zealand Commonwealth Scholarships

New Zealand Commonwealth Scholarship atau beasiswa persemakmuran Selandia Baru diperuntukkan bagi pelajar yang ingin mengejar gelar master atau PhD. Beasiswa yang diberikan mencakup biaya sekolah, biaya hidup, asuransi kesehatan dan perjalanan, dan tunjangan pendirian sebesar NZ$ 3,000. Anda juga berkesempatan mendapat tunjangan NZ$ 491 per minggu untuk biaya hidup.

Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi individu dari negara-negara berkembang Persemakmuran terpilih untuk mengambil studi pascasarjana di Selandia Baru. Beasiswa Commonwealth memainkan peran penting dalam menangani kebutuhan pengembangan sumber daya manusia di negara-negara berkembang.

Beasiswa diberikan kepada kandidat dengan prestasi akademik yang kuat yang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan negara asal mereka setelah menyelesaikan studi mereka.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, pelamar harus mengirim dan mengisi formulir pendaftaran dan menyertakan semua transkrip akademik. Proses penyerahan berkas dilakukan secara online dan diseleksi oleh tim khusus yang telah berpengalaman di bidangnya.

Baca juga: 6 Beasiswa untuk Kuliah di Universitas Cambridge, Cocok Buat Lanjut Kuliah di Inggris

4. NZ-GRADS New Zealand Global Research Alliance Doctoral Scholarship

Beasiswa ini diluncurkan oleh Aliansi Penelitian Global tentang Emisi Gas Rumah Kaca Pertanian untuk pelajar yang ingin meraih gelar  PhD dalam bidang emisi pertanian.

Beasiswa ini menawarkan bantuan biaya kuliah hingga NZD 10.000 per tahun, tunjangan tahunan hingga NZD 28.000 per tahun (bebas pajak), asuransi kesehatan hingga NZD 700 setiap tahun, tunjangan penelitian hingga $ 1500, biaya tiket pesawat dan biaya aplikasi visa hingga $1.000 selama 3 tahun.

Untuk mendaftar beasiswa New Zealand ini, Anda perlu menyiapkan dokumen berikut:

  • Bukti kewarganegaraan 
  • Bukti diterima untuk program PhD dari universitas Selandia Baru
  • Transkrip akademik, skala penilaian dan sertifikat kelulusan
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Surat rekomendasi.

Beasiswa ini hanya diberikan untuk pelamar yang memenuhi kriteria berikut:

  • Sudah diterima sebagai mahasiswa PhD di Universitas yang ada di Selandia Baru
  • Bukan warga negara Selandia Baru atau Australia
  • Berasal dari negara berkembang
  • Topik penelitian PhD Anda harus berhubungan dengan emisi gas rumah kaca dari sistem pertanian.

5. Beasiswa SEG

Beasiswa ini didanai oleh Soshi Educational Group, dimana proses pendaftaran dibuka setiap tahun. Beasiswa ini menawarkan bantuan biaya kuliah sebesar NZD 7,000 setiap dan NZD 5,000 setiap tahun di bidang studi geofisika dan geosains terkait. Beasiswa ini diberikan untuk pelajar yang memenuhi kriteria berikut:

  • berniat untuk lanjut kuliah jenjang sarjana atau pascasarjana
  • Memiliki nilai di atas rata-rata;
  • Berniat untuk belajar dan berkarir di bidang geofisika terapan. 

Saat proses pendaftaran, pelamar harus menyertakan transkrip nilai terbaru dan menyertakan alamat email untuk dua anggota fakultas yang telah setuju untuk dijadikan referensi. Pendaftaran biasanya berlangsung pada bulan November hingga Maret.

Baca juga: Kabar Bahagia, Salah Satu Universitas di Hongkong Tawarkan Beasiswa Pascasarjana

Rekomendasi Universitas di New Zealand

Setelah mengetahui beasiswa apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk melanjutkan kuliah di New Zealand, kini tiba saatnya Anda menggali informasi tentang kampus terbaik di New Zealand. Ada banyak kampus dengan  kredibilitas jempolan di New Zealand. Berikut daftar kampus terbaik di New Zealand:

1. Auckland University of Technology

Auckland University of Technology (AUT) adalah universitas terbesar kedua di Selandia Baru. Universitas ini  terletak di Auckland, kota terbesar di Selandia Baru.

Universitas Teknologi Auckland (AUT) berdiri sejak tahun 1895. Awalnya, universitas ini berdiri dengan nama Sekolah Teknik Auckland. Tahun 2022, universitas ini menempati posisi 451 sebagai kampus terbaik dunia versi QS World University Ranking dan peringkat 27 versi QS WUR Ranking.

2. Lincoln University

Lincoln University awalnya bagian dari University of Canterbury. Namun pada tahun 1990 Universitas tersebut secara resmi memisahkan diri menjadi lembaga independen dengan nama Lincoln University.

Lincoln University adalah universitas spesialis berbasis pertanian di Selandia Baru. Tahun 2022, Lincoln University menempati posisi  372 sebagai kampus terbaik dunia versi QS Global World Rankings.

3. University of Waikato

University of Waikato terletak di utara Selandia Baru. Universitas ini juga memiliki kampus di Hamilton dan Tauranga. Universitas ini memiliki kemampuan dan fasilitas penelitian yang diakui secara internasional di berbagai disiplin ilmu. Tahun 2022, universitas ini menduduki peringkat 373 sebagai kampus terbaik dunia versi QS World University Ranking.

University of Waikato menawarkan ratusan peluang beasiswa dan hibah, memungkinkan pendidikan yang dapat diakses oleh semua siswa. Banyak dari program tersebut memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran praktis dan magang dengan fokus yang jelas untuk mempersiapkan lulusan yang siap terjun langsung dalam industri.

4. Massey university

Tahun 2021, Massey University menduduki peringkat 272 sebagai kampus terbaik dunia versi QS World University Ranking. Universitas ini terletak di kota Palmerston North di Pulau Utara, adalah satu-satunya universitas di negara itu yang menawarkan program penerbangan, penyelesaian sengketa, kedokteran hewan, dan nano science.

5. University of Canterbury

University of Canterbury terletak di Christchurch di South Island terletak di Christchurch di South Island. Tahun 2021, universitas ini menduduki peringkat 270 sebagai kampus terbaik dunia versi QS World University Ranking.

Kampus ini juga menjadi salah satu universitas tertua di Selandia Baru, yang didirikan pada tahun 1873 sebagai perguruan tinggi konstituen Universitas Selandia Baru. Populasi siswanya sekarang mencapai sekitar 17.300 orang.

6. Victoria University of Wellington 

Victoria University of Wellington menempati posisi ketiga sebagai kampus terbaik di New Zealand. Tahun 2021, Victoria University of Wellington menduduki peringkat 223 sebagai kampus terbaik dunia versi QS World University Ranking. Jurusan favorit di universitas ini antara lain ilmu perpustakaan, manajemen perhotelan dan rekreasi.

7. University of Otago

University of Otago didirikan pada tahun 1869. University of Otago menawarkan lebih dari 200 program sarjana dan pascasarjana dengan konsentrasi Ilmu Kesehatan, Sciences, Sastra, dan Sekolah Bisnis Otago.

Tahun 2022, University of Otago menempati peringkat  ke 194 sebagai kampus terbaik dunia versi QS World University Ranking. University of Otago adalah salah satu kampus tertua di New Zealand. Kampus ini terletak di Dunedin.

8. University of Auckland

University of Auckland konsisten berada di peringkat 100 teratas sebagai kampus terbaik dunia versi QS World University Ranking. Karena itu, kampus ini juga selalu menduduki posisi pertama sebagai universitas terbaik di New Zealand. University of Auckland adalah penerima bintang lima plus QS Stars University Rating untuk keunggulan dalam kategori: Penelitian, Kemampuan Kerja, Pengajaran, Fasilitas, Internasionalisasi, Inovasi, dan Inklusivitas.

Universitas ini terletak di kota pelabuhan Auckland, pusat ekonomi dan budaya Selandia Baru, dengan akses mudah ke pantai dan hutan hujan yang menakjubkan. Auckland masuk sebagai salah satu dari tiga kota teratas dunia untuk kualitas hidup, menurut Survei Kualitas Hidup Mercer 2017. University of Auckland juga berada di peringkat 30 teratas dari QS Best Student Cities 2017. University of Auckland memiliki lima kampus utama, yang terbesar terletak di pusat kota Auckland yang ramai.

Baca juga: 10 Manfaat Kuliah di Luar Negeri, Bikin Kalian Semangat Belajar

sumber: Pexels

Biaya hidup di New Zealand

New Zealand atau Selandia Baru adalah salah satu negara terbaik untuk ditinggali. Namun, hidup di New Zealand membutuhkan biaya yang tinggi. Biaya hidup untuk sebuah keluarga berempat menghabiskan sekitar 6.000 NZD hingga 8.000 NZD atau sekitar Rp 50 juta hingga 76 juta per bulan.

Selandia Baru adalah negara pulau terpencil, dan sebagian besar barang harus diimpor. Pajak impor yang tinggi, dan fakta bahwa banyak sektor kekurangan pesaing, membuat biaya hidup di Selandia Baru melambung tinggi. Menurut Forum Ekonomi Dunia, Selandia Baru menempati peringkat 104 di dunia untuk keterjangkauan pariwisata. Harga naik terus karena wisatawan bersedia membayar banyak uang untuk pengalaman Selandia Baru mereka. Hal ini pula yang membuat biaya hidup di Selandia Baru cukup tinggi.

Kota-kota terbesar, Auckland, Wellington, dan Christchurch adalah tujuan ekspatriat yang sangat populer, dan wilayah tersebut adalah kota dengan biaya hidup termahal di New Zealand. Tempat tinggal di New Zealand tergolong langka sehingga harga properti dan sewa rumah cukup tinggi. Harga makanan dan hiburan juga tinggi. 

Akan tetapi, biaya pendidikan di new Zealand tergolong murah karena ada subsidi dari pemerintah setempat. Biaya perawatan kesehatan juga disubsidi negara dan mencakup perawatan darurat, dasar, dan pencegahan.

Gaji kotor rata-rata di Selandia Baru adalah sekitar 77.000 NZD (46.000 USD) per tahun. Mengingat tingginya harga sewa di negara ini, terutama jika Anda tinggal di pusat kota, Anda harus mengharapkan sewa atau hipotek Anda menjadi bagian terbesar dari biaya hidup Anda.

Biaya hidup bulanan rata-rata untuk satu orang berkisar dari 3.000 NZD hingga 4.000 NZD (1.800 hingga 2.400 USD). Untuk keluarga dengan empat orang anggota, biaya hidup rata-rata berkisar dari 6.000 NZD hingga 8.000 NZD (3.600 hingga 4.800 USD) per bulan.

Jika Anda ingin mendaftarkan anak Anda di penitipan anak pribadi, Anda harus menyisihkan sekitar 1.000 NZD (600 USD) per bulan. Sekolah swasta atau sekolah internasional cukup mahal dengan biaya tahunan hingga 20.000 NZD (12.000 USD) per tahun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.