Berita Nasional Terpercaya

3 Produk yang Laris Dijual Online Selama Ramadhan

0

Bernad.id – Untuk membantu masyarakat Indonesia merayakan bulan Ramadhan mereka, umat Islam Indonesia akan menerima bonus tahunan mereka setidaknya 7 hari sebelum perayaan Hari Raya. Uang tersebut umum dikenal sebagai 'Tunjangan Hari Raya' (THR). Peningkatan pendapatan ini akan menyebabkan peningkatan pengeluaran yang tidak berbeda dengan pengeluaran akhir tahun untuk bonus di negara lain.

Selain itu, orang Indonesia juga cukup paham teknologi, dengan hampir 50% pengguna internet Indonesia adalah pembelanja online aktif. Sebagai data perbandingan, nilai pasar bruto eCommerce Indonesia mencapai US$ 21 miliar menurut Google. Sedangkan, Temasek  memperkirakan nilai itu akan mencapai US$ 82 miliar pada tahun 2025.

e-Commerce di Indonesia didominasi oleh Tokopedia, Shopee, BukaLapak, Lazada, dan sejumlah kompetitor lain. Lalu bagaimana UMKM menghadapi fenomena penjualan online selama Ramadan? Produk seperti apa yang biasanya dibeli orang Indonesia secara online selama periode Ramadhan?

  1. Produk Fashion
  2. Produk Elektronik
  3. Mainan, Baik Tradisional atau Modern

Baca juga; 4 Trik Bisnis UMKM di Bulan Ramadhan yang Wajib Dijalankan

 

 

Produk Fashion

Keluarga dan teman menggunakan periode Ramadhan dan perayaan Hari Raya untuk bertemu dan saling mengunjungi. Demi meninggalkan kesan yang baik, banyak orang Indonesia memilih untuk berbelanja produk fashion untuk meningkatkan penampilan mereka.

Kabar baiknya, mereka tidak hanya membeli pakaian untuk diri sendiri, tetapi juga untuk kerabat, teman, dan orang lain. Jadi, jumlah transaksi produk fashion bisa berkali-kali lipat dari waktu selain Ramadhan.

Menurut laporan Google tahun 2019, volume pencarian produk mode dan fashion seperti baju lebaran 2018 (baju Idul Fitri), model rambut 2018, dan tutorial hijab mengalami lonjakan besar selama periode Ramadhan.

Baca juga: Panduan Lengkap UMKM Mengembangkan Digital Marketing Hemat Biaya

Produk Elektronik

Barang elektronik konsumen (consumer electronic) seperti smartphone, tablet, dan kamera mengalami peningkatan penjualan selama minggu terakhir menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Pada tahun 2019, Google melaporkan bahwa volume pencarian 'smartphone terbaik 2018', 'laptop gaming', dan 'kamera (kamera)' di kalangan masyarakat Indonesia yang paham teknologi mengalami peningkatan selama periode Ramadhan 2018.

Pada umumnya, orang Indonesia mengganti gawai mereka selama periode Ramadhan. Gawai selama bulan puasa dan hari raya adalah alat bantu sekaligus produk fashion untuk meningkatkan kesan mendalam di hadapan orang lain.

Dengan dua manfaat yang didapatkan, tren pembelanjaan produk elektronik konsumen hampir mendekati tren produk fashion. 

Baca juga: Riset Pasar: Definisi, Jenis, dan Bagaimana UMKM Bisa Memanfaatkannya

Mainan, Baik Tradisional atau Modern

Menurut laporan Shopback pada tahun 2017,  mainan dan game merupakan barang populer yang dibeli secara online selama periode Ramadhan. Sejumlah orang tua menjadikan bulan puasa sebagai momen memberi penghargaan kepada anak-anaknya karena berperilaku baik, seperti belajar cara berpuasa yang benar untuk pertama kalinya.

Kategori mainan dan permainan meliputi mainan tradisional seperti perangkat konstruksi, boneka dan sejenisnya, serta video game. Secara khusus, Shopback juga melaporkan bahwa mainan dan game merupakan kategori dengan performa terbaik dalam penjualan online di Indonesia pada tahun 2017.

Periode Ramadhan adalah saat yang tepat untuk mencoba berbagai strategi promosi dan diskon untuk mendapatkan lebih banyak penjualan untuk eCommerce Anda. Peningkatan pendapatan selama Ramadhan bagi banyak orang Indonesia serta promosi dan diskon tahunan menawarkan peluang penjualan yang besar bagi pedagang online. Sebagai contoh produk yang berhasil menembus pasar online adalah Emado’s Shawarma. Ulasan mengenai Emado’s Shawarma dapat dibaca di artikel berjudul 80 Persen Penjualan dari Platform Online, Emado’s Shawarma Populerkan Kuliner Timur Tengah

Leave A Reply

Your email address will not be published.