Berita Nasional Terpercaya

Fakta Gabriel Martinelli, Penyerang Arsenal yang Sempat Jadi ?Pemain Futsal

0

BERNAS. ID-  Sejak kedatangannya di Arsenal era pelatih Unai Emery pada 2019, nama Gabriel Martinelli tak banyak yang mengenalnya. Namun semusim terakhir ini, nama Martinelli cukup dibicarakan sebab permainan apaiknya bersama Arsenal.

Martinelli sendiri kala itu didatangkan Arsenal dengan harga yang cukup ekonomis  6,7 juta euro dari klub antah berantah divisi empat sepak bola Brasil, Ituano Futebol Clube membuatnya tak cukup meyakinkan bakal memberi kontribusi di Arsenal. Bahkan kala itu, para pendukung mereka di seluruh antero dunia banyak yang mengkritik keputusan Arsenal kenapa tidak membeli pemain yang sudah terbukti kemampuannya.

Baca juga: Profil Ben White, Fakta Bek Mahal yang Didatangkan Arsenal

Adapun sekarang faktanya Martinelli diminati sebanyak 25 klub sepak bola Eropa di bursa transfer musim panas ini. Meski sempat dipanggil ke Timnas Brasil senior pada Copa America 2019 musim lalu, Martinelli saat ini tercatat sebagai andalan timnas Brasil U 23.   

Lalu siapa sebenarnya Gabriel Martinelli dan seperti apa kisah perjalanan karir sebelum akhirnya sukses di Arsenal? Simak ragam fakta berikut ini.

Daftar Isi :

  1. Tentang Gabriel Martinelli
  2. Bermula Dari Pemain Futsal
  3. Jadi Buruan Sejumlah Klub Eropa
  4. Moncer di Arsenal
  5. Karir Internasional Martinelli Bersama Timnas Brasil

Tentang Gabriel Martinelli

Nama Lengkap : Gabriel Teodoro Martinelli Silva

Tempat Lahir : Guarulhos, Brasil

Tanggal Lahir : 18 Juni 2001

Kebangsaan : Brasil

Agama : Kristen

Klub Saat Ini: Arsenal

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 35 Penyerang

Tinggi Badan : 178 cm

Kekuatan Tendangan: Kaki Kanan

Nama Instagram: @gabriel.martinelli

Baca juga: Granit Xhaka, Kapten Timnas Swiss Berjuluk “Xhakboom” di Arsenal

Bermula Dari Pemain Futsal

Pemilik nama asli Gabriel Teodoro Martinelli Silva itu, lahir 18 Juni 2001 itu adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang kini beroperasi sebagai penyerang untuk klub Liga Premier Inggris,  Arsenal. Martinelli semakin dikenal public berkat kecepatan, kesadaran posisi, serta kemampuan yang ulung dalam mencetak gol.

Guarulhos, adalah sebuah kota terpadat kedua di Sao Paulo Brasil menjadi saksi tempat  lahir dan tumbuh seorang  Gabriel Martinelli. Sebelum menjadi pesepakbola profesional, diketahui awalnya Martinelli tampil sebagai pemain futsal untuk Corinthians saat usianya masih 9 tahun.

Kemudian ia memilih fokus pada  karir sepak bolanya dengan mendaftarkan diri jadi bagian klub Série D Brasil  bernama Ituano pada 2015.  Dia membuat debut profesionalnya di skuad utama pada 17 Maret 2018,  yang masuk  sebagai pemain pengganti Claudinho dalam kemenangan tandang 2-1.

Di debut itu ia masih berusia 16 tahun sembilan bulan, dan tercatat  ia menjadi pemain termuda. Martinelli mencetak gol senior pertamanya pada 8 September 2018, mencetak gol kedua timnya dalam pertandingan tandang 4-1 dari Taboao da Serra, untuk Copa Paulista.

Martinelli menutup musim di copa Capulista dengan mencetak enam gol, menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak klub saat mereka mencapai perempat final. Namanya pun terpilih sebagai debutan terbaik, countryside player of the year.

Baca juga: Profil Emile Smith Rowe, Bintang Muda Binaan Akademi Arsenal

Jadi Buruan Sejumlah Klub Eropa

Setelah menampilkan permainan apik dan mencetak gol untuk Ituano di liga dan Campeonato Paulista, Martinelli dilaporkan menjadi sasaran dari sejumlah klub Eropa termasuk, Manchester United dan Barcelona. Namun pada akhirnya Arsenal memenangkan perburuan tanda tangan sang pemain pada 2 Juli 2019, era Unai Emery.

Usai resmi berseragam The Gunners, Martinelli melakukan debutnya di Liga Premier yang sebagai pengganti Henrikh Mkhitaryan pada menit ke-84 dalam laga kontra Newcastle United yang berakhir dalam kemenangan 1-0 pada 11 Agustus 2019.

Sementara itu, dua gol dalam kemenangan 5-0 atas tim Championship Nottingham Forest di Piala EFL, menandai gol debutnya bersama Arsenal. Dalam laga tersebut  gol Martinelli jadi  pembuka dan menutup skor laga.

Adapun gol  pertama ia lesakan lewat  sundulan tiang dekat, kemudian gol kedua lewat tendangan jarak jauh.  Usai laga tersebut, Martinelli banyak menuai pujian dari pelatih asal Spanyol, Unai Emery yang menilai pemain tersebut memiliki kesabaran dan mampu dimanfaatkan sebaik mungkin kesempatan.

Baca juga: Nicolas Pepe, Winger Mahal yang Kian Meredup di Arsenal

Moncer di Arsenal

Beberapa musim selanjutnya performa Martinelli di skuad Arsenal makin meroket, membuatnya dianugerahi penghargaan Arsenal ‘Player of the Month’ pada Desember 2021.  Adapun nama Martinelli , menerima 75% dari total suara yang diberikan, mengalahkan Matteo Guendouzi dan Nicolas Pepe.

Dia mencetak gol liga keduanya, dan yang pertama setelah penunjukan pelatih kepala baru, Mikel Arteta dalam hasil imbang 1-1 Arsenal dengan Sheffield United . Tak lama kemudian, Martinelli harus absen hingga akhir 2020, setelah menjalani operasi untuk memperbaiki lesi di tulang rawan lututnya, menyusul cedera yang dideritanya saat latihan.

Namun perlahan performanya kian naik usai sembuh, dengan naluri mencetak gol yang apik dan kemampuannya memberikan umpan ia cukup banyak mendapat porsi main di skuad Arsenal. Sejauh ini ia telah mengemas 5 gol dari 26 penampilannya di semua kompetisi musim 2021/ 22.

Baca juga: Fakta Eddie Nketiah, Striker Muda Arsenal yang Minim Kesempatan

Karir Internasional Martinelli Bersama Timnas Brasil

Gabrielle Martinelli lahir di Brasil, namun masih memiliki akar keturunan Italia dari ayahnya. Hal ini menjadikannya memiliki kewarganegaraan ganda Brasil-Italia.

Namun pada akhirnya pemain kelahiran Guarulhos itu lebih memilih untuk memperkuat tim nasional Brasil. Martinelli pertama kali dipanggil oleh manajer Tim Nasional Samba, Tite untuk menyelesaikan pelatihan persiapan Copa América 2019 pada 20 Mei 2019 lalu.

Martinelli tampil perdana untuk memperkuat tim U-23 Brasil di Festival Sepak Bola Internasional Bersatu di Spanyol pada November 2019. Meski belum tampil di skuad senior Brasil, di usianya yang masih belia menjadikan nama Gabriel Martinelli penyerang potensial untuk masa mendatang Tim Nasional Samba.

Baca juga: Profil dan Fakta Alexandre Lacazette, Penyerang Haus Gol Milik Arsenal

Leave A Reply

Your email address will not be published.