Berita Nasional Terpercaya

Deretan Wisata Semarang Terbaru Ini Wajib Anda Kunjungi

Sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang  tentunya punya sejumlah wisata yang tersebar di beberapa wilayah, baik di kota maupun kabupaten.

5

 BERNAS. ID-  Wisata Kota Semarang tak hanya dikenal dengan  Lawang Sewu atau Kota Lama saja  yang ikonik dan epik. Banyak sekali wisata yang gak kalah memukau jika Anda sedang berkunjung ke Semarang.

Sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang  tentunya punya sejumlah wisata yang tersebar di beberapa wilayah, baik di kota maupun kabupaten.   Anda bisa menemukan segudang tempat wisata di sini, mulai dari wisata tema alam, wisata sejarah, hingga wisata bertemakan edukasi.

Baca juga: PAD Sektor Pariwisata Sleman Ditopang Sektor UJP

Karenanya, Semarang menjadi salah satu kota yang menarik  mengisi waktu berlibur, berikut beberapa tempat wisata mempesona di Kota Atlas yang wajib Anda kunjungi. Bernas. id telah merangkumnya  untuk Anda.

 Wisata Sam Poo Kong

wisata semarang sam poo kong
Cukup dengan tiket masuk Rp3.000 saja, Anda sudah dapat menikmati keindahan bangunan Sam Poo Kong yang memiliki nilai sejarah ini.

 

Wisata Semarang wajib yang harus Anda kunjungi adalah Sam Poo Kong. Ya, Bangunan klenteng yang ini mempunyai bentuk bangunan yang unik, dan juga sangat bersejarah.  Dalam perjalannya, Klenteng Sam Poo Kong merupakan simbol akulturasi budaya China dengan adat Jawa.

Bangunan kelenteng berdiri megah didominasi warna merah serta arsitektur khas China di berada di Kelurahan Pamularsih Kota Semarang . Klenteng Sam Poo Kong merupakan jejak perjalanan Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah dunia yang terkenal asal China.  

Meilansir dari laman resmi klenteng sampokong, tempat ini didirikan untuk menghormati Laksamana Cheng Ho. Jika Anda mengunjunginya di  hari besar etnis China, seperti Tahun Baru Imlek, Klenteng Sam Poo Kong menyajikan sejumlah hiburan. Semua masyaraka dapat menikmatinya,  tak hanya warga keturunan Tionghoa. 

Cukup dengan tiket masuk Rp3.000 saja, Anda sudah dapat menikmati keindahan bangunan yang memiliki nilai sejarah ini.Bagaimana  tempat ini sangat cocok bukan bagi Anda yang menyukai wisata sejarah?

Baca juga: Ada Kasus Kebocoran Gas, Bupati Wonosobo Pastikan Dieng Aman Dikunjungi Wisatawan

Wisata Sejarah di Kota Lama

kota lama semarang
kawasan Kota Lama Semarang ini dulunya merupakan pusat pemerintahan era Kolonial. Hal ini yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

 

Kalau berkunjung ke Semarang tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Kota Lama.  Sesuai namanya, tempat wisata ini memiliki bangunan-bangunan tua bersejarah yang berdiri pada abad ke-19 hingga 20.

Bangunan di Kota Lama yang unik ini akan membawa Anda ke peradaban masa lampau, tentunya dengan citra visual  khas nuansa Eropa.  Adapun bangunan dan gaya arsitektur gedung-gedungnya khas dengan pintu utama dan jendela berukuran besar, elemen dekoratif, dan langit-langit yang tinggi. 

Mengutip dari laman resmi visitjawatengah pada masa itu, kawasan ini merupakan pusat pemerintahan era Kolonial. Hal ini yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi wiatawan mengunjunginya.

Tidak hanya ramai oleh para wisatawan untuk keliling atau berswa foto, Kota Lama juga kerap menjadi lokasi syuting.  Ada beberapa spot  yang menarik untuk dikunjungi, antara lain Gereja Blenduk, Taman Srigunting, Gedung Asuransi Jiwasraya, Gedung Bank Mandiri Mpu Tantular, Rumah Akar samping Gedung Jiwasraya, Gedung Oudetrap, Semarang Art Gallery, De Spiegel, Marba, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga: Pariwisata Di Sleman Terdampak PPKM Level 3, Kunjungan Turun

Wisata Semarang Dusun Semilir

Dusun Semilir
Mengunjungi Wisata di Dsn. Semilir datang saat pagi ataupun malam hari karena keduanya memiliki pemandangan yang tak kalah menariknya.

 

Mengusung konsep Eco Park, dengan stupa Candi Borobudur yang menjadi ikonnya, Dusun Semilir beralamatkan di  Jalan Soekarno Hatta Nomor 49, Bawen, Kabupaten Semarang.  

Karena lokasinya berada di daerah perbukitan, tempat wisata ini  terkenal akan berbagai macam spot foto menarik, wisatawan dapat menikmatinya dengan berselfie.  Meski  begitu, Dusun Semilir juga memiliki restoran dan penginapan dengan nuansa alam yang menyegarkan.

Untuk jam operasionalnya , Dusun Semilir saat hari kerja adalah pukul 08.00 sampai 18.00 WIB, sedangkan saat akhir pekan pukul 08.00 hingga 19.00 WIB.  Adapun harga tiket yang Anda bayarkan hanya  sekitar 20 ribu rupiah saja  pada hari kerja,  dan 25 ribu rupiah pada akhir pekan.

Pengunjung bisa datang saat pagi ataupun malam hari karena keduanya memiliki pemandangan yang tak kalah menariknya. Jadi hal ini memungkinkan Anda, mau menikmati nuansa alam pagi yang segar,  atau nuansa malam yang menenangkan.

Baca juga: Mahasiswa Kembangkan Pariwisata Berbasis Kewarganegaraan Ekologis Di Kulonprogo

Wisata Semarang Saloka Theme Park

Saloka Park
Wisata Saloka mengusung konsep belajar dan mengenang legenda Jawa, khususnya legenda di Jawa Tengah.

 

Tempat wisata yang launching pada 2018 lalu ini, menawarkan banyak wahana menarik untuk segala umur, seperti wisata edukasi dan sejumlah wahana yang memacu adrenalin.  Saloka Theme Park  atau orang  lebih mengenalnya  dengan nama  Saloka  merupakan sebuah taman rekreasi tematis yang memiliki konsep kearifan lokal.

 berbagai wahana yang mengusung konsep belajar dan mengenang legenda Jawa, khususnya legenda di Jawa Tengah. Keunikan inilah yang membuat taman hiburan ini lebih menarik dan berbeda.  

Sedikitnya ada  25 wahana berbeda yang tersebar di 5 zona. Adapun Zona tersebut di antaranya zona Pesisir, zona Balalantar, zona Kamayayi, zona Ararya dan zona Segara Prada.

Beberapa wahana yang bisa Anda coba seperti Zona Kamayayi, Zona Ararya, Zona Segara Prada, Zona Pesisir, Zona Belantara, dan lain-lain.  Taman bermain yang berdiri di lahan seluas 12 hektar ini buka setiap hari.

Baca juga: Menanti Kolaborasi Cantik dan Rasa Empati Untuk Wisata Kesehatan Indonesia

Pasar Semawis

Pasar Semawis
Penyusuran wisata di Pasar Semawis Semarang bukan hanya menawarkan wisata kuliner yang mengenyangkan, tapi juga soal suasana.

 

Tempat wisata di Semarang yang wajib anda kunjungi berikutnya ialah Pasar Semawis. Wisata kuliner yang terletak di kawasan Pecinan ini murah meriah. Beragam jenis kuliner khas Semarang seperti kue serabi,lumpia,  nasi ayam, bubur kacang hijau, hingga aneka sate siap memanjakan lidah Anda.

Pasar yang sudah berdiri sejak tahun 2004 ini biasanya buka pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Bagi Anda yang berkunjung ke Semarang, sebaiknya menyempatkan diri untuk menikmati berbagai sajian kuliner yang sudah pasti lezat dan menggugah selera ini.

Penyusuran di Pasar Semawis Semarang bukan hanya menawarkan wisata kuliner yang mengenyangkan, tapi juga soal suasana. Bagaimana kawasan yang sudah berusia ratusan tahun masih tetap menawarkan atmosfer yang begitu ‘hidup’ dan tak lekang oleh waktu.

Bila ingin berkunjung ke sini, Pasar Semawis buka di akhir pekan, tepatnya dari hari Jum’at hingga Minggu, pukul 18.00 sampai 23.00 malam. Itulah tadi beberapa ulasan mengengenai tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Semarang. Tentu itu hanya beberapa, masih banyak lagi wisata yang tak kalah bagusnya. Selamat berwisata.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Yogyakarta Yang Banyak Dikunjungi

5 Comments
  1. […] Baca juga: Deretan Wisata Semarang Terbaru Ini Wajib Anda Kunjungi […]

  2. […] Baca juga: Selain Wisata Kota Lama, Ini Deretan Wisata Semarang Terbaru […]

  3. […] Baca juga: Selain Sam Poo Kong, Ini Deretan Wisata Semarang Terbaru […]

  4. […] Baca juga : Berkunjung ke Semarang, wajib masukkan tempat ini ke wishlist liburan […]

  5. […] Baca juga : Berkunjung ke Semarang, Wajib Kunjungi Tempat Ini! […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.