Berita Nasional Terpercaya

Profil Memphis Depay, Bomber Baru Andalan Milik Barcelona

Bak gayung bersambut, kala itu Memphis Depay juga tak memperpanjang masa baktinya di Olimpique Lyon.

1

 

BERNAS. ID –  Baru bergabung musim panas 2021 lalu dari Olympique Lyon, Memphis Depay sempat menjadi pilihan utama di lini serangan Barcelona. Sayangnya inkonsistensi dan cedera menerpa menjadi momok yang menghalangi kesuksesan Depay di skuad utama klub berjuluk  Blaugrana.

Hal ini lah yang membuatnya santer dikabarkan bakal dilego manajer baru Barcelona, Xavi Hernandez musim depan. Sebenarnya, penampilan Depay  bisa dibilang tak sepenuhnya buruk.

Sepanjang musim ini,  eks bintang PSV Eindhoven itu sudah mencatatkan 10 gol dan 2 assist untuk Blaugrana dari 30 penampilannya. Kedatangan Ferran Torres, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Adama Traore di lini depan Barcelona pun membuat menit bermain Depay semakin menipis.

Itu berarti PR besar bagi sang pemain  untuk terus membuktikan diri kepada Xavi Hernandez demi bersaing dengan ketiga pemain berbakat tersebut. Lalu seperti apa kisah perjalanan karir sepak bola seorang Memphis Depay? simak ulasannya sebagai berikut.

Baca juga: Mengenal Luuk De Jong, Striker Dadakan Barcelona Berpaspor Belanda

Tentang Mamhis Depay

Nama Lengkap: Memphis Depay

Tempat Lahir : Moordrecht, Belanda

Tanggal Lahir : 13 februari 1994

Kebangsaan : Belanda

Agama :  Kristen

Klub Saat Ini: Barcelona

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 9  Penyerang

Tinggi Badan : 178 cm

Kekuatan Kaki Dominan: Kaki Kanan

Instagram: @memphisdepay

Baca juga: Baru Dibeli Dijual Lagi, Ini Kisah Emerson Royal Korban Krisis Finansial Barcelona

Karir Klub Junior Memphis Depay

Moordrecht, Belanda adalah tempat lahir sang pemain pada 13 februari 1994 silam. Lahir dan besar di Moordrecht, memphis kemudian memulai karir junior pada tahun 2000/ 03 untuk VV Moordrecht.

Usia dari sana ia kemudian meninggalkan kota kelahirannya guna bermain untuk Sparta Rotterdam ketika itu ia masih berusia sembilan tahun. Tiga musim berlalu, ia kemudian masuk ke akademi PSV Eindhoven.  

Karirnya mulai menunjukkan pegembangan sinifikan hingga ia memulai trial untuk laga PSV Jong tahun 2011. Tepatnya di Bulan September 2011 barulah ia memulai debut resmi untuk PSV ketika melakoni laga di Piala KNVB melawan VVSB.

Baca juga: Paul Pogba, Gelandang Religius yang Sempat Diragukan MU

Melejit ke Skuad Utama PSV Eindhoven

Memphis mencetak gol pertamanya di kompetisi eropa ketika kualifikasi liga champions melawan Zulte Waregem dengan melepaskan tembakan ke pojok kiri gawang yang dikawal Sammy Bossut dan sukses menang dengan skor 2-0. Namun sayangnya PSV harus gagal lolos ke fase grup liga champions pada saat itu dan harus puas terlempar ke Liga Europa.

Setelah tampil mengesankan di hampir semua pertandingan, akhirnya ia sukses memberikan gelar untuk PSV yang ke-22 di Liga dan pertama sejak tahun 2008. Dengan raihan gelar itu PSV sukses mematahkan dominasi Ajax Amsterdam. Total semenjak ia bermain untuk PSV ia sudah mencatatkan 125 penampilan dan mampu menyumbakna 50 gol.

Performa Memphis semakin terlihat cemerlang ketika dirinya dipanggil untuk membela Timnas Belanda di Piala Dunia 2014. Sumbangan 2 gol dari 4 pertandingan membuatnya menjadi buruan klub-klub besar Eropa.

Baca juga: Virgil Van Dijk, Inilah Catatan Karir Bek Andalan Liverpool

Masa Sulit di Manchester United

Kala itu Manchester United lah yang beruntung bisa mendapatkan tanda tangan Memphis pada Juli 2015 dengan transfer 25 juta. Tanpa ragu, The Reds Devil langsung memberikan nomor punggung 7 bekas Cristiano Ronaldo.

Namun, perjalanan Memphis di Old Trafford tampaknya tak  dapat memenuhi ekspektasi klub. Karir sepak bolanya makin merosot tak seindah lonjakan karir Cristiano Ronaldo beberapa tahun sebelumnya.

Bahkan ia dianggap sebagai pembelian buruk MU di musim tersebut.  Tercatat Ia hanya mampu menyumbang 2 gol dari 29 laga di EPL pada musim pertamanya.

Baca juga: Pernah Jadi Bek Termahal, Kini Harry Maguire Diragukan Fans MU

Memphis Depay Kembali Menyala di Lyon

Di musim kedua, bersama manajer baru Jose Mourinho yang menggantikan Louis Van Gaal,  Memphis benar-benar tak menginginkannya.  Di musim ketiga dan jadi musim terakhirnya di Old Trafford,  pemain itu hanya bermain sebanyak 4 kali di EPL.  Pada akhirnya  MU melepasnya ke Lyon dengan biaya transfer 16 juta euro pada Januari 2017.

Setelah sempat mengalami masa sulit di Old Trafford, Memphis sekan kembali mendapatkan sentuhan terbaiknya  saat berada di Lyon. Di sana ia berhasil memperbaiki performa dan sukses menjadi pemain andalan di klub Perancis tersebut.

Musim 2020/ 21  ia berhasil mengantarkan Lyon ke babak semifinal Liga Champions dan berpeluang untuk merengkuh trofi di ajang tersebut.  Sepanjang bermain di  League 1 Prancis, Memphis Depay mampu torehkan 50 gol dan 55 assist dari 178  penampilannya di semua kompetisi.

Baca juga: Mason Greenwood, Pemain Muda Berbakat Tersandung Kasus Pemerkosaan

Barcelona Mendatangkannya Secara Gratis

Capaian manis itu membuat Barcelona kemudian menginginkan servisnya.  Bak gayung bersambut, kala itu Memphis Depay juga tak memperpanjang masa baktinya di Liyon. Pemain kelahiran Moordrecht itu memang ingin pindah ke La Liga Spanyol pada musim 2021/ 22.

Tak butuh waktu lama, Depay kemudian berlabuh ke Blaugrana, julukan Barcelona dengan status free transfer alias gratis. Tiba di Camp Nou, Depay memulai debutnya dengan manis saat berlaga kontra Girona.

Kala itu Depay masuk dari bangku cadangan pada menit ke-42 untuk menggantikan Ray Manaj.  Ketika Depay tampil, Barcelona sudah  unggul 2-1 berkat gol penalti Gerard Pique serta torehan Ray Manaj.

Tak berselang lama, ia langsung mampu mengemas  gol untuk Blaugrana. Eks Bintang Manchester United itu Manchester United itu membobol gawang Girona setelah dengan apik mengeksekusi penalti yang diberikan wasit.  

Sementara, Girona hanya mampu menipiskan ketinggalan lewat Samuel Saiz dari titik putih.  Dengan tambahan gol itu,  Gol Depay Barcelona memastikan kemenangan 3-1 atas Girona. Hingga kini, meski penampilannya naik turun bahkan sempat diisukan akan dilego Barcelona,  Mamhis Depay telah mengemas  10 gol dari  21 penampilannya.

Baca juga:  Karir Juan Mata, Sang Raja Asis Eropa yang Kian  Meredup  di Manchester

Leave A Reply

Your email address will not be published.