Berita Nasional Terpercaya

Ousmane Dembele, Winger yang Mulai Moncer di Barcelona

Dalam beberapa laga terakhir, Ousmane Dembele tampil cukup memukau dengan sumbangkan 11 assists dan dua gol. Kondisi ini lah yang membuat  Barcelona dilema untuk melepasnya.

5

BERNAS . ID- Masa depan pemain sayap timnas Prancis, ​​Ousmane Dembele masih belum jelas di Barcelona hingga saat ini. Meski sempat tampil apik di bawah asuhan Xavi Hernandez, Dembele masih belum mau mencapai kesepakatan kontrak baru dengan Blaugrana.

Sebelumnya, Ousmane Dembele memang memiliki kans besar untuk keluar dari Camp Nou lebih cepat karena permainan buruk serta cedera yang membekapnya. Akan tetapi, musim kompetisi 2021/ 22 ini performa Dembele meningkat drastis usai sembuh dari cedera.

Dalam beberapa laga terakhir ia tampil cukup memukau dengan sumbangkan 11 assists dan dua gol. Kondisi ini lah yang membuat  Barcelona dilema untuk melepasnya.

Baca juga: Profil Memphis Depay, Bomber Baru Andalan Milik Barcelona

Adapun  kontraknya sendiri akan kadaluarsa pada akhir Juni musim ini. Blaugrana sudah bernegosiasi sejak awal musim, tapi selalu menemui jalan buntu. Kabarnya, Dembele menuntut gaji cukup besar. 

Saat ini, para petinggi Barcelona tengah bekerja untuk menyelesaikan  kontrak pemain sayap berusia 24 tahun tersebut agar tetap bertahan di Barcelona. Lalu seperti apa kisah perjalanan karir sepak bola Ousmane Dembele? Simak ulasan lengkap karir dan perjalanan karir penyerang timnas Prancis  ini.

Tentang Ousmane Dembele

Nama Lengkap: Mansour Ousmane Dembele

Tempat Lahir : Vernon, Prancis

Tanggal Lahir :  15 Mei 1997

Kebangsaan : Prancis

Agama :  Islam

Klub Saat Ini: Barcelona

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 7  Winger

Tinggi Badan : 178 cm

Kekuatan Kaki Dominan: Kaki Kanan

Instagram: @o.dembele7

Baca juga: Mengenal Luuk De Jong, Striker Dadakan Barcelona Berpaspor Belanda

Masa Kecil Ousmane Dembele

Terlahir dengan nama asli Mansour Ousmane Dembele, semasa kecil Ousmane dikenal sebagai anak ekstrovert yang terobsesi dengan sepak bola.  Melihat minatnya pada sepak bola, orang tuanya pun mengizinkannya untuk melanjutkan mimpinya tersebut.

Untuk mengembangkan minat dan bakatnya, pemain kelahiran 15 Mei 1997 itu kemudian memutuskan melakukan perjalanan bersama ibunya dari Vernon Prancis Utara ke Rennes Perancis Timur Laut untuk bertemu pamannya, Sambague yang kebetulan adalah pesepakbola dan role model-nya.

Sebelum bermain untuk tim profesional Rennes, Dembele melakoni pertandingan untuk Rennes junior dari 2010/ 15.  Dembele kemudian melakukan debut kompetitif si skuad utama Rennes pada 6 September 2014 sebagai pengganti Zana Allee ketika laga melawan  En Avant de Guingamp.  Musim pertama berlaga di Ligue 1, ia mengakhirinya dengan  18 pertandingan dengan 13 gol.

Selepas itu, musim  musim selanjutnya,  ia mencetak gol perdananya ketika berhadapan dengan Bordeaux pada 22 November 2015. Semwntra itu,  pemain bertinggi  178 sentimeter itu mencetak hattrick pertamanya ketika melawan Nantes dan Rennes menang dengan skor 4-1.

Baca juga: Baru Dibeli Dijual Lagi, Ini Kisah Emerson Royal Korban Krisis Finansial Barcelona

Talentanya Tercium Borussia Dortmund

Bakat besar sang pemain ternyata menarik minat klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund. Pada 12 Mei 2016 Dembele menandatangani kontrak lima tahun dengan klub Jerman Borussia Dortmund.

Pemain muda itu  memulai kompetisi  bersama klub berjuluk Die Borussen itu untuk pertama kali melakoni laga kontra Bayern Munich di ajang DFL-Supercup. Namun saat itu Dortmund harus berbesar hati karena menelan kekalahan 2-0.

Saat berseragam Dortmund, Dembele mencetak gol pertamanya ketika melawan VFL Wolfsburg dan mampu menghantarkan Dortmund meraih kemenangan 5-1. Untuk gol di Liga Champions pertamanya berhasil ia cetak ketika Dortmund berhadapan dengan Legia Warsawa.

Salah satu penampilan terbaik, yang paling diingat terjadi pada 27 Mei 2017 saat memainkan pertandingan final melawan Eintracht Frankfurt.

Ousmane Dembele mencetak gol penting untuk memastikan  kemenangan timnya dengan 2-1, dengan melakukan itu ia memberi gelar kepada Dortmund. Atas raihan gelar itu,  menjadi  gelar besar pertama mereka dalam lima tahun terakhir.

Baca juga: Sadio Mane, Anak Imam Masjid yang Jadi Andalan Liverpool

Pemain Termahal Barcelona

Sumbangsih dan permainannya yang menterang di Dortmund, di musim kompetisi  2017/ 18, ia menerima tawaran untuk bergabung dengan klub La Liga, Barcelona. Namun Blaugrana  harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk mendapatkannya.

Karena bakatnya yang sudah tidak bisa diragukan lagi, popularitasnya dalam dunia sepak bola pun melambung tinggi.  Barcelona kala itu mesti membayar sebesar 105 Juta Euro plus  tambahan 40 juta untuk kemudian meresmikan kedatangannya ke Camp Nou.

Karena saat itu Barcelona baru saja menjual Neymar ke Paris Saint-Germain seharga 222 Juta Euro, memutuskan perekrutan Dembele menjadi salah satu opsi ideal. Kedatangan Dembele  itu menjadikannya sebagai pemain termahal dunia kedua setelah Paul Pogba di Manchester United.

 Ousmane Dembele melakukan pertandingan pertama pada 9 September 2017 ketika Barcelona berhadapan dengan Espanyol. Sedangkan gol pertamanya ia sarangkan pada 14 Maret 2018 dalam ajang Liga Champions.

Baca juga: Allison Backer, Karir Gemilang Kiper Terbaik Copa Amerika

Dilema Barcelona Melepasnya

Ousmane Dembele sebelumnya sempat mengalami masa masa sulit di Barcelona. Dembele  yang  diharapkan bisa langsung bersinar, malah yang terjadi  justru sebaliknya.  Eks bintang Rennes itu malah melempem dan kerap dirundung cedera.

Ousmane Dembele bahkan sampai  masuk daftar penjualan Barcelona karena tak kunjung memberikan  kontribusi lebih. Situasi makin pelik, karena musim kemarin keuangan klub Catalunya itu krisis. Klub bahkan sampai mengultimatum Dembele untuk pergi.lebih cepat dari Camp Nou.  

Akan tetapi, musim kompetisi 2021/ 22 ini performa Dembele meningkat drastis  usai sembuh dari cedera. Bersama manajer barunya, Xavi Hernandez dalam beberapa laga terakhir ia tampil cukup  memukau dengan sumbangkan 11 assist dan dua gol.

Kondisi ini lah yang membuat  Barcelona dilema untuk melepasnya.  Adapun  kontraknya sendiri akan kadaluarsa akhir musim ini. Blaugrana sudah bernegosiasi sejak awal musim, tapi belum mendapat kesepakatan terkait masa depannya di Barcelona.

Baca juga: Inilah Catatan Divock Origi, Punggawa Supersub The Red Liverpool

Leave A Reply

Your email address will not be published.