Berita Nasional Terpercaya

Ansu Fati, Ini Fakta dan Rekor Wonderkids Jebolan La Masia

Melansir dari Marca, pada usia 18 tahun dan 351 hari, Ansu Fati juga telah mencetak 15 gol untuk Barcelona di seluruh kompetisi. Catatan ini lebih baik dari Lionel Messi yang pada usia sama, baru membuat delapan gol di semua ajang.

3

BERNAS. ID –  Akademi La Masia milik FC Barcelona tak henti hentinya melahirkan banyak pemain hebat. Meski produktivitas La Masia sedikit menurun di beberapa tahun terakhir. Tetap ada nama-nama yang menarik diperhatikan, salah satunya Ansu Fati. 

Ya,  pemain ini cukup jadi soroton publik terkait performa gemilangnya di skuad utama Barcelona. Apalagi di usia yang masih cukup muda, ia kerap membuat capaian baru yang mengesankan. 

Bahkan Ansu Fati saat ini didapuk sebagai penerus nomor 10 yang pernah dipakai Diego Maradona dan Lionel Messi. Sejauh ini, menurut catatan statistik Transfermarkt pemain kelahiran Guinea-Bissau, 31 Oktober 2002 silam itu punya catatan yang bagus.  Dari 53 penampilan sejak debutnya di Barcelona, ia telah mencatatkan 18  gol dan 6 assist. 

Lantas bagaimana profil dan sepak terjang  seorang Ansu Fati yang dielu elukan bakal jadi penerus legenda Barcelona?  Mari simak ulasan sepak terjang perjalanan karirnya berikut ini.

Baca juga:  Ousmane Dembele Yang Bikin Dilema Barca Melepasnya Musim Ini

Tentang Ansu Fati

Nama Lengkap: Anssumane Vieira Fati

Tempat Lahir : Guinea-Bissau

Tanggal Lahir : 31 Oktober 2002

Kebangsaan : Spanyol

Agama :  Kristen

Klub Saat Ini: Barcelona

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 10  Penyerang

Tinggi Badan : 178 cm

Kekuatan Kaki Dominan: Kaki Kanan

Instagram: @ansufati

Baca juga: Profil Memphis Depay, Bomber Baru Andalan Milik Barcelona dari Lyon

Kehidupan Pribadi 

Lahir dengan nama lengkap Ansumane Fati Vieira pada 31 Oktober 2002 di Guinea-Bissau.  Keluarganya kemudian pindah ke Spanyol saat usianya 6 tahun.

Tiba di Spanyol, keluarganya kemudian menetap di Herrera, Sevilla. Sebagai anak yang lahir dari keluarga pesepak bola, ia kemudian  bersama  kedua abangnya, Braima dan Miguel sempat masuk ke akademi sepak bola Sevilla FC, sebelum akhirnya merapat ke akademi La Masia di usia 10 tahun.

Bakat sepak bola Fati sebenarnya tidak hanya tercium oleh Barcelona saja. Sebelumnya, Real Madrid yang menjadi rival abadi Barca juga tertarik mendapatkan tanda tangannya. Namun pemain kelahiran Guinea itu lebih memilih La Masia sebagai tempat menempa diri karir sepak bolanya.

Sejak bergabung dengan akademi Barcelona, Fati langsung menunjukkan kemampuannya di lapangan.  Bocah tersebut  konsisten menghuni posisi starter di setiap tim dan berperan besar dalam level yang lebih luas seperti UEFA Youth League.

Baca juga: Mengenal Luuk De Jong, Striker Dadakan Siasat Krisis Barcelona

Binaan Akademi La Masia

Bersama pemain  jebolan akademi Barcelona  lain seperti, Eric Garcia, Gavi, Riqui Puig, ia melewati jenjang standarisasi klub mulai level junior hingga ia mampu merangsek masuk skuad utama Blaugrana.

Perjalanan Ansu Fati menembus tim utama Blaugrana  cukup singkat.  Karir sepak bolanya menanjak 7 tahun setelahnya. Pada 4 Juli 2019, namanya masuk dalam daftar di skuad utama.

Kemampuan olah bolanya membawanya melakukan debut di tim utama Blaugrana pada usia 16 tahun 318 hari. Tepatnya pada 31 Agustus 2019, Ansu Fati berhasil mencetak gol pertamanya dalam pertandingan Barcelona vs Osasuna.

Ternyata, satu gol itu menjadi rekor baru bagi dirinya dan Barcelona. Ansu Fati menjadi pemain termuda yang mencetak gol untuk Barcelona pada usia hanya 16 tahun 304 hari.

Baca juga: Sadio Mane, Anak Imam Masjid yang Jadi Andalan Liverpool

Rekor Baru Sosok Ansu Fati

Penampilan makin moncer saat itu Barcelona menjamu Valencia di Camp Nou pada pekan ke-4 La Liga 2019/20, Minggu (15/9/2019). Dalam laga kemenangan besar Barcelona 5-2,  Ansu Fati membuka keunggulan Barcelona di menit 2.

Setelah itu berkat assistnya,  ia menjadi suksesor atas gol kedua Barcelona di menit 7 oleh Frenkie de Jong. Kevin Gameiro sempat menipiskan selisih skor di menit 27, tapi Barcelona mampu mencetak tiga gol tambahan melalui Gerard Pique menit 51, dan  Luis Suárez. Valencia mencetak gol hiburan lagi di injury time.

Melansir dari Marca, pada usia 18 tahun dan 351 hari, Ansu Fati juga telah mencetak 15 gol untuk Barcelona di seluruh kompetisi. Catatan ini lebih baik dari Lionel Messi yang pada usia sama, baru membuat delapan gol di semua ajang.

Berkat capaian impresif itu, pemain yang beroperasi sebagai penyerang sisi kiri lapangan itu merupakan salah satu bukti keberhasilan pembinaan bakat pemain muda hasil akademi mereka sendiri, La Masia yang tak pernah kehabisan talenta berkelas.

Baca juga: Joe Rodon, Karir Bek Muda Timnas Wales Di Tottenham yang Merosot

Karir International Ansu Fati Bersama Timnas Spanyol

Kemampuan Ansu Fati di Barcelona yang ciamik membuat Pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique kagum. Ansu Fati yang baru bermain dua kali memainkan laga di timnas Spanyol sudah memiliki level kepercayaan diri di atas rata-rata pemain lainnya.

Ansu Fati berhasil membuat sejarah dalam kemenangan 4-0 Spanyol atas Ukraina di Nations League UEFA. Dari empat gol dicetak ke gawang Ukraina, Ia  menjadi sukses cetak satu gol lewat  tembakan melengkung dari luar kotak penalti.

Dalam kemenangan itu, Ansu Fati menjadi pencetak gol termuda Spanyol. Tak hanya dalam lingkup grub yang sedang bertanding tapi juga dalam sejarah. Pasalnya saat itu ia baru berusia 17 tahun 311 hari ketika mencetak gol.

Sejauh ini ia baru mencatatkan 4 penampilan dan sukses sumbangkan satu gol untuk Laforia Roja. Hal ini membuat Enrique yakin pada bakat luar biasa yang dimiliki Ansu Fati.

Eks  manajer As Roma itu  percaya jika seiring berjalannya waktu,  bakat  bocah tersebut akan terus membumi dan semakin menampilkan performa yang apik dari waktu ke waktu.

Baca juga: Mengenal Takumi Minamino, Gelandang Serang Liverpool Pertama Asal Jepang

3 Comments
  1. […] Baca juga: Ansu Fati, Ini Fakta Dan Rekor Wonderkids Jebolan La Masia […]

  2. […] talenta luar biasa.  Beberapa pemain muda jebolan La Masia semusim terakhir yang melejit selain Ansu Fati, Eric Garcia, dan Riqui Puig adalah Pablo […]

  3. […] Baca juga: Ini Fakta dan Rekor Wonderkids Jebolan La Masia Ansu Fati […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.