Berita Nasional Terpercaya

Mengenal Sosok Pedri, Gelandang Muda Gacor Milik Barcelona

Pedri tampil mengesankan dalam laga kontra Sevilla di markas mereka sendiri, Camp Nou. Ia berhasil mencetak satu satunya gol dalam laga itu dan mengunci kemenangan bagi Barcelona 1-0.

2

BERNAS. ID- Tak bisa dipungkiri, kunci sukses meningkatnya performa Barcelona beberapa bulan terakhir selain taktik Xavi Hernandez, yang tak boleh dilupakan adalah gemilangnya para pemain muda. Beberapa nama pemain muda yang mengisi skuad Barcelona musim ini memang cukup memberi warna permainan apik, salah satunya adalah Pedri.

Nama Pedri terus menjadi sorotan berkat permainan apiknya di skuad utama Barcelona. Yang terbaru, saat gelandang asal Spanyol  tersebut tampil mengesankan dalam laga kontra Sevilla di markas mereka sendiri, Camp Nou, pada Senin 4/4/2022.

Pedri berhasil mencetak satu satunya gol dalam laga itu dan mengunci kemenangan bagi Barcelona 1-0.  Pemain kelahiran Tenerife  itu sukses memecah kebuntuan, dengan gol indahnya lewat tendangan dari luar kotak penalti di menit ke-72.

Berkat tambahan tiga poin itu, Barcelona kini berhasil merangsek naik ke posisi dua klasemen sementara Liga Spanyol 2021/ 22 dengan koleksi 57 poin. Untuk  menjadi Pedri yang saat ini tidaklah mudah. 

Mengutip Int.soccerway, setelah gabung bersama Barcelona, di tahun 2019 pula Pedri dipinjamkan ke klub lamanya, UD Las Palmas. Barulah pada pertengahan tahun 2020, Pedri resmi bergabung bersama tim utama Barcelona.

Baca juga: Ousmane Dembele, Pemain Yang Bikin Dilema Barca 

Tentang Pedri

Nama Lengkap: Pedro González López

Tempat Lahir : Tenerife, Spanyol

Tanggal Lahir : 31 Oktober 2002

Kebangsaan : Spanyol

Agama :  Kristen

Klub Saat Ini: Barcelona

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 16  Penyerang

Tinggi Badan : 178 cm

Kekuatan Kaki Dominan: Kaki Kanan

Instagram: @pedri

Baca juga: Ansu Fati, Ini Fakta Dan Rekor Wonderkids Jebolan La Masia

Masa Kecil Pedri di Akademi Las Palmas

Pedro Gonzales Lopez atau orang lebih mengenalnya sebagai Pedri lahir di Tenerife, Spanyol pada 25 November 2002.  Pemain bertinggi 178 sentimeter itu berposisi utama sebagai penyerang sayap atau winger kiri dengan kaki terkuat kanan.

Pedri mulai meniti karir sepak bolanya  dengan mendaftar di tim muda UD Las Palmas pada tahun 2018, setelah di level junior dari CF Juventud Laguna Juvenil. Selanjutnya, pada 15 Juli 2019 saat masih berusia 16 tahun, ia menandatangani kontrak profesional selama empat tahun dengan klub itu.

Pedri melakukan debut profesionalnya pada 18 Agustus 2019, setelah diorbitkan ke skuad  utama oleh  manajer Pepe Mel dalam kekalahan kandang 0-1 melawan SD Huesca untuk kejuaraan Segunda Division.

Sementara itu, Pedri  mencetak gol profesional pertamanya pada 19 September. Saat itu ia mencetak satu-satunya gol dalam kemenangan kandang atas Sporting de Gijon dan menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Las Palmas pada usia 16 tahun, 9 bulan dan 23 hari.

Usai debut pemain kelahiran 25 November 2002 itu terus  menunjukkan kematangan bermainnya bersama Las Palmas.  Seiring berjalannya waktu, kerja kerasnya mulai membuahkan hasil.

Pedri mulai menunjukan permainan menonjol di antara  pemain lain. Sepanjang musim 2019/ 20, Pedri bermain di La Liga 2 bersama Las Palmas,  di sana ia tampil 37 kali dan mengemas empat gol serta tujuh assist.

Baca juga: Memphis Depay, Bomber Baru Andalan Milik Barcelona dari Lyon

Musim Pertama di Skuad  Blaugrana

Pedri didatangkan Barcelona dengan biaya transfer 5 juta euro sekitar Rp 87 miliar. Namun, jika dia langsung menembus skuad utama Barcelona, Las Palmas bisa mendapatkan uang sebesar 25 juta euro sekitar Rp 436 miliar.

Pedri menyatakan optimistis berhasil menembus skuad utama Barcelona pada kompetisi Liga Spanyol musim 2020/ 21. Sementara itu Presiden Barca kala itu,  Josep Maria Bartomeu menyatakan bahwa Pedri merupakan salah satu bintang muda hebat Eropa di masa mendatang. 

Di musim perdananya bermain di level senior, Pedri tak butuh waktu lama untuk membuktikan kualitasnya. Ia langsung menunjukkan performa terbaiknya mengawal lini tengah Blaugrana.

Kemampuan dalam mengolah bola, mengalirkan umpan serta larinya yang lincah ditampilkannya cukup baik dalam perannya. Total ia bisa mengoleksi 52 penampilan di ajang seluruh ajang dengan torehan 4 gol dan tujuh assist  menutup musim pertamanya.

Baca juga: Fakta Raheem Sterling, Winger Lincah Andalan Manchester City

Gaya Bermain Pedri  Barcelona

Melansir Whoscored, Pedri yang begitu mengidolakan Andres Iniesta ini memang merupakan salah satu talenta muda paling bersinar daratan Spanyol tahun ini. Selain piawai memerankan lini tengah lapangan, Pedri yang pemain versatile atau pemain serba bisa yang  handal ditempatkan sebagai playmaker, gelandang serang maupun sayap kanan.

Dengan usia yang masih muda, skill Pedri cukup menjanjikan untuk jadi permata baru di Barcelona. Ia punya kecepatan, teknik dribbling yang mumpuni, apalagi kemampuan melepaskan tendangan yang ia miliki cukup bagus.

Di lain sisi, pemain kelahiran Tenerife, Canary Islands  itu  juga punya kelebihan berani one by one dengan lawan. Fisiknya  yang cukup bagus  membuat akselerasinya dalam membantu serangan,  juga sangat cepat turun untuk membackup pertahanan.

Gaya bermain Pedri bisa mengekspor ke berbagai posisi berbeda saat ia menerima bola baik di antara garis atau pemain yang mengoper bola melalui garis. Ia memiliki keberanian dan keinginannya yang konstan untuk memberikan kreatif dan menciptakan peluang.

Catatan tackling-nya pun sangat bagus untuk pemain seusianya, yakni rata-rata 2,1 tekel per game. Dengan semua catatan ini, maka tak berlebihan jika Pedri menjadi rekrutan terbaik Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona kala itu.

Sejauh ini bersama Barcelona, ia  telah menyumbangkan 9 gol dan 7 assist dari 74 penampilannya. Banyak juga memprediksikan  jika ia bakal menjadi bintang masa depan Barcelona dan timnas Spanyol di masa mendatang. Dengan usia yang masih muda serta bakat besar yang ia miliki, ia masih berpeluang besar menambah pundi pundi gol dan prestasinya.

Baca juga: Thiago Alcantara, Kini Karir dan Performanya Menurun di Liverpool

Leave A Reply

Your email address will not be published.