Berita Nasional Terpercaya

Pablo Gavi, Bintang Muda Barcelona yang Melejit di Eropa

Gavi menerima tawaran Barcelona setelah tampil bagus di akademi Real Betis. Saat itu Blaugrana merekrutnya pada 2015 ketika sang pemain baru berusia 11 tahun.

6

BERNAS. ID-   Nama akademi La Masia sebagai salah satu akademi terkenal di dunia sepak bola tak surut menghasilkan produk talenta luar biasa.  Beberapa pemain muda jebolan La Masia semusim terakhir yang melejit selain Ansu Fati, Eric Garcia, dan Riqui Puig adalah Pablo Gavi.

Pablo Martín Páez Gavira atau yang kini lebih dikenal dengan nama Gavi, merupakan seorang gelandang muda produk terbaru dari Barcelona, yang diprediksi memiliki masa depan cerah di sepak bola Eropa.

Bersama dengan Pedri, Gavi dipandang sebagai bagian penting Barcelona untuk masa depan. Bukan tidak mungkin keduanya bisa membentuk kombinasi baru di lini tengah pada masa depan, menggantikan Andres Iniesta dan Xavi Hernandez yang begitu melegenda.

Gavi memiliki jalan panjang untuk mencapai posisinya saat ini. Enam tahun lalu menjadi waktu berharga baginya untuk belajar dengan akademi Barcelona sebelum ada di situasi saat ini. Lantas bagaimana perjalanan karir seorang Gavi yang kini sedang naik daun berkat penampilan impresifnya? Simak perjalanan karirnya sebagai berikut ini.

Baca juga: Mengenal Sosok Pedri, Gelandang  19 Tahun yang Gacor Milik Barcelona

Tentang Gavi

Nama Lengkap: Pablo Martín Páez Gavira

Tempat Lahir : Los Palacios, Spanyol

Tanggal Lahir : 5 Agustus 2004

Kebangsaan : Spanyol

Agama :  Kristen

Klub Saat Ini: Barcelona

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 30  Gelandang

Tinggi Badan : 173 cm

Kekuatan Kaki Dominan: Kaki Kanan

Instagram: @pablogavi

Baca juga: Yusuf Demir, Wonderkid Dengan Label The Next Lionel Messi Di Barcelona

Awal Karir Sepak Bola Gavi

Pemain dengan nama lengkap Pablo Martin Paez Gavira, atau yang akrab dengan nama Gavi, merupakan pesepak bola yang lahir di Los Palacios pada 5 Agustus 2004. Los Palacios sendiri merupakan kota kecil sekitar 30 kilometer di luar Seville, Spanyol.

Saat masih berusia muda, Gavi mulai menimba ilmu sepak bola bersama La Liara Balompie, sebuah klub yang berbasis di kota kelahirannya. Di akademi junior tersebut Gavi langsung menonjol karena keunggulan teknis dan kekuatan fisiknya.

Dari sana, Gavi kemudian pindah ke akademi Real Betis. Di Real Betis junior klub tersebut, ia menunjukkan performa yang mengejutkan. Ia tampil dengan sangat baik hingga mampu mencetak 96 gol untuk timnya.

Setelah mencatat 96 gol untuk Los Verdiblancos, julukan Real Betis, nama Gavi terus menjadi sorotan.  Hingga kemudian menarik minat sejumlah pemandu bakat  klub besar Spanyol, termasuk Villarreal, Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid berlomba lomba meminangnya.

Baca juga: Memphis Depay, Bomber Baru Andalan Milik Barcelona dari Lyon

Jalan Panjang Capaian di Skuad Utama Barcelona

Namun keputusan Gavi jatuh pada tawaran Barcelona. Saat itu Blaugrana merekrutnya pada 2015 ketika sang pemain baru berusia 11 tahun.

Kemampuan Gavi, serta tubuhnya yang tumbuh lebih besar daripada kebanyakan pemain seusianya, membuat dia langsung bermain sepak bola di umur U-17 hingga U-19, dia tidak bermain dengan tim di bawah umur.

Lima tahun setelahnya, ia berhasil menembus tim Barcelona B yang berkompetisi di Segunda Division B. Di Segunda Division B  pamor dan skil sepak bola Gavi  terus melejit. Sampai pada akhirnya tahun ini, ia sukses menembus skuad utama Barcelona.

Gelandang berpostur 173 cm itu melakoni debut bersama tim utama Barcelona ketika menang 2-1 atas Getafe, 29 Agustus 2021. Kala itu, ia masuk pada menit ke-73 menggantikan Sergi Roberto.

Sementara itu gol perdana pemain kelahiran Los Palacios, Sevilla itu terjadi saat ia Blaugrana meraih  kemenangan atas Elche pada jornada ke-18 Liga Spanyol 2021/ 22.

Baca juga: Mengenal Luuk De Jong, Striker Dadakan Barcelona Era Ronald Koeman

Gavi Mencetak Gol di Usia Muda 

Gol Gavi pada menit ke-19, paling menyita perhatian karena tercipta lewat proses yang spektakuler. Pemain bertinggi 173  sentimeter itu sukses membobol gawang lawan dengan meniru aksi individu menggunakan gerakan khas Lionel Messi.

Dia melakukan tendangan tumit untuk melewati kawalan pemain lawan di area tengah lapangan. Selanjutnya,  ia melewati satu pemain lain sebelum akhirnya melepaskan tembakan yang membuat bola bersarang di sudut bawah gawang.

Dengan raihan gol perdananya itu  membuatnya masuk buku sejarah Barcelona sebagai pencetak gol debutan di usia muda. Pablo Gavi (17 tahun, 4 bulan, 13 hari) menjadi pencetak gol termuda ketiga Barca di La Liga setelah Ansu Fati (16 tahun, 10 bulan) dan Bojan Krkic (17 tahun, 1 bulan, 22 hari). Sejauh ini, Gavi telah tampil pada 39  pertandingan La Liga dengan catatan dua gol dan enam assists.

Baca Juga: Mengenal Sosok Juan Mata, Dulu Dikenal Sebagai Raja Asis Eropa Kini Meredup di MU

Bintang Muda Masa Depan Blaugrana

Bersama dengan Pedri, Gavi dipandang sebagai bagian penting Barcelona untuk masa depan. Kehadiran keduanya di Barcelona bukan tidak mungkin keduanya bisa membentuk kombinasi baru di lini tengah pada masa depan, menggantikan Andres Iniesta dan Xavi Hernandez yang begitu melegenda.

Untuk diketahui, kerjasama Xavi dan Iniesta sempat membuat Barcelona menjadi tim yang  kerap merengkuh  gelar juara baik di liga domestik maupun internasional. Kedua legenda Spanyol itu benar-benar membantu tim Catalan merajai Eropa lewat kepiawaiannya mendominasi lini tengah.

Melansir Football-Espana, Barcelona bisa menggunakan skema 4-4-2. Busquets sebagai poros pertahanan, De Jong dan Pedri sebagai dua interior dan Gavi di posisi nomor 10.

Jika Gavi dan Pedri bisa benar-benar menemukan potensinya di Barcelona, hal itu diyakini akan memudahkan pekerjaan Luis Enrique di timnas Spanyol. La Furia Roja bisa memainkan Gavi-Pedri-dan Busquets yang sudah memiliki chemistry di skuad Barcelona.

Baca Juga: Perjalanan Karir  Seorang Edinson Cavani, Bomber Uruguay yang Sarat Pengalaman

6 Comments
  1. […] Baca juga:  Pablo Gavi, Bintang Muda Barcelona yang Melejit Di Eropa […]

  2. […] Baca juga: Masih Berusia Muda, Pablo Gavi Punya Kans Besar Jadi Bintang Masa Depan Barcelona […]

  3. […] Baca juga:  Pablo Gavi, Bintang Muda La Masia yang Melejit Di Eropa […]

  4. […] Baca juga: Masih Berusia Muda, Pablo Gavi Punya Kans Besar Jadi Bintang Masa Depan Barcelona […]

  5. […] Baca juga:  Masih Belia, Pablo Gavi Banyak yang Memprediksinya Akan Jadi Bintang Baru Barcelona […]

  6. […] Baca juga:  Masih Belia, Pablo Gavi Banyak yang Memprediksinya Akan Jadi Bintang Baru Barcelona […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.