Berita Nasional Terpercaya

Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah dengan Baik

77

JAKARTA, BERNAS.ID – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengajak seluruh daerah untuk kreatif dan inovatif dalam mengelola sampah di masing-masing wilayah.

Menurutnya sejumlah daerah saat ini telah mengelola sampah secara optimal. “Bahkan lebih awal lagi, kampanye mengurangi barang berbahan plastik, diganti dengan yang organik, yang habis bisa hancur dengan cepat oleh proses alami. Karena plastik bisa puluhan hingga ratusan tahun terurainya,” ungkap Mendagri Tito, dikutip dari siaran pers Kemendagri, Senin (18/3/2022).

Baca juga: Kelurahan di Kota Jogja Dapat Stimulan Rp15 Juta untuk Pengelolaan Sampah Mandiri

Tito juga menekankan pentingnya kolaborasi dalam pengelolaan sampah. Terlebih, penanganan urusan persampahan tidak bisa dilakukan sendiri.

“Mulai dari hulu, kita harus mengurangi produksi sampah (reduce), kemudian digunakan kembali (reuse), hingga bisa di-recycle atau didaur ulang,” ungkap dia.

Tito pun menekankan agar pengelolaan sampah bisa dilakukan secara berkelanjutan.

“Kita ambil momentum ada G20, di mana Indonesia pertama dalam sejarah menjadi Ketua G20, negara dengan perekonomian besar di dunia,” jelasnya.

Tito mengatakan, agenda puncak G20 yang akan berlangsung di Bali mendatang akan dihadiri banyak kepala negara.

Adapun salah satu tema yang akan diangkat, yakni persoalan iklim dan pemanasan global.

“Kemudian lingkungan hidup, iklim, dan lingkungan, karena temanya itu, kita sebagai orang timur, sebagai tuan rumah, kita tunjukkan jangan sampai dilihat tempatnya jorok,” tegas Tito.

Dia menuturkan, dalam perhelatan internasional tersebut, Bali akan dikunjungi ribuan orang, mulai dari peserta serta delegasi banyak negara di dunia.

Baca juga: Ada Ratusan Bank Sampah, Tapi Sampah Yang Berkurang Cuma Sangat Sedikit

Karena itu, Tito meminta berbagai pihak agar menunjukkan kapasitas memadai dalam mengelola lingkungan, utamanya sampah. Mendagri juga mendorong adanya kolaborasi dari hulu ke hilir.

“Jangan hanya Bali, kita ingin seluruh Indonesia bersih. Maka saya undang seluruh pemda, agar semua daerah bersih, kota dan kabupatennya bersih, bukan hanya karena ada G20 saja,” tandas dia. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.