Berita Nasional Terpercaya

Sergio Aguero, Striker Berprestasi Ini Memilih Pensiun Dini

Melansir laporan Marca , keputusan ini diambil setelah ia mengeluhkan sesak napas saat laga melawan Alaves dalam lanjutan Liga Spanyol, Minggu 31 Oktober 2021.

2

BERNAS- Jauh sebelum kedatangan winger Manchester City, Ferran Torres  ke Barcelona, terlebih dulu striker mereka, Sergio Aguero telah bergabung ke klub Catalunya untuk  melanjutkan karir sepak bolanya.  Ya, salah satu striker terbaik yang ada di eropa bahkan di dunia itu merapat ke Barcelona pada Mei 2021 dengan status free transfer.

Namun belum lama bergabung, dan baru sempat tampil 5 kali bersama Blaugrana  ia memutuskan untuk mengakhiri karir di lapangan hijau lebih dini karena faktor kesehatan. Melansir laporan Marca , keputusan ini diambil setelah ia mengeluhkan sesak napas saat laga melawan Alaves dalam lanjutan Liga Spanyol, Minggu 31 Oktober 2021.

Baca juga: Mengenal Emerick Aubameyang, Striker Tajam Gratisan dari Arsenal

Sebelum mengakhiri karirnya di Barcelona, Kun  sudah mencetak 1 gol, yakni ke gawang Real Madrid di laga El Clasico pada 24 Oktober lalu. Gol itu kini menjadi gol terakhir dalam kariernya.  Lalu apa saja  prestasi Kun Aguero dan bagaimana kisah perjalanan hidup seorang striker tajam Argentina ini? Mari simak cerita lengkapnya berikut ini.

Tentang Kun Aguero

Nama Lengkap: Sergio Leonel Agüero del Castillo

Tempat Lahir : Buenos Aires, Argentina

Tanggal Lahir : 2 Juni 1988

Kebangsaan : Argentina

Agama :  Kristen

Klub Saat Ini: Barcelona

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 19 Striker

Tinggi Badan : 174 cm

Kekuatan Kaki Dominan: Kaki Kanan

Instagram: @kunaguero

Baca Juga: Perjalanan yang Tak Mudah Allison Backer Hingga Sempat Jadi Kiper Termahal Dunia

Masa Kecil Seorang Kun Aguero

Pemilik nama asli Sergio Leonel “Kun” Agüero del Castillo ini lahir pada 2 Juni 1988 di Buenos Aires, Argentina. Kelahiran pemain hebat  timnas Argentina itu merupakan anak kedua dari tujuh bersaudara yang lahir dari pasangan Leonel dan Adriana.

Penamaan “Kun” pada diri Aguero bermula ketika ia hijrah ke Florencio Varela. Di usianya yang baru menginjak 2 tahun, Aguero sangat menyukai serial kartun Jepang bernama ‘Wanpaku Omukashi Kum Kum’. Karena sering menonton serial tersebut, Aguero sering menyebut kata ‘Kum Kum‘ hal itu  kemudian menjadi inspirasi untuk menjadi nama panggilannya. 

Kecintaan Aguero terhadap sepak bola dimulai sejak kecil. Bersama  tetangganya disebuah lahan kosong ia sehari hari bermain sepak bola. Di bawah pengawasan sang ayah, bakat Kun kemudian diarahkan ke beberapa klub lokal di Buenos Aires.

Baca juga: Ini Fakta dan Rekor Wonderkids Jebolan La Masia Ansu Fati

Meniti Karir di Akademi Lokal Argentina Independiente

Hingga tepat pada 1997, pemain andalan timnas Argentina itu bergabung dengan akademi Independiente. Musim demi musim permainannya yang terus berkembang membawanya menuju tim utama pada 2003.

Debutnya bersama Independiente kala itu ia masih berusia  cukup muda.  Aguero mencetak rekor sebagai pemain termuda dalam sejarah Primera División Argentina ketika pelatih memasukkannya melawan San Lorenzo,  pada usia 15 tahun 35 hari pada 7 Juli 2003.

Musim 2005/06, permainannya semakin melejit dengan sumbangan 18  gol dari 36 pertandingan. Berkat kegemilangannya, pemain muda  itu  kemudian menarik minat klub Eropa, Atletico Madrid.

Hingga tepat pada Mei 2006, dengan biaya 23 juta euro, penyerang kelahiran Buenos Aires itu resmi merapat  ke  tim ibu kota Spanyol. Di sana Aguero menjelma menjadi bintang La Liga. Ia sukses menyarangkan 19 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak ketiga.

Baca juga: Cerita Memphis Depay, Bomber yang Sempat Melempem Bersama Man United 

Sergio Aguero Menjadi Striker Tajam Atletico Madrid

Musim musim selanjutnya Sergio Aguero makin moncer di skuad Los Rojiblancos. Catatan 20 gol menasbihkan dirinya sebagai striker mematikan ATM  pada 2010/11, sebelum akhirnya memutuskan untuk pergi dari sana.

Tepat pada Juli 2011, salah satu penyerang paling mematikan itu mengumumkan bahwa ia telah menandatangani kontrak dengan klub Premier League, Manchester City. Media setempat memprediksikan biaya transfer kala itu berada di nominal £ 35 juta dengan durasi kontrak lima musim.

Hijrah ke kota Manchester,  Aguero mewariskan beberapa trofi untuk Atletico di antaranya seperti Piala Intertoto, Piala Liga Eropa, dan Piala Super Eropa. Selama membela Atletico Madrid setengah dekade, Kun berhasil membuat 101 gol dari 234 penampilan di semua ajang.

Baca juga: Hugo Lloris,Ini Catat Panjang Si Kapten Spurs Di Bawah Mistar

Melenggang ke Klub Kaya Raya Manchester City

Setibanya di  Etihad Stadium, Agüero melakoni debutnya untuk City pada 15 Agustus 2011 saat menang 4–0 atas Swansea City di ajang liga inggris. Di laga itu ia masuk sebagai pemain pengganti dan langsung mencetak gol pada debutnya, ia juga memberikan assist untuk gol David Silva.

Debutnya bersama City tersebut membuat Aguero banyak menuai pujian dan media Inggris kala itu menyebutnya  sebagai pemain debutan terbaik yang pernah ada di inggris. Di musim debutnya tersebut Aguero dinobatkan sebagai pemain terbaik The Citizen.

Bahkan yang paling cukup membekas bagi fans Man City adalah saat musim 2012/ 13 ia menjadi penentu gelar pertama kalinya setelah 44 tahun berkompetisi. Gelar juara itu terasa begitu spesial karena diwarnai momen dramatis.

Man City kala itu bersaing ketat dengan sang rival, Manchester United di puncak klasemen, sementara torehan poin mereka sama. Segalanya harus dipertaruhkan sampai pertandingan terakhir.

Baca juga: Profil Diogo Jota, Punggawa Andalan The Red di Rumput Hijau

Rekor Sergio Aguero, Pencetak Gol Terbanyak Man City

Sempat banyak yang membujuk bergabung dengan klub lain termasuk Real Madrid, eks bintangIndependient itu tetap setia kepada City dan terus menyumbangkan banyak trofi. Tak hanya itu, ia juga turut menjadi aktor penting tim Manchester Biru itu konsisten mentas di Liga Champions Eropa.

Musim 2014/15 merupakan musim terbaik baginya. Dirinya resmi menyandang sebagai pemain paling subur di Liga Inggris musim itu yang mengakhirinya dengan menorehkan 26 gol.

Bersama City,  Aguero telah meraih 5 gelar liga inggris, dan 1 gelar community shield, 1 gelar piala FA, dan 6  gelar piala Liga, dan 3  gelar piala super cup liga inggris. Bahkan kini namanya masih tercatat  sebagai pemegang rekor pencetak gol terbanyak sepanjang masa The Citizen.

Total selama berkarir bersama The Citizen, Kun telah tampil sebanyak 390 laga dengan 260 gol dan 73 assist berhasil ia sumbangkan sebelum akhirnya ia memilih meninggalkan klub. Lantas, ia pun bergabung bersama Barcelona dengan status bebas transfer alias gratis pada 2021/ 22.

Baca juga: Virgil Bek Terbaik Liverpool, Begini Kiprahnya hingga Menjadi Pemain Terbaik Eropa

Leave A Reply

Your email address will not be published.