Berita Nasional Terpercaya

Ini 5 Daftar Wisata Wonosobo Yang Terkenal

Banyak wisatawan yang mengunjungi Kabupaten Wonosobo, dengan tujuan untuk berwisata, menghilangkan penat dari hiruk pikuk perkotaan.

4

BERNAS.ID – Wonosobo merupakan daerah yang dikenal dengan hawa dingin dan sejuknya. Pemandangan sekeliling pegunungan, membuat pemandangan wisata Wonosobo tidak luput dari pemandangan hijau nan menyegarkan.

Banyak wisatawan yang mengunjungi Kabupaten Wonosobo, dengan tujuan untuk berwisata, menghilangkan penat dari hiruk pikuk perkotaan. Wonosobo sendiri terletak di Provinsi Jawa Tengah. Akses jalan menuju Wonosobo juga mudah, dapat menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

Kabupaten yang memiliki motto ASRI (Aman, Sehat, Rapi, Indah) ini tidak hanya memiliki pesona pegunungan saja. Kali ini, bernas.id memberikan lima daftar wisata terkenal di Wonosobo yang wajib Anda kunjungi.

Kompleks Candi Arjuna

CANDI ARJUNA DIENG
Kompleks Candi Arjuna, Dieng

Wonosobo memiliki peninggalan sejarah Hindu berupa bangunan candi. Meskipun Candi Arjuna bukan satu-satunya candi yang berada di kompleks ini, namun tempat ini sudah terkenal dengan nama Kompleks Candi Arjuna.

Beberapa candi yang dapat Anda lihat dalam wisata ini adalah Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Kesemua candi itu terletak bersebelahan dan jalannya pun tidak naik turun, sehingga Anda tidak perlu kelelahan dan berjalan jauh untuk menikmati keindahan candi sekaligus mengenang sejarah.

Untuk tiket masuk ke dalam wisata candi, Anda cukup mengeluarkan biaya Rp 20.000,- sudah bisa melihat keindahan semua candi di kompleks tersebut. Tidak hanya itu, ternyata tiket masuk candi sudah satu paket dengan tiket masuk Kawah Sikidang. Dengan syarat, Anda tidak boleh menghilangkan tiket terusan tersebut agar bisa masuk dua wisata dengan satu tiket saja.

Baca juga: Wisata Bandung, Ini Daftar Rekomendasi Terbaru 2022

Kawah Sikidang Dieng

KAWAH SIKIDANG
Jembatan kayu menuju Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah yang paling terkenal di Wonosobo-Banjarnegara. Menurut sejarah, Kawah Sikidang terbentuk dari letusan gunung berapi di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Jika Anda mengunjungi Kawah Sikidang, ada satu perlengkapan yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda harus mengenakannya selama berada di kawasan Kawah, yaitu masker. Karena semburan lumpur dan asap dari dasar kawah menimbulkan bau yang cukup menyengat. Terutama bagi wisatawan yang baru pertama kali mengunjungi Kawah Sikidang, belum pernah mencium bau menyengat dari kawah tersebut.

Namun Anda tidak perlu khawatir, meskipun kawah mengeluarkan bau menyengat, namun keindahan kawah akan mengalihkan perhatian Anda. Akses menuju wisata kawah, melewati jembatan kayu indah yang instagramable.

Anda juga dapat menikmati fasilitas wisata lainnya seperti ATV, motorcross, sepeda, dan kuda. Dengan berbagai fasilitas yang ada, tentu Anda tidak akan cepat bosan untuk mengunjungi Kawah Sikidang.

Baca juga:  Mau Healing Ke Luar Negeri? Ini 5 Negara Di Asia Tenggara Bisa Dikunjungi Turis

Batu Ratapan Angin

BATU RATAPAN ANGIN
Pemandangan Wonsobo dan dua telaga dari Batu Ratapan Angin

Wisata yang satu ini, tidak boleh Anda lewatkan dari daftar perjalanan wisata Anda. Batu Ratapan Angin merupakan dua buah batu besar yang teletak di atas bukit. Spesialnya, Anda bisa melihat keindahan dua telaga kembar, yaitu Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari atas bukit.

Dari wisata Batu Ratapan, Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan dua telaga sekaligus keindahan panorama Dieng. Karena letaknya di atas bukit, tentu udara di Batu Ratapan lebih dingin dibanding wisata yang lainnya.

Jalan menuju wisata ini, Anda perlu menaiki bukit yang tidak terlalu tinggi. Jadi, masih bisa dijangkau oleh anak-anak hingga orang dewasa. Harga tiket untuk memasuki wisata ini cukup dengan selembar uang Rp 10.000,- saja.

Baca juga: Mau Liburan ke Lembang? Ini Rekomendasi Wisata  Hits dan Kekinian

Telaga Menjer

TELAGA MENJER
Hamparan Telaga Menjer dan fasilitas wisata berupa perahu

Telaga Menjer terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Lokasi telaga ini terpisah dari tiga wisata di atas, yang saling berdekatan. Meski memiliki jarak yang lebih jauh dari wisata lainnya, Telaga Menjer lebih dekat dengan pusat kota, yaitu berjarak 2 km.

Sehingga wisata ini cocok sebagai wisata pertama yang menjadi kunjungan Anda pada perjalanan ke Wonosobo. Sepanjang jalan menuju telaga, selain melihat dengan keindahan pepohonan dan asrinya Wonosobo, Anda juga akan melihat pipa panjang berwarna hijau yang berdiameter sekitar 3m. Sebagai informasi, pipa-pipa tersebut merupakan saluran air menuju PLTA Garung.

Nah, jika Anda sudah sampai di Telaga Menjer, cukup membayar tiker Rp 5.000,- sudah bisa menikmati indahnya telaga. Fasilitas yang ada di telaga ini antara lain perahu. Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling Telaga Menjer. Beberapa spot foto juga tersedia sebagai penunjang kebutuhan wisatawan untuk berfoto di kawasan telaga.

Baca juga: Selain Sam Poo Kong, Ini Deretan Wisata Semarang Terbaru

Lubang Sewu

LUBANG SEWU
Keindahan sunset di Lubang Sewu, Wonosobo

Wisata lubang sewu merupakan tepian dari Waduk Wadaslintang, Wonosobo. Lokasi ini cukup jauh dari pusat kota. Anda akan membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mengunjungi daerah wisata Lubang Sewu. Memang tergolong cukup jauh, namun Anda tidak perlu meragukan pesona keindahannya.

Untuk mengunjungi Lubang Sewu, Anda juga harus memperhatikan waktu tertentu. Karena Lubang Sewu ini hanya akan muncul ketika air waduk surut, yaitu pada saat musim kemarau. Apabila datang musim penghujan, spot-spot foto instagramable akan tertutup dan tenggelam oleh air.

Daya tarik wisata Lubang Sewu adalah bentuk perbukitan kapur yang sangat instagenic. Pesona bebatuan yang eksotis itulah yang tidak dapat Anda jumpai pada wisata lain di Kabupaten Wonosobo. Anda juga bisa menikmati keindahan sunset atau matahari tenggelam di wisata ini. Untuk melihat keindahan sunset, pastikan Anda mengunjungi tempat ini pada sore hari menjelang matahari tenggelam.

Baca juga: Thailand Menjadi Destinasi Terfavorit Usai Perbatasan Dibuka

4 Comments
  1. […] Baca juga : Ini 5 Daftar Wisata Wonosobo Yang Terkenal […]

  2. […] Baca juga : Rencana liburan ke Wonosobo? Jangan lupa kunjungi wisata ini. […]

  3. […] Baca juga : Rencana Liburan Ke Wonosobo? Jangan Lupa Kunjungi Wisata Ini […]

  4. […] Baca juga : Cobalah Wisata Wonosobo Dengan Hawa Sejuknya […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.