Berita Nasional Terpercaya

Biodata Riqui Puig, Talenta Tersisih La Masia Incaran AC Milan

Musim ini saja ia  baru bermain sebanyak  11 kali di pentas La Liga. Bahkan dalam tiga laga terakhir Barca di La Liga, ia cuma berada di bangku cadangan saja

0

BERNAS. ID – Nama gelandang muda Barcelona, Riqui Puig terus dirumorkan akan meninggalkan Camp Nou di bursa transfer musim mendatang. Nama klub Serie A Liga Italia, AC Milan dikabarkan cukup serius ingin menampung jasa sang pemain jika jadi cabut.

Melansir dari laman Football Espana, Rossoneri, julukan AC Milan tengah memonitor masa depan Riqui Puig setelah  ada pembicaraan ia  bisa saja cabut dari Barcelona. Hal ini  ia dapatkan setelah kesempatan Riqui Puig untuk bermain di skuad Blaugrana cukup terbatas.

Baca juga: Profil Sergio Busquets, Era Baru Captain Barcelona

Musim ini saja ia  baru bermain sebanyak  11 kali di pentas La Liga. Bahkan dalam tiga laga terakhir Barca di La Liga, ia cuma berada di bangku cadangan saja. Kini ia makin terdesak ke bangku cadangan setelah Pedri pulih dari cederanya. Lantas  seperti apa kisah dan perjalanan karir sepak bola seorang Riqui Puig? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Tentang Riqui Puig

Nama Lengkap : Ricard Puig Martí

Tempat Lahir : Matadepera, Spanyol

Tanggal Lahir : 13 Agustus 1999

Kebangsaan : Spanyol

Agama : Kristen

Klub Saat Ini: Barcelona

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : 12 –  Gelandang

Kekuatan Kaki Dominan: Kaki Kanan

Tinggi Badan : 168 Cm

Instagram: @riquipuig

Mengasah Kompetensi di Akademi La Masia

Pemain muda dengan nama asli Ricard Puig Martí lahir di Matadepera, Spanyol pada 13 Agustus 1999 silam. Matadepera sendiri merupakan  sebuah kota dekat Terassa, tempat kelahiran Xavi Hernandez.

Darah sepak bola sudah mengalir dalam dirinya karena sang ayah, Carles, adalah pemain Terrassa yang bermain di divisi bawah Catalunya. Sebelum menempa diri di akademi Barcelona, La Masia, pada usia 14 tahun, Puig telah bermain bagi tim junior kota asalnya.

Di La masia ia tumbuh sebagai pemain dengan adaptif tinggi. Berkat  permainannya  yang terus meningkat semenjak bergabung ke La Masia.  

Baca Juga: Hampir Pensiun Dini Dibekap Cidera, Ini Cerita Bek Sayap Luke Shaw yang Bangkit 

Ia memulai debut profesionalnya bersama Barcelona B ketika berusia 18 tahun 6 bulan pada Februari 2018.  Pada musim yang sama, tepatnya musim 2017/ 18, Puiq sukses mengantar Barcelona B menjuarai Liga Champions U-19 dengan berkontribusi 3 gol dan 3 assist.

Debut Riqui Puig di Skuad Utama Barcelona

Satu musim berselang, ia menjadi figur kunci Barcelona B dengan bermain sebanyak 32 laga di semua kompetisi. Debut seorang Puig di skuad utama Barcelona terjadi saat Blaugrana melakoni laga kontra Cultural Leonesa dalam lanjutan Copa Del Rey pada 5 Desember 2018.

 Bersama pelatih Barcelona kala itu,  Ernisto Valverde yang terkenal suka mengamati bakat-bakat dari La Masia. Ia akhirnya mampu mendapat debut pertamanya bersama  pelatih asal Spanyol itu degan permainan impresif.

Baca juga:  Masih Belia, Pablo Gavi Banyak yang Memprediksinya Akan Jadi Bintang Baru Barcelona

 Dalam debut itu, Puig menjadi buah bibir selepas pertandingan. Masuk di menit 55 menggantikan Oriol  Busquets, gelandang berusia 19 tahun memberi assist kepada Denis Suarez dan membantu Barca menjauh dengan keunggulan 3-1.

Laga Impresif  Seorang Riqui Puig

Bertanding di Camp Nou, El Barca berhasil mengantongi satu tiket babak 16 besar Copa Del Rey setelah meredam perlawanan Leonesa dengan skor 4-1. Menurunkan lebih banyak pemain mudanya, Barca masih tetap lebih dominan dibandingkan Leonesa yang bermain di kasta ketiga.

Total empat gol ia sarangkan Los Cules lewat Munir El Haddadi, Denis Suarez (2 gol) dan satu gol lainnya oleh Malcom. Leonesa sendiri hanya bisa membalas satu gol melalui aksi Sane.

Laga kontra Leonesa itu sendiri menjadi kesan pertama yang ia dapatkan  pemain muda, Riqui Puig di skuat senior Barcelona. Bermain selama setengah jam lebih, performa Riqui Puig bisa dibilang cukup mengesankan.

Baca juga: Mengenal Sosok Pedri, Gelandang  19 Tahun yang Gacor Milik Barcelona

Dalam  30 menit terakhir, Puig menyelesaikan 30 operan dan merebut bola tiga kali. Jebolan akademi La Masia ini sebenarnya salah satu pemain yang digadang-gadang sebagai bintang masa depan Barcelona. Ia memiliki kontrol bola, kualitas umpan dan kreativitas yang bagus.

Di lain sisi meski memiliki perawakan kecil,  ia luwes dan sulit dijatuhkan. Tak jarang banyak yang memanggapnya sebagai  sosok yang bisa  menggantikan Andres Iniesta sebagai jendral lapangan tengah tim Catalan itu.

Makin Tenggelam dan Ingin Hengkang

Namun usai Ernesto Valverde hengkang sebagai manajer Barcelona, karir dan masa depan Puig makin meredup. Awal musim pelatih Ronald Koeman sebenarnya sudah mengatakan bahwa dia tak membutuhkan jasa pemain berusia 21 tahun itu.

Riqui dipersilakan pergi karena tak ada posisi yang cocok baginya dalam formasi 4-2-3-1 yang diusungnya. Koeman lebih memilih memainkan pemain yang baru ia rekrut pada bursa transfer lalu, seperti Pedri, Yusuf Demir.

Tapi Riqui memilih bertahan di Camp Nou. Meski menjalani hari-hari sulit Riqui tetap optimis dan terus berjuang mendapatkan perhatian sang pelatih.

Sampai kini bersama pelatih baru mereka, Xavi Hernandez, ia masih cukup kesulitan menembus di skuad utama Blaugrana . Hal ini sontak membuat namanya terus dirumorkan akan meninggalkan Camp Nou di bursa transfer musim mendatang.

Baca juga: Mengenal Luuk De Jong, Striker Dadakan Barcelona Era Ronald Koeman

Meski banyak klub Eropa yang ingin menampung pemain kelahiran Matadepera, Spanyol itu. Sejauh ini nama klub Serie A Liga Italia, AC Milan cukup serius ingin menampung jasa sang pemain jika jadi cabut.

 Total selama membela klub Blaugrana sejak debutnya pada 2018, ia  telah mengemas  53 penampilan.  2  gol dan 3 assist menjadi sumbangsihnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.