Berita Nasional Terpercaya

Rekomendasi Wisata Kudus Paling Hits

Beberapa potensi wisata Kudus antara lain perbukitan, waduk, air terjun, dan wisata menarik lainnya.

4

BERNAS.ID – Kabupaten Kudus, terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kudus yang dikenal dengan Kota Santri ini tidak hanya memiliki wisata religi saja, namun juga terdapat berbagai wisata Kudus lainya yang tidak kalah hits dengan kota lain.

Mungkin sebagian orang mengenal Kudus karena terdapat tradisi Islam yang sangat kental. Terlebih, ada beberapa makam wali yang terkenal di kota ini. Setiap harinya, selalu berdatangan rombongan ziarah ke makam wali.

Di sisi lain, Anda juga perlu mengetahui berbagai wisata Kudus yang bisa menjadi tujuan liburan Anda bersama teman-teman dan keluarga.

Beberapa potensi wisata di kota ini antara lain perbukitan, waduk, air terjun, dan wisata menarik lainnya. Berikut bernas.id merangkumnya untuk Anda.

Baca juga : Ingin Liburan ke Jogja? Kunjungi destinasi wajib ini

Waterboom Mulia Kudus

Waterboom Mulia Kudus
Waterboom dengan berbagai ukuran kolam dan fasilitas lengkap

Objek wisata Kudus selanjutnya adalah Waterboom Mulia Kudus. Tempat ini bisa Anda kunjungi bersama teman maupun keluarga.

Wisata ini menyediakan kolam renang dengan berbagai ukuran. Mulai dari dewasa, anak-anak, bahkan ada kolam khusus untuk para atlet.

Beberapa wahana dalam air juga ikut melengkapi wisata ini, di antaranya ember tumpah, kolam berarus, dan lain-lain.

Selain kolam, waterboom ini juga menyediakan taman kelinci serta taman burung yang dapat Anda kunjungi. Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, juga terdapat area pemancingan.

Fasilitas lainnya yaitu terdapat playground anak, ATV, gazebo, mini market, dan warung yang menjual berbagai kebutuhan wisatawan. Dengan fasilitas yang lengkap, pastikan liburan Anda tidak melewatkan objek wisata ini, ya!

Baca juga : Malang Kota Wisata Memiliki Beberapa Wisata Unik Berikut Ini

Air Terjun Montel

Air Terjun Montel
Kejernihan air dengan pemandangan yang sejuk

Wisata air terjun berada di sebelah utara Makam Wali Sunan Muria. Akses jalan menuju titik air terjun sudah cukup bagus.

Pengunjung hanya perlu berjalan kaki kurang lebih sepuluh menit dari lapangan parkir. Sesampainya di lokasi, rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan air terjun.

Ketinggian air terjun mencapai 50 meter, memiliki air yang sangat jernih. Bahkan, pengunjung dapat meminum air tersebut dan dijamin kebersihannya.

Sekeliling air terjun terdapat pemandangan asri dan sangat alami. Fasilitas yang ada cukup memadai, mulai dari toilet, mushola, tempat parkir yang luas, hingga beberapa kios yang menjual oleh-oleh khas Colo.

Baca juga : Wisata Magelang yang Tidak Boleh Dilewatkan

Waduk Logung

Waduk Logung
Bermain air bersama keluarga di waduk

Waduk di Kudus ini menjadi destinasi wisata favorit oleh warga lokal maupun luar kota. Pesona keindahan air dapat wisatawan nikmati dari tepian.

Bagi yang ingin menaiki perahu juga disediakan oleh pengelola waduk. Anda dapat mengelilingi waduk menggunakan perahu. Rasakan sensasi ketenangan air dan segarnya udara saat menaiki perahu.

Wisatawan dapat menikmati berbagai fasilitas penunjang yang ada di lokasi tersebut. Seperti permainan air yang menarik, perahu wisata, camping ground di sekitar waduk, warung makan, toilet, tempat parkir, dan mushola.

Pastinya dan tidak ketinggalan, juga terdapat banyak spot foto untuk menambah koleksi foto liburan Anda di Kudus.

Baca juga : Wisata Karimunjawa Ini Cocok Untuk Honeymoon

Pendakian Gunung Muria Kudus

Pendakian Gunung Muria Kudus
Mendaki Gunung Muria

Tempat pendakian ini mungkin tidak sepopuler gunung di daerah lain. Namun, para pendaki di area Kudus dan sekitarnya, sudah tidak asing lagi dengan Gunung Muria.

Lokasinya dekat dengan makam Sunan Muria, atau Raden Umar Said. Gunung Muria berada dalam ketinggian 1.602 mdpl. Namun, beberapa pihak ada yang mengatakan ketinggiannya mencapai 1.700 mdpl.

Para pecinta olahraga mendaki perlu mencoba untuk mendaki Gunung Muria. Anda akan menemukan banyak spot foto seperti puncak 29, puncak argowiloso, puncak abiyoso, puncak argojembangan, dan puncak natas angina.

Dari beberapa spot tersebut, yang paling populer adalah puncak 29, di mana merupakan puncak tertinggi dari pendakian gunung ini.

Mengunjungi Gunung Muria saat pagi, dapat melihat keindahan sunrise atau matahari terbit. Udara di ketinggian, tentu memiliki udara yang segar dan sejuk.

Baca juga : Wisata Terbaru Bogor Ini Harus Anda Kunjungi

Wisata Alam Selam Semliro

Wisata Alam Selam Semliro
Salah satu spot foto dengan background yang asri

Destinasi wisata Selam Semliro menawarkan seni keindahan alam berpadu dengan kawasan pegunungan muria yang rindang. Tempat yang asri disertai dengan gazebo untuk bersantai bersama teman wisata Anda.

Keindahan alam tersebut kini semakin lengkap dengan beberapa titik pengambilan foto untuk menambah koleksi foto Anda di sosial media. Mulai dari sayap malaikat, jembatan, kelopak bunga, hingga kursi warna.

Jika pengunjung lebih menyukai pengambilan foto secara alami tanpa spot foto buatan, juga tetap bisa dilakukan. Karena keindahan alamnya yang menjadi latar pengambilan foto tidak kalah menariknya.

Baca juga : Rencana Liburan Ke Wonosobo? Jangan Lupa Kunjungi Wisata Ini

Brown Canyon Kudus

Brown Canyon Kudus
Keindahan tebing di Brown Canyon Kudus

Wisata Brown Canyon terletak di Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Awalnya, tempat ini bukanlah destinasi wisata, melainkan area tambang pasir dan batu.

Namun, ternyata view yang ada cukup menarik, mirip dengan Grand Canyon Arizona yang berada di Amerika Serikat. Tebing-tebing yang tinggi itulah yang menjadi daya tarik wisatawan dari Kudus maupun wisatawan luar kota.

Beberapa tanaman ilalang di sekitaran Brown Canyon juga menjadi pilihan untuk mengambil foto yang aesthethic. Didikung dengan background tebing batuan yang indah, membuat kepuasan saat mengambil foto.

Fasilitas yang ada cukup lengkap, seperti tempat parkir kendaraan, toilet, mushola, hingga penginapan. Saat Anda mengunjungi wisata ini, pastikan kamera tidak tertinggal ya, sebagai alat untuk mengabadikan momen dengan latar yang indah.

Baca juga : Berkunjung Ke Jakarta, Jangan Lewatkan Wisata Ini

4 Comments
  1. […] Baca juga : Cobalah Jelajahi Wisata Kudus Terbaru dan Hits Ini […]

  2. […] Baca juga : Cobalah Jelajahi Wisata Kudus Terbaru dan Hits Ini […]

  3. […] Baca juga : Cobalah Jelajahi Wisata Kudus Terbaru dan Hits Ini […]

  4. […] Baca juga : Cobalah Jelajahi Wisata Kudus Terbaru dan Hits Ini […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.