Berita Nasional Terpercaya

Menilik Karir Jordi Alba, Bek Barcelona yang Tak Tergantikan

Sejauh ini Jordi Alba menjadi pemain terlama keempat di Barcelona setelah Sergi Roberto, Sergio Busquet, dan Gerard Pique. Adapun sejak debutnya pada 2012, pemain berusia 33 tahun tersebut sudah mencatatkan 425 penampilan, 24 gol dan 91 assist.

1

 BERNAS. ID – Jordi Alba Ramos atau orang sering mengenalnya Jordi Alba adalah seorang pemain sepak bola asal Spanyol, yang saat ini bermain sebagai bek kiri di klub liga La Liga Spanyol,  Barcelona.

Alba lahir dari seorang ayah bernama Alba Miguel dan ibunya, Maria Jose pada 21 Maret 1989. Bersama satu saudara laki- laki bernama David Alba, ia tumbuh dan berkembang di L’hospitalet, sebuah kota di Catalonia,  Spanyol.

Baca juga:Barcelona Resmi Pulangkan Dani Alves, Hadirnya Akan Jadi Pelecut Pemain Muda 

Lahir  di kawasan yang terkenal akan sepak bolanya, secara alami Alba tumbuh sebagai seorang anak yang juga mencintai sepak bola. Lantas bagaimana sepak terjang  seorang Jordi Alba hingga perannya tak tergantikan di skuad Barcelona? Simak perjalanan karir sepak bola profesionalnya berikut ini!

Tentang Jordi Alba

Nama Lengkap: Jordi Alba Ramos

Tempat Lahir : L’Hospitalet, Spanyol

Tanggal Lahir : 21 Maret 1989

Kebangsaan : Spanyol

Agama : Kristen

Klub Saat Ini: Barcelona

Nomor Punggung dan Posisi

Bermain : – 18 Bek Kiri

Tinggi Badan : 170 cm

Kekuatan Kaki Dominan: Kaki Kiri

Instagram: @jordialbaoficial

Tangga Karir Jordi Alba

Alba mulai menapaki karir sepak bola dengan bergabung ke klub asli Catalonia, Hospitalise tahun 1996. Di sana, meskipun bertubuh kecil, Alba dianggap sebagai talenta paling menjanjikan, ia juga dipercaya untuk menjabat sebagai kapten.

Meski permainan olah bolanya berkembang dengan cukup baik di Hospitalise, ia tak bertahan lama di sana. Pemain kelahiran 1989 tersebut ingin  menjajaki level permainan yang lebih tinggi lagi.

Akhirnya,  klub tersebut rela melepas pemain bintangnya untuk menjalani trial di La Masia. Penampilan apiknya selama menjalani trial membuat atasan La Masia akhirnya membawa Alba masuk akademi.

Baca juga: Juan Mata, Si Raja Asis Eropa Ini Malah Gagal Bersinar di MU

Di La Masia Alba mampu menikmati awal-awal karirnya, saat itu ia sering bermain di posisi sebagai gelandang kiri.  Setelah menjalani periode awal yang cukup baik di La Masia, Alba harus mengalami masalah di tahun-tahun berikutnya.

Jajaran pelatih La Masia saat itu menganggap Alba yang memiliki perawakan yang sangat kecil,  pada tahun 2005 manajemen akademi memberhentikannya dari sana. Adapun alasannya karena ia dianggap tak mampu menjadi pemain ideal yang  bersaing di posisi itu.

Diberhentikan Dari La Masia

Berkat motivasi dari orang tua dan kakaknya, Alba memutuskan untuk pindah klub.  Ia akhirnya memilih merapat ke klub tetangga Barcelona, Cornella. Alba sangat termotivasi untuk menunjukan diri bahwa La Masia telah salah membuangnya.

Setelah dua musim menjalani masa  kembangnya di Cornella, Valencia tertarik terhadap bakat dan potensi yang dimiliki Alba. Alhasil setelah bernegosiasi dengan klub, ia resmi menjadi pemain klub berjuluk El Che tersebut pada 2007.

Setelah membantu Valencia B promosi ke divisi 3 liga Spanyol, pada musim 2008/09, Alba dipinjamkan ke Gimnàstic de Tarragona  yang bermain di Segunda Division. Setelah satu musim yang baik di Gymnastic, Alba kembali ke Valencia dan membuat debutnya di La Liga pada 13 September 2009, dengan kemenangan 4-2 di kandang Real Valladolid.

Baca juga: Mengenal Yusuf Demir, Wonderkid yang Dilabeli The Next Lionel Messi 

Cedera yang dialami beberapa pemain Valencia di pos bek kiri, menjadi berkah tersendiri bagai Alba.  Ia kemudian sering mengisi posisi tersebut. Musim pertamanya bersama skuad utama El Che tersebut ia tutup dengan 26 penampilan dan mencetak 1 gol.

Menyesal Telah Membuangnya

Di musim-musim selanjutnya, kemampuan Alba sebagai pemain bek kiri semakin menjanjikan. Tiga musim membela Valencia, Alba membukukan 110 penampilan dan mencetak 6 gol di semua kompetisi.

Penampilan ciamik di  El Che, membuat Barcelona menyesal membuangnya. Untuk mencari pelapis Eric Abidal kala itu, Blaugrana akhirnya tertarik untuk membawanya kembali ke Camp Nou.

Dan pada 28 Juni 2012, Alba menandatangani kontrak lima tahun bersama Barcelona dengan biaya transfer 14 juta euro atau sekitar Rp 220 miliar. Pemain bertinggi  170 sentimeter tersebut akhirnya melakukan debut resminya saat bermain 90 menit  dalam kemenangan 5-1 atas Real Sociedad pada 19 Agustus 2012.

Baca juga: Jack Grealish, Pesepakbola Mahal Manchester City Musim Ini

Usai laga itu, Alba perlahan menjadi debutan yang tampil cukup bagus untuk Blaugrana di laga laga berikutnya. Adapun gol pertama Alba untuk Blaugrana, ia cetak saat gol jadi pembuka dalam kemenangan 5-4 atas Deportivo La Coruna 20 Oktober 2012.

Eks bintang Valencia tersebut  mengakhiri musim pertamanya di Camp Nou sebagai juara liga. Penampilan cemerlangnya di musim itu membuatnya masuk ke susunan tim terbaik La Liga dan Liga Champions.

Pemain Veteran Barcelona

Sejauh ini Jordi Alba menjadi pemain terlama keempat  di Barcelona setelahSergi Roberto, Sergio Busquet, dan Gerard Pique. Adapun pemain berusia 33 tahun tersebut sudah mencatatkan 425 penampilan, 24 gol dan 91 assist untuk raksasa Spanyol tersebut di semua kompetisi sejak debutnya pada 2012.

Secara permainan, Jordi Alba adalah bek kiri yang sangat berbakat secara teknis dan kemampuan.  Selain itu, kecepatan dan staminanya memungkinkannya untuk terlibat dalam serangan dan pertahanan, karena ia dapat bergerak dari belakang ke depan dengan sangat baik. 

Baca juga: Mohamed Elneny, Karir  Berliku Gelandang Muslim Usai Ditinggal Arsene Wenger

Dalam kehidupan pribadi, Alba menjalin kisah asmaranya  dengan Romarey Ventura. Keduanya kemudian telah memiliki  seorang anak yang lahir pada tahun 2018. 

Di luar permainan sepak bola, Alba juga menggemari olahraga catur, ia mengaku sering bermain catur bersama Ayahnya. Selain itu ia  juga menggemari musik Rumba dan Flamenco.

1 Comment
  1. […] Baca juga: Menilik Karir Jordi Alba, Bek Barcelona yang Belum Tergantikan Perannya  […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.