Berita Nasional Terpercaya

7 Pesona Wisata Cirebon Yang Kekinian dan Populer

Pesona wisata Cirebon dengan keunggulan wisata alamnya patut Anda kunjungi sebagai agenda liburan untuk melepas penat.

2

BERNAS.ID – Bagi sebagian orang, mungkin Kota Cirebon terdengar seperti kota kecil yang jarang dikunjungi. Namun, semenjak adanya Tol Cipali, wisata Cirebon semakin berkembang. Begitu pula dalam hal ekonomi dan pembangunan.

Hal ini membuat wisata Cirebon selalu ramai didatangi para wisatawan pada tahun-tahun belakangan ini. Berbagai sektor pariwisata tumbuh dan menjadi wisata yang indah serta layak untuk Anda kunjungi.

Pesona wisata Cirebon dengan keunggulan wisata alamnya patut Anda kunjungi sebagai agenda liburan untuk melepas penat. Selain itu, juga terdapat wisata buatan yang tidak kalah menariknya sebagai tempat refreshing bersama teman liburan.

Penginapan hadir di sejumlah titik wisata, membuat wisatawan tidak khawatir untuk bermalam di Kota Udang ini. Kali ini, bernas.id merangkum sejumlah wisata keren dan hits yang patut Anda kunjungi di Kota Cirebon.

Baca juga : Malang Memiliki Pesona Wisata Unik Berikut Ini

Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani

Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani
Fasilitas lengkap di Cirebon Waterland

Wisata ini mulanya bernama Taman Ade Irma Suryani (TAIS) yang berdiri pada tahun 90-an. Dahulu, wisata ini populer, tetapi laut menjadi terabaikan. Kemudian, wisata ini kini disulap menjadi Cirebon Waterland dengan beberapa pembaharuan.

Daya tarik destinasi ini yaitu adanya pondok ikonik yang terlihat seperti di Dusun Bambu, Lembang. Selain itu, restoran yang berada di Cirebon Waterland berbentuk seperti kapal. Sangat menunjang bagi wisatawan yang hobi fotografi.

Tempat wisata ini memiliki waterboom yang recommended untuk bermain air bersama keluarga. Ada juga taman untuk bermain bagi anak-anak, lengkap dengan wahana permainan dan spot foto yang menarik.

Dengan lokasi yang berada tepat di bibir pantai, membuat wisata ini semakin indah. Pengunjung juga dapat menikmati sunset dari Cirebon Waterland.

Baca juga : Kota Kenangan, Jogja Memiliki Destinasi Wisata Unggulan

Hutan Kera Plangon

Hutan Kera Plangon
Kera hidup bebas di Cirebon

Hutan Plangon merupakan tempat wisata alam sekaligus tempat keramat. Menurut sejarah, Pangeran Cirebon yang bernama Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan disemayamkan di daerah ini.

Sehingga, tempat ini ramai didatangi para wisatawan maupun peziarah. Terutama pada Bulan Syawal, tempat ini semakin ramai.

Akses jalan untuk mencapai lokasi puncak Bukit Plangon, pengunjung perlu menaiki ratusan anak tangga.

Para pengunjung yang datang dapat berinteraksi langsung dengan kera yang hidup bebas di alam. Namun, tentu Anda harus ekstra hati-hati dengan barang bawaan, karena kera di hutan ini terbilang agresif.

Baca juga : Wisata Karimunjawa Yang Indah Wajib Anda Kunjungi

Telaga Remis

Telaga Remis
Keindahan panorama telaga dengan hutan yang asri

Objek wisata Telaga Remis sudah populer di kalangan wisatawan. Menawarkan panorama keindahan alam khas kaki Gunung Ciremai. Membuat para wisatawan ingin mengabadikan momen kunjungannya ke telaga ini.

Telaga Remis memiliki pemandangan telaga yang berada di hutan. Pengunjung juga dapat menjelajahi hutan dengan keanekaragaman hayati di dalamnya.

Destinasi wisata yang populer ini tentunya sudah dikelola dengan baik. Dengan berbagai fasilitas yang ada, antara lain camping ground, gazebo, toilet, kamar mandi, serta lahan parkir yang luas.

Baca juga: Mau Liburan ke Lembang? Ini Rekomendasi Wisata  Hits dan Kekinian

Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan
Pantai dengan view gunung

Cirebon memiliki pantai dengan background Gunung Ciremai. Pengunjung biasa memanfaatkan wisata ini untuk bersantai sambil menikmati hidangan di tepi pantai.

Memiliki suasana semilir angin pantai dan deburan air yang segar, akan mengobati rasa rindu Anda pada pantai.

Wisatawan juga dapat menyewa perahu motor milik nelayan untuk mengelilingi pantai. Ongkos untuk menyewa perahu sebesar Rp 15.000,- sampai Rp 20.000,-.

Tempat ini memiliki beberapa spot foto yang dapat Anda gunakan untuk memperlengkap koleksi foto liburan di Cirebon.

Baca juga : Warga Jabodetabek, Liburan ke Bogor Wajib Kunjungi Tempat Ini.

Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon
Wisata sejarah dengan penunjang edukasi yang lengkap

Wisata sejarah ini menawarkan destinasi wisata edukasi untuk segala usia. Keraton berdiri pada masa penyebaran agama Islam sekitar tahun 1529.

Sebagai bangunan tua, tempat ini menyimpan nilai-nilai sejarah di setiap sudut arsitek bangunannya. Museum di keraton ini memperlengkap fasilitas pengunjung untuk belajar sejarah.

Museum Benda Kuno berisi beberapa lukisan koleksi kerajaan serta benda-benda pusaka milik Kasultanan Cirebon. Sedangkan Museum Kereta menyimpan kereta kencana peninggalan sejarah.

Baca juga : Wisata Magelang yang Tidak Boleh Dilewatkan

Danau Setu Patok

Danau Setu Patok
Menikmati sunset di tepi danau

Danau ini menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan. Tempat ini selalu ramai didatangi para pengunjung, baik di hari aktif maupun hari libur.

Danau Setu Patok bukanlah danau biasa. Berbagai fasilitas tersedia untuk memanjakan para pelancong, seperti area outbond, camping area, serta kolam renang.

Terdapat area lintasan ATV, pinball, dan beberapa fasilitas penunjang wisata lainnya. Di area wisata juga terdapat penginapan yang dapat Anda manfaatkan apabila ingin bermalam di danau tersebut.

Jika Anda berkunjung di sore hari, akan melihat pemandangan matahari tenggelam yang pantulan sinar berwarna keemasannya menyentuh air danau. Jangan sampai kelewatan untuk mengabadikan momen ini ya.

Baca juga : Rencana Liburan Ke Wonosobo? Jangan Lupa Kunjungi Wisata Ini

Bukit Gronggong

Bukit Gronggong
Melihat keindahan Cirebon dari atas bukit

Wisata ini berlokasi di atas bukit dan memiliki udara yang sejuk. Keunggulan daerah wisata ini yaitu pada sore hari, pengunjung dapat melihat matahari tenggelam dengan indahnya.

Pengunjung pada malam hari, akan melihat gemerlap Kota Cirebon dari ketinggian. Cahaya lampu yang menerangi perkotaan akan membuat suasana menjadi lebih romantis.

Pemandangan alam semacam ini diminati para wisatawan lokal maupun dari luar kota. Terutama bagi kalangan muda yang menyukai suasana sejuk ala bukit.

Baca juga : Rencana Liburan ke Pulau Dewata? Kunjungi Tempat Hits Ini Ya.

2 Comments
  1. […] Baca juga : Liburan di Dekat Jakarta, Wisata Cirebon Ini Layak Anda Kunjungi […]

  2. […] Baca juga : Liburan di Dekat Jakarta, Wisata Cirebon Ini Layak Anda Kunjungi […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.