Berita Nasional Terpercaya

Ronald Araujo, Profil dan Perjalanan Karir Bek Potensial Barcelona

Araujo sendiri bukanlah produk asli La Masia, ia  mengawali karir sepak bolanya di klub Uruguay, Boston Rivers. Barcelona baru mengamankan bek jangkung  tersebut  setelah memantau penampilannya, termasuk saat membela Uruguay di Piala Dunia U-20 2017.

4

BERNAS. ID – Spekulasi soal masa depan bek muda Barcelona, Ronald Araujo yang cukup menyita perhatian dalam beberapa bulan terakhir ini akhirnya terjawab sudah. Bek berkebangsaan Uruguay tersebut akhirnya resmi memperpanjang kontraknya di Barcelona.

Pengumuman tersebut disampaikan lewat situs resmi Barcelona pada Selasa (26/4/2022). Seperti diketahui, Blaugrana julukan Barcelona, awalnya hanya mengikat Araujo dengan kontrak hingga 2023,  kini akan bertahan di Camp Nou hingga 30 Juni 2026.

Dalam kesepakatan baru tersebut juga terdapat klausul pelepasan yang nilainya mencapai 1 miliar Euro atau Rp 15,37 triliun. Menurut laporan ESPN,  nama Araujo menjadi incaran sejumlah  klub di Liga Inggris seperti Liverpool dan Manchester United.

Baca juga: Menilik Karir Jordi Alba, Bek Barcelona yang Belum Tergantikan Perannya 

Namun karena tawaran gaji yang lebih tinggi, serta kesempatan bermain regular, tak membuatnya tergoda untuk pergi dari klub yang telah ia bela sejak 2018 itu. Lalu seperti apa profil dan kisah perjalanan karir Ronald Araujo sebagai pesepak bola? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Tentang Ronald Araujo

Nama Lengkap: Ronald Federico Araujo

Tempat Lahir : Rivera, Uruguay

Tanggal Lahir : 7 Maret 1999

Kebangsaan : Uruguay

Agama : Kristen

Klub Saat Ini: Barcelona

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : –  4 Bek Tengah

Tinggi Badan : 190 cm

Kekuatan Kaki Dominan: Kaki Kanan

Instagram: @ronaldaraujo_4

Baca juga: Fakta Raheem Sterling, Winger Lincah Andalan Manchester City

Awal Meniti Karir Seorang Ronald Araujo

Pemilik nama asli Ronald Federico Araujo da Silva, lahir  pada 7 Maret 1999 silam di Rivera, Uruguay.  Ronald Araujo kini tercatat sebagai pemain sepak bola profesional  yang bermain sebagai bek tengah untuk klub La Liga Barcelona dan tim nasional Uruguay.

Araujo sendiri bukanlah produk asli La Masia, ia  mengawali karir sepak bolanya di klub Uruguay, Boston Rivers. Barcelona baru mengamankan bek jangkung  tersebut  setelah memantau penampilannya, termasuk saat membela Uruguay di Piala Dunia U-20 2017.

Akhirnya pada 2018 dengan mahar sekitar Rp. 87 miliar, Araujo akhirnya menerima tawaran untuk bergabung dengan Barcelona. Setelah resmi berlabuh ke Camp Nou, Araujo tak langsung bermain untuk skuad utama Blaugrana.

Ia terlebih dahulu mengawali karirnya di Barcelona B yang bermain di Segunda Division B. Di sana permainanya meningkat drastis.

Baca juga: Sebelum Moncer di Liverpool, Ini Rentetan Perjalanan Karir Sepak Bola Sadio Mane

Pemain berpostur 190 sentimeter tersebut menjadi pilar penting tim Barcelona B.  Tercatat  ia bermain sebanyak 44 pertandingan dengan sumbangan enam  gol sebelum akhirnya pelatih Ernesto Valverde kemudian memanggilnya ke  tim utama menjelang duel kontra  Sevilla.

Bersinar Setelah Gabung Barcelona

Kesempatan untuk melakoni laga perdana Araujo di La Liga terjadi pada 6 Oktober 2019 saat Barcelona  melawan Sevilla.  Mengenakan nomor punggung 4 yang sebelumnya digunakan oleh gelandang asal Kroasia, Ivan Rakitic, ia masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-73.

Namun laga debut yang ia jalani cukup singkat. Pada menit ke-87, ia terpaksa keluar dari lapangan pertandingan setelah wasit memberinya kartu merah.

Hal  itu ia dapat setelah ia melakukan pelanggaran kepada Javier Hernandez di dekat kotak penalti Los Cules. Wasit langsung mengeluarkan kartu merah, karena Araujo adalah pemain terakhir Barca sebelum berhadapan dengan kiper.

Karirnya makin melambung bersama skuat senior Barcelona semenjak kursi kepelatihan dinahkodai oleh Ronald Koeman.  Pelatih asal Belanda tersebut memang terkenal menyukai talenta pemain muda.

Terbukti, ia cukup sering menjadi pilihan utama tim di lini belakang bersama tandemnya Gerard Pique. Tercatat , 42 laga berhasil ia lakoni dengan sumbangan 3 gol dan 1 assist bersama Koeman.

Baca juga: Phil Foden, Wonderkid Asal Inggris Didikan Akademi Manchester City

Tahun ke tahun performanya terus meningkat, sejumlah  klub di Liga Inggris seperti Liverpool dan Manchester United kepincut ingin menggunakan jasanya. Namun karena tawaran gaji di klub saat ini lebih tinggi, serta kesempatan bermain regular terbuka lebar,  ia lebih memilih tetap bertahan di Camp Nou hingga 2026.

Proyeksi Jangka Panjang Klub

Seperti diketahui  trend dan penampilan impresif Araujo mengawal lini belakang membuatnya tampil reguler di skuad Barcelona. Namanya bahkan mulai menggusur peran bek senior seperti Samuel Umtiti dan Clement Lenglet.  

Dengan penambahan masa bakti itu, Araujo memang akan diproyeksikan sebagai bagian skuad Barcelona selama beberapa tahun ke depan. Apalagi  mengingat seniornya, Gerard Pique semakin termakan usia.

Sejauh ini bek berusia 23 tahun itu sudah sebanyak 39 kali dan mencetak empat gol, 32 di antaranya bermain sebagai starter.

Sementara di level  international,  karir Araujo di timnas Uruguay  tercatat sudah pernah masuk skuad Uruguay U-19 dan U-20.  Araujo tampil perdananya untuk tim senior pada 5 Oktober 2020, ketika timnas Uruguay melawan Chile dan Ekuador pada kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022.

Baca juga: Hampir Pensiun Dini Akibat Dibekap Cidera Parah, Ini Cerita Bek Sayap Luke Shaw 

Ia juga bermain pada saat Uruguay mengikuti ajang Copa America 2021 di Brazil. Sejauh ini ia telah mencatatkan 9 penampilan bersama skuad utama timnas Uruguay. Dengan usia yang masih muda serta bakat besar yang ia miliki, Araujo masih berpeluang besar menorehkan banyak prestasi untuk menjadi pemain  bintang masa depan Barcelona dan Timnas Uruguay.

4 Comments
  1. […] Baca juga: Ronald Araujo, Bek Potensial Barcelona yang Jadi Incaran Klub Inggris […]

  2. […] Baca juga: Profil Ronald Araujo, Bek Muda Andalan Xavi Hernandez Musim Ini […]

  3. […] Baca juga: Profil Ronald Araujo, Bek Muda yang Gusur Samuel Umtiti […]

  4. […] Baca juga: Profil Ronald Araujo, Bek Muda yang Kolaps  Ketika Blaugrana Menang 3-1 Atas Celta Vigo […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.