Berita Nasional Terpercaya

Asuransi Mobil ABDA Pilihan Proteksi untuk Kendaraan Kesayangan

0

JAKARTA, BERNAS.IDAsuransi merupakan alternatif pilihan investasi untuk meminimalisir risiko dari berbagai kejadian tak terduga. Ada beragam jenis asuransi, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil hingga jenis asuransi lainnya sesuai kebutuhan.

Dari beragam jenis asuransi tersebut, banyak brand asuransi yang menawarkan pilihan produk terbaiknya, salah satunya asuransi ABDA.

Asuransi ABDA adalah perusahaan asuransi umum yang dikelola oleh PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk. Produk yang dihadirkan ABDA asuransi mobil terdiri dari asuransi kendaraan bermotor, rumah, harta benda, hingga kesehatan.

Baca Juga : Sequis Life Hadirkan Proteksi SOFI Untuk Penyakit Kritis

Salah satu produk unggulannya adalah ABDA asuransi mobil memberikan manfaat lengkap, mulai dari pengisian atau penggantian Aki, penggantian ban bocor, layanan derek, Layanan Road Side Assistance, membuka pintu kendaraan ketika kunci tertinggal pengantaran, hingga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Pilihan Polis Asuransi Mobil ABDA

Terdapat dua pilihan asuransi mobil dari ABDA, yaitu asuransi mobil All Risk (comprehensive) dan asuransi TLO (Total Loss Only).

Sesuai dengan namanya, asuransi mobil All Risk memberi perlindungan lengkap terhadap semua risiko kerugian yang terjadi pada mobil. Mulai dari kerusakan akibat kecelakaan, perbuatan jahat, dan bahkan bencana alam.

Asuransi mobil All Risk memberikan perlindungan dari kerusakan kecil hingga besar, bahkan kehilangan.

Asuransi All Risk cocok untuk mobil dengan usia nol sampai 10 tahun. Pasalnya, kondisi bodi mobil tersebut masih tergolong sangat mulus sehingga butuh perlindungan total.

Jika asuransi mobil All Risk yang memberikan perlindungan atas semua risiko, asuransi TLO adalah asuransi yang menanggung biaya perbaikan kerusakan parah dari kendaraan roda empat dengan total di atas 75 persen.

Secara garis besar, asuransi mobil All Risk menanggung semua risiko. Sementara itu, asuransi TLO hanya menanggung kerusakan parah saja.

Asuransi TLO lebih disarankan untuk kendaraan bekas dengan usia di bawah 10 tahun. Misalnya, kamu membeli mobil bekas tahun produksi 2017 di tahun 2022. Artinya, mobil bekas tersebut masih layak untuk diasuransikan dengan menggunakan asuransi kendaraan TLO.

1. Asuransi Mobil ABDA Comprehensive (all risk)

Produk asuransi yang satu ini memberikan perlindungan ganti rugi akibat segala risiko kerusakan yang disebabkan berbagai hal.

Berikut manfaat pertanggungan asuransi mobil ABDA all risk:

– Tabrakan atau benturan antar mobil maupun bukan
– Mobil terbalik, tergelincir, dan terperosok
– Akibat perbuatan orang jahat
– Pencurian
– Kebakaran kendaraan

2. Asuransi Mobil ABDA Total Loss Only (TLO)

Polis asuransi ini menangung biaya perbaikan sama dengan atau melebihi 75% dari harga mobil sebelum mengalami kerugian. Adapun manfaat tambahan yang dapat digunakan adalah layanan Roadside Assistance (RSA) 24 jam.

Polis asuransi ini memberikan opsi perluasan jaminan yang meliputi manfaat banjir, badai, angin topan, gempa bumi, kerusuhan, terorisme, dan kecelakaan diri baik untuk pengemudi ataupun penumpang dengan tambahan premi yang terjangkau.

3. Manfaat Tambahan

Produk total loss only (TLO) yang ditawarkan Asuransi ABDA memberikan pertanggungan terhadap risiko perbaikan ataupun penggantian jika kerusakan atau kerugian mencapai 75 persen bahkan lebih.

Manfaat pertanggungan yang ditawarkan sebagai berikut:

– Layanan derek 24 jam
– Untuk kejadian kecelakaan apabila kendaraan masuk ke dalam lubang dengan maksimal biaya 0,5 persen dari harga pertanggungan
– Untuk kejadian mobil mogok
– Layanan pengantaran bensin sebanyak lima liter apabila mobil kehabisan bensin dengan jarak lebih dari satu kilometer dari rumah.
– Layanan bantuan menyalakan kendaraan apabila kendaraan mati akibat aki bermasalah.
– Layanan membuka pintu kendaraan apabila kunci tertinggal di dalam kendaraan.
– Layanan bantuan penggantian ban apabila tidak ada ban serep maupun kesulitan dalam memasang ban dengan limit maksimal tiga kali per periode polis.

Premi Asuransi Mobil ABDA

Asuransi Mobil ABDA menentukan besaran premi untuk setiap produknya merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Baca Juga : Mudahkan Masyarakat Berobat Saat Pandemi, Rey Hadirkan Telekonsultasi Dengan Diagnosa Akurat

Adapun premi asuransi mobil ABDA mulai dari Rp65 ribu hingga Rp200 ribuan per bulan.

Beberapa faktor berikut ini yang memengaruhi harga premi Asuransi Mobil ABDA, yaitu:

– Kota atau wilayah domisili kendaraan
– Nilai kendaraan
– Tipe atau jenis kendaraan
– Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih
– Usia kendaraan
– Jenis penggunaan
– Perluasan jaminan yang dipilih

Seperti diketahui, harga premi polis asuransi mobil All Risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO.

Pasalnya, manfaat pertanggungan yang didapatkan tentunya lebih banyak. Khusus untuk asuransi mobil All Risk, nasabah akan dibebankan biaya own risk sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Itulah pembahasan mengenai ABDA asuransi mobil yang bisa menjadi salah satu pilihan proteksi terbaik untuk kendaraan kesayangan. Semoga bermanfaat! (*/cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.