Berita Nasional Terpercaya

Inilah 7 Pesona Wisata Padang Yang Memukau 2022

Kota ini berbatasan langsung dengan laut, sehingga memiliki banyak pantai yang melengkapi daftar wisata Padang.

3

BERNAS.ID – Kota Padang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Kota ini berbatasan langsung dengan laut, sehingga memiliki banyak pantai yang melengkapi daftar wisata Padang.

Namun, wisata di Padang juga tidak melulu soal pantai saja. Masih ada banyak potensi wisata yang sudah ramai didatangi para pengunjung dari dalam maupun luar Kota Padang itu sendiri.

Letak geografis kota ini cukup bervariasi dan memiliki pulau-pulau yang indah. Beberapa pulau indah itu dapat Anda kunjungi satu persatu menggunakan perahu yang menjadi fasilitas wisata setempat.

Selain itu, keindahan bentangan alam dan kebudayaan Padang yang masih kental, menjadi sumber objek wisata yang menarik sebagai tujuan menghabiskan waktu liburan Anda. Penasaran apa saja wisata yang ada di Padang? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga : Rencana Liburan ke Salatiga? Inilah Wisata Wajibnya

Pantai Padang

Pantai Padang
Keindahan matahari tenggelam di Padang Beach.

Tempat wisata Pantai Padang ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kota Padang. Banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini sebagai salah satu tujuan utama wisata.

Terlebih, kini pemerintah bersama pengelola semakin meningkatkan fasilitas penunjang kebutuhan wisata pengunjung. Berkaitan hal tersebut, membuat wisatawan semakin betah berwisata di pantai ini.

Jika mengunjungi pantai saat sore hari dengan cuaca yang sedang cerah, Anda dapat melihat keindahan khas pantai. Yakni matahari tenggelam dengan panorama kemerahan yang memantul dalam jernihnya air pantai.

Baca juga : Liburan di Dekat Jakarta, Wisata Cirebon Ini Layak Anda Kunjungi

Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak
Tepi pantai yang datar, cocok untuk bersepeda.

Wisata pantai yang tak kalah indah selanjutnya adalah Pantai Pasir Jambak. Memiliki air pantai yang bersih dan pasir berwarna putih kekuningan, membuat pengunjung dapat bermain di tepi maupun di pantainya.

Aktivitas yang dapat pengunjung lakukan antara lain yaitu berenang, berjemur atau sekedar bersantai di gazebo tepi pantai, hingga menyewa perahu untuk menyusuri dan berkeliling pantai. Beberapa restoran menyajikan menu yang beragam untuk menjamu para pengunjung.

Pantai dengan kontur luas dan datar ini cocok untuk olahraga bersepeda. Banyak pengunjung yang bersepeda di tepi pantai dengan menikmati udara sejuknya.

Baca juga : Jangan Kelewatan, Daftar Wisata Lombok Ini Sangat Menyenangkan Untuk Liburan

Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya
Menghabiskan malam di wisata jembatan yang menjadi ikonnya Padang.

Objek wisata yang menjadi salah satu ikon wisata Kota Padang adalah Jembatan Siti Nurbaya. Memiliki panjang 156 meter dan terbentang di atas Sungai Batang Aru.

Jembatan ini merupakan akses jalan menuju Gunung Padang. Diberi nama Nurbaya, karena gunung tersebut menjadi latar tempat novel Siti Nurbaya.

Daya tarik jembatan ini yaitu sebagai wisata ikonik Padang. Selain itu, wisata ini juga sebagai sunset point yang indah. Menawarkan keindahan matahari tenggelam dengan bentagan panorama Kota Tua Padang.

Baca juga: Mau Liburan ke Lembang? Ini Rekomendasi Wisata Hits dan Kekinian

Museum Adityawarman

Museum Adityawarman
Wisata edukasi dengan koleksi sejarah dan budaya Minang.

Wisata museum tentu memiliki nilai plus sebagai destinasi wisata, yaitu sebagai wisata edukasi yang tentu akan menambah wawasan para pengunjungnya.

Museum ini sering disebut juga sebagai Taman Mini Sumatera Barat. Karena memiliki luas 2,6 hektar dan koleksi yang dimiliki cukup banyak. Para wisatawan dapat melihat banyak koleksi barang yang memiliki nilai sejarah peninggalan masa lalu.

Pengunjung juga bisa melihat dan mempelajari koleksi budaya Minang. Salah satu benda yang paling menonjol sebagai ikon Kota Padang adalah Rumah Bagonjong atau Banjuang, yang memiliki arsitektur khas Minang.

Baca juga : Jangan Sampai Kelewatan! Ini Wisata Karimunjawa Yang Wajib Anda Kunjungi

Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan
Tempat terindah dengan pemandangan alam eksotis

Pulau ini merupakan satu dari 11 gugusan pulau yang ada di Padang. Awalnya, masyarakat mengatakan bahwa tempat ini adalah pulau yang tak berpenghuni.

Namun, justru kini menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan karena mempunyai keunikan dan keindahan yang menakjubkan.

Hal yang menarik dari pulau ini yaitu memiliki pasir putih dan bertekstur halus. Memiliki pantai dengan gradasi warna bening, hijau, dan biru apabila melihat dari bibir laut.

Pemandangan semacam ini sudah jarang ditemui di pantai-pantai biasa. Untuk itu, pulau ini sangat menarik dengan keindahan yang masih natural.

Semakin banyak wisatawan yang datang, fasilitas di wisata ini pun semakin meningkat. Beberapa warung menyediakan jajanan dan makanan untuk para wisatawan.

Bahkan kini, di Pulau Pasumpahan banyak tersedia penginapan yang dapat Anda sewa. Atau pengunjung juga bisa memilih untuk berkemah di tepi pantai dengan membawa alat sendiri atau menyewanya.

Baca juga :  Sedang Singgah di Kota Pelajar Yogyakarta? Ini Dia Destinasi Wisata Unggulannya

Air Terjun Lubuk Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam
Wisata air yang indah dan sebagai ajang petualangan.

Wisata selanjutnya adalah wisata alam air terjun bernama Lubuk Hitam. Tempat ini memiliki curug dengan tiga grojogan sekaligus.

Memiliki ketinggian yang berbeda, yaitu 2 meter, 10 meter, dan 20 meter. Jarak antara curug satu ke curug lainnya tidak begitu jauh. Namun, memiliki medan yang cukup menantang.

Berjalan dari air terjun pertama ke kedua relatif datar, tidak begitu menanjak. Setelah melanjutkan perjalanan ke air terjun ketiga, jalur yang harus Anda tempuh adalah turunan.

Pengunjung bisa beristirahat dan menikmati keindahan air terjun setiap sampai di masing-masing lokasi. Meski medannya tidak mudah, namun rasa lelah akan terbayar dengan menikmati air terjun tiga sekaligus.

Baca juga : Malang Memiliki Banyak Wisata Unik, Ini Daftar Wisata Yang Harus Masuk List Kunjugan Anda

Bendungan Niagara Koto Pulai

Bendungan Niagara Koto Pulai
Niagara mininya Kota Padang

Tempat wisata ini berupa bendungan dan awalnya bukanlah tempat wisata. Namun, tempat ini memiliki pemandangan yang indah dan menarik, sehingga menjadi destinasi wisata yang ramai didatangi pengunjung.

Bendungan ini memiliki bentuk seperti air terjun Niagara, dengan air terjun yang berjajar dan air yang mengalir cukup jernih. Terkadang masyarakat menyebut wisata ini “Niagara Mini”. Untuk itu, jadilah nama Bendungan Niagara Koto Pulai.

Baca juga : Rekomendasi Wisata Magelang yang Tidak Boleh Dilewatkan

3 Comments
  1. […] Baca juga : Ingin Berkunjung ke Padang? Wisata Ini Tidak Boleh Dilewatkan […]

  2. […] Baca juga : 7 Pesona Wisata Padang Yang Sangat Indah […]

  3. […] Baca juga : Ingin Berkunjung ke Padang? Wisata Ini Tidak Boleh Dilewatkan […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.