Berita Nasional Terpercaya

Profil Sergino Dest, Bek Muda Barca Dari Amerika Serikat

Debutnya di Barcelona terjadi saat lima belas menit menjelang laga berakhir,  ia masuk menggantikan Jordi Alba yang tak bisa melanjutkan permainan saat Barcelona menahan imbang Sevilla 1-1 pada 24 November 2020. Dengan penampilan tersebut, Dest menjadi orang Amerika pertama yang tampil untuk Barcelona di La Liga.

1

BERNAS. ID – Spekulasi masa depan bek kanan Barcelona, Sergino Dest akhirnya terjawab. Ya, bek muda asal Amerika Serikat itu tak jadi dilepas Barcelona. Melansir laporan Marca, Sergino Dest tak akan dilego Barca setidaknya hingga akhir musim ini.

Adapun hal itu merupakan keputusan final yang telah diambil oleh pemain dan staf pelatih. seperti diketahui, awalnya Sergino Dest bakal dilepas Barcelona. Namun pelatih mereka, Xavi Hernandez memberinya kesempatan untuk membuktikan diri hingga akhir musim.

Baca juga: Ousmane Dembele Makin Gacor, Pemain Ini Bikin Barca Dilema Melepasnya 

Chelsea, Bayern Munchen dan Ajax cukup santer  dikaitkan dengan Dest. Namun, agen Dest membantah kliennya ingin hengkang karena siap bersaing mendapat tepat di posisi utama skuad Blaugrana.

Lantas seperti apa profil dan kisah perjalanan karir seorang Sergino Dest sebagai bek muda Barcelona? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Tentang Sergino Dest

Nama Lengkap : Sergiño Gianni Dest

Tempat Lahir : Almere, Belanda

Tanggal Lahir : 3 November 2000

Kebangsaan : Amerika Serikat

Agama : Katholik

Klub Saat Ini: Barcelona

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 2 Bek Kanan

Tinggi Badan : 175 cm

Nama Instagram: @sgd_2

Kehidupan Pribadi 

Pemain dengan nama asli Sergiño Gianni Dest lahir di Kota Almere, Belanda pada 3 November 2000 silam. Dest lahir dari kedua orang tua beda negara.  Ibunya adalah seorang warga negara Belanda sementara sang ayah berasal dari Amerika Serikat.

Sergino Dest mengawali karir sepak bolanya dengan bergabung di akademi sepak bola Almere City. Sejak kecil dia terkenal memiliki kecepatan dan kemampuan olah bola di atas rata-rata anak seusianya.

Hal inilah yang membuat Sergino Dest kerap mendapat  kepercayaan lebih dari pelatih akademi.  Posisi bermain Dest di awal karirnya bukan lah seorang bek, melainkan seorang penyerang.  Ia kerap mengisi posisi di lini depan Almere City, baik sebagai sayap kanan maupun kiri.

Karirnya terus berkembang sampai pada usia 12 tahun, bakat pemain kelahiran 3 November 2000 itu tercium oleh Ajax Amsterdam. Pelatih tim muda Ajax kala itu, Brian Tevreden memutuskan untuk merekrutnya dan memproyeksikan masuk ke  de Joden, julukan Ajax Amsterdam.

Baca juga: Eric Garcia, Talenta Potensial Binaan La Masia yang Kini Pulang ke Barcelona

Jalan Berliku di Akademi Ajax Amsterdam

Sukses merapat ke ibu kota Amsterdam, perjalanan karir Sergino Dest di akademi tak berjalan mulus. Persaingan yang ketat membuat Dest tak menjadi pilihan utama Tevreden.

Mengutip catatan All about Ajax menyebutkan bahwa  Dest kalah bersaing dengan sejumlah pemain muda Ajax untuk posisi penyerang sayap. Sejak saat itulah ia kemudian dirotasi dan memantapkan posisi sebagai bek kanan, meskipun sering juga mendapat kepercayaan bermain di posisi lainnya.

Mulanya ia bergabung dengan Tim Ajax U-21 pada Januari 2019, karir Dest pun berkembang pesat. Hanya menghabiskan setengah musim di U-21, Dest  kemudian mendapat kesempatan melenggang bermain di tim senior Ajax Amsterdam musim September 2019.

Adapun kesempatan itu ia dapat lebih cepat lantaran pelatih de Joden, Erik Ten Hag membutuhkan tenaga tambahan di sektor bek kanan setelah pemain andalannya, Noussair Mazraoui mengalami cedera.  Kesempatan itu tak disia-siakan Dest. Ia lantas melakukan start pertamanya di Liga Champions melawan Lille OSC pada 17 September 2019.

Sejak saat itu ia rajin mengisi starting line up dan menjadi pemain andalan Ajax. Dest menyelesaikan musim senior pertamanya dengan 36 penampilan di mana ia mencetak dua gol keduanya dalam pertandingan KNVB Cup melawan Telstar.

Baca juga: Kilas Balik Karir Takumi Minamino, Gelandang Serang Liverpool Pertama Asal Jepang

Rekrutan Barcelona Era Ronald Koeman

Karir cemerlang sebagai seorang debutan nyatanya membuat pelatih baru Barcelona kala itu, Ronald Koeman tertarik menggunakan jasanya. Namun saat itu dalam perekrutannya ke Barcelona harus bersaing cukup serius dengan Bayern Munchen.

Setelah melakukan negosiasi  alot,  ia sukses mendatangkannya  pada musim panas 2020 dengan biaya transfer 21 juta euro plus tambahan yang tidak disebutkan. Melansir laporan Media Spanyol Sport, Die Roten, julukan Bayern Munchen kala itu cukup kecewa dengan hengkangnya si pemain ke Barcelona, dan menuding bahwa Ajax sengaja mengatur agar si pemain hengkang ke Barcelona pun menyeruak.

Kedatangan Sergino Dest ke Camp Nou  menjadi rekrutan pertama Barcelona di era Ronald Koeman. Pelatih asal Belanda itu memang membutuhkan bek kanan baru setelah kepergian Nelson Semedo ke Wolverhampton Wanderers. 

Debutnya di Barcelona terjadi saat lima belas menit menjelang laga berakhir,  ia masuk menggantikan Jordi Alba yang tak bisa melanjutkan permainan saat Barcelona menahan imbang Sevilla 1-1 pada 24 November 2020. Dengan penampilan tersebut, Dest menjadi orang Amerika pertama yang tampil untuk Barcelona di La Liga.

Baca juga: Roberto Firmino, Ini Karir Striker Liverpool dengan Tradermark ‘ No Look Goals’

Buktikan Diri di Skuad Asuhan Xavi Hernandez

Sergino Dest awalnya cukup menjadi andalan sisi kanan pertahanan Blaugrana saat Ronald Koeman masih melatih. Namun seiring berjalannya waktu dan kehadiran Dani Alves sudah membuatnya tersingkir.

Dest jarang tampil lagi untuk Barcelona sejak 4 Desember 2021. Menjelang akhir musim ini Xavi Hernandez memberinya kesempatan untuk membuktikan diri. Sejauh ini  ia sudah main 31 kali musim ini, tapi Dest tetap yakin bisa mendapatkan kesempatan  lebih di Barcelona.

Dest sebenarnya sudah mendapat tawaran Bayern Munchen dan Chelsea pada awal musim lalu. Namun manajemen memilih menahanya di Camp Nou. Dest dikenal sebagai pemain yang memiliki peran serba bisa. Laman Transfermarkt mencatat Dest setidaknya pernah bermain di lima posisi, mulai dari bek kanan, bek kiri, gelandang kiri hingga penyerang sayap kanan dan kiri.

Dari kelima posisi tersebut, Dest memang lebih banyak bermain di posisi bek kanan dengan 70 penampilan saat di Ajax. Kini, Sergino Dest harus membuktikan bahwa dirinya layak  menjadi salah satu bek kanan andalan Barcelona.

Baca juga: Mengenal Timo Werner, Striker Chelsea yang Punya Julukan “Turbo Timo”

 

1 Comment
  1. […] Baca juga: Dapat kepercayaan Xavi Hernandez, Ini Catatan Karir Sergino Dest Bersama Bacelona […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.