Berita Nasional Terpercaya

Profil dan Karir Oscar Mingueza, Bek Masa Depan Barcelona

Hukuman kartu merah yang didapatkan Gerard Pique serta cedera yang menimpa Samuel Umtiti menjadi jalan berkah untuk Mingueza. Adapun akibat  dua kejadian itu, ia akhirnya mendapat kepercayaan melakoni debut bersama skuad utama Barcelona pada 24 November 2020 Era Ronald Koeman.

2

BERNAS. ID-  Jelang melakoni lanjutan La Liga pekan ke 34 melawan Mallorca, kabar buruk menghampiri Barcelona. Tim asuhan Xavi Hernandez tersebut kehilangan bek tengah mereka,  Oscar Mingueza yang saat ini terkonfirmasi terpapar Covid-19.

Kabar klub yang bermarkas di Stadion Camp Nou itu mengumumkan pada, Kamis 5 Mei 2022 waktu setempat.  Melansir laporan football-espana, kemungkinan besar mereka akan tampil tanpa bek  tersebut hingga akhir pekan ini.

Baca juga: Dapat kepercayaan Xavi Hernandez, Ini Catatan Karir Sergino Dest Bersama Bacelona

Dengan absennya Mingueza, menjadi kerugian besar Barcelona yang sedang membutuhkan poin penuh di jelang bubaran La Liga. Mingueza memang tampil menjanjikan sejak  mendapat promosi ke tim utama Barca pada 1 November 2020 era Ronald Koeman.

Dia sukses menjadi penambal lubang yang ditinggalkan bek veteran Blaugrana, Gerard Pique, yang sempat mengalami cedera panjang. Lalu seperti apa kisah perjalanan karir dan sepak terjang sosok Oscar  Mingueza? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Tentang Oscar Mingueza

Nama Lengkap: Oscar Mingueza Garcia

Tempat Lahir : Barcelona, Spanyol

Tanggal Lahir : 13 Mei 1999

Kebangsaan : Spanyol

Agama :  Kristen

Klub Saat Ini: Barcelona

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 22  Center Bek

Tinggi Badan : 185 cm

Kekuatan Kaki Dominan: Kaki Kanan

Instagram: @oscarmingueza

Kehidupan Pribadi

Oscar Mingueza Garcia merupakan pemain sepak bola yang lahir pada 13 Mei 1999 di  Santa Perpetua de Mogoda, Spanyol.  Adapun Santa Perpetua de Mogoda sendiri berjarak beberapa KM saja dari Barcelona.  

Lahir  di kawasan yang terkenal akan sepak bolanya, secara alami  Mingueza  tumbuh sebagai seorang anak yang juga mencintai sepak bola. Ia menapaki awal karir sepak bolanya dengan bergabung bersama akademi La Masia sejak masih belia, yakni tujuh tahun pada 2008/09.

Di sana  Mingueza  menempa diri bersama pemain jebolan akademi La Masia  lain seperti Ansu Fati, Riqui Puig, dan Eric Garcia. Ia melewati jenjang standarisasi klub mulai level junior hingga ia mampu merangsek masuk skuad utama Blaugrana.

Oscar Mingueza tercatat sebagai pemain keempat yang pernah bermain di semua level  tim La Masia sejak berusia tujuh tahun hingga menembus tim utama. Adapun ketiga nama lainnya adalah Sergi Samper, Carles Alena, dan Marti Riverola.

Baca juga: Jadi Pemain Terlama Barca, Ini Gelar yang Sukses Dipersembahkan Gerard Pique

Jebolan La Masia

Tercatat sebelum  bermain di Barcelona B, ia termasuk bagian tim U19 Barcelona yang  selalu tampil di semua pertandingan dan membuat Barcelona B cuma kebobolan lima kali sepanjang turnamen.

Yang paling diingat adalah saat memenangkan UEFA Youth League dengan mencatatkan clean sheet setelah mengalahkan Chelsea 3-0 pada laga final 2017/ 18. Ia berhadapan dengan  beberapa pemain yang kini menjadi andalan bagi Chelsea, Reece James dan Mason Mount.  

Bahkan  pada laga tersebut,  Mingueza menjadi kapten yang merumput bersama Riqui Puig dan Carles Perez.  Usai memenangi laga itu karirnya makin bersinar dan masuk di Barcelona B  musim 2018.

Faktor lain yang membuatnya bersinar adalah kedewasaannya di atas lapangan. Karakter tersebut membuat pelatih Barcelona B, Garcia Pimienta, semakin yakin dengan kemampuan Mingueza. Bersama Barcelona B, karirnya hanya bertahan semusim, karena pada tahun 2020 ia kemudian naik kelas ke ke klub inti Barcelona.

Baca juga: Disukan Bakal Merapat ke Manchester City, Ini Rentenan Perjalanan Karir Paul Pogba

Jalan Menuju Skuad Utama Barcelona

Hukuman kartu merah yang didapatkan Gerard Pique serta cedera yang menimpa Samuel Umtiti menjadi jalan berkah untuk Mingueza. Adapun akibat  dua kejadian itu, ia akhirnya mendapat kepercayaan melakoni debut bersama Barcelona pada 24 November 2020 Era Ronald Koeman.

Tak tanggung-tanggung, bersama pelatih asal Belanda tersebut Mingueza tampil saat Barcelona melakoni laga Liga Champions melawan Dynamo Kiev.  Berduet solid dengan Clement Lenglet, ia memberi kesan yang amat positif di laga debutnya. 

Melansir stsistik WhoScored.com pemaian yang menggunakan nomor punggung 22 itu mampu mencatatkan enam intersep dan memenangi seluruh duel yang dihadapinya di laga tersebut.

Mingueza bahkan mencatatkan 103 sentuhan bola kontra Kiev, tertinggi dari semua pemain Barcelona lain dan mencatatkan 93  operan sukses . Jumlah itu menjadi yang tertinggi di antara semua pemain yang turun arena.

Apalagi sundulannya yang memanfaatkan sepak pojok juga menjadi assist yang membukakan jalan bagi Martin Braithwaite untuk mencetak gol. Catatan itu menjadi kesan bagus sekelas pemain debutan yang langsung memberi berkontribusi dalam kemenangan 4-0 Barcelona.

Baca juga: Pemain Termahal Arsenal, Nicolas Pepe Kian Meredup di Arsenal Ini Penyebabnya

Proyeksi Pemain Andalan Barcelona

Tak bisa dipungkiri, menanjaknya  performa Barcelona  setelah terseok seok di awal musim, selain taktik Xavi Hernandez, kunci sukses yang tak boleh dilupakan adalah gemilangnya  para pemain muda jebolan La Masia.

Pemain yang beroperasi di jantung pertahanan lapangan itu menambah daftar panjang bukti keberhasilan  sistem  pembinaan bakat pemain muda hasil akademi mereka sendiri, La Masia tak pernah surut.

Bek muda asal Santa Perpetua de Mogoda itu kini telah mendapat perpanjangan kontrak di Camp Nou baru baru ini. Adapun Mingueza mendapat tambahan masa bakti hingga 30 Juni 2023.

Adapun dalam klausul itu juga disertkan nilai buyout mencapai 100 juta euro guna memagari pemain. Itu berarti , setiap klub yang ingin membajak Mingueza dari Barca mesti memenuhi harga tersebut.

Nilai mahal pemagaran pemain jebolan akademi La Masia itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, Mingueza memang tampil menjanjikan untuk proyeksi bek masa depan Barcelona. Perpaduan kualitas skill dan jiwa kepemimpinannya bahkan mengingatkan suporter Barcelona akan keberadaan Carles Puyol.

Baca juga: Ngak Nyangka! Ternyata Alexander Arnold Catatkan Rekor Assist Guiness World Records

2 Comments
  1. […] Baca juga: Inilah Profil Oscar Mingueza, Bek yang Diproyeksikan jadi Pemain Andalan Barcelona […]

  2. […] Baca juga: Inilah Profil Oscar Mingueza, Bek Orbitan Penambal Lini Belakang Barca  […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.