Berita Nasional Terpercaya

Profil Karim Benzema, Si Mesin Pencetak Gol Real Madrid

Sejauh ini di Real Madrid ia menjadi pemain terlama kedua setelah Marcelo da Silva. Sepanjang karirnya di Los Blancos, ia telah membukukan 322 gol dan 158 assists dalam 602 laga dan mempersembahkan sejumlah trofi bergengsi untuk Real Madrid.

0

BERNAS. ID – Nama bomber Real Madrid, Karim Benzema bukan hal baru di mata para pecinta sepak bola. Baru baru ini namanya menjadi sorotan, terlebih ketika sukses mengandaskan perlawanan Man City di Semifinal Liga Champions lewat sumbangan golnya.

Setelah sukses memborong dua gol di leg pertama, di leg kedua yang berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu, Spanyol, pada Kamis (5/5/2022) lalu,  ia kembali membuktikan produktivitasnya.  Dalam laga tersebut, Karim Benzema berhasil mencetak satu golnya lewat eksekusi penalti pada babak tambahan waktu, tepatnya menit ke-95 dalam laga yang berakhir 3-1.

Catatan gol itu, selain  memastikan Real Madrid  melenggang ke final, hal itu semakin menegaskan keunggulan dalam persaingan Benzema sebagai  daftar top skor Liga Champions 2021/ 22 ini. Tercatat saat ini ia telah mengemas 15 gol di ajang Liga Champions.

Baca juga: Mengenal Ter Stegen, Kiper Andalan Barcelona Ini Jebolan Akademi Moenchengladbach

Dengan hasil itu, Karim Benzema juga berhasil menyamai catatan milik mantan rekan setimnya di Real Madrid dulu, yakni Cristiano Ronaldo. Lantas seperti apa kisah perjalanan karir seorang Benzema sebagai mesin gol produktif Real Madrid ini? Simak ulasan lengkapnya mulai dari profil, perjalanan karir hingga capainya yang berhasil ia torehkan sebagai berikut.

Tentang Karim Benzema

Nama Lengkap: Karim Mostafa Benzema

Tempat Lahir : Lyon, Prancis

Tanggal Lahir : 19 Desember 1987

Kebangsaan : Prancis

Agama :  Islam

Klub Saat Ini: Real Madrid

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 9  Striker

Tinggi Badan : 186 cm

Kekuatan Kaki Dominan: Kaki Kanan

Instagram: @karimbenzema

Kehidupan Awal Meniti Karir

Karim Mostafa Benzema atau orang lebih mengenalnya sebagai Karim Benzema, lahir pada 19 Desember 1987 di Lyon, Prancis. Ia lahir dari pasangan Hafid Benzema dan Wahida Djebbara. Benzema merupakan putra ke enam dari sembilan bersaudara. Keluarga Benzema merupakan imigran dari Aljazair.

Kakak laki-laki Benzema memilih berkarir pada pekerjaan lain di luar sepakbola, sementara sang adik Gressy Benzema dan Sabri Benzema, mengikuti jejaknya sebagai pesepakbola, Namun kedua adiknya tersebut hanya bermain di klub medioker Liga Prancis.

Benzema memulai karir sepak bolnya dengan bergabung ke akademi lokal, Bron Terraillon SC, saat dirinya baru menginjak usia 8 tahun. Bakatnya mulai diamati saat ia sukses mencetak gol ke gawang Lyon kala timnya menjalani laga dengan akademi tersebut.

Tepat di tahun 1996, Benzema resmi bergabung dengan akademi Lyon. Saat bergabung dengan akademi Les Gones, julukan Lyon, ia juga beberapa kali sempat mendapat  tugas untuk menjadi ball boy di pertandingan yang dilakoni tim utama Lyon.

Baca juga: Inilah Profil Oscar Mingueza, Bek Orbitan Penambal Lini Belakang Barca 

Bergabung dengan Akademi Lyon

Menjalani pertandingan bersama akademi Lyon, ia  ikut serta dalam turnamen ‘Championnat National des 16 ans’ dan berhasil mencetak 38 gol. Setelah penampilannya cukup baik di tim junior, membuatnya mendapat kesempatan untuk melakukan debut bersama tim utama Lyon pada tahun 2005.

Ketika itu, Les Gones  berhasil menyudahi perlawanan Metz dengan skor 2-0. Seiring berjalannya waktu, penampilan dan performanya sebagai penyerang terus meningkat tersebut semakin meyakinkan manajemen Lyon untuk memberinya kontrak resmi selama tiga tahun.

Meski sudah resmi masuk ke tim utama, Benzema tetap menemui hal-hal yang tidak mengenakkan di awal awal karirnya. Ia sempat diremehkan dan dijadikan bahan lelucon oleh para seniornya.

Lelucon dan hinaan itu akhirnya dibayar tuntas  Benzema lewat gol gol yang dicetaknya di skuad utama Les Gones. Momen yang cukup diingat adalah pada tahun 2006, ia bahkan berhasil mencetak dua gol ke gawang Grenoble di kompetisi ‘Coupe de France.’

Musim selanjutnya 2007/08, Benzema mulai sering menjadi andalan Lyon di lini serang dan sukses menyarangkan 20 gol ke gawang lawan di liga prancis. Dirinya juga menyabet gelar topskor liga prancis dan sekaligus membawa Lyon sebagai kampiun.

Baca juga: Kembali ke Man United, Inilah Catatan Karir Cristiano Ronaldo

Dipinang Real Madrid

Penampilan gemilang pemain brewok  itu di Lyon benar-benar membuat raksasa Spanyol, Real Madrid  meminangnya. Berbekal 66 gol dalam 148 penampilan, Benzema resmi mendarat di Santiago Bernabeu pada 9 Juli 2009.

Debut pertama bersama Los Blancos, pemain kelahiran 19 Desember 1987 itu mencatatkan nilai positif. Laga tersebut  terjadi pada pramusim melawan Shamrock Rovers, di mana ia sukses menyarangkan satu-satunya gol.

Semntara itu, debutnya di la liga ia mulai pada laga melawan Deportivo La Coruna. Adapun catatan  gol pertamanya di liga ia cetak pada kemenangan 5-0 Real Madrid melawan Xerez. Melakoni 33 laga dengan sumbagan 9 gol di semua kompetisi akhirnya menutup musim pertamanya di Santiago Bernabeu.

Musim musim selanjutnya penampilannya semakin meningkat dan sering menjadi andalan Real Madrid untuk membobol gawang lawan. Bersama Real Madrid lah ia kerap dinobatkan sebagai pesepakbola terbaik Prancis. Tercatat ia menerima penghargaan tersebut pada tahun 2011, 2012, dan 2014.

Baca juga: Buangan Real Madrid, ini Cataan Karir Sepak Bola Sergio Reguilon di Tottenham 

Membantu Real Madrid Meraih Prestasi

Bermain bersama Real Madrid, Benzema benar-benar menjalani musim yang begitu luar biasa. Sepanjang karirnya di Real Madrid,  Benzema tampil impresif. Apalagi kala bermain bersama trisula maut BBC singkatan dari Benzema, Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale.

 Sejauh ini di Real Madrid ia menjadi pemain terlama kedua setelah Marcelo da Silva. Sepanjang karirnya di Los Blancos, ia telah membukukan 322 gol dan 158 assists dalam 602 laga dan mempersembahkan sejumlah trofi bergengsi untuk Real Madrid. 

Empat trofi Liga Champions Eropa, empat gelar La Liga, dua Copa del Rey, empat Piala Super Spanyol, empat Piala Dunia Antar Klub, hingga tiga Piala Super Eropa menjadi bukti ketajaman pemain berusia 31 tahun ini di lini serang Los Blancos.

Baca juga: Antonio Rudiger, Karir Sepak Bola Bek Tangguh yang Rumornya Bakal ke Real Madrid

Leave A Reply

Your email address will not be published.