Berita Nasional Terpercaya

Mau Liburan? Ini Rekomendasi Tempat Wisata Aceh Terindah

Kota Serambi Mekkah ini memiliki banyak wisata Aceh yang memukau dan siap memanjakan para wisatawan yang datang.

1

BERNAS.ID – Aceh terletak di ujung utara Pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling Barat di Indonesia. Kota Serambi Mekkah ini memiliki banyak wisata Aceh yang memukau dan siap memanjakan para wisatawan yang datang.

Wisata Aceh mulai dari alam, budaya, sejarah, dan wisata buatan yang juga tidak kalah indah. Salah satu kejadian besar yang pernah menimpa Aceh dan hampir seluruh Indonesia, yaitu tsunami pada 2004.

Peristiwa itu telah terkenang dalam bentuk museum tsunami yang dapat menjadi tempat wisata dan belajar. Selain itu, Aceh masih memiliki banyak objek wisata alam yang natural, hingga wisata buatan yang tak kalah indahnya.

Baca juga : Pesona Keindahan Wisata Manado yang Tidak Boleh Dilewatkan

Museum Tsunami

Museum Tsunami
Tempat mengenang kejadian luar biasa

Objek wisata ini terletak di Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Tempat ini wajib menjadi daftar kunjungan Anda. Museum berdiri untuk mengenang peristiwa tsunami 2004 yang menewaskan ratusan ribu jiwa dan menghancurkan banyak bangunan serta fasilitas umum.

Di dalam museum ini terbagi menjadi beberapa ruangan, diantaranya lorong tsunami, ruang kenangan, sumur doa, lorong cerobong, dan jembatan harapan. Ketika masuk di lorong tsunami, pengunjung akan mendengar suara gemuruh air dan kucuran air seperti saat tsunami.

Lalu di ruang kenangan, terdapat 26 monitor yang menjadi lambang kejadian tsunami pada 26 Desember 2004. Di masing-masing monitor terdapat gambar korban tsunami.

Ruangan selanjutnya yaitu sumur doa. Di tempat ini pengunjung dianjurkan untuk beroda. Memasuki lorong cerobong, yang memiliki desain dengan arti ketakutan, kebingungan, serta keputusasaan masyarakat setelah tsunami.

Kemudian terdapat jembatan harapan yang mencakup 54 bendera dari berbagai negara yang turut bersosialisasi dalam membantu dalam musibah tersebut.

Baca juga : Destinasi Wisata Jepara Yang Harus Dikunjungi

Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar
Pesona danau dengan bukit di sekelilingnya

Danau Laut Tawar terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Tempat ini memiliki luas 5.472 hektar dan panjangnya 3.219 km.

Sekeliling danau terdapat bukit, dan pengunjung dapat menaiki bukit tersebut. Dari atas, akan terlihat betapa luasnya danau. Selain itu, pemandangan alam yang indah akan menghipnotis para pengunjungnya.

Wisatawan juga dapat menyewa kapal untuk berlayar ke tengah danau, menikmati keindahan air dan kesejukan dataran tingginya.

Baca juga : 6 Pesona Lamongan Yang Terindah

Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee
Pantai dengan daya tarik utama berupa pasir putih bersih

Objek wisata ini terletak di Desa Lamreh, Masjid Raya, Aceh Besar. Pantai dengan daya tarik pasir putih ini juga memiliki pesona indah lainnya.

Air yang ada di dalam pantai terbilang jernih dan bening, yang akan memanjakan mata pengunjung. Wisatawan dapat melihat berbagai macam biota laut tanpa harus menyelam, seperti ikan-ikan, karang, kepiting, hingga bulu babi. Tentu tidak semua pantai dapat melihat berbagai biota laut tersebut.

Nah, bagi pengunjung yang suka memancing, dapat melakukan hobi tersebut di atas pohon yang berada di permukaan laut. Pohon yang memiliki ketinggian sekitar 2 meter ini biasa menjadi spot memancing para pengunjung pantai.

Baca juga : Cobalah Jelajahi Wisata Kudus Terbaru dan Hits Ini

Goa Sarang

Goa Sarang
Beraktivitas di kolam sekitar goa

Goa ini berlokasi di Pulau Weh. Memiliki nama yang unik karena objek wisata ini penuh dengan sarang burung walet.

Jalur yang harus pengunjung lewati cukup sulit dan butuh perjuangan ekstra. Wisatawan perlu melewati jalut trekking dan jalannya masih berbatu. Dengan perjuangan tersebut, akan segera terbayar setelah Anda tiba di lokasi wisata.

Anda akan melihat jernihnya air di sekitar goa yang berwarna hijau toska. Jarang sekali menemui tempat wisata air yang masih sejernih itu.

Pengunjung dapat berenang dan mandi sepuasnya di sekitar goa tersebut. Selain itu, Anda dapat berwisata hingga matahari terbenam untuk melihat sunset yang menjadi daya tarik dari wisata ini.

Baca juga : Cobalah Kunjungi Wisata Hits dan Indah di Temanggung Ini

Air Terjun Pria Laot

Air Terjun Pria Laot
Air terjun bertingkat di Aceh

Tempat wisata air terjun berada di Desa Pria Laot, Sabang, Provinsi Banda Aceh. Untuk menuju lokasi wisata, pengunjung perlu berjalan melewati batuan terjal dan menyebrangi sungai.

Sesampainya di lokasi, Anda akan melihat keindahan alam berupa air terjun dengan pepohonan hijau di sekelilingnya. Curug ini memiliki keistimewaan karena bentuknya yang bertingkat.

Di bawah air terjun terdapat kolam berukuran 10m2 dengan kedalaman 1 hingga 1,5 meter. Para wisatawan dapat berenang dan mandi sepuasnya seperti kolam renang pribadi di alam terbuka.

Jangan khawatir akan fasilitas, karena wisata ini lengkap dari tempat istirahat, tempat ibadah, dan warung makan di sekitar lokasi.

Baca juga : Wisata Purwokerto Terbaiki Ini Harus Anda Kunjungi

Pucok Krueng

Pucok Krueng
Melihat indahnya alam dan air yang jernih

Wisata Pucok Krueng terletak di Desa Mon Ikeun, Lohknya, Aceh Besar. Akses jalan menuju objek wisata ini harus melewati jalur terjal yang belum diaspal dan ada di sekitar perkebunan warga.

Tidak masalah dengan perjuangan yang harus ditempuh, karena wisata ini akan membayar seluruh jerih payah saat menuju lokasi. Wisatawan akan melihat sebuah goa dengan kolam yang berwarna biru kehijauan jernih.

Suasana asri dan natural akan Anda rasakan di sini. Seperti suara hewan yang bersahutan, dan monyet yang melompat dari pohon ke pohon lainnya.

Baca juga : Sedang Liburan di Surabaya? Inilah Destinasi Wajibnya

Buntul Rintis

Buntul Rintis
Menikmati keindahan alam dan mengabadikan dalam foto

Destinasi wisata Buntul Rintis berada di Desa Tensaren, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. Berlokasi di ketinggian 1.730 mdpl, membuat udara dan pemandangan di wisata ini begitu sejuk dan asri.

Wisata ini menawarkan panorama alam yang indah dengan wahana penguji adrenalin, diantaranya yaitu sepeda gantung. Pengunjung dapat bersepeda di atas tali dengan ketinggian kurang lebih 5 meter.

Selain itu, terdapat beberapa spot foto unik yang dapat Anda gunakan. Mulai dari kupu-kupu, kincir angin, pintu rumah, sangkar burung, dan spot foto hits berbaring di atas alam.

Baca juga : Berlibur ke Magelang Dengan Mengunjungi Wisata Unik Ini

1 Comment
  1. […] Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Aceh Yang Terbaik […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.